Boeing Selesaikan Upgrade Radar Armada AWACS Arab Saudi

Pesawat AWACS Angkatan Udara Kerajaan Saudi. © Boeing

Boeing telah menyelesaikan serangkaian upgrade yang secara substansi akan meningkatkan kemampuan teknologi pesawat Airborne Warning and Control System (AWACS) E-3A Arab Saudi, seperti dilansir dari Defence Blog.

Di antara peningkatan kemampuan radar dan mengurangi waktu perbaikan armada pesawat pengawas udara adalah sistem yang bisa meningkatkan sensitivitas peralatan radar asli dan memperluas jangkauan pelacakan target.

Upgrade yang disebut sebagai Radar System Improvement Program (RSIP) itu terdiri atas komputer radar baru, panel kontrol perawatan radar dan listrik, perangkat lunak mekanis, serta perangkat keras.

“Tugas utama pesawat AWACS adalah memberikan kesadaran situasional secara tepat waktu, tim kami tetap setia pada misi tersebut. Perangkat lunak modern, sejumlah node radar dan cara kerja yang disempurnakan, secara keseluruhan adalah peningkatan yang paling signifikan pada radar AWACS sejak pertama kali dikembangkan pada tahun 1970-an”, menurut Keith Burns, Manajer Program AWACS Boeing untuk Arab Saudi.

Para insinyur dan teknisi Boeing melakukan instalasi dan checkout pesawat terbang pertama yang di upgrade pada Boeing Field di Seattle. Pesawat yang tersisa di modifikasi di Al Salam Aerospace Industries di Riyadh, Arab Saudi, dengan dukungan insinyur, teknisi dan tim uji serta evaluasi Boeing.

Perlengkapan RSIP dibangun oleh Northrop Grumman Electronic Systems dan semua telah dipasang pada armada pesawat AWACS Amerika Serikat, Inggris, NATO dan Prancis.

Boeing mengirim pesawat AWACS Arab Saudi pada bulan Juni 1986 hingga September 1987.

Tinggalkan komentar