Agu 072016
 

Guangzhou – Pesawat Pembom Angkatan Udara China, H-6K dan jet tempur Su-30, melakukan patroli di wilayah udara Laut China Selatan (LCS). Mereka berpatroli di atas pulau Nansha dan pulau-pulau Huangyan di wilayah laut yang disengketakan oleh sejumlah negara.

“Penerbangan ini bagian dari latihan pertarungan yang sebenarnya untuk meningkatkan respon Angkatan Udara terhadap ancaman keamanan,” ujar Kolonel Senior Shen Jinke yang dikutip Xinhua, Minggu (7/8/2016).

Pesawat H-6K Bomber China melakukan patroli di Laut China Selatan

Pesawat H-6K Bomber China melakukan patroli di Laut China Selatan

Dalam patroli ini, kata Kolonel Senior Shen Jinke, dua pesawat tempur Su-30 juga melakukan pengisian bahan bakar sebanyak dua kali di atas laut.

“Beberapa jenis pesawat pembom, pesawat tempur, pesawat Airborne Early Warning, pesawat pengintai dan tanker juga terbang turut melakukan patroli,” ujarnya sambil menambahkan bahwa pesawat-pesawat itu, lepas landas dari beberapa bandara.

Bomber H6K China

Bomber H6K China

Kolonel Shen mengungkapkan pesawat-pesawat tersebut telah menyelesaikan serangkaian misi latihan, termasuk manuver pertahanan udara, peringatan dini, pertempuran udara dan patroli pulau dalam lingkungan elektromagnetik yang rumit.

China mengklaim secara sepihak hampir seluruh wilayah laut China Selatan yang kaya akan sumber daya. Namun klaim ini ditentang sejumlah negara. Bahkan pengadilan Arbitrase Internasional memenangkan gugatan Filipina atas China, terkait sengketa Laut China Selatan.

Sumber : Sindonews.com

 Posted by on Agustus 7, 2016