JakartaGreater.com - Forum Militer
Jan 102015
 
leopard

JakartaGreater : Perbedaan adalah Sahabat Kami

Saya mau sedikit curhat aja neh :
‘Warjag yang saya kenal sedikit demi sedikit telah berubah’…
Setiap manusia memang mempunyai sudut pandang yang berbeda dalam menyikapi sebuah persoalan.

Tetapi ‘etika’ berkomunikasi seakan hilang entah kemana ?
Perbedaan demi perbedaan disampaikan hendaklah disampaikan dengan santun.

Sesuatu yang ‘benar’ bila disampaikan dengan cara yang tidak ‘pas’ maka hasilnya pun tidak maksimal.

Come on ‘warjagers’ mana rasa kekeluargaan yang dulu begitu kental? Hilangkah sudah demi sebuah golongan ?

Saya sebutkan contoh terkait perdebatan Tank Leopard. Sesungguhnya saya mengagumi tiap argumentasi yang dikeluarkan termasuk bung Melektech, walaupun dari segi bahasa komunikasi menurut saya tidak ‘pas’…

Saya hanya rindu suasana diskusi yang dulu, berbobot namun santun serta mengayomi bagi yang awam tentang dunia militer termasuk saya.

SeaJurig

Salam tabik …

——–
*nb: harus diakui, Bung Melektech adalah salah satu Legend di JKGR. (admin).

Berbagi

  139 Responses to “Bung Melektech dan Perubahan JKGR”

  1.  

    Pertamax

    •  

      Numpang Pertamini [email protected] Kalashnikov
      [email protected], saya pribadi minta maaf atas sanggahan-sanggahan “kata-kata” pada bung yang kurang pas. saya berharap [email protected] masih SR di Warjag ini, dan menerima permintaan maaf saya.

      •  

        Dan semoga saja situasi harmonis dan saling memberikan sudut pandang masing2 ini bisa bermanfaat . Dan kedepan sy betharap para bung bung warjagers bisa lebih dewasa menyikapi setiap artikel.

        Sehingga dpt memberikan info yg bermanfaat.

        Dan untk situs jgkr semoga makin baik memberikan informasi2 tentang berita militer yang akurat dan memberikan pengetahuan yg bermanfaat . Salam NKRI .

  2.  

    baru aktif baca” 6 bulan 🙂
    gtau mna legenda mana newbie: )

  3.  

    Siap bung diego, nama warjag itu juga dari bung melektech.

    •  

      ASSALAMU’ALAIKUM ? sy masih awam ttg tehcnologi militer. terus terang dulu saya anti yg namanya indonesi(maaf) tetapi stlh mengikuti clue2 dari warjag dimari tiba2 nasionalis saya bangkit luar bisa dan sy sangat2 percaya bisikan2 gaib yg di babarkan oleh bung Gue, Diego, PS, Naraya, Nouyoudown dan banyak yg lainnya. Skrg apapun ygterjadi saya siap membela NKRI. Salam kenal and damai sll dari ujung paling barat buat sesepuh dimari. Tks

    •  

      salam……

      maaf buat admint,…..
      terkadanga para pembaca baru jakarta greater saking semangat. melontarkan kata kata keras, terhadap koment yang anti NKRI……

      contoh :

      ada yang namanya mbah bowo, yang nyata nyata coment anti NKRI, diforum ini malah dipelihara oleh admint,…. justru banyak yang anti mbah bowo, saya lihat banyak yang di block sama admint ……

      mohonlah sumber sumber koment kontrofersial agar diberi peringatan keras, jika melanggar lagi langsung di block……….

      apapun, kami salut forum diskusi di jakarta greater ini banyak manfaat, meski ada juga yang sengaja buat berita hoax dengan niat semangat motifasi saja…….

      perbedaan memang wajar, dan bisa diterima, sepanjang disampaikan dengan cara santun dan ber etika…. tetapi jika komentar yang nyata nyata anti NKRI, wajib di komentari secara keras dan tajam, agar hal serupa tidak terjadi pembiaran…

      thanks ….

      •  

        secara nyata dan fakta, memang ada golongan tertentu selalu menentang kebijakan pemerintah jokowi jk ……….. mohonlah partai emperan sakit hati ini, bisa legowo, dan bersama sama / bersatu membangun negri ini dengan menciptakan iklim yang sejuk, damai……

        thanks

      •  

        Sekarang tidak ada satu pun IP yang dibanned. Bebas kayak jalan tol 😀 Tinggal kita menjaganya bersama

        Salam

    •  

      bung gue lagu Kotak-Satu Indonesia bagus juga….

      sebuah kisah yang terjadi di dunia
      semua peristiwa ulah manusia
      bencana seakan bumi tlah musnah
      seolah Sang Maha beri sebuah makna

      kamu kamu mengertikah aku cinta
      terkadang kamu menilai sebelah mata
      kamu kamu tau kita punya semua

      seakan tak pernah memperdulikan semua

      kamu kamu dan kamu bangunlah semua
      bangkitkanlah jiwa

      Indonesia
      Satulah para pemuda
      Indonesia woo..oo
      damai cinta indah berbagai budaya
      satu cinta woo..oo

      kamu kamu mengertikah aku cinta
      terkadang kamu menilai sebelah mata
      kamu kamu tau kita punya semua

      Indonesia
      Satulah para pemuda
      Indonesia Woo..oo
      damai cinta indah berbagai budaya
      satu cinta woo..oo

      Indonesia
      Satulah para pemuda
      Indonesia woo..oo
      damai cinta indah berbagai budaya
      satu cinta woo..oo

      Indonesia
      alam semesta bagusnya negeriku
      Indonesia woo..

    •  

      Manusia itu memang diciptakan dalam keadaan berbeda, jadi tidak ada individu yang persis sama. Karena itu tidak usah cepet sewot kalau ada yg tdk sama dg kita. Yg penting adalah bagaimana memanage perbedaan itu menjadi sebuah kekuatan, karena kepala satu orang akan lebih baik dari seribu kepala orang disebabkan keterbatasan daya ingat kita, jadi segala sesuatu dapat dilihat dr banyak segi sehingga sebuah konsep itu menjadi lengkap/mndekati smpurna.
      Salam NKRI.

  4.  

    ITA…….

  5.  

    ….betul bung, beda dg dulu…..beda bgt.
    Banyak yg cm nge trol, banyak pengejar pertamax, sopan santun hilang, rasa kekeluargaan sdkt pudar….
    Maaf klo ga berkenan, unegh2 newbie…
    atau ?ara2 itu banyak sesepuh2 pindah ke sebelah…

    •  

      setuju ” pendekar muda == wisanggeni == ”

      banyak narasumber di jkgr belum muncul lagi,…..

      terlepas beritanya aliran hoax, atau aliran realita , jika dikemas dengan baik, maka tetap akan membawa hikmah, terutama pada sesi debat pendapat yang berbobot …………………..

