Jun 122015
 

image

Solo – Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengatakan, rencana pembelian helikopter CH-48 atau lebih dikenal dengan nama Chinook baru terlaksana pada 2016.

“Anggarannya bukan tahun ini, tahun 2016,” ujar Moeldoko di Solo, Kamis (11/6/2015) malam.

Moeldoko mengatakan, rencananya Chinook akan diserahkan untuk TNI Angkatan Darat sebagai bagian alat utama sistem persenjataan (alutsista). Selain itu, juga dapat difungsikan sebagai alat angkut.

“Untuk alat angkut berat, karena itu mobilitas sangat tinggi dan daya angkut personelnya baik. Satu peleton bisa itu,” kata dia.

image

image

image

image

Jenderal Moeldoko mengaku telah melihat kehebatan helikopter buatan Amerika Serikat itu seperti ketika beberapa bencana alam di Indonesia. Saat itu, sejumlah negara membawa bantuan menggunakan Chinook.

“Waktu tsunami Aceh, kita dapat bantuan dari Singapura dan Tiongkok memakai Chinook. Itu sangat luar biasa, cepat, dan mengangkut banyak orang,” ujar dia.

Rencana pembelian helikopter dengan mesin ganda tersebut pertama kali diungkapkan oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. Dia mengatakan, Chinook bakal melengkapi alutsista TNI. Harga helikopter Chinook ini ditaksir mencapai 30 juta dollar AS.

“Beli Chinook memang mahal, tetapi nyawa orang lebih mahal,” ucap Moeldoko di kantornya, Rabu (3/6/2015) lalu.

Lampung.Tribunnews.com

  132 Responses to “Bocoran Alutsista TNI 2016”

  1.  

    pertamax

    •  

      Mantap,.
      Yg penting jgn barang loakan,.

      •  

        Yng dukung chinok disini jadi sudah lupa pengalaman embargo pada 1998-2005, artikelnya pliss diego tentang ajakan menjungkalkan freeport, biar para warjager punya motivasi demo menjurus anarkis didepan kantor duta ASU.

      •  

        Laen bung antara Chinook dengan EC-725. Kalo EC-725 itu sekelas Black Hawk. Kapan hari TNI-AD kepengen Black Hawk, nha kalo itu saya ga setuju karena kita udah bisa ngerakit EC-725. Tapi kalo Chinook saya setuju, terutama misalnya untuk ngangkut prajurit2 ke perbatasan di daerah Kalimantan yang ga bisa didarati pesawat konvensional.

        Soal kebutuhan AU, saya rasa pak Moeldoko juga ga menganaktirikan. Sudah sejak akhir 2013 pak Moeldoko bilang kepengen Su-35.

      •  

        Kalo itupun sya sudah tahu bung blue sky, kita kalo beli tu chinok akan tambah tergantung oleh ASU, memang kelasnya beda, tapi kalo jumlahnya lebih banyak(ec725nya) dan bisa memberdayakan industri strategis kita kenapa tidak dalam negeri saja, bisa untuk hemat devisa juga, daripada beli ke ASU, saya pun tidak stuju dengan apache, dari pada apache lebih baik ec tiger, karena sudah ada kerjasama dengan Airbus helo, kalo saya ya, yang penting pemberdayaan industri strategis kita, buat apa beli alutsista wah, tapi industri strategis kita hanya bisa melihat, belajar mandiri bung bluesky, sampean pengen negara ini mandiri apa tidak bung bluesky???

      •  

        Bung Bowo Silet, saya sih sependapat selama kita udah bisa bikin yang sejenis, ga perlu beli. Makanya saya anti dengan Black Hawk. Tapi ada beberapa fungsi yang dimana EC-725 ga sanggup untuk melakukan. Misal untuk ngangkut meriam howitzer Kh-179 yang bobotnya di kisaran 10-an ton. Kita butuh taruh itu di perbatasan Kalimantan dan kalo mau bawa itu kesana ga ada jalan lain selain di drop pake helikopter. Kalo mau diangkut pake EC-725, gimana ngangkutnya? Mau dua EC-725 jalan tandem? Yang ada tabrakan. Kalo pake Chinook tinggal sekali jalan aja. Itu salah satu contoh simple aja.

