Apr 232015
 

image

Jakarta – Badan Tenaga Nuklir Indonesia (BATAN) mengumumkan, Konsorsium Rusia-Indonesia menjadi pemenang lelang untuk tahap pre-desain dalam proyek pembangunan reaktor daya nuklir multifungsi di kawasan Serpong, Banten.

Konsorsium tersebut terdiri dari beberapa perusahaan Indonesia yaitu PT Rekayasa Engineering dan PT Kogas Driyap Konsultan, dan perusahaan Rusia NUKEM Technologies GmbH, anak perusahaan BUMN nuklir Rusia yaitu Rosatom.

Berdasarkan siaran pers Rasatom yang diterima Kompas.com, Jakarta, Selasa (22/4/2015), konsorsium Rusia-Indonesia tersebut akan mengerjakan pembangunan reaktor gas-cooled multifungsi bersuhu tinggi dengan kapasitas 10 megawatt.

Nantinya konsorsium ini akan bertanggungjawab pada ruang lingkup pengerjaan yang telah ditentukan, termasuk persiapan studi kelayakan untuk desain konseptual dan paket desain dasar, selama 8 bulan.

Terkait kontrak, Rosatom menyatakan penandatanganan kontrak pengerjaan akan dilakukan pada akhir April ini. Sementara itu, untuk interaksi bea cukai, persiapan dokumen tender, dan koordinasi partisipasi Rosatom dalam proyek tersebut, akan dikerjakan oleh Private Institution RAIN, perusahaan pengelola Rosatom Asia yang berkedudukan di Singapura.

“Kami siap untuk mengembangkan desain yang efisien dan aman yang akan menjadi pemimpin dalam program nuklir masa depan di Indonesia,” kata Presiden Private Institution RAIN Alexander Marten. (Kompas.com).

jakartagreater.com

  43 Responses to “BUMN Rusia Siap Bangun Reaktor Nuklir di Serpong”

  1.  

    dor

  2.  

    Kok lewat singapura segala??

  3.  

    knp harus melibatkan rosatom dari singapore?

  4.  

    reaktor nuklir multifungsi ???? Berarti bisa jdi senjata nuklir dong ??? 😕 cmiiw

  5.  

    sekalian nuklir buat senjata dan tot teknologi senjata canggih lainnya biar indonesia bisa bantu secara militer jika rusia dikeroyok asu cs

  6.  

    disini banyak yang setuju. ada kah yang mau buat bantingan yang g setuju dengan nuklir ini.

  7.  

    Maaf OOT, bung Diego ada bahasan tentang Radar Cross Section sebagai bahan pertimbangan pengganti F5E Tiger dan juga perbandingan RCS pada berbagai jenis alutsista / pesawat, artikelnya di web indomiliter, mohon diupload supaya teman-teman tidak fanatik ke salah satu merk. Terima kasih Bung Diego.

  8.  

    jempol

  9.  

    bila ada yang berkata indonesia belum pantas untuk membuat reaktor nuklir… belum mampu and bla bla bla…
    patut di pertanyakan kejiwaan orang tersebut…
    maaf bila salah dan OOT.
    yakin dan majulah agar seluruh negri ini terang benderang, sehingga tidak ada lagi saudara kita yang merasa di berlalukan tidak adil…
    jika ini berhasil semoga tidak akan ada lagi kata kalimantan yang membuat jawa terang benderang. sumatra yang memasok sumber energi sehingga jawa mampu terang benderang…
    sekali lagi maaf bila salah…

  10.  

    lanjutken jgn banyak cincong

  11.  

    Lanjutkan…

  12.  

    Yg ditawarkan Rusia PLTN generasi ke berapa ? generasi ke 4 ?? Rusia sendiri masuk ke generasi 4 baru tahun 2014. Jika memang ada negara lain yang suda familiar/pengalaman dengan PLTN generasi 4 sebaiknya diprioritaskan.

  13.  

    Lanjutken langkah yg bagus energi alternatif banyak manfaatnya buat bangsa dan negara

  14.  

    Jgn terlalu parno dg pltn..!!! Bangsa ini harus segera bergerak mengejar ketertinggalan yg semakin jauh..ingat ..!!! pihak luar tdk ingin bangsa,ini maju..selalu menebarkan pesimis,ketakutan,minder dll..agar indonesia selalu ketergantungan dg negara lain & ga bisa mandiri..klo dah ketergantungan akan gampang negara” lain mengatur bangsa ini..belajarlah dari sejarah..!!! jayalah negeriku..!!!

    ….NKRI HARGA MATI…

  15.  

    kalo jadi target lawan diwilayah regional bisa timbul tragedi n berabe yach.. bumiku hijau.. sayangilah bumi pertiwi..

  16.  

    Huuurraaaa….

  17.  

    Ane pikir reaktor Serpong pembangunannya akan dikerjakan sendiri oleh Batan.
    Tp ya wislah, yg penting bg kami RI sgr punya pltn.

  18.  

    saya +in http://www.world-nuclear.org/info/Current-and-Future-Generation/Thorium/ banyak kata2nya ga paham

    Country Tonnes
    India 846,000
    Brazil 632,000
    Australia 595,000
    USA 595,000
    Egypt 380,000
    Turkey 374,000
    Venezuela 300,000
    Canada 172,000
    Russia 155,000
    S. Africa 148,000
    China 100,000
    Norway 87,000
    Greenland 86,000
    Finland 60,000
    Sweden 50,000
    Kzakhstan 50,000
    Other countries 1,725,000
    World total 6,355,000

  19.  

  20.  

    Sudah lah saya minta sm pak presiden..cepetan lah jngn nguap mulu..biar cepet kelar..biar seluruh peloksok ri terang benderang

  21.  

    mau ga mau,itu harus&Kewajiban pemerintah(presiden)utk menyetujui pengadaan sumbe energy apapun bentuknya,khusus utk reaktor nuklir klo bisa dipercepat/diperbanyak pembangunannya.

  22.  

    Kenapa sih bangun Reaktornya nanggung-nanggung? Bangun aja sekalian yang 2 x 1000 mw, biar nanti di bandingkan efisiensi dan efektifitasnya di tengah ketakutan masyarakat atas energi Nuklir

  23.  

    Cepat bangun, dan bangunkan yg masih tidur dengan proyek nuklir yg sjk jaman Soekarno tertunda.

  24.  

    di perbatasan malaysia sana dari dulu udah gak ada mati lampu bung, yang ada mati obor ma mati lilin, karena emang gak ada listrik sama sekali…pissss

  25.  

    Smoga smua tertata secara baik… kita tunggu kinerjanya….