Oct 232014
 

image

Embraer Brasil meluncurkan prototipe pertama pesawat transport militer KC-390 dari hanggar produksi di pabrik industri Gaviao Peixoto, Brasil. Acara ini dihadiri oleh Menteri Pertahanan Brasil, Celso Amorim, Komandan Angkatan Udara Brasil, Letnan Brigadir Jenderal Juniti Saito, dan delegasi serta perwakilan dari lebih dari 30 negara. Rollout ini untuk melakukan ground test sebelum penerbangan pertama pesawat yang direncanakan berlangsung pada akhir tahun ini. “Tonggak penting dari KC-390 ini, menunjukkan kemampuan Embraer untuk mengelola proyek-teknologi tinggi,”kata Jackson Schneider, Presiden dan CEO, Embraer.

“Pesawat KC-390 akan menjadi tulang punggung jaringan transportasi udara FAB. Pesawat ini akan dapat beroperasi baik di Amazon dan Antartika. Mesin jet memberikan kelincahan besar bagi pesawat dalam memenuhi semua misinya, lebih cepat dan lebih baik, “ujar Komandan Aeronautics Letnan Jenderal Juniti Saito.

Menyusul peluncuran ini, pesawat akan melanjutkan pengecekan dan evaluasi sistem mesin dan kemudian berlanjut ke tes getaran di darat dan sejumlah darat yang telah direncanakan. Pesawat ini adalah yang pertama dari dua prototipe yang akan digunakan dalam pengembangan, penerbangan dan kampanye uji sertifikasi.

KC-390 merupakan proyek gabungan dari Angkatan Udara Brasil dengan Embraer untuk mengembangkan dan menghasilkan pesawat angkut militer taktis dan pengisian bahan bakar udara. Hal ini merupakan kemajuan yang signifikan dalam hal teknologi dan inovasi untuk industri aeronautika Brasil. Pesawat ini dirancang untuk menetapkan standar baru dalam kategori, biaya operasi yang lebih rendah dan fleksibilitas untuk melakukan berbagai misi, antara lain: kargo dan transportasi pasukan, pengisian bahan bakar udara, pencarian dan penyelamatan, dan memerangi kebakaran hutan.

Pada 20 Mei 2014, Embraer dan Angkatan Udara Brasil menandatangani kontrak produksi untuk pengiriman 28 pesawat KC-390 dan dukungan logistik. Selain digunakan oleh Angkatan Udara Brasil, saat ini ada niat untuk membeli tambahan 32 pesawat dari negara lain.

image

image

image

image

image

Bagikan :

  43 Responses to “Brasil Melaju bersama KC-390”

  1.  

    wow…pertamakkkkkk

  2.  

    test

  3.  

    mantab semoga PT DI menyusul

  4.  

    3

  5.  

    4

  6.  

    Busyet, garang bener pesawatnya

  7.  

    PT.DI Pasti bisa

  8.  

    Pt di ayooo kejarrrr

  9.  

    Menuju ke sana kita… amin

  10.  

    Brazil stronggg bingit… 😀

  11.  

    kalah gede sama Antonov

  12.  

    Pt DI jangan mau kalah..tunjukan kamu bisa…n pemerintah dukunglah pt DI dgn setulus hati…

  13.  

    Orang indonesia diyakini dunia internasional memiliki kelebihan (aero……) oleh karena itu banyak negara lain mau bahkan senang kerjasama dalam pembuatan dan pengembangan pesawat he…he…he…mudah-mudahan gak salah

  14.  

    mantap

  15.  

    General characteristics KC 390 Embarer
    Crew: 2
    Capacity:
    80 passengers or
    64 airborne troops or
    6 pallets (68″ X 108″) or
    74 litter patients with 2 medical personnel or
    2-3 HMMWV and Marrua or an Astros II or a LAV III and VBTP-MR Guarani[90]
    Payload: 23.6 tons (52,029 lb)

    Performance
    Maximum speed: Mach 0.8 (300 KCAS, 850 km/h)
    Range with full payload: 1,400 nmi (2,593 km, 1,611 mi)
    Ferry range: 3,250 nmi (6,019 km, 3,740 mi)
    Service ceiling: 36,000 ft (10,973 m)

    General characteristics C-295
    Crew: Two
    Capacity: 71 troops
    Payload: 9,250 kg (20,400 lbs)

    Performance
    Maximum speed: 576 km/h (311 knots, 358 mph)
    Cruise speed: 480 km/h (260 knots, 300 mph)
    Range with max 9,250 kg (20,400 lb) payload: 1,300 km (700 nmi / 805 mi)
    Ferry range: 5,400 km (2,900 nmi / 3,335 mi)
    Service ceiling: 9,100 m (30,000 ft)

    Membandingkan kedua spesifikasi pesawat tersebut
    – KC 390 2x lebih daripada C-295
    – KC 390 adalah hercules C-130 versi embraer
    – C-295 cocok untuk bandara kecil di Indonesia
    – Kedua pesawat memang beda kelas sehingga tidak apple to apple jika dibandingkan

  16.  

    berharap PT DI juga bisa buat pesawat bermesin JET dan gak mesti pake propeller melulu.