      …yuiii… bung wisanggeni, dapat salam dari bung ontoseno…… paman duryudana dan 99 kurawa sudah koit …………..

      heheheheh

  6.  

    Ijin nyimak

  7.  

    Di akui atau tidak merupakan efek sikap fanatik yang berlebihan terhadap tokoh yang di idolakan,tanpa mempertimbangkan fakta fakta hanya main argumen sempit demi ego diri.

  8.  

    pada dasarnya yg ingin di sampaikan para komentator adalah untuk kbaikan NKRI….bnyak komentator yg kecewa trhdap langkah2 pemerintahan trutama bidang pertahanan dan alutsista TNI yang selalu tertinggal krna pemimpin tidak benar2 berfikir utk kmajuan bangsa dan memperkuat sistem prtahanan bangsa.mreka hanya berkoar2 dan tdk ada realisasi krna saat mnjabat tdk bekerja dgn baik hanya berfikir gmna mndapat uang yg byk buat pribadi dan kluarga mreka saja…satu berbanding sribu org2 yg saat mnjabat dpt bkerja dgn baik dan jujur,krna kbnyakan org skrng hanya berfikir keduniawian

  9.  

    ini pendapat sy loh ttg jkgr , knp skrg berubah karna wkt yg menuntut perubahan ’ jkgr makin terkenal dn jd acuan formil alusista nkri , jkgr skrg bukan cm milik komunitas tertentu tp milik pencinta militer nkri yg ingin tw sampai dimana kekuatan tni , mf klu slh cm pendapat saya,,
    tuk bung [email protected] saya pribadi menyukai cara pandang , berpikir bung yg menganut Perang modern , saya pribadi menyukai jkgr karna ingin menyatakan kecintaan saya sm Su 35 family sam rusia terutama Su 35 yg gmbrnya terpajang dikamar .. tolong Su 35 pak mhn beli 1 ska berat selebihnya mau beli apa terserah tlg ya pak !

    •  

      denger2 sih skrng lbih condong ke ASU,jadi utk su 35 spertinya berat terlaksana…indo trlihat takut ma asu utk beli ke rusia skrng kliatannya udh mulai di dikte ma asu dan mentok paling di suruh beli f16 rongsokan kan psawat itu jumlahx byk alasannya hibah pdhl minyak dan sda kita di kerok habis2san…gak tau mau di bawa kmna NKRI ini oleh pemimpin klo ada apa2 ujungxnya rakyat juga yg di btuhkan utk membela tanah air ini,klo para pemimpin dan pejabat paling kabur kluar negri

      •  

        Kalau mau provokasi gak seperti itu caranya bung, terlalu kebaca. Pake cara yang halus lah. Tapi kalau gak bisa bagusnya bung diam aja

      •  

        tidak juga mbah,…….

        saya dapat clue,….. kemungkinan besar di tni au, pespur pengganti F-5 ….

        hampir bisa dipastikan dari produk eropa ….. …… ( typhoon / gripen ) ………

        kemungkinan bulan februari 2015 ini akan diumumkan ……………………………. mungkin hanya 1 skadron ….

        sekitar tahun 2017, baru TNI AU kemungkinan besar akan mulai mendatangkan 1 skadron sukhoi 35 BM ……….. sedangkan tahun 2019, kemungkinan tahap II typhoon akan lanjut + 1 skadron lagi ……..

        kalau ini info Ao Bung….. bukan A1 ………… hehehehehh

        •  

          darimana dpt info itu bung,dari info yg sya dengar F16 block 52 yg terdepan akan diambil bru gripen dan SU35 ,memang yg dari usa yg pling byk diambil awacs dan tanker terbang jua dari sana

          •  

            dari info Ao bung …… yang paling dekat dengan pengambil keputusan ………

            – typhoon 2 skadron ( 2 tahap …..pada tahap II katanya perakitan bersama PT.DI ) ….. ( 2015 – 2022 )

            – sukhoi 35 1 skadron ( 2017 – 2019 )

            kalau awacs , katanya sih malah 4 CN.295
            kalau tanker meriit 2 unit katanya bung ……

            selain itu memang sudah ada jadwal upgrade pesawat T-50i di radar, avionicnya,….. termasuk juga upgrade 10 pespur F-16 block 15 TNI AU …………….

            lain lain , melanjutkan / menunggu kedatangan hercules C-130 …. CN.235 Patmar ….. CN-295 Patmar _ ……CN 212 Patmar …….. dll …yang hanya bersifat lanjut hasil MEF I bung …….

        •  

          Iya Bung Udin, sy juga dengar langsung dari rekan lama yg sering kemari untuk rapat dgn Boeing dan Bell. Kebetulan beliau baru rapat dengan Pak Moeldoko di LA sebelom beliau rapat dgn Boeing. Sy tanya beliau bgmnana kabar terakhir pengganti F5 apa sudah diputuskan dan beliau menjawab anatara typhoon dengan rafale dan baru akan diputuskan tahun ini.lalu sy tanya juga soal kuantiti apache yg akan di akuisisi apakah 7 atau 8 beliau dbilang 8 dan sisanya 8 nya kemunkinan diisi super cobra atau viper karena kedekatan PT DI dengan BELL.Walupun kita hanya di izinkan meng akuisisi green version nya oleh senat tp karena kedekatan PT DI dgn BELL, mereka akan memberikan kit untuk setingkat yg di punyai USMC nya lewat belakang. Blakhawk kecil kemungkinan di akuisisi yg besar kemubkinan adalah chinook. Ini bukan info A something lho cuma obrolan dengan rekan yg termasuk menungurusi urusan Fenec dan helo ASW panther dari segi assembly/production nya di di indonesia.

      •  

        lha iki sing marake Jakarta greater dadi rusak koyo ngene amarga akeh wong-wong anyar sing rusak budi pekertine. wong-wong kuwi senenge ngece bangsane dewe, ngece tni, ngece karo nara sumber……

    •  

      se7 boss waduh ….. tapi baru sekitar 2017 didatangkannya ……. tahun ini kemungkinan ter amat besar adalah typhoon …

      •  

        Strategy nya mungkin begini bang, kita beli dari eropa dulu supaya dipikir kita sudah condong ke sana, baru habis itu beli yang sukhoi..stategi untuk dapatkan apa yg kita minta yaitu TOT.

  10.  

    Dan jangan sampai forum ini jadi ajang caci maki terutama terhadap pemimpin negri . Hanya berbekal artikel yang belum tentu kualitas kebenarannya tapi langsung di tanggapi sinis tanpa etika . Yg kita lihat belom tentu yg sebenarnya maka berhati hatilah dalam ber ucap . Negara ini memang membebaskan setiap warganya berbicara tetapi ketika semuanya di luar batas maka ini adalah hal yg berbahaya apa lagi dengan menghina dan tak jarang berspekulasi asal asalan terhadap lambang2 negara contoh persiden .
    Kritik perlu tapi kritiklah dengan benar .

