India Uji Segera Coba Brahmos Blok III dari Su-30MKI

13
5
Ilustrasi jet tempur Su-30MKI meluncurkan rudal Brahmos. © Defense News

Di tengah ketegangan yang terus meningkat di perbatasan sebelah baratnya, Angkatan Darat India telah berhasil melakukan uji coba rudal jelajah BrahMos versi jarak diperpanjang yang berlangsung di Kepulauan Andaman dan Nicobar, seperti dilansir dari Sputnik News.

Sementara itu, Menteri Pertahanan India Arun Jaitley telah mendesak Angkatan Bersenjata India untuk dipersiapkan setiap saat, karena kesiapan adalah pencegah terbaik. Selanjutnya ia juga meminta untuk selalu mengidentifikasi adanya perluasan kekuatan ekstra-regional di wilayah Samudera Hindia (IOR) sebagai zona yang menjadi perhatian.

Istilah “kekuatan ekstra-regional” terutama mengacu kepada Angkatan Laut China (PLAN), karena Angkatan Laut India telah menginformasikan kepada pemerintah mengenai adanya kapal selam China di Samudra Hindia pada masa lalu.

“Rudal jelajah darat-ke-darat supersonik BrahMos Blok III telah di luncurkan dari Mobile Launcher Autonomous dan mencapai sasaran dengan sangat presisi. Rudal supersonik itu berhasil mencapai target berbasis darat dengan akurat sesuai konfigurasi terbaik”, menurut seorang pejabat militer India.

Bulan lalu Angkatan Laut India telah menembakkan rudal jelajah BrahMos versi jangkauan diperpanjang dari frigat INS Teg, kapal perang kelas Talwar. Sementara itu Angkatan Udara India berencana untuk menguji versi udara rudal BrahMos dari Su-30MKI bulan depan.

13 COMMENTS

    • Memang MKM Itu Turunan Dari MKI. Tapi MKM Itu Downgrade Dari MKI. Dan Lagipula Alasan Anda untuk Menjaga Perasaan Tetangga Itu Sangat Tdk Masuk Akal. Jikapun MKM Bisa Bawa Brahmos Itupun Percuma Karena MKM Sudah Gk Ada Spare Parts…

LEAVE A REPLY