        Ini ibarat kalo kayak bandingin Hino Dutro dengan Hino Profia… ya beda kelas bung, mau 4 Hino Dutro sekalipun kalo kebutuhannya beda ya ga bakal bisa gantiin Hino Profia itu.

      •  

        Maaf bung bluesky, alasan utama menhan untuk SAR, untuk bencana kan??? Bukan untuk ngangkut howitzer kan??? Kalo alasanya cuman untuk bencana dan SAR ec 725 sudah cukup karena fungsi utama dari ec 725 salah satunya yaitu SAR dan untuk bencana. Lha kenapa kita susah” beli howitzer caesar, yang howitzernya sudah nangkring ditruk, dan fungsinya adalah untuk menjelajah medan berat di kalimantan, yang tidak bisa dilakukan oleh towed howitzer. Kalo saya ya tetep no bagi chinook, ngak ada totnya lagi.

      •  

        Ya silahkan aja anda mau bilang no. Yang jelas Dephan dan Mabes TNI pasti udah punya analisa dan pertimbangan tersendiri yang akhirnya memutuskan beli Chinook

      •  

        Ow iya bung bluesky, kata anda meriam kh 179 didrop ke perbatasan, apa ngak salah tu, kan pasti jadi sasaran empuk pesawat malon, karena tidak bisa dipindahkan kalo ngak ada yang narik, masak prajurit infantri yang narik, kan ngak mungkin, dan pemindahannya dengan chinok lagi pasti akan lama. Ya maaf bung tni juga ngak bakalan drop howitzer kaliber 155mm dekat perbatasan langsung, tni lebih memilih kaliber 105mm kalo dekat perbatasan, karena mobilisasinya lebih baik.

      •  

        Ya itu kebijakan yang harus diubah, wong sudah tahu pernah diembargo, kenapa ngak mulai belajar mandiri, hayo anda tidak mau ya bangsa ini mandiri πŸ™‚

      •  

        Itu menhan nya ryamirad ryacudu yg secara mendadak beli chinook bukan pak moel .. Menhan yg bilang tidak usah beli senjata kita mau perang lawan siapa kita tidak punya musuh , lebih fokus ke peralatan yg bs membantu evakuasi bencana alam .. Ya itulah hasilnya chinook ..

      •  

        Kalo untuk misi bencana saja dan SAR lebih baik ec 725 saja, biar bisa menghemat devisa dan memberdayakan industri strategis kita

      •  

        Yowes nyerah saya, peace bung bluesky, terimakasih buat sharingnya:)

      •  

        negara kita mayoritas kan laut, kok yang diperkuat di darat ya?

        saya yang salah belajar waktu sekolah atau mereka yang terlalu pintar ya?

        guru saya sih bilng namanya negara maritim itu yang harus berkembang ya yang di laut dg di udara.

        kalau kita mau ke natuna mau naik kapal laut, atau mau naik pesawat terbang?
        masa harus naik mobil truk.
        kapan sampainya?????

        kita ini negara SIAP BERPERANG atau negara SIAP DISERANG ????

      •  

        HARUSNYA PAK MOELDOKO JADI THE NEXT PRESIDEN….!!!!
        HARUSNYA PAK MOELDOKO JADI THE NEXT PRESIDEN….!!!!
        HARUSNYA PAK MOELDOKO JADI THE NEXT PRESIDEN….!!!!
        HARUSNYA PAK MOELDOKO JADI THE NEXT PRESIDEN….!!!!

        SAYA TUNGGU PAK.
        SAYA AKAN PILIH BAPAK.

    •  

      Ancaman Indonesia itu dari LAUT sejak zaman sriwijaya majapahit sampai sekarang juga: China; Australia ; USA…dari paling cuman OPM itu juga karena dibantu AUSTRALIA..

      TNI AU dan TNI AL prioritas utama! MIL MI 17 Juga sudah ok! MendinG beli heli untuk AL untuk
      tugas maritime + pesawat
      surveillance untuk AU.

