Jan 312015
 

out-of-the-box

Mari mencoba sesuatu yang baru

Peringatan : Teman, karena keterbatasan saya, saya tidak bisa bercerita banyak tentang jalannya perang dunia kedua kepada anda. Anda terpaksa harus lebih aktif, bertanya pada mbah google jika ada bagian-bagian yang tidak anda pahami. Atau jika Bung Wehrmacht berkenan untuk bergabung bersama kita, kapasitas pemahaman beliau tentang perang dunia kedua akan amat membantu kita pada artikel ini

Sabtu, 31 Januari 2015, 02.03 WIB

Saya baru saja menyelesaikan tontonan saya, sebuah cerita tentang Christopher, mesin yang diciptakan ilmuwan Inggris guna melawan mesin Enigma buatan Jerman

Pertama-tama saya harus mengakui bahwa saya menonton film dengan judul The ImitationGame ini lewat DVD bajakan. Maaf, film resmi kelewat mahal, kantong saya nggak kuat buat belinya.

Film itu menceritakan tentang perjalanan hidup Alan Turing, seorang ahli matematika Inggris, terutama fragmen hidupnya di bangku pendidikan dasar (mungkin setara SMP) dan di masa perang dunia kedua.

Film itu terutama bercerita tentang proses penciptaan mesin tandingan untuk Enigma. Teman…, anda dapat menikmati langsung proses penciptaan mesin itu lewat film-nya, jauh lebih menyenangkan ketimbang saya ceritakan film itu secara detail. I will spoil the fun.

Ada bagian dari film itu yang menarik perhatian saya. Pertama, bahwa keberhasilan Inggris dalam memecahkan kode sandi yang dihasilkan Enigma tidaklah dipublikasikan, melainkan tetap dirahasiakan hingga akhir perang dunia kedua, bahkan bertahun-tahun sesudahnyaKedua, bahwa untuk mengelabui Jerman, Inggris dari waktu ke waktu mengorbankan armada laut mereka selama kerugian yang ditimbulkan terkalkulasi dan dapat memberikan keuntungan jangka panjang. Ketiga, kontra intelijen yang dilakukan MI6 terhadap divisi intelijen Sovyet.

Saya teringat riuh rendah diskusi kita ketika berita tentang kemungkinan intervensi asing dalam menyusun renstra tni

Mudah-mudahan kegusaran anda akan berita itu bisa sedikit terobati lewat penggambaran kegiatan intelijen yang disajikan pada film itu.

Point pertama dan ketiga sebenarnya memiliki benang merah-nya, yaitu perang MI 6 dalam memainkan kegiatan kontra intelijen.

Poin Pertama – keberhasilan Inggris dalam memecahkan kode sandi yang dihasilkan Enigma tidaklah dipublikasikan, melainkan tetap dirahasiakan hingga akhir perang dunia kedua.

Poin pertama, dibuktikan dengan penciptaan berita palsu yang paling masuk akal guna menutupi keberhasilan sekutu dalam menyelamatkan konvoi-konvoi mereka dari serigala-serigala laut Jerman, U Boats. Atau keberhasilan pasukan udara dan darat sekutu dalam beberapa teater pertempuran, yang pada real-nya sebenarnya dimungkinkan karena kode enigma berhasil dipecahkan, namun dalam pemberitaan, dinyatakan bahwa kemenangan-kemenangan itu semata-mata karena kepiawaian manuver para jenderal dan semangat juang para prajurit.

Operasi Market Garden dalam sorotan Media

Operasi Market Garden dalam sorotan Media

Poin pertama, juga membuat saya berfikir, apakah operasi Market Garden memang gagal karena perencanaan yang kurang matang, ataukah sedari awal memang direncanakan untuk gagal. Apakah pengorbanan para prajurit sekutu pada Battle of the Bulge memang tidak dapat dihindari ataukah itu memang bagian dari sebuah rencana kontra intelijen yang serupa.

Poin Ketiga – kontra intelijen yang dilakukan MI6 terhadap divisi intelijen Sovyet.

