Mar 072018
 

Embraer KC-390, purwarupa pesawat angkut medium Angkatan Udara Brasil (FAB) © FAB

JakartaGreater.com – Dua pesawat angkut militer KC-390 pertama diharapkan dikirim ke Angkatan Udara Brasil (FAB) pada pertengahan tahun 2018, seperti dilaporkan oleh situs resmi Angkatan Udara Brasil, Fab.mil.br, 2/3/2018.

Menurut laporan tersebut, pesawat angkut multi-peran terbaru dari Angkatan Udara Brasil dimana sekitar 97 persen proyek telah diselesaikan dan pada semester pertama tahun ini akan mengakhiri uji coba dan uji penerbangan.

Embraer KC-390 akan mendapat izin operasional awal pada pertengahan tahun 2018 dan Sertifikasi Militer Akhir pada akhir tahun 2018.

Basis operasional dari KC-390 pertama akan berada di Ala 2, Pangkalan Udara Anapolis lama di negara bagian Goias. Secara keseluruhan, dari 28 unit pesawat yang dibeli oleh pemerintah Brasil akan terdiri dari armada angkutan udara FAB.

Pengujian pesawat angkut militer KC-390 bersama Angkatan Bersenjata Brasil. © FAB

KC-390 mampu melaksanakan berbagai misi, seperti mengangkut kargo, pasukan atau pasukan terjun payung dan pengisian bahan bakar di udara, evakuasi medis, pencarian dan penyelamatan dan pemadam kebakaran udara, selain bisa digunakan mendukung misi kemanusiaan.

Pesawat KC-390 ini dapat mengangkut hingga 26 metrik ton kargo dengan kecepatan maksimum 470 knot (870 km/jam), serta beroperasi dilingkungan yang tak bersahabat, termasuk dari landasan pacu yang tidak layak atau rusak.

Sejak dimulainya misi uji coba, pada bulan Oktober 2015, kedua prototip KC-390 telah menunjukkan tingkat ketersediaan yang tinggi, mengumpulkan lebih dari 1.500 jam terbang dan lebih dari 40.000 jam pengujian laboratorium terhadap berbagai sistem pesawat terbang.

Purwarupa pesawat angkut militer Embraer KC-390 milik Angkatan Udara Brasil (FAB) © FAB

Menurut jadwalnya, pada tahun 2018, Sertifikat Tipe akhir akan dikeluarkan oleh ANAC. Selain itu, tes penerbangan untuk berbagai fungsi militer akan diselesaikan, termasuk pengisian bahan bakar di udara dan tes penurunan kargo demi memenuhi persyaratan untuk mendapatkan sertifikasi militer akhir pesawat dengan pencapaian Kemampuan Operasional Akhir – FOC.

Sebanyak 32 unit KC-390 telah dipesan oleh negara lain termasuk Argentina 6 unit, Cile 6 unit, Kolombia 12 unit, Republik Ceko 2 unit dan Portugal 6 unit. Embraer sekarang juga mendekati kontrak lain untuk pesawat transport multi-misi KC-390, selama ajang Singapore Airshow telah meneken Letter of Intent (LoI) dengan sebuah perusahaan jasa penerbangan SkyTech sebanyak enam pesawat.