    •  

      Sebagai sumber berita yg tidak pernah diberitakan..informasi dari balik selimut nkri…

    •  

      Setuju bung..presiden dan mantan presiden tentunya..anda sepakat?

      •  

        Bung Antimo : Iya itu magsud saya , karna seburuk apapun pemimpin dimata kita pasti ada hal yang tidak kita tau tentang kebaikan2 beliau atau tekanan yg beliau terima untuk melindungi rakyatnya . Bahkan saya jujur tidak suka pada bpk soeharto tetapi saya percaya beliau mencintai indonesia . Jadi kalo ada segelintir orang yg bilang pemimpin antek asing justru harus di curigai karna bisa jadi justru dia sendiri yg antek asing yg memang sengaja memecah belah anak bangsa. Kalo bukan kita sendiri yg percaya pada pemimpin kita sendiri lantas siapa lagi ? Walaupun kritik wajib ada karna namanya manusia pasti ada salah . Tapi juga harus di berikan dengan cara yg sopan .

    •  

      wow capslocknya..

    •  

      Bima sena sakti . Pola fikir anda sangat sempit. Thx

    •  

      Anda masih mahasiswa ya? Udah sana belajar dulu yang benar biar dapat nilai A, biar emak bapak bahagia. Memikirkan hal hal hanya berdasarkan azas praduga tak bersalah. Saya pernah ikut BEM, jadi paham pola pikir sampean..tobat dee..

      Freemason

    •  

      Ade sampean tidak lebih dari penerus Amien Rais yang bermuka dua..dulu motor untuk demo mengatasnamakan pro reformasi, tp sekarang begitu. Jelas anda tau negara mana yg punya standar ganda begini…

      Tobat dee, anda masih ingusan..

      Freemason

  11.  

    Melonggoooo… Gerak…

  12.  

    Dulu lebih banyak mengulas alutsista
    Sekarang banyak mengulas politik yang ga ada yang benar n ga ada yang salah tapi yang ada hanya sakitnya tuh disini

    •  

      politik banyak dibumbuhi trik intrik kotor ……

      buktinya banyak P**ai politik pemimpinnya jadi Korup*or ….. mereka mereka ini bergabung bikin KO*LISI sesama P**tai K*rupt*r …… lihat saja penasehatnya saja ” SENGKUNI ” ….

      •  

        Sebetulnya yang nggak bisa move on itu pendukung mana sih? ini ada juga pendukung pemenang pemilu yang belum move on. Jokowi-Prabowo aja udah berdamai. Inilah efek pilpres cuma 2 kandidat. Padahal bung Jayus 007 diatas belum tentu nyoblos Prabowo waktu pilpres kemarin..

  13.  

    Betul bung, sy jg ikut bingung dan prihatin dengan keadaan ajhir2 ini. Solusinya gimana bung enaknya? Mohon pencerahan

  14.  

    Salam indonesia raya…

  15.  

    Kembalikan para sesepuh 🙂 supaya warjag tambah rame…,
    perbedaan pendapat adalah sunatullah, itu sudah ketetapan alam jadi kita harus saling menghargai..

  16.  

    Kan masih ada bunh danu, bung jalo dan yg ga kalah seru masih ada mbah bowow…hehehe

  17.  

    Itu yang bung sebutkan orang orang baru muncul 1 Tahun belakangan dgn sisi ghoibnya.
    Klo bung satrio orang lama di warjag ini yg juga ikut andil dlm perkembangan warjag.
    Dulu warjag enak diskusi ilmiah, ada bung melektech, bung satrio, bung nowyoudont, bung diego, bung WH, bung danu, bung antonov, bung Dexter, bung gue, bung parnas, dll
    Tp kemunculan bung Na** dan bung P* dgn ilmu ghoibnya membelah warjag dgn jamaah ghoib dan jamaah resmiah.
    Dan akhirnya jamaah ghoib pindah boyongan membuat rumah baru.
    Warjag harus kembali bentuk asal tpt diskusi yang nyaman baik dgn thesis maupun anti thesis.

    •  

      Bukanya forum Warjag dlu juga salah satu Formil dengan tujuan menanamkan Nasionalisme?, g peduli baik ghoib ataupun resmi tujuanya satu , Bangga dengan NKRI, mustinya Bung Gatotkoco tidak perlu menyalahkan Orang2 seperti bung PS ataupun yg lainya.. wong Beliau2 itu klo anda mau berfikir dn mengambil benang merah tujuan Beliau2 itu sama , menanamkan Nasionalisme ,

      •  

        Nah itu , kita skrg yg mengisi warjag. Kita bisa berdiskusi dgñ segala pandangan tp terbentur satu pemikiran. Teman2 skrg udah byk yg pintar2. Seperti bung jalo, bung telik sandi, bung stmj, bung bukan funboys, bung bapak besar, bung raja kelana, bung jap, bung pecinta wanita , bung donnie, dst
        Sy usul bung diego kasih aturan kode etik diskusi warjag di muka jkgr sisi kanan atau kiri biar dibaca warjager.
        Warjag kyk kawah candra dimuka , setiar warjager bisa mengirim artikel dan dinaikkan oleh admin bung diego atau bung gue, dan narasumber siap menjawab pertanyaan warjager yg kritis2.
        Sy sendiri jg kagum dgn keahlian dan pengetahuan bung nara dlm berdiskusi dan menjawab pertanyaan warjager. Tp sy nggak percaya dgn alutsista ghoib yg terlalu wah yg disebutkan bung nara.
        Demikian jg dgn bung ps, bung ps ahli soal kapal selam. Tapi klo soal ghoib ttg ks sy 50% percaya krn clue ttg itu yg resmi byk banget.
        Klo boleh usul untuk bung diego dan bubg gue kurangi porsi artikel politik krn nanti akan jd ajang hujat menghujat.
        Salam persatuan, NKRI harga mati

    •  

      Setuju, semoga tulisan di warjag semakin berkualitas seperti dulu, dan buat para komentator gunakan bahasa yang sopan tidak provokatif, kita sama sama belajar.

    •  

      Maaf bung. Bila anda sudah tunjuk nma, boleh sya tau alasanya anda berkata demikian?

  18.  

    SEMUA INI EFEK DARI PILPRES KEMARIN,,
    BANYAK BARISAN SAKIT HATI YG GAK BISA MOVE ON.
    YANG MASIH BELUM BISA MEMBEDAKAN ARTI ”KRITIK & HUJAT.
    KALO KRITIK ITU SARAN,GAGASAN ,IDE YG D SAMPAIKAN DGN BAHASA EDUKATIF & SOLUTIF
    BEDA YG D PAKAI WARJAGERS SKARANG BAHASA HUJATAN,PROVOKATIF & SARA D ANGGAP KRITIK.

  19.  

    Hanya sekedar usul bung diego, mungkinkah artikel yg di angkat seputar alutsista saja…krn warung bung diego kan berbasis militer. Jika boleh di minimalisir yg berbau politik dan ekonomi. Krn dari situ nanti muaranya akan kemana2.