Yang paling menarik perhatian saya. MI6, divisi intelijen Inggris, secara sadar membiarkan Uni Sovyet menyusupkan salah seorang mata-matanya dalam tim ahli yang dibentuk guna memecahkan kode-kode yang dihasilkan Enigma. Mereka membiarkan mata-mata Sovyet itu membocorkan aliran informasi palsu kepada Stalin. Mereka memanfaatkan Stalin bergerak berdasarkan aliran informasi palsu tadi dalam menghadapi Jerman. Kegiatan kontra intelijen ini mengingatkan saya pada buku SpyCatcher.

MI6 bergerak atas inisiatif sendiri menentukan jalannya peperangan bahkan tanpa sepengetahuan dan persetujuan Winston Churchill.

Nah, di sini masalah nya mulai menarik perhatian saya. MI6 tak ubahnya BIN kita. Saya tidak bisa menilai apakah kualitas BIN sudah menyamai kinerja MI6, saya bukanlah anggota BIN, saya tidak memiliki kapabilitas untuk menilai itu. Tapi yang saya tahu, MI6 telah berdiri lebih lama ketimbang BIN kita, pengalaman dalam hal ini amatlah menentukan profesionalitas lembaga.

Jika MI6 pada saat itu bisa melakukan manuver di luar persetujuan Churchill, apakah BIN kita juga pernah melakukan hal yang serupa ? Jika BIN pernah melakukan hal yang serupa… apakah BIN sekarang masih memiliki kekuasaan dan kewenangan yang hampir tidak terbatas itu.

Jika anda mencoba berargumen dengan memakai landasan Undang Undang… yakinkah anda bahwa sistim kontrol sudah diciptakan dengan cara yang tepat untuk mengekang dan membatasi lembaga intelijen kita… yakinkah anda bahwa anggota BIN akan patuh pada Undang-undang itu…

Lembaga intelijen acap kali dipakai untuk tujuan yang bertentangan dengan kepentingan negara. Sejarah membuktikan setidaknya MI6 melakukan hal itu melalui film tadi.

Masih ingat skandal Watergate yang akhirnya menjatuhkan Nixon… jangan lupa googling ketika terbentur informasi.

Indonesia, negara kita memiliki pengalaman buruk terkait lembaga intelijen. Saya percaya, kerusuhan Priok merupakan skenario besar pemerintah dalam ketakutannya akan kekuatan Islam yang mereka anggap radikal.Hmmm… cicak vs buaya jilid 3 apakah juga dapat diklasifikasikan sebagai bagian dari kerja intelijen Polri ?

Hehehe… membicarakan teori konspirasi memang menyenangkan dan bikin kita ketagihan… Bung STMJ, Bung Satrio, Pak Puh dan Papa Augusta paling jago dalam bahasan itu. Saya cuma penggembira… banyaklah bertanya pada mereka.

Kita kembali pada pertanyaan pokok… Yakinkah anda bahwa anggota BIN akan patuh pada Undang-undang itu ?

Saya mencoba menenangkan hati saya dengan pernyataan,… Keimanan mereka akan memandu para anggota BIN kita dalam melaksanakan tugas-tugas negara. Mudah-mudahan para anggota BIN secara sistematis diberikan pemahaman keagaamaan yang kuat… dan saya berdoa semoga Allah membantu mereka dalam memilih dan memilah antara kepentingan pribadi mereka, kepentingan pimpinan mereka dan kepentingan-kepentingan negara dan meletakkan kepentingan negara di atas sebagai prioritas utama

Kemudian timbul pertanyaan baru… Sudahkah negara secara sistematis menciptakan sistim yang berguna dalam menghasilkan individu-individu yang tidak hanya profesional tapi juga berakhlaq dan beriman ?

Hmmm… saya menyerah… mungkin anda bisa membantu saya lewat kelebihan informasi yang anda miliki.

Tidaklah adil jika kita hanya memandang sisi negatif dari besarnya kekuasaan makhluk intelijen tanpa mencoba memahami beratnya kehidupan mereka dan betapa sebenarnya mereka boleh jadi amat berjasa dalam kehidupan kita

Melalui film tadi, tergambar bahwa walaupun secara harfiah merekalah yang berhasil menuntun Inggris dan sekutu dalam memenangkan perang dunia kedua, namun para ilmuwan inggris dan personel MI6 tidak dapat memproklamirkan dirinya kehadapan masyarakatnya.

