Jul 072017
 

Kendaraan pengangkut personel lapis baja “Boomerang” buatan Military Industri Company (VPK) Rusia. © Vitaly Kuzmin

Kepala Perusahaan Industri Militer (VPK) Rusia, Alexander Krasovitsky mengatakan bahwa kendaraan pengangkut personel lapis baja “Boomerang” terbaru adalah keajaiban teknologi, yang tak tertandingi di dunia.

“Bumerang adalah terobosan teknik yang memiliki teknologi luar angkasa, termasuk lapis baja dibagian atas. Kendaraan ini bisa dioperasikan dari jarak jauh, yang berarti pada dasarnya kendaraan itu adalah robot”, kata Krasovitsky.

Menurut media Rusia, Boomerang atau Bumerang adalah kendaraan pengangkut personel lapis baja amfibi dan dikembangkan sebagai pengganti BTR-80/BTR-82 yang di gunakan oleh Angkatan Darat Rusia.

Alexander Krasovitsky

Mesin bumerang tersebut terletak pada lambung bagian depan. Pasukan masuk dan keluar kendaraan baru tersebut dari belakang dengan pintu yang dioperasikan oleh listrik. Sangat tepat disebutkan bahwa sebuah mesin yang diletakkan dibagian belakang dari APC seri BTR adalah kelemahan yang signifikan, karena pasukan harus keluar ataupun masuk kendaraan melalui pintu samping.

 

Alexander Krasovitsky menambahkan bahwa perlindungan tangguh Bumerang ini terhadap senjata presisi membuatnya hampir “tidak dapat dihancurkan”.

“Bumerang adalah program mutakhir yang membawa seluruh industri kita ke tingkat yang sama sekali baru. Mesin barunya yang dibangun di Yaroslavl mengantarkan revolusi industri nyata karena Rusia tidak pernah memiliki mesin seperti itu sebelumnya”, lanjut Krasovitsky.

Dia juga mengatakan bahwa, tidak sama seperti pendahulunya APC BTR-82A, “Boomerang” yang telah dipesan oleh Angkatan Bersenjata, Garda Nasional dan Kementerian Dalam Negeri Rusia ini adalah kendaraan disegala cuaca, sangat dapat diandalkan, memiliki lapis baja terbaru serta memastikan pengamatan yang lebih baik dalam mode amfibi.

Menurut Alexander Krasovitsky, Boomerang tak tertandingi di dunia karena ia menawarkan teknologi yang lebih maju dan lebih murah dibandingkan dengan yang dapat ditawarkan oleh kendaraan Patria buatan Finlandia maupun Stryker buatan Amerika Serikat.

“Kami sudah mendapat pesanan untuk APC Boomerang dari luar negeri, namun kendaraan tetap dirahasiakan. Kami tidak diizinkan untuk mengungkapkan karakteristik teknisnya, apalagi membahas harganya. Saya yakin bahwa setelah label kerahasiaan dihapus, kami dan RosOboronExport akan dapat menjualnya secara abstrak”, jelas Krasovitsky.

Panglima Angkatan Bersenjata Rusia, Oleg Salyukov mengatakan bahwa dalam kemampuan persenjataan, APC Boomerang akan sebanding dengan kendaraan tempur berlapis baja.

Pengangkut personel lapis baja baru ini memiliki awak 3 orang, termasuk komandan, supir dan penembak. Kendaraan ini bisa membawa 9 tentara. Port penembakan untuk pasukan telah dihapuskan agar tidak membahayakan pelindung lapis baja.

Kendaraan tersebut memiliki lambung yang dilas dan menara. Armornya modular, sehingga tingkat proteksi bisa disesuaikan dengan kebutuhan misi. Sejauh ini tingkat perlindungan tetap dirahasiakan. Namun sepertinya proteksi serba maksimal dengan pelindung lapis baja yang mampu menahan amunisi penembus armor 14,5 mm.

Kendaraan APC Boomerang ini memiliki lambung berbentuk V yang menghalangi ledakan ranjau. Seperti biasa, kendaraan ini dilengkapi dengan proteksi NBC dan sistem pemadaman api otomatis. Telah dilaporkan bahwa Boomerang dapat dilengkapi dengan sistem pelindung aktif.

Boomerang menggunakan menara tak berawak yang sama seperti APC dan IFV Kurganets. Kendaraan pengangkut personel lapis baja 8×8 ini hadir dalam dua versi dasar. Versi yang pertama dilengkapi dengan turret yang sama seperti yang digunakan pada APC Kurganets, dan dipersenjatai dengan senapan mesin 12,7 mm.

Versi lainnya dilengkapi dengan menara seperti IFV Kurganets dan memiliki hantaman yang hebat. Boomerang versi ini dipersenjatai dengan meriam 30 mm, senapan mesin koaksial 7,62 mm dan 4 peluncur peluru kendali anti-tank eksternal Kornet-M.

Bagikan:

  18 Responses to “Boomerang, Panser Terhebat di Dunia”

  1.  

    memang sudah terbukti, produk2 rusia memang terhebat di dunia ini…dari jet tempur, mbt dan nuklirnya so pst russia juara…

  2.  

    Manis, bentuknya…

  3.  

    Indonesia juga punya

  4.  

    di blog sebelah …. ada info f-5 tiger sdh ada pengganti, dan akhir tahun ini infonya diusahakan sudah datang ….. infonya pespur gen- 4,5 ….. hmmmm…

  5.  

    COCOK BUAT MARINIR TNI AL. MARINIR SENJATANYA BERKIBLAT KE RUSIA

  6.  

    Pindad harus mengembangkan platform APC 8×8 seperti boomerang

  7.  

    pindad harus sudahi 4X4… next 6×6

  8.  

    Nah…ini bung welleh…mantap… menurut ane..bentuk sederhana..

  9.  

    Tapi jumlah nya blum bnyk kan min..

  10.  

    dari plat baja nya emang terlihat super tebal nan kokoh melebihi desain APC biasa,
    mantap ayo borong borong….

  11.  

    Boomerang… Uey

 Leave a Reply