Jul 192014
 
Rudal Exocet MM40 Block II meluncur dari  KDB Darulaman (photo : Brunei Mindef)

Rudal Exocet MM40 Block II meluncur dari KDB Darulaman (photo : Brunei Mindef)

Hawaii – KDB Darussalam dan KDB Darulaman telah membuktikan kemampuan tempur mereka dengan menembakkan sistem persenjataan mereka untuk yang pertama kali. Kapal Perang Patroli Darussalam class, KDB Darussalam dan KDB Darulaman berhasil menembakkan rudal pertama mereka, Exocet MM40 Block 2 di Pacific Missile Range Facility (PMRF), 80 nautical miles di utara pulau Kaua’i.

Kedua kapal RBN ini sedang berpartisipasi untuk pertama kalinya di multi-national exercise rim of the Pacific (RIMPAC) yang digelar selama satu bulan, oleh tuan rumah, Amerika Serikat

Royal Brunei Navy (RBN) berpartisipasi dalam β€˜sink’ exercise (SINKEX) bersama peserta negara lain dengan menembakkan rudal permukaan ke permukaan pada 0920w (local time 0320h). Kedua rudal berhasil diluncurkan menuju target secara simultan pada jarak sekitar 40 nautical miles.

Target adalah kapal Ex New Port Class USS TUSCALOOSA, yang dibangun tahun 1970 dan pensiun tahun 1994. Panjang kapal 159 meter dengan bobot 8,500 ton.

Rudal Exocet MM40 Block II meluncur dari  KDB Darussalam (photo : Brunei Mindef)

Rudal Exocet MM40 Block II meluncur dari KDB Darussalam (photo : Brunei Mindef)

Taktik penembakan ini ditujukan untuk mencapai kemampuan penuh operasional kapal patroli Darussalam class. Setelah menembakkan rudal, kedua kapal kembali ke Pearl Harbor untuk isi ulang bahan bakar, sebelum bergabung kembali dengan latihan Rimpac berikutnya di task force, 18 juli 2014.

Para perwira maupun awak kapal bekerja tanpa merasa lelah untuk memenuhi kebutuhan agar kapal tetap dalam kondisi prima. Para awak kapal Brunei ini harus membuktikan kepada diri mereka sendiri, mereka mampu mengikuti latihan tempur modern dan menyelesaikannya dengan benar.

brunei-vessel-3

Target: Kapal Ex New Port Class USS TUSCALOOSA, yang pensiun tahun 1994. Panjang 159 meter dengan bobot 8,500 ton. (photo : Brunei Mindef)

KDB Darussalam dan KDB Darulaman berhasil menambah pencapaian lain dalam kemampuan operasional dan menandai batu loncatan besar bagi Royal Brunei Navy.

Selain mendapatkan kemampuan operasional, meningkatkan rasa percaya (trust) dan rasa saling percaya diantara pera pelaut dunia, didapatkan para pelaut Brunei di ajang RIMPAC 2014 ini.

KDB Darussalam (photo : Jane's)

KDB Darussalam (photo : Jane’s)

Uji tembak di pusat lokasi perang pasifik ini disaksikan oleh Wakil Menteri Pertahanan Brunei Darussalam, Dato Paduka Haji Mustappa bin Haji Sirat, ditemani Marsekal Pertama Dato Seri Pahlawan Abdul Aziz bin Hj Mohd Tamit.

Latihan RIMPAC masih berlangsung dan akan ditutup 30 Juli. Kedua kapal RBN ini dijadwalkan meninggalkan Hawaii 4 Agustus 2014, untuk berlayar kembali ke Brunei Darussalam. (Brunei Mindef).

  37 Responses to “KDB Darussalam Tembakkan Exocet MM40 Block 2,”

  1. Pertama

  2. pertamax πŸ˜€

  3. sonora TTW>..

  4. <:D
    ?) siap !!!
    _||_ Komandan !!!

  5. Wah mantab … πŸ™‚

  6. cuma berlobang aja apa sink ke dasar laut?

