Mar 042015
 
Latihan militer China

Latihan militer China

Beijing – Pemerintah China, Rabu (4/3/2015), akan meningkatkan anggaran pertahannya hingga 10 persen pada 2015 yang semakin menunjukkan ambisi militer negeri itu. Demikian juru bicara parlemen China, Fu Ying.

Tahun lalu anggaran militer Cina meningkat 12,2 persen menjadi 130 miliar dolar AS. Sebagai perbandingan, Amerika Serikat mengalokasikan dana 585 miliar dolar AS untuk militer di tahun anggaran 2016.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, Beijing terus meningkatkan anggaran Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) dalam rangka semakin memperkuat angkatan bersenjatanya terkait serangkaian sengketa wilayah dengan Tokyo dan beberapa negara lain.

Tahun lalu, sebuah laporan anggaran yang disiapkan untuk Kongres Rakyat Nasional (NPC) mengatakan anggaran pertahanan yang disiapkan meningkat 12,2 persen. Sebuah angka yang mengejutkan kawasan dan bahkan Washington.

“Sekarang, saya bisa mengatakan kepada Anda secara umum peningkatan anggaran pertahanan 2015 sekitar 10 persen,” ujar Fu Ying.

Partai Komunis China bersikukuh militer negeri itu yang kini menjadi yang terbesar di dunia ditujukan untuk mengamankan perdamaian ketimbang untuk menangani berbagai sengketa wilayah misalnya di Laut China Selatan.

Selain itu, Beijing selalu mengatakan negeri itu pernah dipermalukan selama satu abad saat sebagian wilayahnya diduduki negara-negara Eropa pada abad ke-19.

“Sejarah mengajari kami, bahwa barang siapa yang terbelakang akan dilecehkan, itulah pelajaran yang tak pernah kami lupakan,” kata Fu.

“Negara kami akan mencapai modernisasi, angkatan bersenjata yang modern adalah bagian dari itu. Dan tujuan ini harus dijamin dengan jumlah anggaran yang signifikan,” lanjut Fu. (Kompas.com).

Bagikan :

  39 Responses to “Budget Militer China, Perkuat Cengkeraman di LCS”

  1.  

    Waspadalah waspadalah!

  2.  

    Indonesia kapan?

    •  

      semua ada kalkulasi-nya. antara teman, saudara dan musuh. pembuktian adl hal nyata. di saat saat dahulu kita krisis dan kritis mereka semua tidak ada. malah menusuk dari blakang merebut wil kita. MUNGKIN YG ANDA MAKSUD UANG MEREKA ADL SAUDARA. itu lebih masuk akal. aha ha h ah.

      biarkanlah blok barat berperang dgn blok timur. kita tonton mereka di tv sambil minum kopi. AHAHAAAHAHA.

  3.  

    Indonesia harus meningkatkan otot ototnya untuk mengimbangi kekuatan militer China di LCS.

  4.  

    Naga smakin menunjukkan cakarnya..

  5.  

    saya mendukung Nusantara hebat

  6.  

    ” Siapa yang terbelakang akan dilecehkan ” semoga dipahami oleh para petinggi RI ……… !!!

    •  

      kl negri kt bgn kira2 “siapa yg terbelakang ya uda ke laut aja makin melarat”

      •  

        Hahaha bener fred…salah sendiri siapa suruh ngga korupsi!? Ancaman cina urusan belakang yg penting harus ada dana silluman bukan pesawat siluman!

    •  

      Nah pernyataan2 “semacam” ini pun pernah diucapkan oleh bung Karno untuk memberikan semangat Nasionalisme bangsa Indonesia dimata dunia baik pada saat penjajahan maupun disaat pasca Kemerdekaan, … hasilnya memang kita pun disegani dan dihormati oleh bangsa2 didunia khususnya AA, .. termasuk didalamnya bidang Hankam dan Alutsista yg saat itu kita memang benar2 mumpuni, komplit dan berkelas dunia.

