Biaya Pembuatan LHD Priboy Rusia Sekitar $ 675 Juta

Model skala LHD Priboy diperkenalkan dalam pameran Army 2016 oleh Krylov. © Navy Recognition

Biaya Pembuatan LHD Priboy Rusia Sekitar $ 675 Juta 1

Kapal serangan amfibi kelas berat (LHD) Priboy-Class akan menelan biaya sekitar $675 juta dan akan memakan waktu hingga 5 tahun untuk membangunnya, kata Vladimir Pepelyayev, Kepala Departemen Prospek Perkapalan di Pusat Penelitian Negara Krylov, Rusia, seperti dilansir dari laman Navy Recognition.

Pepelyayev menambahkan bahwa secara keseluruhan Angkatan Laut Rusia berencana akan menerima 2 (dua) unit kapal perang amfibi tersebut sebelum tahun 2025.

“Menurut perkiraan kami, kapal tersebut akan menelan biaya sekitar 40 miliar rubel atau $ 675 juta, dengan pertimbangan seluruh tahapan pengembangan, konstruksi dan uji coba”, kata Pepelyayev.

Berbicara tentang jangka waktunya, Pepelyayev mengatakan bahwa dibutuhkan sekitar satu tahun untuk merancang sebuah desain kasar dan 1 – 1,5 tahun untuk pengembangan rincian desain dan selanjutnya pengembangan dokumentasi dan konstruksi dari desainnya akan menyusul.

Gambar menunjukkan Proyek Avalanche dari Institut Pusat Riset Sains Krylov dengan segel Angkatan Laut Rusia. © Krylov CSRI

Biaya Pembuatan LHD Priboy Rusia Sekitar $ 675 Juta 2

“Secara keseluruhan, tidak kurang dari lima tahun akan berlalu sejak awal Litbang hingga pengiriman kapal kepada Angkatan Laut”, jelas Pepelyayev.

Sebagai Wakil Kepala Komando Persenjataan Angkatan Laut Rusia, Viktor Bursuk berkata bahwa Angkatan Laut Rusia berencana untuk menerima setidaknya dua kapal amfibi (LHD) Priboy-Class pada tahun 2025.

Menurutnya, Angkatan Laut membutuhkan kapal tersebut dan program persenjataan negara 2018 – 2025 yang baru telah menyiapkan pembangunan dan konstruksi mereka.

Model skala LHD Priboy diperkenalkan dalam pameran Army 2016 oleh Krylov. © Krylov CSRI

Biaya Pembuatan LHD Priboy Rusia Sekitar $ 675 Juta 3

Pusat Penelitian Negara Krylov Rusia telah mengembangkan LHD Priboy atas inisiatifnya sendiri. Kapal ini berbeda secara signifikan dari LHD Mistral yang dirancang oleh DCNS.

LHD Priboy ditujukan untuk pergerakan pasukan dan peralatan militer serta pendaratan di pantai selama operasi amfibi bersama dengan armada laut lainnya. LHD Proboy ini dapat mendukung proyeksi tentara dan perangkat keras, ambil bagian dalam menyebar ranjau secara ofensif dan memasang beacon sonar dari suspensi sistem pengawasan.

LHD Priboy memiliki bobot 23.000 ton, panjang 200 meter, lebar 34 meter, desain draft 7,5 meter, dapat melaju dengan kecepatan penuh hingga 20 knot, kecepatan jelajah kapal serangan amfibi ini adalah 14 knot, jangkauan jelajah hingga 6.000 mil dan kemampuan jelajah selama 30 hari.

Kapal perang ini dapat menahan badai dengan kekuatan 6-7 pada skala Beaufort.

Kapal induk helikopter ini rencananya akan dilengkapi dengan pembangkit utama propulsi turbin gas. Jumlah awak kapal tersebut sekitar 400 orang. LHD Priboy dapat mengangkut 500 – 900 marinir, termasuk 50 unit kendaraan tempur infanteri dan 10 unit tank.

LHD Priboy ini dirancang untuk dapat membawa hingga 12 unit helikopter. Selain itu kapal ini juga bisa membawa 6 unit kapal pendarat dengan kapasitas angkut kargo sekitar 45 ton dan 6 unit perahu serbu.

Persenjataan LHD Priboy mencakup dua modul tempur senjata/rudal anti-udara, dua sistem senjata jarak dekat (CIWS) dan sebuah senapan maritim 76 mm.

Leave a Reply