Alih-alih, mereka malah diperintahkan memusnahkan semua hal yang berkaitan dengan aktifitas mereka selama perang. Menjadi pahlawan tanpa tanda jasa… itulah sosok-sosok makhluk intelijen sebenarnya.

Ketika mereka salah, semua telunjuk mengarah ke hidung mereka… ketika mereka berjasa, kita bahkan tidak menyadarinya.

Salut saya untuk anda, wahai teman teman ku dari divisi intelijen… semoga Allah membimbing anda.

Maaf

Jika bahasan saya terkesan membosankan, saya minta maaf. Jika kemudian anda merasa saya terkesan menggurui, saya pun minta maaf. Kurangnya pengalaman dan sempitnya wawasan saya membuat saya acapkali tidak tepat dalam membahasakan pikiran-pikiran saya

Salam hangat dari JKGR Biro Jambi, Afiq0110

Bagikan Artikel :

  58 Responses to “Out of the box – the imitationgame”

  1. Artikel yang cukup membuat saya berfikir keras…he3…salut bung

    • Semalam saya nonton Film-nya. Jalan ceritanya bagus. Tapi sayang Alan Turing pada tahun 1951 dikebiri secara kimiawi oleh Pemerintahan Inggris pada masa itu karena orientasi seksualnya.
      Namun saya baca di sebuah artikel (saya lupa dimana), pada tahun 2013 akhirnya Ratu Elizabeth baru memaafkan beliau. Sungguh ironi dengan yang terjadi padanya.

    • coba ditonton dulu film-ya bung Sengkuni… mudah-mudahan lebih mudah dipahami… keterbatasan saya yang menyebabkan artikelnya kurang menggigit… maaf

      • he3..Bung afiq0110,artikelnya menarik kok bung…cuma saya aja yang kurang memahami, ditunggu bung artikel selanjutnya, moga makin maknyosss….salam buat keluarga bung afiq0110, sehat selalu

  2. wihhh mantab bung Artikelnya…

  3. Nice topic … mengingatkan pada sesuatu yg telah lama tidur pada masa lalu di jgkr

  4. Malam minggu hujan gak jadi ngapel, yaudah mampir ke sini baca artikel mantap

    • bung Azhe… akan lebih mantap lagi jika kita bisa kumpul bareng nih… lebih seru… tiap minggu kumpul bareng pembaca JKGR… diskusi dan bergurau bersama

  5. bung afiq @ salam kenal…:dunia intelijen adalah suatu medan pertempuran olah pikir indra ke enam,tugas pokok adalah mencegah ramalan atao takdir yang kan terjadi tapi bisa jua melakukan pemaksaan nasib..!!!tetapi tolak ukur dari kesuksesannya adalah mengatasi masalah dengan menciptakan masalah lalu memeliharanya…tapi bila mengakhiri masalah adalah suatu kesalahan terbesar…sekedar analisa pribadi.

  6. Sebuah ulasan yang sangat menarik bung Afiq10. Kebetulan tadi bung membahas bagaimana MI6 punya wewenang yang demikian besarnya, di luar sepengetahuan Churchill. Nah ini bikin saya jadi ingat akan film “Hoover” yang dibintangi Leonardo di Caprio. Di film ini Di Caprio berperan sebagai Herbert Hoover, kepala FBI legendaris yang menjabat selama puluhan tahun. Diceritakan pada saat itu FBI bagaikan sebuah negara dalam negara, kekuasaannya begitu besar bahkan mengalahkan presiden Amerika. Hoover bisa dengan santainya menyadap presiden dan keluarga presiden, bahkan mendikte presiden dengan hasil sadapannya.

    Untungnya belum pernah di Indonesia kepala intelijen dijabat sampai puluhan tahun begitu. Semoga aja di Indonesia jangan sampai BIN kita jadi seperti itu.

  7. Wah…wah…nama saya disebut diatas,suatu kehormatan besar,saudaraku…

    Xixixixi……terima kasih,sayangnya sy hanya SR sejati d sini….bukan spt yg bung

    sebutkan….