      •  

        Ditunggu saja bung BHD, sebagai perpanjangan offset dari boeing, maka pengadaan C17 Globe master III nanti juga menunggu press release. By the way 10 unit yang belum dipastikan masih dengan marka AS sudah disetujui penjualannya 1 pada aljazair, sekitar 2- 4 unit untuk kanada serta 2 untuk australia. Ditambahkan negara yang tertarik sisa unit tersebut akan memberikan pernyataan kemudian waktu.
        cmiiw…salam tabik bung.

        •  

          Alah sampean ini blaze” kog sukanya barang import terus, biasakan menghargai karya/produk anak bangsa sendiri, dan apakah anda sudah lupa tentang embargo ASU tahun 1998-2005??? Anda lupa apa masih belom lahir???

        •  

          maaf bung bowo, saya hanya menyampaikan keterangan yang saya peroleh dari media. Berita ini pun hanya melengkapi berita offset dari boeing waktu lalu. Kalau anda tidak sependapat silakan. Namun, berita ini memberi kemungkinan bahwa pemerintah mempertimbangkan pesawat angkut kelas berat setelah pengadaan pesawat sekelas air 400m belum memunculkan kejelasan.
          Imho..jadi yang saya sampaikan bukan sekedar bualan…cmiiw.

        •  

          Ya mudah”an pemerintah ngak beli tu barang, semakin kita membeli alutsista dari ASU semakin kita was” dengan namanya embargo, dan juga kita tidak bisa menggunakan alutsista tersebut sesuka hati kita.

        •  

          Semoga aja c17 nya jd dibeli krn bisa mjd alat angkut yg baik bagi TNI

        •  

          Alah mas tu barang mahal banget mas harganya per pesawat lebih dari 2.5T, lebih baik Antonov 70 sekelas airbus a400m tapi dengan harga pas dengan kantong kita

      •  

        Klu mencermati keadaan sekrng, paling utama itu tni AU yg harus kuat, klu AU kuat pasti musuh berpikir dua kali untuk mulai perang, kan kuasai udara bisa nyerng target di daratan apalgi yg di laut, klu AU bs menetralisir kekuatan lawan di laut maupun di darat,ato seklian aja AU yg kuat nyrng lansung daerah lawan….

  2.  

    Tdk terealissi

  3.  

    yang gahar2 dikit dong pak…

  4.  

    gambar 1

    Pa bisa d gandeng dengan truck???

  5.  

    perasaan klo gk salah di gambar itu, Truk nya isinya SAM ???

  6.  

    siap laksanakan….!!!

  7.  

    Artikel diatas : Tiingkok menggunakan Chinnok ?…apa benar ato salah fulis ya…??

  8.  

    ALUTSISTA 2016 HANYA CHINOOK ……………. ???

  9.  

    bungkus 1 skuadron biar gak kalah dengan negara tetangga

  10.  

    Su35 kapan terealisasikan ?

    •  

      kita belum juga pesan kok bicara realisasi..

      masih di godog, godog dan godok sampe basi…

      masih dipikir, pikir, dan pikir sampe stres…

      •  

        Hehehe makanya diambalat dibikin heboh bung.biar jd tuh si sukro 35.

      •  

        Yg kaya iku sopo mas…?? Jika negri ini kaya mana mungkin mayoritas penduduk di negri kita ini miskin… Realita lho…

        Jgn lg dengungkan negri ini negri yg kaya… Lha pemilik mayoritas tanah d negri ini itu siapa…?? Jgn lah indonesia itu hanya sekedar nama indonesia tp tanahnya tdk di miliki indonesia… Klo gtu yaa sama saja Numpang… Tragisnya Numpang di negri yg dulu di perjuangkan sendiri…

  11.  

    jangan lupa nih jg beli ndan.. mau pilih BUK M1 atau Akash, klo yg mau lebih jauh lg S300 apa HQ 9 ??

  12.  

    ka52 nya juga kan pa

  13.  

    liat segelnya udh kebuka apa utuh xixixi

  14.  

    lha tahun 15 pengadaannya apa mbah moel? berarti ga ada apa apa nih…
    ” semoga ada kabar baik dari moscow”
    (tan malaka;pacar merah indonesia)

  15.  

    Meski barang lawas tapi masih tetap keren. Chinook dan apache harus diakui barang cetar!!!