  7.  

    “Sejarah mengajari kami, bahwa barang siapa yang terbelakang akan dilecehkan, itulah pelajaran yang tak pernah kami lupakan,” kata Fu.

  8.  

    entah pada siapa kata2 itu ditujukan tetapi kurasa sindiran buat bangsa ini sepertinya….ning aq ra popo !!!!!

  9.  

    Tambah kenceng nich…kutunggu aksimu nona lee berdansa sama paman sam di panggung LCS.. hayo kuat mana..?

  10.  

    semoga pemimpin bangsa ini ga ttup mata.!

  11.  

    ada ungkapan dari mereka yang menarik; “Sejarah mengajari kami, bahwa barang siapa yang terbelakang akan dilecehkan, itulah pelajaran yang tak pernah kami lupakan.”
    bisakah kita meniru mereka dalam hal ini???

  12.  

    Hooaahh… jadi ngantuk baca giniaan. Tidur dulu dah biar bisa ngimpii indonesia jadi kayak tiongkok… zzzz…

    •  

      Salken juga bung kaslan. Ungkapan sy hanya sarkas saja, supaya petinggi2 negeri bisa sadar negara2 yang dulunya sama2 merangkak dari nol, sekarang sudah menjadi negara super power…

  13.  

    bikin susah,,,,hhe

  14.  

    kalo mau seperti china dan rusia,pemimpin harus gunakan tangan besi,,artinya keluar dari demokrazy yg terlalu bebas se bebas bebasnya ini.
    Liat kejadian di rusia tokoh oposisi aj d dor mati.apalagi d tiongkok islam saja d bungkam.
    Apa mau maju dengan tangan besi,,? Klo mau tu begal d petrus semua.
    Tapi kita negara demokrazy klo salah dikit RAKYAT TERIAK HAM.

  15.  

    Kata² dan perbuatan yg baiknya dimengerti serta ditiru oleh para pemimpin bangsa Indonesia. Bkn hanya jaman penjajahan bangsa ini dipernalukan dan dilecehkan oleh negara yg diakui bersahabat. Sampai sekarangpun hal tersebut masih sangat terlihat dan terasakan.
    Negara ini harus dapat mempunyai kekuatan sampai negaran lain tdk dapat berbuat apapun menurut kemauan serta keuntungan mereka dgn menekan serta merugikan bangsa ini.

  16.  

    Seharusnya indonesia juga mau belajar… apa yang telah dilakukan bangsa eropa dan amerika dahulu terhadap indonesia… bukan malah sibuk dan ribut sama kepentingan kelompok semata…

  17.  

    Kalau pejabat2 kita masih mementingkan perut nya sendiri takakan pernah maju dari keterpurukan,,, yg benar di salahkan, yg salah di benarkan,,,,,semua mau mencari kekuasaan. Tanpa kekuatan militer yg kuat ekonomi negara kita tak kan pernah kuat, ingat,,,, ekonomi yg kuat dimulai dri militer yg kuat,,,,

  18.  

    Tiongkok memang bisa jadi guru buat kita spt tertulis dlm hadis “belajarlah walau sampai ke negri tiongkok”. lcs dan spratly memang banyak yang mempersengketakan, lalu siapa yang mempertanyakan crismas dan cocos di selatan kita

  19.  

    Negara kita memang butuh cambuk sekaligus tantangan agar bisa cepat mengejar ketinggalannya. Tapi menurut saya, kita hrs berterima kasih kepada malaysia dan australia krn berkat merekalah kita mjd melek bahwa negara lemah akan selalu dilecehkan dan dijajah krn terbukti kekuatan militer sekaligus ekonomi bisa menguatkan diplomasi kita pd level apapun.

  20.  

    Itu artinya sinyal kuat bagi kita tuk segera akuisisi SU 35 secepatnya, jangan pake lemot kalau tak ingin dipandang sebelah mata oleh negara sekitar kawasan….

  21.  