    Maaf bung diego, hanya permintaan pengunjung

    •  

      bung antimo,

      usul ini sudah sangat sering muncul dan khas pemula.

      harap diingat pakta warsawa yang perkasa hancur luluh dan hanya tinggal nama di buku2 sejarah, bukan karena keunggulan alutsista manapun dari pihak nato / barat.
      dan sejarah seakan diulang (oleh pihak barat), rusia sebagai satu2nya kekuatan tersisa ex pakta warsawa sedang dihajar habis2an melalui rentetan sanksi ekonomi sehingga pertahanan rubel vs usd akhirnya jebol…

      https://chart.finance.yahoo.com/z?s=RUBUSD%3DX&t=1y&q=&l=&z=l&a=v&p=s&lang=en-AU&region=AU

      •  

        Tidak jauh beda dengan indonesia bung….tolong tabung gas 3kg hilang 12kg mahal pemerintah terkesan lepas tangan

      •  

        bung danu, usulan saya di atas tdk bermaksud menafsihkan kaitan yg kuat antara faktor ekonomi dengan dunia militer.
        yg melatar belakangi saya berani usul seperti itu kr lbh banyaknya cacian, hujatan ketika menyangkut ada artikel ygberbau politik, perdebatan yg muncul ketika artikel mengenai alutsista tdk skotor di bandingkan dengan debat di artikel dunia politik,mengenai pemula, yup betul…apan yg anda katakan tepat. dan menurut saya tdk ada salahnya mjd pemula dan bkn sesuatu yg bikin saya malu atau minder.

  20.  

    Maaf seblmnya,saya juga merasa JKGR mulai berubah tapi dinamis (harapan.com). yg jdi kendala skrng menurut saya adalah kurangnya dipahami garis etika,(batas2 wajar yg di ungkapkan) para warjag. ya mungkin yg dtng bertamu dimari dari berbagai golongan komunitas,maupun tingkatan olah pikirnya berbeda.(BHINEKA TUNGGAL IKA).
    dan yg lebih parahnya lagi kebanyakan dari komunitas yg paham di sosial budaya,bukan komunitas paham militer. Karna di militer memiliki etika/batasan yg sngt ketat utk di ungkap di kalayak umum, walaupun seseorang itu tahu bnyk hal.dan dari komunitas trsbt akan sangt extra hati2 agar tak terjebak(jebakan betmen/terbawa arus). ane paham & maklum utk hal ini. yg skrng menjadi uneg2 dihati ini, ungkapan perbedaan seakan menjadi jadi harus yg menjadi paling…..? tampa berkesudahan.
    ma’af kalo di ibaratkan bebek2 di sawah cari makan(ILMU PENGETAHUAN) seperti tanpa panduan terjang kiri/kanan tak peduli kalo nanti malah merusak tanaman padi yg sedang dipeliharanya. munkin ini saja uneg2 saya, sekali lagi ma’af ya? bila kurang berkenan dihati. (maklum masih oon)
    SALAM..PISS damai selalu for NKRI (negriku tercinta) tks’h.

  21.  

    Di patriotgaruda.com atau di grup facebook Tni dan alutsista, mereka sering disitu.

  22.  

    Kan ada Bung Meremtech :mrgreen:

  23.  

    Sudah… yg sudah ga ada, ga usah di harapkan lagi… Masih banyak silent reader yg berpotensi, yang pengen kliatan pinter spt bung melek, yg tukang bocor2in kyk bung dexter atau yg hobi mengarang bebas spt bung nara dll itu semua Banyak disini.. Tunggu aja mereka akan muncul menggantikan para senior yg sudah membuat warna dasar forum ini…
    Memang di forum.. Para troller bakal trus ada… gpp…. Supaya tambah pedas diskusi antar Warjagernya…

    Turut berduka Cita atas hilangnya para sepuh.. Mungkin ini gara2 bung diego sempet hampir bikin forum ini liar dari habitatnya

    Tapi saya lihat akhir2 ini bung diego sudah on track lagi..welcome back kamrad!
    Itu aja

    Btw ini tadi ttg apa ya??

  24.  

    Maaf hanya sekedar saran saja bung diego, karena komen di blog iki segampang mengetik sms, jadi dengan modal cuap cuap dan kebencian pada pemerintah jadilah komentar dengan nada menghujat, kalau soal politik harus juga dibahas sesuai dengan porsinya, karna anggaran tetap melewati proses politik di dpr jadi mau gak mau pasti ada hubunganya, mari kita bangun forum ini degan diskusi yang sehat, bukan dengan bebal bertahan dengan keyakinannya walaupun itu salah, mari kita diskusi dengan pola pikir ilmiah, data valid dan sumber yang valid juga, soal ghoib mari kita jadikan bumbu penyedap biar imajinasi kita terbangun, bukankan hal baru dimulai dari imajinasi dan mimpi, salam penghuni warjag

  25.  

    Akhirnya keluar juga artikel ini….hehehe…inilah saya pernah debat agak panas….

  26.  

    Jkgr makin josss…
    Yg disana biar nyaman disana…yg disini biar nyaman disini..
    Yang nyaman disana sini gk apa selaku konsumen..

    •  

      Terkadang untuk membuat suasana terlihat hidup diperlukan strategi dalam memaikan emosi, konflik, intrik dan menjaga hegemoni dari masing-masing individu yang terlibat didalam suatu perkumpulan, komunitas atau forum.

      Perubahan akan dapat menyerang siapapun, bahkan seseorang dengan pribadi kuat sekalipun. Perubahan pada gilirannya dapat menyebabkan konflik terjadi antara orang-orang dalam hubungan pribadi atau bisnis. Konflik tidak selamanya membawa dampak buruk, tetapi juga dapat memberikan pelajaran dan hikmah di balik adanya perseteruan pihak – pihak yang terkait.

      Kematangan emosi sangat diperlukan dalam suatu kondisi perasaan atau reak­si perasaan yang stabil terhadap suatu objek permasalahan untuk mengam­bil suatu keputusan yang tidak mudah berubah. Kematangan emosi merupakan aspek yang sangat dekat dengan kepribadian, seseorang dapat dikatakan telah matang emosinya apabila telah dapat berpikir secara objektif.

      Jadi kesimpulannya biarkan semua mengalir apa adanya, biarkan bila ada yang pergi dan datang, biarkan bila ada yang berubah, biarkan bila ada yang sedang berkonflik, biarkan bila ada yang terus menjaga hegemoninya, selama masing-masing dari kita menghargai perbedaan.

      *Sangat bijak bila masing-masing kita disini dalam berpendapat atau beropini tidak hanya sekedar mengejar pengakuan.

  27.  

