Apr 152017
 

SSV-2 BRP Davao Del Sur 602. (photo : Gombaljaya)


Angkatan Laut Filipina (PN) akan memiliki aset tambahan untuk patroli maritim dalam negeri dengan kedatangan kapal sealift strategis (SSV) kedua BRP Davao Del Sur (LD-602) pada bulan Mei, dan dua rudal-bersenjata MPAC pada bulan November.

Kepala Staf Angkatan Bersenjata Filipina (AFP), Jenderal Eduardo Año, membuat pernyataan ketika ditanya upaya apa yang sedang dilakukan untuk lebih mengamankan laut negara itu.

Jenderal Eduardo menjelaskan bahwa SSV kedua dan dua MPAC tersebut akan memberikan Angkatan Laut aset yang lebih untuk berpatroli di perairan negaranya, terutama di Basilan dan Sulu, menghalangi bandit Abu Sayyaf Group (ASG) terhadap membuat serangan di masa mendatang.

BRP Davao Del Sur diharapkan dikirim pada 17 Mei mendatang. Hingga berita ini diturunkan, proses penyelesaian kapal tersebut telah mencapai 98 persen.

BRP Davao Del Sur, diluncurkan pada September tahun lalu, merupakan saudara dari kapal BRP Tarlac (LD-601), kapal perang Filipina terbesar di komisi saat ini.

BRP Tarlac yang ditugaskan pada 1 Juni tahun lalu, tiba di Filipina pada 14 Mei 2016 setelah lima hari perjalanan dari galangan kapal PT PAL di Surabaya, Indonesia.

BRP Davao Del Sur juga merupakan Makassar-class Landing Platform Dock, seperti BRP Tarlac.

Sama seperti BRP Tarlac, SSV terbaru Angkatan Laut akan berfungsi sebagai kapal komando-dan-kontrol mengambang, terutama dalam melakukan bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana, dan juga akan berfungsi sebagai sealift militer dan kapal transportasi.

Kapal yang memiliki panjang keseluruhan 120 meter, luasnya 21 meter, dan draft 5 meter, bisa membawa muatan 2.800 ton.

Kapal ini memiliki kecepatan jelajah 13 knot dan kecepatan maksimum 16 knot dan berbagai operasi minimal 7.500 mil laut.

BRP Davao Del Sur dapat membawa 500 tentara, dua perahu karet rigid-hull, dua unit kapal pendarat dan tiga helikopter.

Sumber: PNA

  20 Responses to “BRP Davao Del Sur Segera Perkuat Angkatan Bersenjata Filipina”

  1. gak pake Rudal ya??

  2. Tahniah pinoy

  3. Keren bgt…abis ssv ke 2 pinoy pending dl pesanan luar negeri, bikin pesanan menhan dl 3 LPD dan 6 LST…agar bs segera perkuat pulau2 terluar nkri…

  4. kerenn…(wis gtu aja)

  5. Tahniah philippines n PT PAL…Syabas

  6. Dari blog sebelah….HMS Ocean ditawarin ke Indonesia.

    Salese rosoboron ditikung maning….hachiiiii

  7. Mantap PT.PAL kedepan diharap membuat sekelas Mistral untuk menuju pengembangan ke kapal induk!edisi ngelindur.he3.

  8. indonesia harus bisa bikin LHD,klo blm bisa,mending beli aja dulu HMS milik england,sambil pelajarin dalemannya,menurut aku itu sdh trmsuk murah,sdh di upgrade lagi,jadi tnggl pake aja.

 Leave a Reply