    Mantap artikelnya……salut, di tengah kesibukan bung yg ckp padat, anda bs

    menyempatkan menyusun artikel…..

    Sukses selalu bung….teruslah berkarya spy garda bangsa kita tetap dapat tempat

    berteduh dr panas n hujan d pulau atau medan tempur d sana……

    Btw…..boleh dong saya dikirimin bed portable nya meskipun sy bukan tentara….

    Xixixixixi………Melayani Setulus Hati…….

  8. temanya mantap bung Afiq,, hanya saja saya belum klimaks dlm memahami dan menikmati tulisan anda.. mgkin bumbunya kurang kali ya,, ato mgkin otak saya yg cetek.. hehehhe.
    salam hangat bung,,, Rahayu..

  9. kalau di film dan discovery channel, enigma jerman dapat dikuasai sewaktu kapal selam jerman hancur dan mesin enigma terapung lalu dipelajari dan kode rahasia jerman terungkap dan mulai dapat dihancurkan pasukan jerman. komunikasi yang bersih perlu untuk bin, baik dari satelit atau radio.

  10. Ada sebuah hadis yang berisi ramalan yang sudah terbukti separuh dan menyisakan separuh tanda tanya lagi.

    Dari Abu Qubail berkata: Ketika kita sedang bersama Abdullah bin Amr bin al-Ash, dia ditanya: Kota manakah yang akan dibuka terlebih dahulu; Konstantinopel atau Rumiyah? Abdullah meminta kotak dengan lingkaran-lingkaran miliknya. Kemudian dia mengeluarkan kitab. Abdullah berkata: Ketika kita sedang menulis di sekitar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, beliau ditanya: Dua kota ini manakah yang dibuka lebih dulu: Konstantinopel atau Rumiyah? Rasul menjawab, “Kota Heraklius dibuka lebih dahulu.” Yaitu: Konstantinopel.
    (HR. Ahmad, ad-Darimi, Ibnu Abi Syaibah dan al-Hakim)

    Hadits ini dishahihkan oleh al-Hakim. Adz-Dzahabi sepakat dengan al-Hakim. Sementara Abdul Ghani al-Maqdisi berkata: Hadits ini hasan sanadnya. Al-Albani sependapat dengan al-Hakim dan adz-Dzahabi bahwa hadits ini shahih. (Lihat al-Silsilah al-Shahihah 1/3, MS)

    Ada dua kota yang disebut dalam nubuwwat nabi di hadits tersebut;

    1. Konstantinopel

    Kota yang hari ini dikenal dengan nama Istambul, Turki. Dulunya berada di bawah kekuasaan Byzantium yang beragama Kristen Ortodoks. Tahun 857 H / 1453 M, kota dengan benteng legendaris tak tertembus akhirnya runtuh di tangan Sultan Muhammad al-Fatih, sultan ke-7 Turki Utsmani.

    2. Rumiyah

    Dalam kitab Mu’jam al-Buldan dijelaskan bahwa Rumiyah yang dimaksud adalah ibukota Italia hari ini, yaitu Roma. Para ulama termasuk Syekh al-Albani pun menukil pendapat ini dalam kitabnya al-Silsilah al-Ahadits al-Shahihah.

    Menurutku Roma yang dimaksud dalam hadis diatas adalah roma pada zaman Nabi. Sedangkan roma yang sekarang bukanlah roma seperti dulu yang powerfull, pusat budaya, dan iptek. Justru washington dc itulah reinkarnasi roma. Karena roma yang hendak ditaklukan islam sudah bubar duluan, kekuatannya romawi barat kemudian bergeser ke roman empire, lalu pindah ke spanyol yang berhasil meruntuhkan andalusia. Dari spanyol inilah benih2 romawi barat ditransfer ke benua amerika melalui colombus. Hingga jadilah AS saat ini adalah the next modern rome. Kenapa gedung putih disebut juga Olympus (film olympus has fallen)? Padahal olympus sesungguhnya ada di italia.

