Boustead & TLDM Adakan Upacara Peletakan Lunas Fregat Gowind Kedua

Boustead Heavy Industries Corporation Berhad (BHIC) dan Angkatan Laut Malaysia (RMN atau Tentera Laut Diraja Malaysia, TLDM) hari Selasa,28 Februari 2017 mengadakan upacara peletakan lunas kedua kapal Littoral Combat Ship (LCS) Gowind sebagai bagian dari Program Kapal Patroli Generasi Kedua (SGPV).

Upacara Peletakan lunas fregat Gowind kedua. (© TLDM)

Upacara ini dihadiri oleh Wakil Menteri Pertahanan Datuk Seri Johari Baharum. Peletakan lunas kapal pertama berlangsung satu tahun yang lalu.

Pada awal 2011, Malaysia meluncurkan program SGPV dengan anggaran RM6 milyar (US $ 1,9 milyar) menyerukan 6 (enam) fregat siluman. Beberapa pembuat kapal asing mengajukan penawaran untuk program tersebut.

Upacara Peletakan lunas fregat Gowind kedua. (© TLDM)

Pada akhir 2011, diumumkan bahwa desain kelas Gowind dari DCNS telah dipilih dan bahwa program SGPV telah diberikan kepada Boustead Naval Shipyard/DCNS.

Berdasarkan desain korvet DCNS Gowind 2500 yang juga dipilih oleh Angkatan Laut Mesir, LCS masa depan Angkatan Laut Kerajaan Malaysia akan sedikit lebih besar dan dengan demikian diklasifikasikan sebagai fregat dengan panjang 111 meter dan bobot 3.100 ton.

Upacara Peletakan lunas fregat Gowind kedua. (© TLDM)

Kapal pertama dari kelas ini diatur akan meluncur keluar dan terapung di atas air melalui platform pada bulan Desember 2018.

Navy Recognition

Leave a Reply