Dec 052014
 
3 Kapal Nelayan Vietnam Pencuri Ikan Diledakkan , Herianto/detikcom

3 Kapal Nelayan Vietnam Pencuri Ikan Diledakkan , Herianto/detikcom

Jakarta – Boom! Tiga kapal nelayan Vietnam yang mencuri ikan di perairan Indonesia akhirnya diledakkan. Aksi peledakan tersebut dikawal KRI Sultan Hasanuddin, KRI Barakuda-633 dan KRI Todak-631.

Kapal itu diledakkan satu persatu. Api dan asap besar membumbung tinggi ke langit setiap kali kapal meledak. Kapal-kapal itu kemudian tenggelam ke dasar laut. Sementara puingnya berserakan di atas laut.

Peledakan dilakukan di perairan wilayah Pulau Anambas, Kepulauan Riau, Jumat (5/12/2014) pagi. Ada 3 kapal Vietnam yang diledakkan, yakni KG 90433 TS. ATS 005, KG 94366 TS. ATS 006, dan KG 94266 TS. ATS 012.

Ketiga kapal tersebut diledakkan dengan senjata dari Kapal Navigasi Bintang Laut 4801 oleh Satuan Kopaska Koarmabar. Para nahkoda dan ABK kapal tersebut sudah lebih dulu dievakuasi ke KRI Barakuda-633.

Sebelum kapal diledakkan, tampak beberapa anggota Satuan Kopaska Koarmabar bergerak mendekati 3 kapal itu dengan sekoci. Mereka sepertinya memasangi bahan peledak di kapal-kapal tesebut.

Aksi peledakan tersebut dikawal oleh KRI Sultan Hasanuddin, KRI Barakuda-633 dan KRI Todak-631. Ada juga helikopter yang berputar-putar di sekitar lokasi untuk memantau. Beberapa anggota TNI AU dari KRI Barakuda-633 memantau di 2 sekoci.

Di KRI Barakuda-633 sendiri ada 8 ABK kapal Vietnam yang dievakuasi. Mereka turut menyaksikan peledakan ketiga kapal mereka dari geladak helikopter. (detiknews)

———————————————————————————————————————————————————————-

8 ABK Vietnam Pencuri Ikan Meratapi Kapalnya yang Diledakkan

 

Batam – Delapan ABK kapal Vietnam pencuri ikan menyaksikan 3 kapalnya diledakkan. Wajah mereka semua, yang diamankan Personel TNI AL di KRI Barakuda-633, terlihat sedih.

Ketiga kapal ikan Vietnam itu diledakkan di perairan wilayah Pulau Anambas, Kepulauan Riau, Jumat (5/12/2014) pagi. Ada 3 kapal Vietnam yang diledakkan, yakni KG 90433 TS. ATS 005, KG 94366 TS. ATS 006, dan KG 94266 TS. ATS 012.

Ketiga kapal tersebut diledakkan dengan senjata dari Kapal Navigasi Bintang Laut 4801 oleh Satuan Kopaska Koarmabar. Para nahkoda dan ABK kapal tersebut sudah lebih dulu dievakuasi ke KRI Barakuda-633.

Sebelum kapal diledakkan, tampak beberapa anggota Satuan Kopaska Koarmabar bergerak mendekati 3 kapal itu dengan sekoci. Mereka sepertinya memasangi bahan peledak di kapal-kapal tesebut.

Aksi peledakan tersebut dikawal oleh KRI Sultan Hasanuddin, KRI Barakuda-633 dan KRI Todak-631. Ada juga helikopter yang berputar-putar di sekitar lokasi untuk memantau. Beberapa anggota TNI AU dari KRI Barakuda-633 memantau di 2 sekoci.

Api besar kemudian diikuti asap tebal membumbung tinggi sesaat setelah kapal diledakkan. Dua kapal perlahan tenggelam ke dasar laut, satu lainnya masih terbakar. Puing-puing kapal itu berserakan di atas air di sekitar lokasi.