    Salam NKRI

  17.  

    Berharap di era Pak Jokowi pemerintah bisa mensupport kembali kejayaan industri dirgantara dan memberdayakan SDM lokal putra terbaik bangsa sehingga industri ini bisa tumbuh dan sejajar dengan negara lain.

  18.  

    Hebat ya prototipex sangar kayak kadal terbang.. Nuwun sewu ne kleNtu

  19.  

    indonesia pasti bisa jika ada dukungan dari pemerintah yang benar-benar ingin mewujudkannya?

  20.  

    dengan modal yg hampir sama dengan pt di, tetapi embraer dapat lebih unggul dibanding pt di
    alasannya adalah pt di dirongrong oleh badjingan-badjingan politik

    •  

      Ya ada betulnya, tapi Brazil juga sebetulnya tidak lebih baik hanya saja pertumbuhan ekonomi mereka memang luar biasa dalam beberapa tahun terakhir maka itu mereka masuk jajaran negara ekonomi berkembang BRICS (Brazil, Russia, India, China, South Africa)

  21.  

    kalo emg daya angkut lbh bnyk dri herky monggo dibungkus
    kalo emg lbh murah harga dan perawatan ya bungkusss
    kalo bosan dgn boeing ya bungkusss
    kalo bosan dgn yg baling2 ya bungkusss

    ember air emg josss,tukino josss yg ini joss gandosss 😆

  22.  

    keturunan antonov

  23.  

    kok koyo globemaster ya

  24.  

    Tenang saja indonesia lewat PT. RAI dg R80 dibantu PT. DI segera mengudara. Dan tinggal dimodif untuk versi militernya alutsista made in indonesia.

  25.  

    Selamat deh BRAZIL …. Sayang pakai jet mending pakai 4 propeller turbo biar nyaman untuk air refueling helicopter

  26.  

    Tinggal panggil pulang aja mantan pegawai IPTN yg kerja ke LN…, mohon maaf jika salah dan semoga sehat2 semua, salam NKRI

  27.  

    Eyang Habibi dan putranya Ilham habibi adalah pakar aeronatiuc jebolan Jerman. Kl tidak salah N2130 sudah pake jet. Andai saja tidak dikebiri oleh IMF saat ini N2130 sudah malang melintang di dunia penerbangan. N2130 pesaing terkuat Boeing dan Airbus saat itu.

  28.  

    tinggal dikasi gambar gigi2 hiu udeh serem kan..tp klo mo sensual tinggal digambar bibir jebleh merah muda,kasi tai lalat sdkt diatas bibirnya..diatas jendela kokpit digambarin bulu mata,cakep dah

  29.  

    cikal bakal A-221 Intruder..

    andai dahulu IPTN tak dimbas krismon, N2130 sdh melintas dilangit nusantara, bersaing dg SSJ100 dan MRJ

  30.  

    koq indonesia(pt Di)msh bertahan dgn mesin baling2 ya..knpa gak buat pasawat menggunakan mesin jet?

    •  

      Pswt msn jet dan mesin propeler punya klbhn dan kekurangannya msg2, tergantung role dan medan tugas dan peruntukannya sprt apa. klw utk kecepatan dan kestabilan srt ketinggian terbang tentu mesin jet lbh unggul tp kekurangannya krn menggunakan mesin jet yg tentu lbh kuat daya dorongnya menjadikan desain sayap pesawat bermesin jet lbh kecil, krn lbh mengutamakan kecepatan utk mendapatkan bantalan udara disayap agar dia dapat terbang dan itu artinya jk sebelah saja mesinnya mati, maka pswt jet akn lgsg wassalam.. Smntr pswt propeler lbh mengutamakan terbang dr manfaat lebar sayap utk mndptkn bantalan udara wlwpn kecepatannya tdk hrs secepat pesawat bermesin jet dan sekiranya satu mesinnya ngadat msh sanggup melayang dan msh pny kesempatan utk mendarat darurat smtr klw pesawat turbojet atwpn turbofan gak mgkn dgn satu mesin jet msh bs melayang utk mendarat darurat. itu pswt turbojet lgsg jatuh sprt batu. utk daya angkut, keduanya relatif sama, mlh saya pikir propeler lbh unggul krn dgn sayap yg lbh lebar pswt turboprop lbh maksimal dlm hal mengangkut barang serta lbh aman dr kesalahan system pswt, selain dr faktor alam. Cmiiouw.. hehehe..

  31.  

    Betul..Betul..Betul..Ane Setubuh dg Ente @Bung Pedro Barreta..Lam Knl aja..

  32.  

    alasan utama dipilihnya mesia propeler di indonesia disebabkan pendeknya landasan pacu di indonesia dan hemat bbm.

  33.  

    Pesawat ini SANGAT MIRIP dengan pesawat Made in Rusia,, yaitu ILYUSIN.. dari segi model emang bagus ketimbang pesawat sejenis ini buata PT DI, yaitu CN 235.. semoga CN 235 kedepan dari segi engin memakai Jet supaya lebih gahar..dan semoga ada perbaikan model agar lebih sangar ketimbang yang sekarang ini,, KC-390 ini cukup sangar.

 Leave a Reply