Jul 142019
 

Tank tempur utama M1A1 Abrams Angkatan Darat Amerika Serikat. © Sgt. Leon Cook (U.S. Army)

AS mengusulkan penjualan 108 tank Abrams dan 250 rudal anti pesawat Stinger kepada Taiwan senilai US$ 2 milyar yang mendapat protes keras dari Beijing.

Pada hari Selasa, juru bicara kementerian luar negeri China Geng Shuang menuntut AS untuk “segera membatalkan” perjanjian dengan Taiwan, yang dianggap Beijing sebagai provinsi yang memisahkan diri, bukan negara merdeka, seperti dilansir Breaking Defense.

Penjualan 108 tank Abrams dan 250 rudal Stinger mendapat persetujuan dari Administrasi Trump karena merupakan akuisisi yang murni defensif, tetapi Taiwan sebenarnya memiliki harapan kuat untuk bisa membeli pesawat tempur F-16V.

Pemerintah Taiwan baru-baru ini mengonfirmasikan telah mengirim surat permintaan ke Washington untuk membeli 66 jet tempur F-16V dari Lockheed Martin, yang akan memberi pulau kecil itu armada pesawat tempur generasi ke-4 paling canggih di dunia.

Taiwan sangat membutuhkan pesawat tempur F-16V untuk menghadapi armada udara Tiongkok yang tumbuh sangat maju dan besar, yang terdiri dari pesawat tempur generasi 4 seperti J-10, J-11, Su-30 dan Su-35 serta pesawat tempur siluman J-20 dan J-31.

Jika kesepakatan itu terlaksana, itu akan menjadi penjualan pesawat tempur dalam jumlah besar pertama ke Taiwan sejak 1992, karena ada keraguan serius bahwa administrasi Trump akan menandatangani perjanjian dengan Taiwan disaat AS sedang terlibat dalam negosiasi perdagangan yang rumit dengan Beijing.

Penjualan Stinger bisa jadi merupakan indikasi bahwa Taiwan ingin mengadopsi perang gerilya untuk pertahanan diri, karena senjata yang diluncurkan bahu mudah dipindahkan dan memungkinkan tentara menembak dan melarikan diri dengan cepat.

Rudal Stinger bisa menjadi penyengat efektif bagi armada udara Tiongkok, namun masih belum diketahui kemampuannya untuk menghadapi pesawat tempur siluman Tiongkok seperti J-20 dan J-31.

Sedangkan tank Abrams bisa menjadi kendaraan tempur yang efektif bagi pertahanan darat Taiwan meski akan mendapat ancaman serius dari pesawat tempur dan heli tempur yang dimiliki dalam jumlah besar oleh Beijing.

 Posted by on July 14, 2019

  3 Responses to “Bukan F-16V, Taiwan Akan Dapatkan Tank Abrams dan Stinger”

  1.  

    Hanya berupa sengatan senagatan kecil saja bagi beijing, jika hanya abrams dan stinger. Kecuali diberi kesempatan utk membeli f16 V dlm jumalh besar. Sekaligus memperpanjang lini produksi F16 locked martin

  2.  

    Kasih thaad..biar terbukti battle