  11. Salut artikelnya bung..mantab..inteljen menurut saya sesuatu yg remang2 buram g jelas tp hasilnya bisa mematikan atau menakjubkan. Cerdik jg licik. lebih berbahaya dr tentara reguler seperti mosad cia dll

  12. Coba menambahkan terhadap kasus operation market garden. Untuk mendapatkan gambaran berimbang coba dibaca sir cornelis ryan – a bridge too far. Sayangnya film dengan judul yang sama membiaskan banyak hal dalam kasus tersebut.
    Pertama penggagas operasi tersebut field marshal sir bernard montgomery memiliki pandangan brilian tentang operasi jauh dibelakang garis musuh untuk menghancurkan sentral industri di jerman bagian utara di ruhr.
    Hal yang melatari operasi sudah menimbulkan polemik sedari mula. Gengsi dari pasukan aliansi terutama antara usa dan inggris mengemuka, diwakili oleh jenderal patton di usa yang berhasil menohok garis musuh menuju bagian selatan jerman berbanding inggris yang diwakili jenderal montgomery sebagai kampiun perang gurun.
    Ide market garden itu begitu mempesona jenderal eishenhower sebagai kepala kesatuan sekutu SHAEF, sehingga mengizinkan jalannya operasi tersebut. Pihak jerman sendiri tidak menganggap serius kemungkinan serangan dari lini belgia-belanda ke jerman daripada serangan patton dari selatan. Mereka berusaha mengantisipasi serangan daerah selatan ini.
    Operasi ini dari awal tidak terlalu menghiraukan data intelijen gerakan perlawanan belanda. Laporan awal pengindraan pemotretan udara bahwa masih ada divisi panzer di daerah arnhem sendiri dianggap sepi. Begitu juga kegagalan pasukan inggris untuk menutup pergerakan mundur pasukan jerman dari pelabuhan di antwerp kemudian hari menjadi faktor krusial.
    Pada pelaksanaannya, pasukan linud inggris yang sampai di jembatan utama di arnhem mendapati bahwa kekuatan di sana signifikan. Lebih lagi kegagalan komunikasi mengenai perkembangan di garis terdepan. Operasi ini bergantung pada penguasaan beberapa jembatan strategis yang harus diduduki. Satu saja dari jembatan ini gagal dikuasai maka operasi memiliki kerawanan untuk gagal.
    Rencana operasi ini pun akhirnya juga terbongkar setelah pendaratan glider linud yang gagal akhirnya memberikan peta rencana tersebut kepada Jerman. Anehnya ketika rencana ini pun sampai pada pengendali teater eropa field marshal (kalau diterjemahkan malah jadi marsekal medan persis pangkat nagabonar ya??) walter model malah mengacuhkannya.
    Jadi kurang tepat kalau dikatakan operasi ini diniatkan sebagai pengorbanan untuk pengelabuhan. Memang banyak faktor-faktor yang melemahkan kemajuan operasi ini. Misal lamanya waktu pengiriman logistik ke garis depan, jalan strategis utama satu-satunya, jatuhnya rencana ke pihak jerman dan unsur-unsur kekuatan di titik-titik penting yang kembali terkonsolidasi pada pasukan jerman, serta kepercayaan berlebih pasukan sekutu mereka hanya akan berhadapan dengan tentara jerman bermental jirih berisikan pasukan remaja atau tentara jompo.
    Yang patut dicermati ialah begitu sengitnya pertempuran di jembatan arnhem antara linud 1st division red devil. Begitu spartannya mereka bertempur dengan unik menggunakan seruan tempur (war cry) “ya muhammad “sebagai mana mereka meniru pasukan arab bertempur untuk mengenali satu sama lain.
    Sedari awal kepala 1st division paratroop mayjen boy browning mendapati rencana arahan operasi ini dari jenderal montgomery, ia menyergah ,” i think it would be a bridge too far, sir” ( saya fikir penyerangan sampai ke jembatan arnhem terlalu jauh untuk sukses)…
    imho, cmiiw…

    • Bung Blaze…anda menggambarkan market garden dengan presisi sekali..saya salut… 🙂