Delapan ABK kapal tersebut melihat peledakan itu dari geladak helikopter KRI Barakuda-633 dengan penjagaan dari personel TNI AL. Wajah para pria yang didominasi usia sekitar 35-40 tahun itu terlihat sedih.

Para ABK kapal Vietnam ini tampak bercakap-cakap. Entah apa yang dibicarakan. Mereka semua berbincang dengan bahasa Vietnam. Salah seorang dari mereka tampak menyeka matanya dengan tangan.

Para ABK kapal Vietnam itu menatap kobaran api yang melumat kapalnya. Jarak pandang mereka semua dari KRI Barakuda-633 ke ketiga kapal tersebut sekitar 800 meter.

Ketiga kapal tersebut diledakkan karena mencuri ikan di perairan Indonesia. Sebelumnya presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memang menginstruksikan aparat agar menembak dan meledakkan kapal-kapal asing yang mencuri ikan di Tanah Air.

Sumber  : detiknews
Bagikan Artikel :
 Posted by on December 5, 2014

  91 Responses to “Boom! 3 Kapal Nelayan Vietnam Pencuri Ikan Diledakkan”

  1. pertamax……….mudahan berkelanjutan bukan hangat hangat tai ayam….

    • Bravo TNI…..lanjutkan….

    • Di lokasi , ada bung diego yang sedang meliput aksi peledakan 3 kapal nelayan asing, kita tunggu hasil liputan bung diego dari TKP.

    • Selamat dan sukses untuk peledakan 3 kapal pencuri ikan…

      Siapkan lebih banyak lagi bahan peledak untuk aksi2 berikutnya..

      Bravo jokowi-jk,susi,dan tni…

    • semoga terus berkelanjutan,

      dan semoga penguatan armada kapal TNI AL terus ditingkatkan

      BRAVO TNI, ……

      ========================================================
      MHN maaf, dan mohon dikoreksi para sepuh warjager, ….

      berikut list kekuatan armada kapal perang yang dipublikasikan umum …….

      sumber acuan : http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_kapal_perang_TNI-AL
      ========================================================

      FRIGAT CLASS : ( 6 KRI )

      A. AHMAD YANI CLASS

      1. KRI AHMAD YANI ( 351 )

      2. KRI SLAMET RIYADI ( 352 )

      3. KRI YOS SUDARSO ( 353 )

      4. KRI OSWALD SIAHAAN ( 354 )

      5. KRI ABDUL HALIM PERDANA KUSUMA ( 355 )

      6. KRI KAREL SATSUIT TUBUN ( 356 )

      LIGHT FRIGAT CLASS : ( 7 KRI + 3 KRI * DIBANGUN* )

      A. BUNG TOMO CLASS

      1. KRI BUNG TOMO ( 357 )

      2. KRI JOHN LIE ( 358 )

      3. KRI USMAN HARUN ( 359 )

      B. FATAHILLAH CLASS

      1. KRI FATAHILLAH ( 361 )

      2. KRI MALAHAYATI ( 362 )

      3. KRI NALA ( 363 )

      C. KI HAJAR DEWANTARA CLASS

      1. KRI KI HAJAR DEWANTARA ( 364 )

      D. SIGMA 10514 CLASS

      1. KRI ( …………. ? . ) ( 3XX )

      2. KRI ( …………. ? . ) ( 3XX )

      3. KRI ( …………. ? . ) ( 3XX )

      Tahun 2015, 2016, 2017 Diharapkan 3 kapal light frigat sigma 10514 class sudah selesai.