  7. ????

  8. ditunggu ulasan dari para pinisepuh….

  9. 10

  10. ayo jwb awak kpl berunai ad tni al nya gx?
    a. ada
    b. murni

    siapa mentornya hayo?

  11. Ikut nyimak…berapa banyak ya kapal class ne di brunei…?

  12. Pertamax

  13. Afirmative 😈

    • Waw sahabat baik yg gagah.Bung Diego@ maaf OoT nih,tdi aq baca artikel ttg sebuah jalan d Kalimantan ( Palangkaraya-Tangkiling) yg d kenal dgn jalan Rusia,d bangun tahun 1960-an sepanjang 34km,kok aspalnya berpuluh-puluh tahun tetap bagus tanpa lubang??memang ini berita jadul tpi kok sya penasaran beda sama aspal pulau jawa yg kurang dri stahun udah bolong2.sesepuh2 Warjager bsa ksih info kiranya..Wasallam 😈

      • Baru tahu kalau jalan mulus itu buatan rusia, memang sih selama hampir 4 tahun ini melewati jalanan situ, nga pernah lihat ada perawatan jalan di sekitar situ, yang ada dijalan setelahnya yang sering di tambal sulam

      • Memang pengerjaannya dulu dengan pekerjaan pengerasan tanah dibagian bawah aspal dengan mengeruk tanah dibawah yang bersifat lembek dan mengganti tanah di bawahnya dengan tanah yang lapisannya keras jadi biaya perKM mahal konon yang dikeruk sampai kedalaman 20 meter kalau dengan dana kita sekarang dengan perlakuan seperti itu dana APBN atau APBD belum mampu

        • Wah pantas kokoh bgt,d atas tanah gambut soalnya ya Bung,trus gmn dgn tanah d luar Kalimantan yg bukan gambut?apa mungkin komposisi aspal yg memang sangat baik,,

        • pilihannya sebenarnya sekarang buat jalan murah tp tiap tahun diperbaiki atau buat jalan yg mahal tapi tidak perlu perawatan selama puluhan tahun. kalau mau dihitung untung ruginya jelas lebih menguntungkan mahal tp tahan lama. yg masalah skrg klu buat jalan yg lama dan tahan lama bisa-bisa para kontraktor dan pemilik tender bs mati kelaparan

  14. Bagus gitu kapal patrolinya.. hampir sekelas MRLF yah..? Persenjataan anti kapal permukaannya aja sama.. exocet blok II… jangan2 sistem arhanudnya sama apa malah lebih hebat.. hahaha.. dari tampang nya aja mirip Bung Tomo Class sekilas..

    • brunei gitu loch bung UCAV hehehehehe

      • Itulah bung MP119.. kalo kita dikasih tot bung Tomo Class, tinggal di bikin kloningannya biar bisa jadi workhorses patroli ZEE dan laut kepulauan kita.. dibantu KCR 60.. sedangkan KCR 40 dan FPB.. untuk patroli laut dangkal dan selat2 kita.. naik kelas deh status Navy kita.. untuk kelas real frigates keatas biar jadi armada kepruk dan patroli luar ZEE ajah.. sebagai defenses layer satu seperti yg dibabarin bung PS.. CMIIW..

    • maklum made in Germany … kekar & sangarrr !!!
      kalo utk armament nya lebih lengkap bung Tomo class …
      maklum beda kelas

  15. susahnya negara yang lautnya kecil ya gitu. Latihan nembak aster dan exocet harus ikut latihan negara lain. Kalo misi TNI AL ke Rimpac sepertinya ada unsur unjuk kebolehan kapal produksi PAL πŸ™‚

  16. Masih menunggu artikelnya bung Nara dan bung Yayan.

  17. tetannga yg baik gk kaya malonsialan

  18. pinjem donk

  19. Good job …

  20. 20 pas.
    lanjutkan terus saudara muda NKRI.

  21. 21…bioskop jkgr da bukaaa….

 Leave a Reply