Bulgaria Juga Menginginkan F-16 Refurbished Dari Portugal

Bulgaria telah meminta informasi dari Portugal tentang kemungkinan pembelian dan modernisasi sembilan jet tempur F-16 surplus milik Portugal, kata juru bicara Kementerian Pertahanan Portugal kepada IHS Jane.

Bulgaria telah lama memiliki keiginan membeli pesawat tempur untuk menggantikan MiG-29 ‘Fulcrum’ yang sudah tua. Namun, keterbatasan keuangan sejauh ini menunda pembelian pesawat tempur baru. Bulgaria telah menganalisa beberapa pilihan, termasuk akuisisi stok berlebih F-16.

Tetangga Bulgaria, Rumania telah membeli 12 pesawat tempur F-16AM/AB dari Portugal, juru bicara Kementerian Pertahanan Bulgaria menyatakan telah membuat permintaan kepada Portugal untuk bisa menjual dan memodernisasi lebih lanjut 12 jet tempur F-16 Angkatan Udaranya.

Kesepakatan untuk kedua negara tidak termasuk jet tempur F-16 yang masih dioperasikan oleh Angkatan Udara Portugis (FAP). Sebaliknya Bulgaria menginginkan F-16 yang disediakan oleh Amerika Serikat melalui program Excess Defense Articles (EDA), atau pesawat tempur milik negara-negara sekutu yang menggantikan F-16 lawas mereka dengan F-35 Lightning II. Potensi kesepakatan juga termasuk modernisasi F-16 oleh Portugal.

Janes