Buntuti Admiral Kuznetsov, Kapal Selam Belanda Diusir

Walrus Class Submarines

Moskow – Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Igor Konashenkov mengatakan, dua kapal angkatan laut Rusia melihat kapal selam kelas Walrus (9/11/2016) yang berjarak 11 mil laut dari kapal induk Admiral Kuznetsov dan kapal pengawalnya.

“Kapal perusak telah melacak kapal selam itu selama lebih dari satu jam, menggunakan helikopter anti kapal selam, sebelum memaksanya untuk meninggal daerah tersebut,” ujarnya dikutip Belfast Telegraph, (10/11/2016).

Konashenkov menambahkan kapal selam itu terlihat “canggung” untuk bermanuver di dekat skudron Rusia yang bisa mengakibatkan kecelakaan. Skadron Rusia sebelumnya telah melihat beberapa kapal selam NATO, termasuk kapal selam nuklir Amerika Serikat (AS) kelas Virginia, dalam perjalanan ke perairan Mediterania timur.

Kapal induk Admiral Kuznetsov Angkatan Laut Rusia. (voaindonesia.com)

Seorang pejabat NATO mengatakan angkatan laut aliansi bentukan AS tersebut telah memantau armada Rusia dalam beberapa pekan terakhir dengan teratur dan bertanggung jawab. Namun dia menolak untuk menguraikan bagaimana NATO melakukan hal tersebut.

Kapal induk Laksamana Admiral Kuznetsov didampingi kapal penjelajah bertenaga nuklir dengan rudal besar Peter The Great dan beberapa kapal lainnya untuk menjalankan misi di pantai Suriah. Ini adalah penyebaran terbesar angkatan laut Rusia sejak runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991.

NATO menyuarakan keprihatinannya dan mengatakan langkah itu bisa pertanda peningkatan jumlah serangan udara Rusia di Suriah, khususnya di sekitar kota yang terkepung Aleppo, Suriah.

Sumber : Sindonews.com

Tinggalkan komentar