      Terlepas dr gagalnya market garden, Operasi ini sangat dikenang Bangsa Inggris karena kepahlawanannya terutama Batalyon Frost yg mempertahankan jembatan Arnhem sendirian melawan 2 Divisi SS yg berpengalaman…sampai Jenderal bittrich harus turun tangan sendiri mengucapkan selamat dan kekaguman pada Frost yg berhasil ditawannya…sementara induk divisinya tdk dapat menolong karena di sekat panzer panzer jerman…dr 10 ribu yg mendarat di Arnhem hanya 2500 yg bs pulang ke Inggris…Mayjen Urquhat selaku Pimpinan Div.1 pasukan payung di Arnhem mendapat Companion Of Bath medal dr ratu Elizabeth atas keberaniannya dan Div.1 tdk ditambah lg pasukannya dan terikat pada satu operasi saja yaitu Arnhem untuk menghormari mereka yg telah gugur…

      Sebuah Galantry Defeat…kekalahan yg perwira…begitu orang Inggris menyebut pahlawan pahlawannya di Arnhem…begitu sifat orang inggris menghargai para pahlawannya meski gagal mencapai objective…suatu sifat yg sukar di tiru bangsa lain di era sekarang yg lebih mementingkan hasil ketimbang proses…apalagi orang orang intelijen yg bekerja dlm kesunyian yg keberhasilnya tdk pernah dipublikasikan…tp kalau gagal dianggap tdk ada juga dan yg lebih parah…ditinggalkan begitu saja menanggung penderitaan dalam tawanan musuh…

      Pahlawan bukan orang yg di elu elukan karena keberhasilannya…pahlawan adalah orang yg bekerja dalam sunyi yg bila berhasil ia tak pernah dikenang dan bila gagal ia dianggap tdk pernah ada…suatu misteri yang tersembunyi dalam teka teki kata churchill…

      • salam tabik bung wehr..memang kalau memperhatikan operasi tersebut pihak-pihak yang ingin mengambil pelajaran dari bagaimana sebuah persiapan dapat melihat dari sini. Kelemahan dalam pengumpulan data strategis akan berakibat fatal dan menyebabkan korban yang begitu besar. imho..salam tabik bung wehr, bung afiq…

    • terima kasih bung pencerahannya. salah satu yang mencerahkan adalah seruan “YA MUHAMMAD’. saya nonton seruan itu di BAND OF BROTHERS, anak saya bertanya, mengapa pasukan Inggris menyerukan “YA MUHAMMAD”. kalau gak salah di episode REPLACEMENT atau CROSSROADS, maaf agak lupa. sekali lagi… terima kasih. salam

      • salam tabik bung isa. saya tidak mengikuti versi band of brother secara rinci bung ,atau memang seri itu menggambarkan pertempuran di wilayah jembatan arnhem? Banyak bung detail-detail menarik dari pertempuran pada operasi market garden yang disampaikan oleh penulis a bridge too far oleh sir cornelis ryan. Apakah ada seri berbahasa indonesianya ? Beliau memaparkan wawancara pelaku sejarah dari banyak fihak dan berbagai profesi dilingkungan konfrontasi itu.
        Bagaimana pemikiran masing-masing Jendral dari 2 aliansi tersebut dan jalannya pertempuran yang sengit, kisah-kisah simpatik.
        Sedemikian rinci sang penulis merangkum data dari sumber resmi kemiliteran ,catatan perang serta percakapan nara sumber tidak kurang dari 10.000 catatan (cmiiw)..dari tahun 1959 sampai 1974 (cmiiw) akhirnya beliau meninggal setelah menyelesaikan penulisan buku ini. Salah satu tokoh pertempuran di sektor jembatan arnhem mayor diggbie walther “tham-tham” ditemukan beliau di afrika selatan.
        imho bung isa, sebagai pengetahuan, selain buku tersebut anda bisa juga membaca buku beliau “the longest day” yang membahas pendaratan di normandy…salam tabik…

    • terima kasih bung Blaze… mudah-mudahan buku yang bung Blaze maksud ada versi digitalnya… jadi pengen baca

