JakartaGreater.com - Forum Militer
Jul 042018
 

Baturaja, Sumsel, Jakartagreater.com – Menyikapi program modernisasi Alutsista TNI AD khususnya di jajaran satuan Kavaleri serta tuntutan tugas dan tangung jawab prajurit Kavaleri yang semakin bertambah terutama dalam mengoperasionalkan sistem senjata kanon Ranpur Leopard. Untuk mewujudkan efektivitas tembakan Ranpur Leopard yang cepat, tepat dan akurat maka Pussenkav Kodiklatad selaku LKT satuan Kavaleri melaksanakan kegiatan Boresighting dan Zeroing dalam rangka meningkatkan kesiapan operasi Ranpur Leopard.

Boresighting adalah penyesuaian alat bidik Ranpur sedangkan Zeroing adalah tembakan koreksi, karena setiap munisi memiliki pengaturan dan data tersendiri sehingga nantinya data yang telah didapatkan akan di masukkan ke sistim penembakan pada Ranpur MBT Leopard.

Batalyon Kavaleri 1 Divif 1 Kostrad melaksanakan Boresighting dan Zeroing Ranpur MBT Leopard pada Selasa 3 Juli 2018 di Puslatpur Baturaja Palembang. Kegiatan ini diikuti oleh 80 personel, terdiri dari 20 personel pendukung juga penyelenggara dari satuan Pusdikkav Pussenkav dan untuk pelaku 60 personel dari Yonkav 1 Kostrad yang dilaksanakan dari tanggal 27 Juni sampai dengan 3 Juli 2018.

Ranpur yang melaksanakan Boresighting dan Zeroing berjumlah 9 unit terdiri dari 5 unit MBT Leopard 2RI dan 4 unit MBT Leopard 2A4. Untuk munisi yang digunakan ada 4 jenis yaitu DM 11, DM 53, DM 78 dan RH 88 dengan jumlah keseluruhan 180 butir.

Komandan Pusat Kesenjataan Kavaleri (Danpussenkav) Brigjen TNI Ana Supriatna, S.I.P., M.Si., M.Tr.(Han) sebagai Pimpinan Umum Latihan menyampaikan bahwa kegiatan Boresighting dan Zeroing untuk penyesuaian dan koreksi kanon Ranpur Leopard juga untuk menambah jumlah Ranpur yang telah di Boresighting dan di Zeroing dan meningkatkan kesiapan satuan dalam rangka mendukung tugas pokok komando atas.

Boresighting adalah penyesuaian alat bidik Ranpur sedangkan Zeroing adalah tembakan koreksi, karena setiap munisi memiliki pengaturan dan data tersendiri sehingga nantinya data yang telah didapatkan akan di masukkan ke sistim penembakan pada Ranpur MBT Leopard.

Kolonel Kav Joko Setiawan Sejati sebagai Komandan Latihan juga menambahkan sasaran yang harus dicapai meliputi 2 aspek diantaranya sasaran kuantitatif yaitu terlaksananya Boresighting dan Zeroing 9 unit Ranpur MBT Leopard Yonkav 1 Kostrad dan sasaran kualitatif dengan tujuan tercapainya penyesuaian dan koreksi kanon Leopard dan tercapainya kemampuan melayani piranti tembak Ranpur Leopard.(Penkostrad).

Bagikan:

  One Response to “Boresighting dan Zeroing MBT Leopard Yonkav 1 Kostrad”

  1.  

    Sudah terkomputerisasi mantap!

 Leave a Reply