Boat Tempur Korea Utara Dipersenjatai dengan Gutling Gun Buatan AS ?

Korea Utara terlihat mempersenjatai banyak kapal patrolinya dengan senjata Gatling gun buatan AS. Kantor Berita Yonhap melaporkan Korea Utara mengganti persenjataan tuanya dengan sistem senjata rotary terbaru yang terlihat mirip dengan gatling gun GAU-19 buatan perusahaan General Dynamics AS.

“Jika semua kapal perang Korea Utara dipersenjatai dengan senapan mesin, ini akan menambah ancaman bagi Angkatan Laut Korea Selatan.” Kata seorang sumber di Militer Korea Selatan.

Sumber tersebut mengatakan penggantian senjata tampaknya ditujukan untuk memperkuat kemampuan tempur Angkatan Laut Korea Utara terutama dalam pertempuran jarak dekat. Saat ini banyak kapal Korea Utara yang lebih kecil menggunakan meriam manual 30 mm.

Sumber-sumber di Korea berspekulasi bahwa senjata Korea Utara adalah senapan mesin GAU-19 tiga barel kaliber 12,7 mm buatan General Electric. Senapan mesin memiliki daya sembur 2.000 amunisi per menit dan dapat mencapai target sejauh 5-6 km, dengan jangkauan efektif 2 km.

Tidak jelas mengapa Korea Utara ingin mengganti persenjataannya – atau bagaimana Korea bisa mendapatkan desain senjata buatan AS.

Senapan mesin GAU-19 / A sangat ideal untuk misi pengintaian di udara, laut dan darat. Dirancang untuk helikopter serang serbaguna, pesawat tempur, kendaraan lapis baja, kapal perang dan kapal patroli berkecepatan tinggi.

Selain AS, senjata ini juga digunakan oleh Kolombia, Jepang, Meksiko, Oman dan sekarang tampaknya Korea Utara.