Sep 142013
 
Sejak April 2013, China mulai mengganti Kapal marine surveillance yang berpatroli di sekitar Senkaku/Diaoyu dengan kapal-kapal perang (photo: Zhong Kuirun/Getty Images)

Sejak April 2013, China mulai mengganti Kapal Marine Surveillance yang berpatroli di sekitar Senkaku/Diaoyu dengan kapal Patroli Laut (photo: Zhong Kuirun/Getty Images)

Tujuh Kapal Patroli Laut China bergerak ke perairan Pulau Senkaku?Diaoyu yang tengah disengketan dengan Jepang, sehari sebelum ulang tahun nasionalisasi Tokyo atas gugusan pulau di Laut China Timur. Kedatangan tujuh kapal penjaga pantai ini merupakan yang terbesar sejak ketegangan antara kedua negara pecah.

Penjaga pantai Jepang mengatakan kapal China telah memasuki wilayah perairan Jepang sekitar pukul 10:30 am waktu setempat.

Tidak itu saja, China juga mengirim dua bomber Xian H-6, untuk melintas di perairan sekitar Okinawa dan Miyakojima, Jepang. Kementerian Pertahahan China berdalih dua bomber itu terbang di perairan internasional, namun tidak bertujuan mengusik kedaulatan Jepang.

“Itu hanya bagian dari latihan dan patroli rutin di sepanjang wilayah China di Laut China Timur hingga ke bagian barat Pasifik tanpa melanggar wilayah udara Jepang,” kata juru bicara kementerian di Beijing.

“China memiliki kebebasan untuk melakukan aktivitas apapun, termasuk latihan militer di wilayah perairan dan udara yang menjadi bagian dari kedaulatannya,” pernyataan Biro Infomarsi Kementerian Pertahanan China.

Bomber H6 China terbang mendekati wilayah Jepang di Okinawa dan Miyakojima

Bomber H6 China terbang mendekati wilayah Jepang di Okinawa dan Miyakojima

Menteri Pertahanan Jepang Itsunori Onodera, memerintahkan fighter mereka untuk scramble pada 8 September 2013, membayangi rute bomber Xian H-6 China yang berada di antara selatan pulau Okinawa dan
Miyakojima.

Bomber Xian H-6 dibangun berdasarkan Tupolev Tu-16 Badger, buatan Uni Soviet. Versi terbaru bomber H-6 telah dilengkapi rudal jelajah jarak menengah.

Sehari setelah itu, 9 September 2013, Jepang menyatakan dua frigate China — Type 054A Yi Yang and Changzhou — berada sekitar 100 km di utara Miyakojima yang berlayar dari Pacific menuju Laut China Timur.

Di hari yang sama, UAV China terdeteksi berada di sekitar kepulauan Senkaku. Angkatan Udara Jepang mengirim fighter mereka untuk mencegatnya, sekaligus untuk mengkonfirmasi laporan radar. Kementerian Pertahanan Jepang menyatakan UAV China itu BZK-005 (pesawat intai tanpa awak jarak jauh, medium /high-altitude). Pesawat tanpa awak tersebut dinyatakan tidak melanggar teritori Jepang dan berbalik arah menjauh dari Senkaku.

Frigate China Type 054A Yi Yang  berlayar  dari Pacific menuju Laut China Timur dan berada  sekitar 100 km di utara Miyakojima

Frigate China Type 054A Yi Yang berlayar dari Pacific menuju Laut China Timur dan berada sekitar 100 km di utara Miyakojima

Media Jepang menuduh keberadaan bomber, kapal perang China di sekitar Senkaku, Okinawa dan Miyakojima merupakan cara China untuk memamerkan kekuatannya dan memprovokasi Jepang.

Sebagai reaksi atas kapal perang dan bomber China, Pasukan Jepang meningkatkan kesiapan mereka ketingkat siaga. Pemerintah Jepang mengeluarkan pernyataan bahwa Beijing harus menerima konsekuensi dari beberapa tindakan provokatif mereka.