      KORVET CLASS : ( 19 KRI )

      A. SIGMA DIPONEGORO CLASS

      1. KRI DIPIONEGORO ( 365 )

      2. KRI SULTAN HASANUDIN ( 366 )

      3. KRI SULTAN ISKANDAR MUDA ( 367 )

      4. KRI FRANS KASIEPO ( 368 )

      B. PARCHIM CLASS

      1. KRI KAPITAN PATIMURA ( …… )

      2. KRI CUT NYAK DIEN ( ……. )

      3. KRI SULTAN TAHA SYAIFUDDIN ( 276 )

      4. KRI IMAM BONJOL ( 383 )

      5. KRI PATI UNUS ( 384 )

      6. KRI TEUKU UMAR ( 385 )

      7. KRI SILAS PAPARE ( 386 )

      8. KRI HASAN BASRI ( 382 )

      9. KRI UNTUNG SURAPATI ( 372 )

      10 KRI NUKU ( 373 )

      11 KRI LAMBUNG MANGKURAT ( 374 )

      12 KRI SUTANTO ( 377 )

      13 KRI SUTEDI SENOPUTRO ( 378 )

      14 KRI WIRATNO ( 379 )

      15 KRI TJIPTADI ( 381 )

      KAPAL CEPAT RUDAL CLASS : ( 15 KRI )

      A. K C R – 60 SAMPARI CLASS

      1. KRI SAMPARI ( 628 )

      2. KRI TOMBAK ( 629 )

      3. KRI HALASAN ( 630 )

      B. K C R – 40 CLURIT CLASS

      1. KRI CLURIT ( 641 )

      2. KRI KUJANG ( 642 )

      3. KRI BELADU ( 643 )

      4. KRI ALAMANG ( 644 )

      5. KRI SURIK ( 645 )

      6. KRI SIWAR ( 646 )

      7. KRI PARANG ( 647 )

      8. KRI TERAPANG ( 648 )

      C. K C R – MANDAU CLASS

      1. KRI MANDAU ( 621 )

      2. KRI RENCONG ( 622 )

      3. KRI BADIK ( 623 )

      4. KRI KERIS ( 624 )

      KAPAL PATROLI CEPAT CLASS : ( 52 KRI )

      – KELAS BOA, VIPER, KOBRA, TARIHU, PC-43, KRAIT,BADAU, SIBARU, CUCUT

      TOTAL 52 KRI

      KAPAL LPD ++ CLASS : ( 5 KRI )

      – KELAS MAKASAR, BANJARMASIN, DELPELE

      TOTAL 5 KRI

      KAPAL LST ++ CLASS : ( 23 KRI )

      -KELAS TELUK GILIMANUK, TELUK SEMANGKA,

      TOTAL 23 KRI

      KAPAL SAPU RANJAU ++ CLASS : ( 14 KRI )

      – KELAS KONDOR / PULAU ROTE, RENGAT

      TOTAL 14 KRI

      KAPAL KOMANDO CLASS : ( 1 KRI )

      – KELAS MALTATULI

      KAPAL BANTU CAIR, BBM CLASS : ( 7 KRI )

      – KELAS BCM 122, BCM 95,BALIKPAPAN, SAMBU,SORONG, SUNGAI GERONG

      TOTAL 7 KRI

      KAPAL BANTU LAIN CLASS : ( 15 KRI )

      – KELAS RAKATA, SAPUTAN, LAUSER, NUSA TELU, KARIMATA,

      TOTAL 15 KRI

      KAPAL ( K A L ) CLASS : ( 317 KAL )

      – UKURAN KURANG DARI 36 METER

      DISEBUT SEBAGAI KAPAL ANGKATAN LAUT CLASS ( KAL – CLASS )

  2. mantaaff…

  3. satu

  4. lanjutkan!!!

  5. Semoga jd pelajaran yang berharga utk mereka…

  6. lebih baik untuk latihan sasaran tembak ……

  7. mantab,…
    tinggal nunggu videonya di youtube,..