    Terus terang sy jg blm lama di JKGR…baru setahun ini…diawali dgn Bloodsport dgn Bung Melektech (thanks bung… :mrgreen: ) sy jd senanh banget berenang di sini kadang sampe lupa waktu sering ditegur istri dan bos he he he…diskusinya menarik dan sbg seorang analyst sy sangat menyukai opini yg ngeri ngerii sedap tp berdasar…lawan debat adalah kawan berfikir…jika kita berfikir sebaliknya maka hanya amarah dan perpecahan yg kita dapat…untuk bung diego, full respect untuk anda…terimakasih sdh membuka wawasan kami….apapun yg anda kerjakan sy yakin yg terbaik untuk kami semua…salam…

  28.  

    Bung donnie ditunggu artikelnya lho, pasti mantaf

  29.  

    yang penting BHINEKA TUNGGAL IKA, kata” kasar kadang ada baiknya juga, marilah kita juga memahami mengapa mereka kadang” mengunakan kata” kasar

  30.  

    jujur………
    klo saya sering paranoid jika terkait dengan artikel yg berbau ASU, mulai dari artikel tentang perpanjangan kontrak freeport sampai 2041,sampai artikel terbaru tentang keterlibatan DIRI yg terlalu dalam menurut saya(moga2 aja saya salah) aaah….mungkin sya terlalu MENCINTAI republik ini….. hingga sering membutakan logika berpikir saya.
    munkin saya tidak secerdas bung satrio bung jalo bung wehr dan lainnya. malah saya belajar dari mereka apalagi dari bung satrio sejak masih nongkrong di topik november 2012.
    ancaman embargo,interpensi kebijakan, sda yg banyak dikuasai dan dikeruk abis oleh. …
    ah sudahlah…..

  31.  

    mari kita mulai memperbaiki dari diri kita sendiri. semoga tali persaudaraan kita semakin erat. aamiin…

  32.  

    Bung satrio bung yayan bung WH..dimana bliau2 ini…????

  33.  

    Jadi inget dhawuh sesepuh saya “Tidak akan bisa memuaskan semua orang”.
    Sandarannya pada ketegasan memegang skala prioritas yang kita punya.
    Semoga para admin tetap sabar dan semangat ngemong kita semua. Amin.

  34.  

    Aslmkum wr wb.. Lama Ga mampir kemari nih gr2 jadi gila batu skrg, 😀 . Ane ijin baca2 artikel lain dlu ya Bung Diego, Bung Gue, Bung Jalo. Matur suwun..

  35.  

    Ya namanya perbedaan tidak akan bisa dihindari dan dinafikan dalam segala hal, wajar jika awal kepemimpinan menjadi centre of attention dan critical judgement, toh dalam masa awal kepimpinan pemerintahan2 terdahulu juga selalu seperti itu. Ini karena nakhoda negeri ini sedang berlayar membawa sebuah kapal yg besar ‘250 juta rakyatnya’ mengarungi samudera luas bergelombang (Bukan sekedar perahu getek yg sedang menyebrangi sungai dangkal). 5 tahun kedepan ini akan menjadi sangat krusial bagi negeri ini untuk bisa sedikit demi sedikit menambahi lebih baik atau ke arah yg lebih baik lg. menyesuaikan arah kompas, dan membawa kelabuhan dermaga untuk pelayaran selanjutnya. Secara teori cukup simple kog, salah satunya bagi saya, jika semua keputusan dan perbuatan bagi bangsa ini didasari dan merujuk dari Pancasila dan UUD 1945 pasal 33 khususnya, masa depan negeri ini akan sudah tergambar dan terjawab kog. Maka itu selain dibutuhkan navigator yg handal serta visioner juga diperlukan seorang Reminder. -Just my personal opinion.
    Selamat berakhir pekan dengan keluarga anda, salam hangat.

  36.  

    Saya tetap akan membaca,,,cerminan mayoritas rakyat indonesia bisa dilihat disini,,,dan saya pribadi sedikit demi sedikit bisa mengerti dan tambah banyak tahu,,,militer memang hal yg sangat vital buat suatu bangsa dan memang sudah seharusnya jadi kebanggan rakyatnya,,,mari bersama kita jalani porsi kita masing2 dan berdiskusi sesuai dengan wawasan dan buah pemikiran yg bisa dipertanggung jawabkan..,

  37.  

    Memang sekarang JKGR banyak berubah..
    Sekarang saya yg awam ini hanya berani SR saja karna bahasa2 beberapa warjagers disini sudah kurang sopan santun… bahkan langsung mengarah ke individu secara frontal… itu yg membuat saya kurang nyaman untuk mencoba ikut berdiskusi atau bertanya kepada para warjagers yg berwawasan luar biasa.. jd sering sekali hanya membaca beritanya saja karna cukup merasa muak dengan bahasa2 yg buruk dalam berdiskusi..
    @ om diego atau om gue mohon lebih ditertibkan lg para warjagers yg demikian..
    Saya merindukan babaran2 dan diskusi2 berwawasan dari om jalo, om ps, om nara, om erik, dan para sesepuh warjag lainnya…
    Saya tdak memperdulikan nyata atau tidaknya list A1 om nara ataupun lontongnya om PS dan lainnya…
    Saya tetap menghormati mereka semua karna pengetahuan mereka yg dapat menambah wawasan saya pribadi…

  38.  

    Saya penggemar dunia militer terutama perkembangan militer indonesia…Kangen artikel2 seperti dulu….huhuhu…salam kenal n salam hangat buat para sesepuh JKGR yg sdh pada jarang nongol n muat artikel tentang militer…bung jalo, bung ps, bung satriyo, bung sotolamongan, bung wrench, bung yayan, bung bapak besar, dan bung2 yg lainnya..dan blm dpt kabar lg dgn bung soto lamongan…kok jarang nongol ya…ato cuman ngintip2 aja nih mereka..
    NKRI Harga mati…saya INDONESIA…terimakasih.,.

  39.  

    kalo tema artikel yg bernada ”ISLAH” sperti ini,rata2 yg hadir para sesepuh
    Beda kalo artikel yg d muat berhubungan dgn sosial,politik & ekonomi,,,pengunjung tumpah ruah,rata2 menumpahkan kebencian & sara pada pemerintah ketimbang kritik yg membangun.

  40.  

    Oom admin…
    kalo ada warga yang nakal dan susah dibilangin di jewer saja….

  41.  

    kebanyakan rebutan “pertamak” sih jadinya gak bermutu

  42.  

    Mari kita menghargai sudut pandang yg berbeda” walau bagai mnapun tentu kita setuju ibupertiwi ini aman dan tentram. Jika ad perbedaan pendapat tentu menambah nilai diskusi. Namun bila sudah mengujat satu sma lain, perludipertanyakan dimna dia bersekolah dan apkh ad mta pelajrn srti yg dilontarkn. Hehehehe hati” dan waspda yuahhh?

