Mar 262019
 

Angkatan Laut Brazil uji coba peluncuran rudal anti-kapal (AShM) MANSUP dari fregat Independencia (F44) © Brazillian Navy

JakartaGreater.com – Angkatan Laut Brasil (Marinha do Brasil) telah sukses meluncurkan purwarupa (prototipe) yang ke-2 dari rudal anti-kapal (AShM) permukaan-ke-permukaan Míssil Antinavio Nacional de Superfície yang disebut “MANSUP” dari fregat kelas Niterói yakni Independência (F44) pada tanggal 20 Maret, seperti dilansir dari laman IHS Jane.

Fregat Independência meluncurkan misilnya dari lepas pantai antara Rio de Janeiro dan Cabo Frio. Tes ini digunakan untuk menguji navigasi, kontrol, dan panduan dari MANSUP lebih lanjut.

MANSUP adalah rudal anti-kapal subsonik “tembak dan lupakan” atau “fire and forget”, memiliki fitur sea-skimming, panjangnya 5.780 mm, berbobot 860 kg dikembangkan oleh Avibras Indústria Aeroespacial, Omnisys Engenharia, Fundação Ezute, SIATT Engenharia, serta Indústria e Comércio bersama-sama dengan Angkatan Laut Brasil sebagai bagian dari apa yang disebut program Esporão.

Angkatan Laut Brasil luncurkan prototipe/purwarupa rudal anti-kapal MANSUP dari korvet Barroso (V34) © Brazillian Navy via Naval Today

Pengujian Purwarupa Pertama

Angkatan Laut Brasil melaksanakan uji coba peluncuran perdana sistem rudal anti-kapal (AShM) permukaan-ke-permukaan (SSM) Míssil Antinavio Nacional de Superfície atau MANSUP yang sukses pada tanggal 27 Nopember 2018 di lepas pantai Rio de Janeiro.

Menurut Angkatan Laut Brasil, rudal anti-kapal pertama yang dikembangkan oleh Brasil telah sukses mencapai beberapa tonggak subsistem telemetri yang berfungsi dalam tes dan mengungkapkan perlunya peningkatan pada subsistem yang lain. Data yang diperoleh itu akan memandu langkah berikutnya dan peluncuran di masa depan, kata Angkatan Laut Brasil.

Proyek pengembangan rudal MANSUP menggunakan teknologi eksklusif Brasil dimulai 10 tahun lalu yang bermitra dengan Avibras (propulsi rudal), Siatt (sistem pemandu, kontrol dan telemetri), Omnisys (radar deteksi target) dan Yayasan Ezute yang membantu dalam mengoordinasikan pekerjaan yang diperlukan.

  One Response to “Brazil Sukses Meluncurkan Rudal MANSUP dari Fregat Independencia”

  1.  

    DI INDONESIA TERKENAL NAMANYA RUDAL MANSUR (BULAT” MIRIP BOLA) DIKASIH MIE HAHAHAAA………….

    RUDAL RUSIA CRYPTON IS THE BEST