Buntut Penangkapan “Memalukan” 10 Pelaut oleh Iran, Komandan AL AS Dipecat

23
7279
10 Pelaut AS Ditangkap Militer Iran Januari Lalu

Militer Amerika Serikat (AS) memecat Kapten Kyle S. Moses, seorang komandan satuan tugas Angkatan Laut AS terkait ditangkapnya 10 pelaut AS oleh pasukan Garda Revolusi Iran awal tahun ini.

Pemecatan diumumkan Wakil Komandan Komando Sentral Angkatan Laut AS, Laksamana Kevin M. Donegan. Kapten Kyle S. Moses dianggap harus bertanggung jawab atas tertangkapnya 10 pelaut. Moses juga dinilai kurang mumpuni dalam memberi komando bagi para pelaut.

Pemecatan terhadap komandan Angkatan Laut itu, merupakan kedua kalinya dilakukan militer AS dalam kasus yang dianggap memalukan bagi militer AS.

Pada mei lalu, Seorang komandan Angkatan Laut AS bernama Eric Rasch dipecat karena dianggap membuat kesalahan yang sama. Rasch adalah pejabat eksekutif dari Skuadron 3 Pesisir Riverine. Dia dipecat oleh Kepala Grup 1 Pesisir Riverine (CRG-1); Kapten Gary Leigh.

Kedua komandan Angkatan Laut AS itu dinilai bertanggung jawab karena telah mempermalukan Militer AS dalam insiden penangkapan 10 pelaut AS. Selain memecat dua komandan Angkatan Laut, militer AS juga mempertimbangkan untuk mengambil tindakan disiplin tambahan terhadap tujuh anggota awak kapal AS lainnya yang ditangkap pasukan Iran pada 12 Januari lalu.

Saat itu, kapal pelaut AS hampir ditenggelamkan pasukan Iran karena menerobos wilayah Iran secara ilegal di dekat Pulau Farsi di Teluk Arab. Militer Iran juga sempat merekam ketakutan 10 pelaut AS itu, di mana salah satu dari mereka menangis dan minta maaf atas pelanggaran wilayah laut Iran.

Tayangan itulah yang membuat Pemerintah AS marah. Namun 10 pelaut tersebut akhirnya dibebaskan setelah Pemerintah Obama melobi Pemerintah Iran.

23 COMMENTS

  1. tentara As dari transgender tuh……makanya dia nangis……
    gak nangis pas dia lagi main torpedo – torpedoan sama temannya dia pasti bilang ..” oh yes …oh no….”…………….dasar payah……………….

LEAVE A REPLY