Mar 082015
 
Ilustrasi : Bunker PD II

Ilustrasi : Bunker PD II

Jayapura – Bunker/tempat persembunyian militer peninggalan tentara Jepang pada Perang Dunia II ditemukan di Jalan Poros Sentani-Depapre, Kabupaten Jayapura, Papua.

“Bunker yang konstruksinya terbuat dari kayu itu tidak terawat dan tertutup oleh semak belukar,” kata staf peneliti dari Balai Arkeologi Jayapura, Hari Suroto di Kota Jayapura, Papua, Jumat.

Secara administratif bunker tersebut masuk wilayah Kampung Kertosari, Distrik Sentani Barat, Kabupaten Jayapura. “Konstruksi bunker ini menggunakan batu yang berasal dari Sungai Kertosari dengan beton semen,” katanya.

Letak bunker, kata Suroto, sangat strategis karena berada di atas bukit dan menghadap kearah Jalan Poros Sentani-Depapre.

“Bunker itu, pada masa Perang Dunia II berfungsi sebagai tempat berlindung tentara Jepang,” katanya.

Suroto mengemukakan bahwa pasukan infanteri ke-18 dibawah pimpinan Jenderal Adachi memanfaatkan bunker itu sebagai pos pertahanan guna menahan pasukan Divisi Infantri ke-19, Divisi Infantri ke-24 dan Resimen Infantri ke-21 tentara Amerika yang datang dari arah Teluk Tanah Merah.

“Jadi bunker itu merupakan persembunyian tentara Jepang untuk menahan gempuran tentara Amerika,” katanya.

Belum lama, ini Pemerintah Jepang akan melakukan repatriasi atau pengangkatan kerangka eks tentara Jepang di Papua secara besar-besaran khususnya di kabupaten Jayapura, Papua pada Oktober.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw di Sentani, Selasa mengatakan repatriasi tersebut akan dilakukan di kabupaten Jayapura, Sarmi dan Biak.

“Untuk di kabupaten Jayapura, basisnya berada di Puai sehingga sesuai dengan nota kesepahaman atau MoU (Memorandum of Understanding) antara Pemerintah Indonesia dan Jepang beberapa waktu lalu,” katanya.

Mathius menjelaskan proses repatriasi kerangka eks tentara Jepang yang pernah bertugas di Papua ini sudah berjalan selama ini, namun belum maksimal.

“Sebelum rombongan Pemerintah Jepang ke Papua pun, sebelumnya sudah melakukan pertemuan di Jakarta bersama dengan beberapa kementerian bersama kami,” ujarnya. (Antara).

Bagikan Artikel :

  12 Responses to “Bunker Peninggalan PD II Ditemukan di Sentani”

  1. Absen masuk bunker..

  2. Bleh thu untk persembunyian tni

  3. Udh d expos gan

  4. Mantap tuh … Ane tahu situs2 itu termasuk Tugu mc Arthur

  5. Buat Menyimpan Nuklir aja…

  6. Dosa masa lalu jepang

  7. Blh dmanfaatkn utk yg lbh brguna n brmanfaat. . . . .psti maknyus. . . .

  8. Wah sekalian mu ngangkut emas yg sudah dikumpulin dlu ya? Nasip nasip indonesiaku ini dikadalin truss

  9. Bisa dimanfaatkan itu….banyak guna nya….

  10. Mau repatriasi?? Di Puai pula,, jangan” di gunung emas puai…alibi jepang doank

 Leave a Reply