Sep 032019
 

Biryong – Roket Berpandu Anti Kapal Korea Selatan (foto : Navyrecognition)

Korea Selatan meluncurkan roket berpandu 130 mm yang mampu memborbardir konsentrasi armada kapal cepat Korea Utara.

Roket yang diberi nama Biryong adalah roket berpandu Anti-Kapal 130mm yang dikembangkan oleh LIG Nex1 dan melengkapi kapal patroli Gumdoksuri class milik Angkatan Laut Korea Selatan.

Biryong menggunakan peluncur roket K136A1 Kooryong yang berukuran 130mm sebagai landasan dan dikembangkan sebagai senjata berpemandu presisi yang murah untuk digunakan melawan kapal perang dan hovercraft Korea Utara.

Biryong – Roket Berpandu Anti Kapal Korea Selatan (foto : Navyrecognition)

Roket Biryong memiliki sistem panduan kombinasi, saat ditengah perjalanan, roket menggunakan sistim bimbingan GPS + INS + Datalink, dan menggunakan sistem panduan infra merah saat mendekati targetnya dengan menyasar panas dari mesin kapal.

Biryong memiliki jangkaian hingga 20 km dengan hulu ledak seberat 8 kg, cukup untuk menghancurkan kapal serbu cepat dan kapal pendarat amfibi ringan milik Korea Utara.

 Posted by on September 3, 2019

  5 Responses to “Biryong, Roket Berpandu Anti Kapal Korea Selatan”

  1.  

    Gak membuat efek deteren ini.

    •  

      Kalo buat numpuk kapal kecil yg jumlahnya banyak jelas itu udah lebih dari cukup. Apalagi kalo Biryong ditempatkan di kapal kecil Korsel.

      •  

        Gak efektif mbah. Korut bukan Iran yg pakai speedboat bermuatan peluncur mortir utk menghancurkan kapal perang AS.
        Korut itu pakai kCR sejenis punya TNI AL KCR 40. Dan kasel mini yg bawa terpedo. Salah satu yg mengkandaskan kaprang korsel tempo hari berdasarkan analisa mereka adalah kasel mini yg bawa terpedo.

        Tp kalo utk bantuan tembakan utk melancarkan pasukan pendaratan ke pantai in i sangat efektif spt yg dicoba pasukan marinir AS di artikel sebelumnya…….xicixicixicixicixicixi

    •  

      Utk menghadapi korut ygdari segi kualitas dan kuantitas armada kapal perangnya tdk sebagus korsel mngkin ckp efektif tapi utk menghadpi negara yg dimana kapal pendarat pasukannya dikawal oleh pesawat tempur dan kapal perang canggih mungkin akan sulit.

  2.  

    murah meriah cocok nya utk kapal type 40 … buat nimpukin genk kapal ikan maling, jadi gak mungkin ada yg kabur tuh