  43.  

    om..om….itulah kodard kita sebagai manusia klo kita menghendaki santun kesemua orang gk akan bisa.,,,,ya beda boleh tapi mengungkapkan yg santun(kehendak anda(kehendak mereka???)…….. sepertihalnya kita ingin dunia damai semua gk bkalan bisa,,

  44.  

    sebenarnya saya sudah cukup lama jadi SR disini sekitar akhir tahun 2012 dan baru 2014 akhir saya beranikan diri untuk menulis komentar kecil saya, dan selama itu setiap hari selalu saya menyimak artikel di JKGR pada waktu senggang disela pekerjaan atau di mlm hari menjelang istirahat
    saya tau dan mengikuti perubahan warjag tapi untuk kejadian sebenarnya di belakang warjag saya tidak paham.
    sungguh saya merindukan suasana JKGR yg dulu waktu awal-awal
    setiap hari saya membuka JKGR dan berharap itu terjadi
    karena dari warjag inilah rasa cinta saya terhadap NKRI mulai tumbuh dan di pupuk
    karena sebelum saya menemukan warjag ini pribadi saya sangat acuh dan cenderung tidak mau peduli dengan NKRI ini.
    seperti itulah JKGR ini di mata saya, forum seperti inilah yg dapat menjadi tempat pemersatu negri ini, tetapi bisa pula jadi tempat awal terjadinya perpecahan di tubuh NKRI yg bersama sama kita cintai ini, tergantung bagaimana kita semua menyikapinya.
    buat bung Diego dan bung Gue saya ucapkan terimakasih dan berharap anda semua akan selalu menyajikan artikel yg enak untuk di nikmati
    salam.!

  45.  

    Dulu JKGR dipuja karena artikelnya yang berani beda & up to date, tidak copy paste blog lain, Alutsistanya pun nyata (resmiyah) atau dalam rencana beli. sempat jadi tandingan blog lain.
    Para komentator hanya berdebat soal kelebihan & kekurangan alutsista yang disukainya (fans barat & timur).

    Sejak masuknya artikel GHOIBIYAH, situasi jadi gak karuan, kebohongan harus ditutupi dengan kebohongan yang lain.

    Saran saya sih sebaiknya JKGR kembali ke fitrahnya saja, di zaman reformasi/canggih sekarang sudah enggak laku deh cara2 zaman ORBA.
    Sekarang semua informasi terbuka lebar, tidak mungkin sebuah blog bisa menghancurkan satu negara.

    Soal mr. melectech : dari dulu dia biasanya anti rusia, tapi sangat nasionalis.

    salam

    fans dari artikel pertama.

    •  

      wow.. fans dari artikel pertama 🙂

    •  

      Maaf bung ini bukan tentang orba, orla, atau orde-orde lainnya. Tentang alutsista, pasti ada yang tidak dirilis secara resmi karena nilai deterennya. Saya sendiri nggak yakin list A1 itu bisa terbeli semua ( duit dari mana ) tapi mungkin memang sudah ada sebagian kecil yang sudah deal sehingga menambah efek deteren itu tadi.
      Bicara analisa, masak hanya dalam 12 tahun kasus seperti bawean tidak terjadi lagi? Hingga saat ini USA itu tidak ikut menandatangani UNCLOS yang artinya tetap menganggap laut diantara pulau-pulau kita adalah laut internasional. Padahal dalam 12 tahun kita belanja alutsista apa sih? Kita belanja yang efek deterennya masih jauh dari gahar. Kapal selam tetap 2 KS tua ( resminya ), destroyer tetap belum ada, frigat masih Ahmad Yani class, cuma korvet dan KCR yang bertambah. Di udara juga sama, cuma sukhoi 16 biji, F-16 bekas 30 biji sama pespur latih dari korea. Yakhont? resminya hanya 1 KRI yang bisa nembakin dan masih nunggu heli panther untuk maksimalin performa yakhont. Jadi apakah yang ghoib itu betul2 bohongan?kalo betul bohongan apalagi yang ditakutin USA dan Aussie utk bikin kasus kayak bawean jadi berseri kayak sinetron? hehehe…

  46.  

    Hhhhmmm prihatin ajalah….
    saya krg lebih baru setahun ngikutin jkgr.
    dari hp cina yg ada tipinya tp cm bs baca artikel doang ga bs komen sehingga kalo komen hrs ke warnet dulu n paketin internet pulsa untuk baca berita atau artikel jkgr n skg smpe pake hp korea yg ada wifi nya.
    tp krg lbh 6 bln ini jkgr emang dah byk berubah.

  47.  

    Terima kasih sudah kembali mengulang himbauan ini bung . Selama ini males nongkrong di jgkr ya karena banyak yg ngetroll dan bobot forum yg berubah ke politik . Semoga kedwpannya lebih baik lagi . Sehingga saya selaku newbie dan sesepuh2 lain bisa kembali menetap di jgkr dengan nyaman dan adem . Maturnuwun sangat 🙂

  48.  

    mengheningkan cipta untuk yg berpendidikan namun bertingkah seperti tdk berpendidikan

  49.  

    dipangil satu..satu..emang bung sudah mau pergi ya bung?yow wes owe iklasin dah..ga usah mikir macem macem..urusan utang serahin ma istri dirumah..hihihi..maaf becanda daku…

    maaf lw terlalu…we sendiri baru januari ini mantau link ini.karena cari artikel untuk diskusi mata kuliah dikampus.link diskusi begini mah mantab pisan,melebihi link bokep.diskusix bikin we ingin nimbrung melatih pikiran.makacih

    •  

      Ha..ha…ha…bisa saja sampeyan bung Tarzan…btw mencari teman itu lebih sukar daripada memutuskannya. Diskusi selalu lebih menarik ketika ada berbagi berita dan pemaparan. Apalagi saat dulu mulai warjag di setiap artikel hanya diberi komen dalam hitungan jari sampai kini komen bisa beratus-ratus. Saya mengharap rekan-rekan yang dulu intens berkunjung berkenan untuk berkumpul kembali, semacam beliau bung Satrio, bung PS, bung Yayan dan lain yang belum tersebut. Bagaimana artikel yang disampaikan disarikan dari berbagai sumber baik asing maupun dalam negeri, dan artikel itu pun masih dilengkapi artikel pendukung. Salam tabik bung Tarzan…

  50.  

    Bung Donnie, … dulu teringat debat panjang yg sering. terjadi antara bung melectech vs NYD vs Danu vs antonov dll… walo panas tapi bahasanya pas n elegant.
    Janganklan berkata jorok n kasara, mau berpendapat yg dangkal dan ga Ada data aja kita malu, … lebih baih Tanya drpd ngawur… gpp lah namanya juga jaman pasti berubah

    •  

      List A1 terlepas dari benar tidaknya tergantung kapasitas masing masing menilainya, tp gara gara A1 kita banyak diskusi tentang militer dalam hal yg sebenar benarnya maksudnya dari teknologi, penempatan, kegunaan sehingga banyak orang belajar banyak dari diskusi tersebut. Apalagi banyak pembahasan teknologi yg digunakan oleh seluruh dunia tidak hanya ruskie ato us. Ahh saya kangen sama jkgr dulu, sangat mencerminkan formil. Sekarang isinya kebanyakn forum politik yg malah ceritanya malah banyak ghoib ato gossip. Dilanjut ulasannya bung donnie

  51.  

    lebih ngeres baca momen yang merespon d diberhentikannya jendral budiman.pake ancam mengancam koboi takut

  52.  

