Brasil Ingin Membeli Kapal Operator Helikopter HMS Ocean Inggris

Brasil berharap untuk bisa membeli kapal operator helikopter milik Angkatan Laut Inggris yang akan dipensiunkan.

HMS Ocean, kapal induk yang pernah menjadi andalan Royal Navy mungkin akan bisa dijual kepada Brasil dengan harga US$ 100 juta, sebagaimana ditulis oleh Jurnalis Roberto Lopes.

Sebenarnya HMS Ocean baru saja menjalani reparasi yang menghabiskan biaya sebesar US$ 81 juta, namun mungkin karena dinilai masih tidak efisien, Inggris berniat akan menghentikan operasionalnya pada tahun 2018.

HMS Ocean merupakan salah satu kapal operator helikopter terbesar yang pernah memperkuat Angkatan Laut Inggris, dengan bobot 21.500 ton HMS Ocean mampu membawa 1300 personel dan 40 kendaraan militer, termasuk juga 18 helikopter berbagai jenis, seperti helikopter Apache, Chinnok dan Merlin MK3.

HMS Ocean pernah membuat geger negara Spanyol dan sempat menjadi insiden diplomatik antara kedua negara. Sebabnya pada tahun 2002 HMS Ocean mendarat di pantai San Felipe Spanyol, karena mungkin mengiranya sebagai Gibraltar. Berbagai media Spanyol menyebut kesalahan pendaratan itu sebagai ‘invasi’ Inggris terhadap Spanyol.

Angkatan Laut Brasil dilaporkan telah mengirim proposal kepada Royal Navy terkait rencananya untuk bisa membeli HMS Ocean dengan pembayaran secara bertahap.