  13. Salam kata bapake.agamaku adalah pengabdianku pada ibu pertiwiku

  14. menarik, sementara qta mikir nasionalisasi, org2 sdh pada inter-nasionalisasi (internasional yg nasional bagi pelakunya) pertama ekonominya dulu, trus budaya, trus mental, trus kehilangan jati diri, trus jadi negara bodong, de jure iya, de facto wakwau, undang-undang jd formalitas, rakyatnya pada minderan takut ma bule yg blum sunat, trus kena knker serviks

    kalo dah mental minder, pala nunduk terus, ayam jago jd ayam petelur, hilang sudah dna-dna sriwijaya-majapahit, imo doang, yah sudahlah…

  15. Dunia inteljen= bungklon
    terang~remang2~gelap
    jujur vs dusta
    cerdik,lihai&licik=senyap
    antara ada&tiada ;seperti bau (tpi bentuknya tak ada)
    MUMET!!…kepala?
    artikel membikin/menterjemahkan ilusi
    hmm..!
    salam bung Afiq

  16. artikelnya menarik tapi maaf gan tinggal gayabahasa penyampaian nya diperbagus lagi

  17. Saya pernah nonton dari discovery channel tentang keberhasilan intelejen M16 yg di akui sebagai salah satu propaganda tersukses yg pernah ada.saat perang dunia 2 eropa mulai jatuh ke Jerman,Intelejen Inggris berulang kali melakukan lobby politik ke Amerika untuk membentuk sekutu thd Jerman.Amerika menolak karena Pearl Harbor baru hancur dan sedang memusatkan operasi militer di asia pasifik bukan eropa.Semua lobby tidak berhasil sampai akhirnya M16 memotret foto” korban Yahudi di eropa dan secara sengaja di berikan kepada pers cetak. Dan akhirnya Amerika pun “kepalang tanggung” untuk terlibat membantu Inggris.

    -kalau ada yg salah monggo di ralat yoo-

    • Sedari awal sebelum perang fokus AS adalah Europe First…itu karena Eropa dianggap jantung dunia dan Jerman adalah kekuatan Axis paling berbahaya….masalah yahudi bknlah alasan AS untuk bergabung menjadi sekutu Inggris…bahkan AS baru percaya pada isu yahudi setelah unsur unsur terdepan Div.101 Screaming Eagle menemukan Kamp konsentrasi saat memasuki jerman tahun 1945…justru AS sebelum perang malah memodali Hitler melalui perusahaan perusahaan konsorsiumnya di jerman yg bekerjasama dgn konglimerat jerman Fritz Thyssen (Bos galangan kapal jerman yg kemudian banyak memproduksi KS jerman termasuk U209 kita),Ferdinad Forsch (bos mobil yg ounya pabrik tank) dan Krupp (bos baja jerman yg punya pabrik senjata berat dan meriam)…AS sebenarnya malah ingin sekali tdk bergesekan dgn Hitler karena banyak modalnya di putar di jerman lewat group Rockefeller sampai Rockefeller mendapat medali kehormatan dari Hitler pribadi karena kontribusinya…

  18. Dunia intelejen memang sllu menarik disimak.. summon Senopati Wirang

  19. Bung Afiq…sy ingin mengkritisi ketiga point yg saling berkaitan…

    Point pertama…enigma berhasil dipecahkan tp tdk dipublikasikan…ini untuk menghindari jerman merubah kode enigma karena sudah ketahuan…adalah sia sia membongkar kode tersebut apabila ketahuan jerman karena jerman cukup merubah kunci awal kode dan akan terbentuk pola kode baru yg hrs dipecahkan lg oleh inggris…membuat jerman percaya kodenya aman adalah tujuan inggris tdk mempublikasikan keberhasilannya dan menutupinya sebisa mungkin…tentara yg sedang berperang di garis depan taruhannya apabila jerman mengetahui kodenya terbongkar…