  8. Apa macan Sudah Bangun…..

    Salam NKRI

  9. kirain di rudal,nggak taunya pake peledak doank..
    Trus klo nelayan kita mendapat perlakuan yg sama gmna yah,berarti kita harus siap dgn segala konsekwensinya donk

    • haah dirudal?? frans, frans buang-buang duit…

    • Kan kpal nelayan kita udah pernah di bakar ame australi. Png. Bung
      Udah kgk kaget lg kalau nanti di bales. Kalau salah mau gmane lg.

      • Ada perasaan sedih ketika nelayan vietnam menyeka airmata melihat boatnya ditenggelamkan kerana boat tersebut adalah mata pencaharian mereka…… namun itu hak republik indonesia untuk menegakkan kedaulatan dan hukum sesuai peraturan yang berlaku di republik indonesia bila boat tersebut secara sah telah melanggar wilayah maritim dan mengambil ikan tanpa ada dokumen yang sah dan saya rase itupun hak semua negara untuk mengamankan dan menegakkan kedaulatan di wilayah maritim masing2 negara….bila nanti negara di rantau ASEAN melakukan hal yang sama untuk boat nelayan indonesia bila mereka salah dengan memasuki wilayah maritim dan kedapatan mengambil ikan tanpa ada dokumen resmi yang sah jangan marah….dengan catatan anak kapal diamankan terlebih dahulu….. kes yang berlaku dengan nelayan indonesia diperlakukan tidak manusiawi oleh PNG, Australia dan mungkin agensi maritim malaysia yang saya baca dari media online indonesia…..saya pun turut mengecam…..

  10. Masih bnyk yg antri..semangatt..

  11. :mrgreen: siip dah

  12. kalau melihat orangnya saya gak tega mungkin manusiawi,tapi kalau mlihat klakuannya emang itu udah harga yg pas utk diledakan kapalnya spaya ada epek jera

  13. Horeeeee selamat pesta kembang api … semoga umat ikan laut jg menyaksikan kesungguhan kita.
    musti di publish ke seluruh kawasan neh.
    btw ikut prihatin jg buat nelayan vietnam yg bersedih … semoga kapok pok pok jgn nyolong lg dimari !!!

  14. Ada rasa kasihan melihat para nelayan vietnam yang meratapi kapalnya. Tapi hukum memang harus ditegakkan.
    Setelah ini harapan saya pemerintah melalui kementrian kelautan dan perikanan juga melakukan edukasi kepada semua nelayan kita agar berhati-hati dalam melaut dan pastikan tidak masuk ke wilayah kedaulatan negara lain. Karena saya yakin negara lain , khususnya yang kapalnya ditenggelamkan di kita akan melakukan hal yang sama.
    Ke depan, mudah2an seperti Pak Moeldoko bilang ada cara yang lebih elegan untuk menenggelamkan kapal betul2 dilakukan . Jangan ditembak/diledakkan karena dari justru kita mencemari laut dengan banyaknya puing, sampah dan bukan tidak mungkin minyak yang malah merugikan ekosistem laut kita sendiri.

  15. kapal nya malingsya kapan d ledakan….???

  16. Tinggal nunggu respon pemerintah vietnam…
    Sosialisasikn kpd nelayan kita supaya
    jgn sampai nylonong ke wilayah perairan negara lain kl g kpingin kena balasan tetangga.

  17. Lalu kpn ya giliran dari negara AYAM KANGKUNG dpt giliran ditenggelamkan.colek bung STMJ.(tengok kiri,kanan.ada orangnya kah?)..

  18. Jadi, sdh ane lhat awak kapalnya. . .
    Tapi, hukum harus ditegakkan

  19. Anggap saja latihan menembak dgn meriam….menguji akurasi penembakan….tapi rasa Kasihan tidak boleh mengalahkan keadilan…karena kerugian akibat pencurian ikan ini besar sekali…

  20. jadi insinyur merangkep dokter terus jadi profesor?