    …berbobot namun santun…

    dulu juga gak santun2 amat sih, bung melektech malah memperkenalkan istilah ‘bloodsport’.

    saya pernah berdebat keras dengan bung melektech soal mbt, sukhoi sj100, manpads dan entah apa lagi.
    dan saya justru merasa kehilangan, bung melektech keras, tapi sudut pandangnya selalu dilandasi rujukan, gak asbun…

    •  

      Saya mohon maaf kalau selama ini sudah mengganggu teman-teman semua, maaf karena sifatku yg keras ini. Kalau ada masalah dengan saya langsung aja ngomong, atau bisa minta bantuan bung Diego untuk memperingatkan saya.

      Terima Kasih….

      •  

        saya termasuk yang paling demen sama bung Jalo …..

        lanjut bung …. mana artikel terbarunya …?

        tolong ya dibikinin, artikel badak terbaru dari pindad…..thanks

        •  

          Saya banyak salah loh bung, 😀
          Iya bung, mau melanjutkan PR artikel “anda percaya kami pasti bisa”, “Situs Gunung Padang,”, Inovasi Ekonomi dalam Industri Strategis, dll, belum menemukan mood yg baik. Setiap liburan bawaannya bete, jadinya ngomel2 mulu. Maaf ya, saya coba cari waktu yg baik.

    •  

      intinya adalah open minded…mao resmi atau ghoib silahkan dibahas, itulah yang dulu bikin warjag selalu menarik. dulu sering dibilang, kalau anda mau pembahasan berdasarkan fakta REAL, silahkan mampir ke formil kaskus, kita bukan mereka, dan selamanya tak akan pernah sama dengan mereka. ini warung milik bersama, semuanya bebas mengutarakan pendapat. silahkan yang mau A1. atau base ke berita wartawan yang kadang bodrex juga. tapi intinya…everyone welcome here….

  53.  

    wah duh…. wirosableng …… semoga tidak bawa kawannya ” si buta dari goa hantu “

  54.  

    bung admint ….

    maaf …. saya paling eneg kalau ada artikel yang ada komen mbah bowo ……… jika ketemu orangnya pasti saya plinteng ketepal jidadnya ……

    tolong ya dia di blokir…. dia nyata nyata anti NKRI dan Pro T**ngkok ….

    •  

      hehehehehehe…jangan esmosi bung, setiap perkataan mbah bowo kok buat saya tersirat sesuatu, bahkan mungkin mbah bowo lebih nasionalis daripada kita semua, mengagungkan china buat mbah bowo adalah bukan masalah kecil, mungkin jauh dalam hatinya, mbah bowo harus muak membesar2kan cina yang merupakan ancaman LCS untuk indonesia. membuat darah kita menggelegak dan semangat patriotisme kita terbakar setiap dia membanggakan china. well…it’s done…mission accomplished…mbah bowo berhasil , disangka tukang ngetroll, di benci banyak orang, tapi berhasil menjaga rasa nasionalis kita semua….hal yang ga akan kita temui di formil lainnya.

    •  

      Utk coment mbah bowo. Saya jg sempet kepancing, tapi lama2 kliatan sekali, imho dia sengaja mengorbankan diri utk memuja tiongkok dgn menyembah tentara sriglabiru seperti pujaan hidup. Namun tujuanya hanya supaya kita2 rakyat nkri yg lain selamat dr pertikain baru dunia yg multipolar

  55.  

    info Ao ……

    Tahun ini ( sekitar februari 2015 ), akan diumumkan pembelian 1 skadron typhoon …………

    Tahun 2017 akan didatangkan 1 skadron sukhoi 35 BM

    Tahun 2019 Tahap 2 penambahan 1 skadron Typhoon ( perakitan bersama PT. DI )

    ………………

    info Ao lebih sip daripada Info Ai ya…………

  56.  

    numpang ngadem…

    sebenarnya aturan dan etika berkomentar dsni sudah lama
    hanya saja….

    ya sudah lah…

    cucu mending SR lagi

  57.  

    Hanya di jkgr.., ada bakul ayam, bakul somay, bakul coto dsb bs adu argumen dgn profesor..
    Hanya di jkgr ada simbah digangbang puluhan org tp msh kuat ngladenin..

    Terpenting, hanya di jkgr jiwa perjuangan para pahlawan terus bergelora, biarpun semua menggelorakannya dgn nada,irama dan suasana kebatinan masing-masing

  58.  

    sjak pemilihan presiden
    sjak bangsa ini di pecah mnjadi 2 golongan sesuai pndukung
    sejak itu pula ketentraman di jkgr ini terusik

    ayolahhh itu dah masa lalu
    jngan lg di pecah jd 2
    gmna ama adu dombanya belanda?

  59.  

    bung melektech adalah orang hebat, saya bangga bisa merasakan debat dengan anda di waktu lalu, semoga sehat selalu,,

  60.  

    bung [email protected] forum JKGR adalah tempat analisa dan wadah bagi pencinta TNI khususnya serta menjaga jiwa nasionalisme secara umumnya.sudah dua tahun lebih aku mengamati forum ini.dan itu ternyata menambah wawasan serta ilmu dalam dunia militer karena cita cita semasa kecil pengen jadi tentara.walao gagal karena kurangnya dana pendamping.terkadang sebaris kata aku tuliskan demi bermusyawarah dengan warjag lainnya.tapi melihat dinamika sekarang ini..sepertinya forum JKGR telah berubah menjadi ajang debat politik liar dikarenakan yang komen-dari segala lapisan masyarakat pelajar,mahasiswa,pegawai,karyawan,aparat negara,pejabat dll..dan dengan akhir pendidikan yang beda tentunya kata2 yang tertulis jua terbatas pada kemampuan dalam pola pikir masing2.bila sekarang forum JKGR meninggalkan misi dan visinya,itu dikarenakan banyaknya antek2 asing yang ikut bermain disini.kadang lawan terkadang kawan..dan yang lebih parah lagi banyak fans JKGR tanpa tersadari telah menjadi bagiannya dalam menyebar proganda terselubung…..sekedar asumsi pribadi.MERDEKA !!!

  61.  

    salam @bung ph, ingin jadi tentara kurang dana pendamping? kedengarannya kok gimana gitu, maaf kalo salah sangka, di sini kuli juga byk loo, byk antek” asing, aku rasa ngaa tuu , JKGR meninggalkan visi misi, emangnya visi misi apaan, justru JKGR ibarat INDONESIA mini, bagi mereka yg katanya pemimpin bangsa andai mau ikut gabung sini pasti memahami masalah yg dirasakan rakyatnya

  62.  