“Kita sudah dalam kondisi siaga pada perayaan satu tahun nasionalisasi Senkaku,” ujar juru bicara pasukan penjaga pantai Jepang Yuma Miyako.

“Kami akan mencegah kapal patrol China yang masuk di teritori kami dengan menempatkan kapal perang kami sedekat mungkin dengan mereka,” ujar Yumi.

Sengketa Pulau Senkaku dimulai pada 1895 ketika Jepang mengkliamnya, karena saat itu belum ada yang memiliki. Sementara China mulai mempersengketakan pulau tersebut pada 1960 dengan melihat adanya sumber daya besar yang ada di dasar laut Senkaku. China menilai pulau-pulau itu direbut secara ilegal oleh Jepang pada masa Perang Dunia II.

Hubungan Jepang dengan China terus memanas akibat masalah perebutan Pulau Senkaku. Kedua negara dalam kondisi tensi tinggi selama satu tahun terakhir. Konfrontasi sering terjadi antara kapal perang dari kedua belah negara yang merupakan kekuatan ekonomi terbesar di Benua Asia.

Banyak kalangan pengamat meyakini pulau-pulau menyimpan sumber daya alam yang besar di bawah laut ini bisa menjadi titik api yang menyebabkan konflik bersenjata antara raksasa Asia.

China menggelar patroli sejak September 2012, ketika Tokyo menasionalisasi pulau-pulau tersebut. Beijing mengklaim kepulauan Senkaku sebagai miliknya dan menyebutnya Pulau Diaoyu. (JKGR).

  9 Responses to “Bomber dan Frigate China Mendekati Jepang”

  1. prediksi tetap , cina ga akan memulai “perang” terbuka apapun alasan nya untuk saat ini,karena secara militer untuk teknologi belum cukup untuk Menyamaii AMERIKA yang pasti akan membantu Jepang,belum lagi jika anggota NATO lain membantu,cina hanya show force,nanti jika saat nya tepat mungkin bisa terjadi perang di LCS, karena jika pun perang terjadi saat ini yang di untungkan tentu AMERIKA, secara cina dan jepang berpredikat nomor 2 dan 3 untuk kekuatan ekonomi di dunia, sehingga jika terjadi perang otomatis akan mengangu perekonomian kedua negara dan jika asia pasifik, dan yg di untungkan tengtu saja amerika, karena tentu saja jepang akan “belanja” perlengkapan” perang dari amerika, sebut saja mungkin rudal PATRIOT, F35 atau pun F22 raptor jika di bolehkan,terima kasih

  2. Maaf bung diego.comment gw ga ada hubungannya sm artikel di atas.cuma gw mau tanya aja.denger2 vietnam udh beli radar yg bisa nge detect pesawat siluman yah.emang ada yah radar yg bisa nge detect ntu pesawat.coba donk bung di bahas di sini..trm kasih sebelumnya

  3. Wah.. wah.. kenapa kita tidak seperti ini ya, saat sengketa dengan melaysia memperebutkan pulau sipadan-ligitan yang jelas-jelas punya RI.

    Usul dari siapakah itu yang membawa masalah ini ke jalur diplomasi.????

  4. Air defence Serbia menembak jatuh F117 stealth fighter AS tahun 1999. Bahkan kejadian ini telah difilmkan. Kedua pilot bertemu setelah perang. Dari ulasan sejumlah blog di luar, siatem radar s300 bisa sabet, semua benda besi yg terbang di udara, asal msh dalam jangkauan. S300 bisa deteksi benda yang radar cross sectionya kecil, sepertil rudal maupun pesawat stealth. Mungin rekan lain bisa tambahkan

  5. Cina hrs menggencet Jepang dg kekuatan militer, kalau tdk perekonomian cina akan dicuri Jepang dan Jepang akan menjadi Jepang Raya yg pernah menjajah cina. Salam NKRI………………….

  6. China memang ajegile

  7. Oleh Negara Cina kita belum pernah dijajah namun kita masih dijajah orang Cina (ekonomi) kalau oleh Jepun kita pernah dijajah, pahit.

 Leave a Reply