Brasil Terima Jet Tempur Modernisasi F-5M Terakhir

F-5EM Brasil (foto : Common Wikipedia)

Jakartagreater.com – Angkatan Udara Brasil (Forca Aerea Brasileira – FAB) baru saja menerima unit jet tempur modernisasi F-5M yang terakhir.

Delegasi dari Departemen Sains dan Teknologi Dirgantara (DCTA) dan Angkatan Udara Brasil menerima pesawat tempur F-5M yang dimodernisasi oleh Embraer. Jet tempur F-5M dengan tail number FAB 4810 akan ditempatkan di Skuadron Pampa yang terletak di Wing 3, di Canoas, lansir FAB.

Selama acara penerimaan pesawat tempur, dilakukan uji penerbangan oleh pilot dan teknisi penguji dari Flight Research and Testing Institute (IPEV) dan instrumen disertifikasi oleh teknisi dari Institute for Development and Industrial Coordination (IFI), keduanya terhubung ke DCTA, yang menyelesaikan pengiriman 49 pesawat tempur modernisasi F-5M.

Upaya modernisasi pesawat tempur F-5M dimulai pada tahun 2005 dan evolusi teknologi yang meningkat tajam pada pertahanan udara Brasil, dengan penambahan persenjataan baru dan pengenalan doktrin pertempuran BVR (akronim dalam bahasa Inggris untuk Beyond Visual Reach).

Pada kesempatan yang sama, delegasi dari Angkatan Udara dan DCTA juga meninjau pesawat tempur multi-role terbaru F-39E Gripen, yang baru saja tiba dari Swedia dan melakukan penerbangan pertamanya di Brasil pada 24 September.

Gripen saat ini sedang melakukan serangkaian tes di pedalaman Sao Paulo dan harus melakukan presentasi resminya di Brasília pada tanggal 23 Oktober, di Hari Perayaan Penerbang dan Angkatan Udara Brasil.

Brazil total memesan 36 pesawat tempur canggih Gripen dari perusahaan Saab, dalam program yang disebut FX-2, dengan transfer teknologi ke kawasan industri Brasil. Berdasarkan tranfer teknologi ini, proyek tersebut mencakup Pusat Desain dan Pengembangan Gripen dan Pusat Uji Penerbangan Gripen. Di lokasi-lokasi ini, para insinyur Swedia dan Brasil berkumpul untuk mengembangkan solusi yang akan dibutuhkan oleh platform pesawat tempur terbaru.

Tinggalkan komentar

Most Popular

Komentar