Dec 282018
 

Pesawat Boeing E-3A Airborne Warning and Control System. (Staff Sgt. David Nolan – US Military DoD)

Boeing telah mengirimkan pesawat terakhir E-3A Airborne Warning and Control System (AWACS) yang ditingkatkan dengan avionik dan kokpit digital ke NATO di Manching, Jerman, ujar perusahaan Boeing pada 18 Desember 2018, dirilis Shephardmedia.com, 27/12/2018.

Pengiriman ini adalah final dari 14 pesawat E-3A yang ditingkatkan oleh Boeing sebagai bagian dari upaya modifikasi dengan nilai $ 257 juta. AWACS pertama diupgrade di fasilitas Boeing di Seattle dan dikirim ke NATO pada November 2016. 13 pesawat sisanya menjalani pekerjaan modernisasi di Manching.

Pembaruan termasuk lima tampilan digital penuh warna di setiap pesawat, menggantikan dial era 1970-an dan memberikan anggota awak dengan mesin, navigasi, dan data radar yang dapat disesuaikan. Kemampuan digital ini juga memungkinkan NATO untuk mengkonsolidasikan tanggung jawab kru.

Armada AWACS NATO adalah unit penerbangan multinasional terintegrasi aliansi pertama, yang menyediakan penyebaran cepat, pengawasan udara dan C2 untuk operasi NATO.

 Posted by on December 28, 2018