Bomb Burst Pesawat Tempur TNI AU di Langit Istana Merdeka

foto 1 resize 1

JakartaGreater – Peringatan hari jadi ke-76 Tentara Nasional Indonesia tahun 2021 yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta, Selasa, 5/10/2021, dimeriahkan dengan penampilan alutsista milik TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU). Di udara, 16 jet tempur dan 8 helikopter gabungan AD, AL dan AU ikut memeriahkan acara ini.

Ada hal lain dari perayaan HUT TNI yang sebelumnya juga rutin melibatkan atraksi udara, yakni Bomb Burst atau ledakan kecil pengecoh kejaran rudal musuh seperti di film-film action.

foto 2 resize 1

Bomb Burst Pesawat Tempur TNI AU di Langit Istana Merdeka, meriahkan HUT ke-76 TNI, di Jakarta

Ke-16 jet tempur yang ikut ambil bagian dalam acara ini adalah 6 pesawat T-50i Golden Eagle “Golden Flight” dari Skadron Udara 15, 6 pesawat F-16 Fighting Falcon “Dragon Flight” dari Skadron Udara 3 dan 4 pesawat Sukhoi SU-27/30 “Bajra Flight” dari Skadron Udara 14 dan 11.

Bomb Burst Pesawat Tempur TNI AU di Langit Istana Merdeka, meriahkan HUT ke-76 TNI, di Jakarta

Bomb Burst Pesawat Tempur TNI AU di Langit Istana Merdeka, meriahkan HUT ke-76 TNI, di Jakarta

Para pilot membentuk formasi terbang “Arrow Head” dan manuver “Bomb Burst” tepat di atas Istana Merdeka.

Saat melintasi Istana Merdeka, ke tiga “flight leader” dari pesawat Sukhoi SU-27/30, pesawat F-16 dan pesawat T-50i Golden Eagle mengucapkan selamat HUT TNI ke-76.

foto 3 resize 1 e1633445973106

Pesawat Sukhoi TNI AU memeriahkan atraksi udara HUT ke-76 TNI di Jakarta

“Kami elang – elang Angkatan Udara, dari ketinggian seribu kaki, mengucapkan selamat ulang tahun ke tujuh puluh enam tentara nasional Indonesia, Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang, salam Swa Bhuwana Paksa,” ujar ke tiga flight leader Letkol Pnb. Dharma T. Gultom dari pesawat T-50i, Letkol Pnb. Agus Dwi Aryanto dari pesawat F-16 Fighting Falcon dan Letkol Pnb. Bambang Baskoro Adi dari pesawat Sukhoi.

Presiden Joko Widodo beserta wakil presiden, para menteri dan pimpinan TNI mengekspresikan rasa bangga dan kagum mereka terhadap alutsista yang dimiliki.

Leave a Reply