Jul 102017
 

ilustrasi : Pistol Glock-VBR 7.92 (commons.wikimedia.org)

Semarang – Polda Jawa Tengah membongkar bisnis senjata api ilegal yang dijual secara “online” atau dalam jaringan/daring. Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono di Semarang, pada Senin 10-7-2017, mengatakan telah mengamankan puluhan pucuk senjata api organik serta replika jenis Airsoft Gun berbagai jenis.

“Pengungkapan pada mulanya dari pengiriman sepucuk senjata api dan peluru di Surakarta,” ujar Irjen Pol Condro Kirono.

Dari hasil pemeriksaan kiriman senjata api jenis Pistol saku High Standard Derringer DM-101 dengan 10 butir peluru, Polisi menangkap 1 tersangka berinisial ES, umur 33 tahun  warga Sukoharjo.

Tersangka ES membeli senjata api itu dari pelaku berinisial RH, umur 44 tahun warga Cirebon. RH sendiri merupakan perantara penjual senjata api ilegal yang mendapatkan barang dari P umur 30 tahun warga Jakarta.

Irjen Pol Condro Kirono mengaku penjualan senjata api ilegal ini dilakukan secara tertutup. “Pemesanan secara ‘online’, setelah itu pembayarannya  dengan ditransfer,” ujar Irjen Pol Condro Kirono.

Penjual barang ilegal ini juga memodifikasi senjata api jenis Airsoft Gun sehingga dapat menggunakan Peluru tajam.

Barang-barang ilegal ini dijual dengan harga berbeda-beda sampai ratusan juta rupiah. “Untuk jenis Airsoft Gun dijual Rp 1,5 juta per pucuk, senjata rakitan bisa sampai Rp 20 juta per pucuk,” kata Kapolda.

Sementara untuk senjata organik jenis Glock bisa terjual seharga Rp 70 juta dan senjata jenis Makarov harganya bisa mencapai Rp 120 juta per pucuk.

Polisi masih menyelidiki dari mana asal senjata-senjata ilegal itu. “Termasuk dalam penyelidikan, apakah senjata-senjata ini juga dipakai untuk tindak kejahatan,” katanya.

Para tersangka selanjutnya dijerat dengan Undang-undang Darurat Nomor 12 tahun 1951, dirilis ANTARA, 10/7/2017.

Bagikan:

  13 Responses to “Bisnis Senjata Ilegal, Glock Hingga Makarov”

  1.  

    pertalite

  2.  

    airsoft gun yang di modifikasi ?
    bener sih kalo airsoft gun itu kalo di mod bisa berbahaya, tapi ntar jadi gak boleh megang airsoft dong kalo kek gini wkwk
    emmg bener dah kalo kata orang
    kalo ada orang megang piso, tergantung orang nya mau di gunakan kebaikan ato kejahatan.

  3.  

    Harga senjata berapa..?

  4.  

    Pistol glock di amerika cukup sediain 7 juta sdh dpt 1 pistol plus ammo 😀

  5.  

    kalo beli dari pabriknya gak bisa satuan x bos..harus banyak beli nya..

  6.  

    hoax nya kebangetan, airsoftgun itu uda ada federasinya Federasi Airsoft Indonesia dan ga bisa di rubah menggunakan peluru tajam, karena peluru yg dipakai bulat dari plastik 6mm dengan menggunakan green gas yg ga bakalan kuat klo di modif model apapun pake peluru tajam.. yang bisa itu airgun karena joule nya lebih besar dan pelurunya menggunakan peluru bulat berbahan metal.. capek de.. Airsoftgun sering kali disudutkan di media.. klo airsoftgun biar jarak dekat juga g bakal mati orang, kecuali buta klo kena mata..

  7.  

    kalau beli di pabriknya itu urusan legal, ini kan beli online karna ilegal
    kalau beli di pabriknya kayak pindad kan urusannya jadi legal, iya kalau diizinkan sama polisi, karna untuk memiliki senjata api secara legal urusannya ribet

    kalau beli di pindad bisa ilegal ya sapa yg mau beli online, lebih murah lagi

  8.  

    pistol vbr 7.92 harga?? berapa?

 Leave a Reply