Feb 272018
 

Kasal mengatakan bahwa upacara penyematan brevet kehormatan “Manusia Katak” ini merupakan salah satu bentuk penghormatan dan penghargaan seluruh warga Komando Pasukan Katak dan jajaran TNI Angkatan Laut.

Jakarta, Jakartagreater.com – Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., mengangkat warga kehormatan Manusia Katak ditandai dengan penyematan Brevet Kehormatan Manusia Katak kepada tiga Perwira Tinggi TNI, pada Senin 26 Februari 2018 bertempat di Mako Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmabar, Komplek Satuan Koarmabar I Pondok Dayung, Jakarta Utara.

Ketiga Pati TNI yang diangkat sebagai warga kehormatan Manusia Katak Kopaska TNI AL tersebut yaitu :

  1. Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M.
  2. Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (Wakabin) Letnan Jenderal TNI (Purn) Teddy Lhaksmana Widya Kusuma.
  3. Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M.

Sebelum menerima Brevet Kopaska, ketiga Pati tersebut telah melalui beberapa tahapan diantaranya melaksanakan Visit Board Search and Seizure (VBSS) di kapal sasaran yang berada di perairan Pondok Dayung, melaksanakan boat maneuver, demo Sub Skimmer dan dilanjutkan dengan melaksanakan tembak semi reaksi di lapangan tembak Satkopaska Koarmabar.

Pada tahapan ini juga Kasal diberi kesempatan untuk melaksanakan tembak semi reaksi dengan jarak 20 meter dengan sasaran 1 buah popper, 5 buah plat bulat diameter 20 cm, dan 1 buah plat kotak diameter 15 cm.

Dalam kesempatan ini, Kasal mengatakan bahwa upacara penyematan brevet kehormatan “Manusia Katak” ini merupakan salah satu bentuk penghormatan dan penghargaan seluruh warga Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan jajaran TNI Angkatan Laut kepada Komandan Jenderal Akademi TNI, Wakil Kepala Badan Intelijen Negara dan Panglima Armada RI Kawasan Timur atas semua usaha, partisipasi dan kontribusi bagi perkembangan TNI Angkatan Laut, khususnya dalam pengembangan Satuan Komando Pasukan Katak.

“Kami Semua berharap peristiwa bersejarah ini dapat memberikan kebanggaan dan perhatian serta komitmen kita dalam membina dan membangun serta mengembangkan kemampuan Satkopaska yang kehadirannya senantiasa memberikan Deterrence Effect atau daya tangkal yang tinggi dan juga saya berharap agar para warga kehormatan dapat menjadi bagian dari keluarga besar Kopaska dengan ikut memiliki serta turut membangun kemajuan Kopaska di masa yang akan datang” ujar Kasal.

Dalam acara ini turut serta dihadiri oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI A. Taufiq R, para pejabat Utama Mabesal, para pemimpin Kotama TNI AL wilayah Barat, para Kepala Dinas jajaran Mabesal, seluruh pejabat dari mantan Kopaska yang masih aktif baik yang berdinas dilingkungan TNI/TNI AL maupun diluar struktur, serta pejabat terkait lainnya. (Dispenal).

Berbagi

 Leave a Reply