    Anggaran pertahanan Kita dalam tahap proses ke 2,5 persen dri APBN dulu…itu pun kalo sukses tanpa ada kepetingan perut sendiri maupun perut sesama kelompoknya

  22.  

    ahhh aku mah si enjoy enjoy aja Rusia dekat banget dengan Indonesia Terbukti dengan dulu rusia pelit TOT sekarang malah Rusia menyatakan siap melakukan TOT dengan indonesia Itu membuktikan bahwa Rusia menganggap Indonesia sebagai kawan penting, dan saya yakin China ga akan nyerang indonesia karena China sadar Base militer Amerika sudah di mana mana.. Vietnam dan filiphina Sudah berulangkali Memperingatkan China.. Malaysia Sudah membeli A400M untuk menambah kewaspadaan pada china…
    Saya yakin china org nya pinter2 Apalagi dia tau INDONESIA Merupakan Kunci kemenangan dari konflik LCS Karena posisi Indonesia Yang strategis… Bila China Bisa berkawan Baik dengan Indonesia Maka kemenangan China di konflik LCS Sudah dapat dikatakan “80%”, Tapi jika china memilih Menekan Indonesia Mungkin saja perang dunia 3 nanti China dan Rusia VS PBB + ASEAN, Maka kekalahan china Sudah dapat dipastikan 😀

  23.  

    Dah waktunya MEF jilid 2 diMULAI dng lbh GAHAR yang mendukung KEMANDIRIAN Alutsista lokal..:)

  24.  

    Doktrin China patut dipelajari…bukan dari faham komunisnya…tetapi lebih kepada pembelajaran bagaimana mereka meningkatkan anggaran militernya sejalan dengan peningkatan kemampuan EKONOMI, SDM, dan INDUSTRI MANUFAKTUR….CHINA TEGAS..BARANG SIAPA YG TERBELAKANG…AKAN MUDAH DILECEHKAN BANGSA LAIN…KORUPSI AJA HUKUM MATI…DI SINI KORUPSI ANGGARAN BERJAMAAH MASUK BUI..GA LAMA..BEBAASS..PENJAHAT NARKOBA MAJU MUNDUR CANTIK DIEKSEKUSI…JELAS” GRASI DITOLAK…GA USAH BNYK MIKIR…HUKUM MATI

  25.  

    sesuai prediksi saya cina adalah ancaman nyata kita. secara matematis cina akan memilih asia tenggara sebagai sasarannya karena gabungan negara2 asia tenggara sekalipun (yg bersinggungan dng lcs:indonesai, vietnam, filipina dan malaysia)
    tak akan mampu menandingi kehebatan militer cina. lain halnya jika memilih konfrontasi dgn korsel ato jepang. apa reaksi kita? lawan pake su35? mereka punya, lebih banyak lagi. beli su35 lebih banyak? mereka mampu beli lebih banyak lagi.
    tot dgn rusia? lihat cina dan india beli su 27/30 ratusan tot yg mereka dpt tidak memuaskan, apalagi kita yg hanya beli belasan saja. let’s be open minded. pilihan logis adalah euro fighter typhon. sejarah tot kita dgn airbus militery adalah memuaskan
    cn 212 jadi n219, cn 235 jadi n 250 dan kelak n245, dan ada lg yg lain. so mudah2an dgn typhon kita mampu mandiri ato setidaknya mampu merakit sendiri pespur andalan kita.

  26.  

    Yah begitulah Kira Kira yg dulu dan yg akan datang

  27.  

    Sudah waktunya ri berpikir meningkatkan postur militer tni khususnya matra laut dan udara.

  28.  

    selama pemimpin negri ini masih mementingkan golongan n pribadi masing2 kek nya akan suram selalu nasib nya……………….

  29.  

    Assalamualaikum wr.wb.
    jelas malaysia butuh dukungan Indonesia, tapi anehnya malaysia malah menyerang Indonesia.
    asli itu jaminan mutu.

 Leave a Reply