  21. WARNING !!!

    berani coba coba …..
    ini pesan moralnya ….
    ternyata TNI elegan …..
    tidak buang buang biaya …
    cukup dinamit yang digunakan, kapalpun karam…..
    sangat bijaksana, tapi pesannya dapat

  22. mungkin ini baru pembuka belum yang utama, karena menurut bung @diego penenggelaman akan dilakukan di Natuna…

  23. MANTAPPPP!!!

  24. Anggap saja ..latihan akurasi penembakan dgn meriam…..
    kasihan sebenarnya….tapi pikirkan kerugian kita yang sangat besar itu…

  25. aktivis lingkungan koq diem ya?
    dari pada ditenggelamkan knp gak diambil atau di sita negara lalu diberikan pd nelayan kita … lumayan klo benar yg mencuri puluhan ribu kapal kan bisa jadi gak usah impor kapal lagi dari Cina ….

  26. Semoga tidak akan menimbulkan ketegangan dengan vietnam dan negara ASEAN lainnya

  27. Tonasenya diatas 30 ton?

  28. SEMOGA SETELAH INI PARA NELAYAN ASING JAUH BERKURANG MENCURI IKAN DI INDONESIA, MALAH NGGA ADA LAGI, SEHINGGA KEKAYAAN LAUT KITA SEPENUHNYA UTK RAKYAT INDONESIA, PERBAIKAN GIZI UTK MASYRAKAT INDONESIA AKAN KEBUTUHAN PROTEIN HEWANI, TERUTAMA BAGI ANAK2 YG SEDANG DLM MASA PERTUMBUHAN 0 S/D 17 THN

    • dan harga ikan segar dan produk turunannya turun tidak semahal sekarang, seperti daging ikan tenggiri masih di level rp. 55.000/kg (maklum tukang somai, karena tenggiri bahan favorit untuk somai)

  29. semoga ini berlanjutt, dan bukan pencitraan

  30. seperti kebijakan era Pak Karno dulu yang memulangkan banyak WNA ke Negara asalnya secara besar besaran dan tetapi tetap mesra dalam hubungan diplomatik terhadap negara luar asal WNA tersebut..
    kebijakan inilah salah satu kebijakan yang smart..

  31. MANTAP…………..
    giliran kapal malingsya ditenggelamkan

  32. duh kasian abo nya anak istri menanti di rumah dengan penuh harapan,,,,,,jaya NKRI

  33. duh kasian abk nya anak istri menanti di rumah dengan penuh harapan,,,,,,jaya NKRI

    • nggak papa, kan lilinnya masih menyala,kang..artinya malingnya masih hidup.

      • Mereka juga punya keluarga untuk dihidupi, apapun warga negaranya. Mungkin denda yang cukup tinggi dan patroli yg ketat sudah membuat mereka jera. Bukan malah menghancurkan mata pencaharaiannya.

        • anda yakin mereka jera..anda tahu berapa duit untuk patroli ketat tsb dan juga setinggi apa denda yg anda maksud, apa setara dengan ikan yg mereka ambil bertahun2, biota laut yg mereka hancurkan, lalu apa anda tahu dan memikirkan berapa banyak nelayan kita yg miskin yg mata pencahariannya direbut oleh nelayan ini, berapa banyak pajak yg harusnya masuk ke kas negara ini untuk pembangunan, jangan hanya melihat dari sisi pelaku, tapi utamakan yang menjadi korban dan dikorbankan untuk rasa kasihan anda yg tidak pada tempatnya..

        • mata pencaharian siapa maksudnya bung? nelayan asing? biar mereka mencari di wilayah lautnya sendiri. Denda? mau berapa 100% dari nilai tangkapan, kalau perlu 300% dari nilai tangkapan, biar bangkrut tuh yang punya kapal.

