Bom JDAM (Joint Dirrect Attack Munition) – Mimpi Buruk @Mbah Bowo

55
154

smart-bomb-9

Selama ini rekan kita yang terhormat @mbah Bowo, begitu takut dengan bom JDAM (Joint Dirrect Attack Munition) milik Australia. Lalu apakah bom JDAM itu sebenarnya? Apakah itu bom jatuh biasa atau bom cerdas yang setara dengan rudal cerdas lainnya?

Bom JDAM sebenarnya hanyalah bom jatuh biasa dan mengandalkan gaya grafitasi bumi sebagai daya dorongnya. Hanya yang membedakan dengan bom jatuh biasa, JDAM dilengkapi pengendali sasaran sistem inersia dan GPS receiver.

Receiver GPS pada bom JDAM berfungsi menerima sinyal GPS dari satelit yang menghitung dan melacak posisi target. Sedangkan sistem inersia berfungsi memonitor pergerakan jalur bom dari posisi peluncuran hingga menuju targetnya.

smart-bomb-10 (1)

Sistem komputer dengan sistem bimbingannya (GPS maupun inersia) terletak dibelakang dan berfungsi menggerakkan sirip dan mengarahkan bom menuju sasarannya, bahkan diklaim bom JDAM memiiki tingkat kesalahan akurasi hanya 1-1,5 meter dari target.

Lalu dengan apakah Indonesia akan menangkal serangan bom JDAM?. Karena bom JDAM bukanlah rudal jelajah jarak jauh, maka bukan S-300 ataupun S-400 yang harus menghadangnya, justru S-300 berfungsi untuk merontokkan pesawat tempur yang menggotong bom JDAM. Bom JDAM bisa dihadang dengan sistem pertahanan udara menengah dan dekat, dan karena Indonesia belum memiliki sistem pertahanan udara menengah maka pertahanan jarak dekatlah yang akan menghadang bom cerdas dan murah ini.

sistem-pertahanan-udara-Oerlikon-Skyshield

Indonesia saat ini sudah memiliki sistem pertahanan udara jarak dekat yang canggih, yakni Oerlikon Skyshield. Menurut Penulis, inilah sistem pertahanan udara yang mampu menahan serangan bom JDAM. Dengan perisai amunisis AHEAD (Advanced Hit Efficiency and Destruction), Skyshield mampu melindungi pangkalan maupun gedung-gedung penting dari serangan bom JDAM.

Memang jumlah Oerlikon Skyshield masih terbatas, dan tugas kementerian Pertahanan lah yang harus menyadiakan Oerlikon Skyshield dan sistem pertahanan udara menengah maupun jauh untuk mampu menangkal serangan udara dari pihak musuh.

55 KOMENTAR

  1. Alutsista RI itu sebenernya banyak, bukan yang goib, tapi digoibkan… pernah suatu ketika saudara dari bos ane karena suatu urusan harus masuk ke salah satu basis pertahanan TNI di salah satu kota di Jawa Timur, buat masuk wilayah itu mata harus ditutup… setelah nyampek lokasi baru boleh buka mata, terheran2 krn di tengah hutan itu banyak alutsista pertahanan udara yg siap tempur, cuman krn bukan pengamat militer dianya ga ngeh jenis alutsitanya apa aja… keluar dari situ mata juga kembali ditutup, jd letak pasti pangkalannya pun ga ngerti

  2. sepertinya bukan djam harus dikomenin heheeheh,artikel sebelah itu sangat rame itu bagus sekali,nasionalisvs realistis(artikel block masela)

    sebelum siap perang,kita harus siap alussita sebelum perang,perang bukan invasi saja,itu blokade,penghancuran sistematik segala sistem ekom,dan penghancuran sumber kehidupan masyarakat.nah ada berapa tulisan diartikel kita akan membeli alussita,bukan damai lebih enak membeli alussita?(kasus f16 iraq baru 6tahun dikirim oleh usa dr tahun 2009-2015,kasus pespur suriah baru 2015 dikirim itu saja termasuk susah dibayar oleh suriah,belum kasus embargo iran 2009-2016 s teler 300 bukannya harus dikirim na)nah harusnya masa damai ini alussita diakusisi secara bertahap,jgn harap kalo alusssita bisa dikirim kalo sudah terjadi perang

    salam damai selalu met siang:)

  3. Tenang aja mbah bowo, cucu cicit mu di Batalyon LSU dan Batalyon Rx600 akan setia di posko ronda. Itu pun kalau F18 bisa lewat gigi Hiu, paus, kuda dan teri medan.
    Kalau cina malekong macem2 tinggal salvo ludah. Australia bisa masuk hanya bisa dan hanya bila PapuaNuGetek jebol perawane.

  4. artikel spesial buat kakek BOWO..

    sebernya blok MASELA ini sudah di kelola oleh PT PERTAMINA dan INPEX.corp(jepang) sejak tahun 2000 bung. jadi kalo emnag asutralia pengen ambil blok itu mungkin doi akan berhadapan dengan 2 negara sekaligus yaitu indonesia dan sekutu amerika.JEPANG.

    ane comot dikit dari wickipeddia bung .

    “Pada tahun 2000, INPEX Masela Ltd telah melakukan pengeboran sumur eksplorasi pertama yaitu sumur Abadi-1 yang terletak di tengah-tengah struktur Abadi dengan kedalaman laut 457 meter dan total kedalaman 4.230 meter.” dsb.

    dan skarang udah ampe projek ABADI 3 yang berhasil mengalirkan GAS 13,8 MMSCFD (juta kaki kubik/hari) dan 266 BOPD (barel kondensat/hari) melalui pipa choke 44/64”.

    gak usah ngomong JDAM lagi lah, itu gas adalah hak rakyat indonesia yg notabene masih sederhana, jika allah maha adi, itul missil JDAM nya mungkin akan busuk sebelum sampe pada sasaran. amin

  5. kadang koment lucu2…ketika menhan bilang butuh semangat..warga jkgr bilang setor nyawa klo nggk ada alutsista canggih…sekarang giliran mbah bowo bilang butuh alutsista canggih dan banyak malah mw setor nyawa dengan alasan nasionalisme….
    nasionalisme boleh asal jangan nasionalisme buta…semua harus sejalan…
    hahahahahahaha

  6. Bom JDAM tidaklah menakutkan seperti yg selama ini santer terdengar. Ini hanyalah salah satu jenis bom dari sekian banyak jenis bom yg ditingkatkan teknologinya menggunakan panduan GPS. Justru yg perlu diwaspadai adalah rudal jelajah yg sekarang sudah meningkat kemampuannya. Rudal jelajah yg ada sekarang sudah mampu meluncur sangat rendah dari permukaan bumi guna menghindari deteksi radar musuh. Dan utk mengikuti lekuk kontur bumi dng kecepatan yg tinggi juga sudah dibenamkan teknologinya.
    Rusia adalah salah satu yg berhasil unggul dalam hal penciptaan rudal jelajah dengan akurasi tinggi. Sudah pasti rudal jelajah lebih menakutkan daripada Bom JDAM. Namun yang lebih menakutkan dan lebih menyeramkan dari rudal dan bom tersebut adalah wajah Mbah Bowo itu sendiri.
    Salam damai NKRI

  7. SAYA JADI GAK ENAK DIK SEMUA…
    Wwkkkk.. .. Dagelan website militer terasyik di Indonesia… . Klo dlm bahasa jawa ada istilah “unthul” dlm perniagaan jual beli di pasar tradisional.. ..
    Nah, disini banyak pemain² “bayaran” agar blog disini tetap laris dagangannya.. .