Apr 272017
 

Pesawat tempur Gripen (Photo : Reuters)

Bulgaria sangat mendukung pembelian pesawat tempur Saab Gripen untuk mengganti pesawat tempur era Soviet yang sudah ketinggalan zaman dan menyetujui hasil tender untuk membeli setidaknya delapan unit jet tempur Gripen seharga US$ 835 juta.

Dibandingkan dengan F-16 bekas dari Portugal dan Eurofighter buatan Italia, Bulgaria lebih memilih Gripen sebagai pilihan paling atas dan menjadikan pesawat tempur lain sebagai pilihan kedua dan ketiga.

Perundingan lebih lanjut untuk pembelian Gripen akan dilakukan oleh Pemerintahan baru yang akan menjabat mulai bulan depan.

Bekas negara blok timur dengan penduduk 7 juta orang tersebut membenahi kemampuan militernya di tengah seruan dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump agar anggota NATO mampu memenuhi pedoman pembelanjaan untuk aliansi tersebut.

Saat ini, Bulgaria yang termasuk salah satu negara termiskin Uni Eropa khawatir dengan meningkatnya ancaman dari ISIS dan khawatir tentang kemungkinan tuntutan otonomi di antara etnis Turki, pengambilalihan Rusia atas Krimea dan konflik Ukraina yang telah mengguncang seluruh wilayah.

Bulgaria berencana untuk meningkatkan pengeluaran pertahanannya menjadi 2 persen pada tahun 2024, dari 1,5 persen tahun ini dan 1,4 persen pada tahun 2016.

Gripen direncanakan akan dikirimkan dalam 18 bulan, dan akan menggantikan pesawat tempur MiG-29 buatan Rusia yang saat ini masih digunakan oleh Angkatan Udara Bulgaria.

Bloomberg.com

Bagikan Artikel:

  29 Responses to “Bulgaria Pilih Gripen daripada F-16 atau Typhoon”

  1. Lalu siapa yang milih saya?

  2. tos mbah

  3. 8 ekor senilai 835 juta dollar…kalo 12 ekor kira-kira totalnya sekitar 1,14 juta dollar….lho kok cocol itungannya?!!!!

    • Cocok dul…cocok !!!

    • harga segitu itu gripen ng atau gripen c/d ?

      • Gripen C/D Plus Senjata Kayaknya Bung Alugoro… Harga Gripen NG: 120-150 Jt USD…
        JAS-39C/D: 70 Jt USD…

        • kalau harga itu untuk gripen c/d padahal dengan harga yang sama bisa dapat su-35 full armament kira2 kita sebaiknya pilih yang mana ya ?

          • Resah dan gelisah, menunggu disantet….xixixi

          • Tapi SU-35 Pesanan Indonesia Itu Beda Dari Yg Lain Bung Alugoro Dan Bahkan Harga SU-35 Pesanan Indonesia Lebih Mahal Dari SU-35 Pesanan China/UAE…Kenapa Kok Lebih Mahal dari SU-35 China/UAE. Itu Karena Dana ToT Dan Biaya Riset Pemasangan Komponen Non-Rusia Di SU-35 Pesanan Indonesia… :mrgreen:

          • Kalo untuk jangka panjang gripen c/d minimal yg udah dicantelin rudal meteor bisa jd opsi,, apalg TNI AU berencana beli pesawat AWACS yg sangat membantu utk mendukung pertempuran jarak jauh.. apalg konflik korea semakin memanas,, kemungkinan ifx bisa trhambat..

            SU-35 utk jangka pendek,, trutama utk membendung konflik yg bersinggungan lngsung dgn indonesia apalg membendung pengaruh barat.. baik gripen maupun su-35 masih bisa jd opsi yg baik.. tergantung kondisi politik kawasan bung..

  4. ORANG PINTAR PILIH GRIPEN

  5. Trus NKRI apa yg dibeli..Smpe skrg GK jelas

  6. Pesawat gado2 sulit jg klu sempat sallah satu perusahaan pembuat komponen ks embargo ya wasalam jg nih pesawat!

  7. Kalau yang disini pilih pesawat yg jaguh , yang 4++++++,ada pernika ,komplit dgn rudal smart ful TOT …. Namanya pesawat pejuang AKAN ….yakin deh kawasan gentar … :D

  8. gripen yahud juga…. tandem ama f-16

 Leave a Reply