    Point kedua…Inggris sengaja mengorbankan armada dagangnya untuk menutupi terbongkarnya kode enigma adalah tdk benar…salah satu tujuan membongkar kode enigma adalah untuk mengetahui posisi KS KS Jerman yg sudah seperti monster di atlantic yg siap menerkam kapal dagang Sekutu…adalah ironi jika armada dagang dan laut sekutu sengaja dikorbankan hanya untuk melindungi enigma sedangkan Inggris amat bwrgantung pada armada lautnya agar trs hidup di tengah cengkeraman jerman atas wikayah disekitarnya…kekalahan Armada KS jerman dikarenakan Inggris bwrhasil menciptakan radar kecil yg bs di gotong pesawat sehingga begitu posisi KS ditemukan karena kode enigma sudah pecah,pesawat beradar ini segera mencari KS tersebut karena setiap hari nih KS pasti nongol untuk ngisi Accu dan saat itulah KS tsb bs dicium radar pesawat dan dihancurkan atau pesawat tsb mengontak destroyer inggris terdekat…jerman aja heran kok bs di tengah malam buta di tengah laut KS mereka bs ditemukan karena mereka tdk tau inggris sdh bs buat radar kecil yg bs di gotong pesawat…sebenarnya penemuan radar inilah yg menjadi selubung terpecahnya kode enigma…

    Point ketiga…Inggris sengaja menutupi terpecahnya kode enigma karena tahu bahwa soviet akan meniru apapun yg bs ditemukannya di jerman pasca perang…Inggris sejak lama sdh mebgetahui niat Soviet di eropa setelah perang dan sejak awal menyiapkan kuda kuda…salah satunya adalah berharap intelijen Soviet memakan umpan enigma dan menggunakannya….

    Cmiiw yg banyak :mrgreen:

    • ketemu lagi bung wehr. saya pernah baca bahwa salah satu penyebab utama kode enigma “cepat” terpecahkan adalah terlalu aktifnya Karl Doenitz menghubungi unit-unit kapal selamnya setiap hari, bahkan meskipun untuk sekedar say hello, bagaimana kabarmu hari ini?? pembaca sandi Sekutu jadi punya banyak referensi tentang kode enigma. tapi Doenitz juga tdak bsa dsalahkan, karena metode wolf pack memang butuh koordinasi/komunikasi yang lancar

    • terima kasih bung Wehrmacht… terobati sudah rindu saya membaca penjelasan bung Wehrmacht… salam hangat untuk keluarga di rumah

  20. Kangen dengan kiprah Lembaga sandi Negara yg memiliki sejarah panjang di negara ini..serta cerita tentang sepak terjang Group Sandi Yudha yg dulu misterius pergerakannya

  21. Semoga problem seperti KPK vs Polri tidak terjadi antara BIN dengan BAIS..serem juga ya kalau sampai kejadian

  22. Yang kutahu hanya untukku. Itulah yang dipegang teguh oleh anggota BIN. Cmiiw..

  23. Membaca artikel diatas dan komentar2 yg sangat berkelas serasa seperti melihat iring2an Leopard lewat depan rumah…..

    • hehehe… saya juga merasakan kerinduan yang sama dengan anda bung Bolder… rindu membaca diskusi yang terjadi antara para kontributor kita pada topik-topik tertentu… seperti yang dulu seringkali terjadi tiap kali artikel alutsista naik di JKGR

  24. kadang Intel menyelesaikan masalah dngn menciptakan masalah. membuat “monster” sbg pengalihan issue yg selaras dng kepentingan’a.
    kita beranggapan sudah mendapatkan dalang’a, padahal hanya monster yg memang sudah dipersiapkan tuk dijadikan “kambing hitam”.

  25. salam hangat kembali Papa Augusta… terima kasih untuk pengayaannya

    • gileee beneeeerrr… saya demen kupasan ‘true of false’ anda Papa Augusta…

      senang rasanya bisa berinteraksi dengan anda.
      dari lubuk hati yang paling dalam… terima kasih banyak

      • Biasa lah bung banyak ‘cerita/fakta sesungguhnya’ dalam film-film yg sengaja ditutupi, dikaburkan bahkan dipelintir sedemikian rupa untuk kepentingan, keuntungan Atau hanya untuk suatu kebanggaan belaka. sebuah sisipan fiksi dapat mendorong dan merubah seseorang untuk lebih berimajinasi keluar bahkan menjauhi fakta sebenarna. para scriptwritters dan directors barat ini paling jago deh dalam hal itu.

        Anyways, the pleasure and honor is all mine..so i’m the one who really glad and thank you. Selamat beristirahat bung Afiq0110

 Leave a Reply