  16.  

    Hadeeuh makin dkt aja dah ma mamarika..
    tepok jidat dah.

  17.  

    Chinook..SU 35 knp..? dah 9x modar mandir soalnya..repot kalau ngejar pake Chinook mah..;(

  18.  

    Bung bung tenang dekh, yang gahar gahar munculnya mendadak

  19.  

    Bocor beneran….Maksudnya judulnya yg bocor wakakak….ketipu semua haha

  20.  

    Wow beritanya cetar membahana. Perlahan dan pasti bocorannya lama – lama terbongkar juga

  21.  

    Moga lapan mengundang pak dwi untuk bergabung mengembangkan roket dan rudal nasional

  22.  

    Chinook ada hubungan apa ama cilook y,.. kok mirip

  23.  

    Usah dibocorkan…tumpahkan aja sejagat udah tau, hembusan angin kalau RI mau batal kan beli SU 35 yg gahar..beli chinook 3 gratis 1.mmm nikmat..

  24.  

    membeli alusista2 tempur canggih hanya buat persiapan kalau ada bencana alam cs,sungguh alasan yang-baik-dan bisa diterima oleh-banyak pihak-walau mungkin sebagaian merasa heran\pening kepala.. !!!tapi aku berharap-pak menhan-juga memperbanyak membeli/membuat-kapal induk-pespur-kaprang-kasel-dengan cc/kapasitas yang lebih besar.untuk berjaga jaga bila ada bencana dilaut …hahahhahhaaaa

  25.  

    Pejabat dephan yg koplak apa memang negara ini kocak abis,,sudah jelas masalah pelanggaran perbatasan di laut darat udara,,yg di beli malah helikopter angkut,,gemes baca beritanya,,belum lg masalah fir natuna,,

  26.  

    Kirain bocoran alutsista TNI 2016 su 35, su 34, s400,,,, eh yg datang cm chinook…..

    Pak,,,,pak,,, wes kita ni butuh pesawat tempur predator pak,,,,, bukan alat SAR, gmn sih bapak ni,,, apa mau lagi harga diri bangsa kita di lecehkan negara tetangga…

  27.  

    AU dibeliin F 16 bekas.
    AL dibeliin Bung Tomo class bekas juga.
    AD mau di beliin chinook .bekas apa baru ya ?

    Soalnya gue liat lagi musim yang bekas bekas hehehe

  28.  

    Josss

  29.  

    Weesss masih mending bung PE.. Yg dtg chinook daripada yg chilokk..? Pake sambel kacang dah..wkwkwkkwk

  30.  

    Kenapa Panglima ga di bocorin yg milik AU (SU-35 + S-400)

    Apa tetangga sebelah takut terkena stroke ea..hihi

  31.  

    badalaaaa. … sempat semangat&cepet2 baca. …. ternyata. ….???????bocoran
    2016 alutsista nya sangat gahar&ghoib. .. . SALUT TNI….

  32.  

    bukan TNI kalau anda bisa menebak apa yg di rencanakan… salut buat kita kecewa.. tp bukan buat negara.. krn anda tdk pernah tau dan tidak akan pernah tau apa yg sebenarnya terjadi.. yg pasti kalian tetap aman dan nyaman dlm menjalani hidup dan bekerja.. kalian jg tdk pernah tau bahwa setiap tetes darah setiap hembusan nafas hanya untuk menjaga dan melindungi kalian..
    hilang tak pernah di cari mati tak pernah di akui

  33.  

    apa hubungannya chinook dengan pak rr ? chinook, blackhawk dan leopard kan hubungan dengan pramono edhie wibowo

    chinook adalah bolus (softleaks) bukan rencana … yah lagi-lagi … somebody takes the credit …

  34.  