    Saya sudah keluar masuk situs2 militer & forum2 militer dan rata-rata lebih sering debat atau memperdebatkan sesuatu dengan kalimat kasar dan tidak etis, seolah-olah warga negara Indonesia sudah terbelah apalagi kalau ngomong politik oposisi dan penguasa pasti saling menghina dan menghujat.

  63.  

    Saya sudah keluar masuk situs2 militer & forum2 militer dan rata-rata lebih sering lihat member yang lain debat atau memperdebatkan sesuatu dengan kalimat kasar dan tidak etis, seolah-olah warga negara Indonesia sudah terbelah apalagi kalau ngomong politik oposisi dan penguasa pasti saling menghina dan menghujat.

  64.  

    sudahlah… mari kita jujur bahwa pemilu kmrn yg diametris sangat mempengaruhi berbagai forum diduniamaya.
    kan sifat dunia maya memang “bertopeng” semua, makanya semua bebas berkata-kata yg kadang tanpa dipikir dahulu.
    diametris itu jg membuat orang yg memiliki pengetahuan mjadi malas ikut urun rembug. bagaimana tidak, dua2nya merasa benar, dua2nya mendewa-dewakan jagoannya masing2. ketika ada pendapat (bahkan yg mengandung nasehat & kebenaran sekalipun) langsung direspon dg ungkapan yg membuat pemilik pdapat malas melanjutkan diskusi.
    coba perhatikan situs berita-berita & forum2, pada g sehat & mati dr diskusi yg mbangun.
    menurut prediksi saya, suasana diskusi “sehat” seperti dulu blm akan kembali dalam waktu dekat. bahkan (maaf ini pdapat agak ekstrim) mungkin sampai muncul kepemimpinan baru yg netral/bebas dr 2 kelompok “aneh” ini.
    mohon maaf ini hanya pdapat awam

  65.  

    Pemerintahan ini memuat semua hal jadi kacau… JKGR aja kena imbasnya ckckckckc…..

  66.  

    Ketika seseorang tidak punya pandangan positif sama sekali kepada lawan bocara dan ditambah kejumawaan, kemungkinan besar akan meluncur kata-kata kasar dan egoisitas.

  67.  

    Thank’s alot Jakartagreater dan para punggawanya (sesepuh,guru,…) atas pencerahaannya, menambah wawasan buat saya pribadi. Moga sehat2 semua.

  68.  

    beda banget… dulu JKGR sumber ilmu, info dan penyemangat…..sekarang bacanya jd ogah

  69.  

    mereka pindah dari sini karena dihujat, dicaci maki, dihina, dilecehkan tanpa belas kasihan dan tanpa ampun oleh orang – orang di jakarta greater ini.

  70.  

    saya pun tamatan topix kok bung. di awal jkgr juga diramaikan mayoritas warga topix. bahkan tulisan bung Satrio banyak yang dibabar di topix dan disharing juga di jkgr.

  71.  

    Assalamualaikum…
    Jujur kangen sama obrolan para sesepuh warjag.sambil nyruput kopi dan camilan kacang rebus.hati dan jiwa bahkan badan langsung merinding saat “mendengar ” para sesepuh bertutur.bung Jalo yg penuh semangat,bung Yayan dengan gaya-nya yg khas,bung PS dgan cerita tentang ksatria lautnya,bung melektech dngan argumen”nya,serta banyak bung” yg lainnya dengan ciri khasnya masing” yg mampu mmbuat anak muda sprti saya mendidih dan terbakar jiwa nasionalisnya yg smpat meredup karena terlalu jengah disuguhi terus”an ttang intrik dan konflik para elite politik negeri ini…salam satu jiwa NKRI harga mati…

    Nb:paling kangen sama bung yayan nih…hehehe

  72.  

    Selalu hadir di pojokan, bung admin.

  73.  

    Satu hal dari dulu saya selalu kritik tapi sampe sekarang masih aja ada adalah kata-kata kotor, umpatan, nama binatang yg selalu terjaga.

  74.  

    lagi iseng nyari sebuah thread tentang lapan, nemu ini (mungkin salah satu komen terakhir bung melektech)

    Melektech says:
    August 1, 2014 at 7:37 pm
    Lawan tanding Skyshield kita

    Yang paling penting bentengi NKRI dengan Radar secara penuh.

    http://jakartagreater.com/royal-australian-air-force-raaf/

  75.  

    Sudahlah, orangnya sdh mulai betah di habitat barunya. dan ini saya copas komentarnya ttg knp doi minggat dari warung ini.

    Melektech|27 Oct 2014 01:56:39Bukan main Profesionalnya analisa sampean Mr/Mrs @Gripen-IndonesiaSangat Obyektif, Saya Suka ItuSaya doakan Analisismiliter.comdiisi komentar-komentar sepertiiniTidak seperti warung sebelah yang sudah mau saya tinggalkan karena sudah “kotor”(diisi dengan Artikel dan Komentar yang merusak dan sangat tidak bertanggung jawab)Namun saya kira Su-35 / Pak-Fa juga perlu sebagai penyeimbang (Barat-Rusia)Tidak Sekarang !!!!NAMUN HANYA UNTUK PENGGANTI Su-27/30 APABILA PENSIUN NANTILagipula Su-27/30 mempunyai Usia Airframe yang pendek, hanya 25 tahun saja(Mutu Rendah, senasib dengan KILO bekas yang tidak jadi dibeli TNI-AL)Jadi pensiunnya bersamaan dengan pensiunnya F-16A/B/C/D kitaInfo : Malaysia memensiunkan MiG-29N, padahal usianya baru 15 tahun.

    dan ini tanggapan balik mimin sebelah.

    Admin|27 Oct 2014 12:24:[email protected],terima kasih doanya mas. saya sih ingin blog ini jadi tempat diskusi yang berbobot yang berdasarkan argument yang bisaditerima dengan akal sehat. dan sejauh ini, setelah sistem komentar saya rubah, syukur semua komentar yang masuk sangat bagus dan sangat membangun. saya sendiri sebagai owner dan penulis mendapatkan banyak informasi yang sebelumnya saya tidak tau.mengenai PAKFA atau SU-35 BMnanti menggantikan Su-30/27 TNI AU, saya cukup sependapat. prioritas sekarang bagi TNI AU menurut saya adalah membangun Network Centryc Warfare System, dan menjadikan sistem ini sebagai flatform untuk akuisisi alutsista ke depannya. tanpa sistem ini, alutsista sehebat apapun tidak akan efektif.semoga dalam pengganti F5 ini, sudah dipikirkan faktor sistem network centrik ini, sehingga tidak salah memilih kandidatjust IMHO.

    Semoga kedepan JkGR di isi oleh komentar2 cerdas yg bisa menambah wawasan kita bersama. bkn malah jd ajang debat kusir, yg membuat melektech-melektech yg lain, ikutan pindah krn debat2 gak bermutu dan malah jd ajang saling caci maki.

    Salam..

 Leave a Reply