        • ralat untuk TKI, mungkin perlu ada perlindungan kepada TKI kita agar mereka tidak terpaksa melakukan pelanggaran hukum

        • yang namanya maling gak perlu dikasihani …. mungkin loe simplenya belum pernah merasakan kemalingan rumah … jika loe pernah … aku yakin loe pasti anti yg namanya MALENG ……makanya lu gak dukung program pemerintah …

        • para pelanggar wilayah tetap ditertibkan tapi dengan hukuman yg tidak memprovokasi mungki lebih baik. dan lebih baik lagi mencegah terjadinya pelanggaran dengan menghalau nelayan yg akan memasuki wilayah nkri

        • kita bisa contoh australia yg hanya menghalau para pencari suaka dari timtengyang sebagian besar imigran menumpang dikapal nelayan kita.

          dan mereka tidak membakar/menenggelamkan kapal nelayan kita.

  34. Mantapp..
    indonesia Merdeka..

  35. Giliran selanjutnya kapal maling dari kerajaan maling, si malon………….he he he he !!!

  36. kapan nich giliran kapal2 tetangga sebelah yg sering ngaku serumpun klo lg terdesak diledakkan. jayalah tni.

  37. betul, berita pertemuan bu susi dgn bbrp duta besar negara tetangga tgl itu…..hari ini berita di elshinta juga begitu….demi kebaikan, lebih cepat lebih baik….positif saja….salam

  38. Nanti kalau kembali kenegaranya ya diberi saja pesangon pak, kasian orang-orang sesama rakyat mencari sesuap nasi, dan diberi peringatan saja jangan mencari ikan disini lagi

  39. bagaimanapun turut sedih dgn ABK kapal vietnam tsb,mereka nelayan biasa,yg menafkahi keluarga dari kapal tsb,semoga negara vietnam memberi bantuan trhadap mereka baik secara materil maupun secara moral,serta memberi mereka pengetahuan tentang sejauh mana mereka harus melaut,tdk melanggar kedaulatan laut negara lain,buat tni..slamat bertugas,lakukan dgn SOP,,

  40. Masih banyak tersisa kapal yg harus ditenggelam kan…ayo tni semangattttttt
    Bagian kapal malay nanti disiarkan langsung lewat tv….

  41. 🙂

  42. sekalian aja tuh tenggelim sama orang2 nya , dari pada jadi pemgangguran dia , engga ada gunanya juga , mending sekalian di tenggelamin , hahahahaha

    • Jangan bung, mereka sama seperti kita, manusia juga, dan kalau ada yang sadis terhadap nelayan kita (kapal di bakar trus nelayan di suruh berenang bahkan sampa mati), jangan ditiru. Nggak baik.

    • samasekali ngak setuju pendapat anda,norak & tidak manusiawi

      • lah giliran nelayan kita di tangkap , kapal nya di bakar , orangnya disuruh berenang sambil di lumurin darah , boleh kok , knpa giliran kita engga boleh ? toh kita susah kemaren mereka yg katanya tetangga kita pada pasang gaya batu (diam saja) , ada yg kirim tentara buat merdekain wilayah kita , ada yg ambil tanah kita , negara asean semuanya sama saja bung , giliran kita lemah meraka injak kita n engga mau bangtu kita , klau menurut saya engga usah lagi ada pake perasaan , libas aja semuanya.

  43. bukannya di jamannya pak SBY, sampai heboh dengan Thailand? kalo nggak salah inget ya…

  44. Ajib

  45. Hurra..akhirnya ditenggelamin juga..para ABK diperlakukan dg baik oleh TNI AL salute mereka akan pulang ke vietnam dg membawa cerita bahwa mereka diperlakukan dg baik oleh warga sebuah bangsa yg besar bernama Indonesia..dan menyadari bahwa yg mereka lakukan salah..semoga mereka pulang tanpa dendam..Jalesveva Jayamahe Dam’n I love Indonesia

  46. kapal kapal gede yang maling trus dipacking di tengah laut trus dijual lagi ke indo itu yang harusnya di bom… yang diatas sih sekelas gerobak sayur cukup dibakar aja.. kalau di bom ya buang2 duit

 Leave a Reply