    Chinook sih ok2 saja mo dipake SAR juga bisa ngangkut orang/korban lebih banyak drop bantuan juga bisa sekalian banyak sekali jalan, buat militer juga mantap deploy pasukan juga bisa langsung banyak, soal belanja militer juga tergantung pucuk pimpinan juga kalo TNI sih tinggal pake bicara soal embargo ato tidak itu resiko yg harus diambil krn kita hanya sebagai konsumen mo anti amerika gimna toh dalam 10 tahun terakhir saja Jumlah belanja militer Indonesia ke Uncle Obama masih lebih besar kok dibanding kan belanja kita ke Om Putin
    Jadi Apakah AD masih jadi anak emas dri 3 Matra TNI kita liat saja Panglima tertingginya saat ini punya rencana apa ke depan buat mendukung Jargon Poros Maritim Dunianya toh sampai pertengahan tahun ini saja Alutsista yg dateng baru F-16 blok25/52ID

  35.  

    list a1 mulai berdatangan, salut buat bung nr

  36.  

    Perang Pake Heli MAHAL Buat Angkot SEMBAKO he he he…………….. di Sut Pake Mapad Hit Hancor……. Nangis

  37.  

    RR itu ketika mau jadi menhan sudah minta restu ke ASU, kemudian juga sudah di screening oleh ASU.

    Makanya tidak heran jika kebijakannya merupakan kepanjangan tangan dari kepentingan ASU.

    ini kutipan pejabat ASU yang saya kutip dari Radio Suara Jerman DW, sesaat setelah pencalonan RR jadi Menhan:

    Pejabat Kementerian Luar Negeri AS menyatakan, tentara Indonesia memang sering terlibat dalam pelanggaran HAM ketika melaksanakan tugas. Tetapi Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menurut catatan AS tidak terlibat secara langsung dalam kasus-kasus tersebut.
    Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS, Jen Psaki, mengatakan kepada wartawan di Washington, AS tidak punya catatan “tentang keterlibatan menteri pertahanan (Indonesia) dalam kasus pelanggaran hak asasi manusia yang spesifik”.
    Psaki selanjutnya menerangkan, militer Indonesia sudah mengalami “perubahan yang signifikan” dalam 16 tahun terakhir, sejak berakhirnya era Suharto. AS berharap bahwa perkembangan ini akan dilanjutkan di bawah pemerintahan yang baru.
    Amerika Serikat sempat menghentikan kerjasama militer dengan Indonesia setelah penindasan brutal gerakan protes selama masa pendudukan di Timor Timur, yang kini sudah menjadi negara merdeka. Beberapa proyek kerjasama kemudian dilanjutkan tahun 2010.
    Jen Psaki menambahkan, Amerika Serikat ingin meningkatkan hubungan dengan pemerintahan baru di bawah Presiden Jokowi.

  38.  

    pembelian chinook itu hasil lobby k1 sewaktu berkunjung ke boeing terkait pembelian apache. mungkin akan sepaket dengan blackhawk. kalau tidak salah pakai mesin honeywell. honeywell sendiri sudah lama supply komponen buat cn235 series.

  39.  

    judulnya bikin kecewa

  40.  

    NKRI kalo tak mau beli SU 35 FLANGKER sebaiknya Beli Gundam ZGMF 10 A FREEDOM GUNDAM dari Bandai Jepang untuk menjammer dan menembak secara massal pespur musuh ….

    # Canggih Men …

    kecewaaaaaa …

  41.  

    Kalo gelagatnya begini, spt nya pemerintah sengaja membiarkan ambalat di caplok maling !!!

  42.  

    INDONESIA darurat rudal s300 atau s400, tempatkan di Nunukan, tembak satu drone malaysia biar kapok.RUSIA sudah tawarin kenapa engga di akuisisi ……………….., ???????????????, ???????, klu mau beli dari luar rusia ya ambillah. ini lebih penting dari helikopter.

  43.  

    Pusing memang, dari pelanggaran kedaulatan akan mengganggu kewibawaan Negara dpt pengaruhi psikologis masyarakat, sikap minder naik, produktivitas turun, rawan masalah akan naik, atur nafas dulu…apa yg harus dibanggakan?

  44.  

    ryamizard ryacudu udah bosan perang sewaktu jdi tentara jadi udah tobat n kapok, makanya kmrin ada isu mau dijadikan menteri agama supaya dosa2 sewaktu mnjadi tentara dulu bisa berkurang hahahaa, makanya sekarang beli alutsista utk SAR tugas kemanusiaan biar byk dapat pahala dia, semakin pesimis saya dgn negeri ini beli produk asu terus klo kena embargo kapok, tapi yang jelas mereka udah dapat upeti alias upah atas pembelian tersebut jadi otak korup pejabat indonesia mmg sdh seperti penyakit kanker stadium 100, cmiiw

  45.  

    mending beli helicopter dari rusia yang bisa angkat chinook.
    helicopter rusia lebih hebat….dan anti embargo.

