Aug 182016
 

Presiden Bolivia Evo Morales membuka sebuah akademi militer, yang dia sebut akan mengajarkan doktrin anti-imperialis demi menangkal kebijakan-kebijakan Amerika Serikat yang didasarkan pada ketakutan.

seperti yang diketahui Bolivia sangat anti terhadap Amerikat Serikat termasuk dalam sistem ekonominya yang cenderung kapitalis, yang berbeda dengan karakter masyarakat Amerika Latin yang sosialis.

Bagi Bolivia, penjajahan baru saat ini adalah imperalisme yang digaungkan oleh AS melalui sistem ekonominya yang cenderung menyengsarakan rakyat. dan tidak berpihak dengan rakyat.

“Amerika Serikat telah mendirikan School of the Americas untuk mendoktrin angkatan bersenjata menjadi pro imperialisme,” kata Morales, merujuk akademi militer AS era Perang Dingin yang melatih para diktator Amerika Latin dan militer mereka dalam menghadapi pemberontakan dan mempelajari teknik penyiksaan.

“Jika imperium mengajarkan dominasi dunia dari akademi-akademi militernya, maka kami akan belajar dari akademi-akademi kami dalam memerdekakan kami dari penindasan imperialis,” kata dia.

Morales telah menjadi pengecam utama kebijakan luar negeri AS dan menjadi salah satu pemimpin kiri yang masih tersisa dari blok kiri Amerika Selatan.

Belum lama pekan ini dia mengunjungi Kuba untuk bertemu dengan Fidel Castro dalam rangka ulang tahun ke-90 pemimpin revolusioner itu.

Akademi militer itu terletak di Bolivia timur di situs bekas pusat pelatihan pasukan perdamaian PBB.

Sekitar 200 kadet akan belajar sejarah, geopolitik dan strategi militer, kata Bolivia. Akademi ini terbuka untuk negara-negara kiri Ameria Latin lainnya yang tergabung dalam blok ‘ALBA’, yang terdiri dari Bolivia, Venezuela, Nikaragua dan Kuba.

ini merupakan ancaman bagi Amerika Serikat, melihat kekuatan dari negara-negara tersebut yang mulai berkoalisi untuk berhadapan dengan AS di kemudian hari. melihat dari sejarah masa lalu ketika AS berkonfrontasi dengan Bolivia yang dianggap dekat dengan komunis Uni Soviet yang merupakan musuh utama AS di perang dingin.

Berbagi

  11 Responses to “Bolivia dirikan akademi militer anti imperialisme”

  1.  

    Pertamax +

  2.  

    mendoktrin angkatan bersenjata menjadi pro imperialisme, sudah ada Di negara ini sptnya Dr tempo lalu

  3.  

    Semakin banyak musuh amerika

  4.  

    akademi militer anti imperialisme ini perlu didukung. selama ini akademi imperialisme selalu menindas yg lemah…

  5.  

    kaum ploretariat sosialis yg menentang kaum borjuis imperialis.
    hmmm…klo di indonesia gimana yaa ??

  6.  

    Aparat kita mana berani sama us? yang ada malah jadi “local army friends”

  7.  

    Lanjut kan., patut di contoh.., salam pembebasan angkat tangan KIRI!!!

  8.  

    Kalo Argentina pihak ke mana ya?? Ke barat atau non barat.

 Leave a Reply