  46.  

    nunggu leaks bung Kunto

  47.  

    Semua alutsista itu sdh dipikir dan dianalisa dengan sebaik mungkin buat kepentingan TNI kedepannya,plus minusnya alutsista tsb ya juga dipikir masak2 di mabes TNI baru nyampe ke tangan menhan untuk dibelanjakan sesuai anggaran yg ada atau disediakan.

  48.  

    Biar bombastis dikit lha om… Strategy pemasaran biar banyak yg baca… Hehe..
    Itu sah sah saja toh…

  49.  

    .

  50.  

    Gw kate jg apa…maennya kudu cantik rek…..

    Wes ta, lek karo om sam iku sing apik2 wae…mengko lak dijadikan sekutu…salah e yo ngene iki loh..terlalu jaim…non blok lah anu lah itulah…skalian aja yg jelas jgn plin plan..ben negoro iki isok maju…liat australia,..negoro maju ne gk karu2an…liat korsel, liat singapura…budrek ah.lama2 liat negara ini….

  51.  

    bocoran nya mana kalo cuma chinook mah dah dr indodefens taon kemaren mah dah ada!!!!

  52.  

    Di FB warung TDA ada shopping list yang rilis, barangnya bisa bikin keder tetangga

  53.  

    @Boldun ada milgem dll… Saya kasih linknya aja bung, saya gk bisa nge zoom fotonya soalnya lewat hp

    https://m.facebook.com/groups/1390833717877202?view=permalink&id=1461645727462667&_rdr

  54.  

    mbok dibelikan 1000 lembar nomernya untuk para gelandangan dan fakir miskin bung, biar semua pada kaya. kan lumayan bantu pemerintah mengentaskan kemiskinan.

  55.  

    Kirain apa, ternyata cuma chinook.

  56.  

    Paman sam setrong bro….akakakak

  57.  

    maaf mau kasih infonya bener pa kaga sy minta ralat……..setahu ane niih chinook kalau kita beli pihak pabrikan boeing setuju mau tot. buat dirakit di pt,di..bahkan pengin pt,di dijadiin dlm pemasaran dikawasan asia……sdgkn heli apache itu juga ada totnya….meskipun ga terlalu besar..klo pengin jelasnya nanya lgsung ke humas/pr pt.di aja lewat surat so pasti ente ente dibales jawabannya..jd ga usah pada bingung en bertengkar…..sudah itu jawabane baru disharen disini…sekali lgi mintaa maaf koment sy end kalau salah diralat…makaziiih

  58.  

    Bocoran bocoran tka usah diunggah buat apa ?, anggap saia kita masih lemah tak usah berbangga diri, bencana didepan mata belum bisa diatasi ; Korupsi meraja lela seakan berlomba siapa yang paling rapi bisa mencuri tanpa kena sanksi.

  59.  

    menarik ini..
    β€’ 24 f16 bekas + retrofit = 800 jt dolar resiko embargo

    β€’ 16 su 30 gress baru = 800 jt dolar tanpa resiko.
    Anda pilih mana???

    harusnya pemerintah memilih SU-30, kenapa memilih kuantitas F16 ya ???

    ngopi dulu aahhh….

  60.  

    intinya indonesia udah mampu membuat persenjataan terbaru klo yg belum ada di adakan karna sebagai alat pendukung semua karna situasi dan kondisi, kluar dari pada itu klo kita bisa memproduksi persenjataan dan alustista pasti udah egk cari keluar klo tentara habis saya siap turun untuk perang kapan pun dimanapun medan apa pun siap berangkat..

  61.  

    Comment: bungkus aja cilok uups chinnoknya 2 biji aja satu tuk sar yg saru tu di copy oleh pt .di biar kita bisa punya cilok banyak…dah …di copy aja biar gak tot totnya pt di bisa kok bikin spt ciloknya asu