Jan 142018
 

Bandara Sentani Jayapura.

Jayapura, Jakartagreater.com – Bupati Jayapura Mathias Awaitouw meminta pemerintah pusat segera membangun landasan baru di Bandara Sentani mengingat pada 2020 akan ada penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

“Kita punya rencana besar PON 2020. Angkutan penerbangan pasti menjadi sarana utama untuk memobilisasi begitu banyak atlet. Mungkin kebutuhan ini bisa dibicarakan mulai sekarang karena pasti akan banyak orang datang ke Papua,” ujarnya pada Sabtu 13 Januari 2018 di Jayapura.

Mathias Awaitouw mengakui wacana untuk membangun landasan baru di Bandara Sentani sudah pernah ada. Nnamun mengingat persiapan pelaksanaan PON tinggal 2 tahun, pihaknya meminta hal tersebut bisa segera tereallisasi.

“Juga pernah dibicarakan penambahan landasan dan sudah ada studinya. Kita bisa bicarakan lagi untuk kapan direalisasikan,” kata Bupati Jayapura. Mathias Awaitouw pun meminta semua pihak yang berkepentingan dalam hal tersebut segera membangun komunikasi, termasuk juga dengan pemilik lahan.

“Tentu juga harus dikomunikasikan dengan TNI AU karena lahan yang akan dipakai milik TNI AU. Landasan baru bukan hanya untuk kebutuhan PON, tetapi juga untuk kebutuhan rutin,” kata Mathias Awaitouw .

Selain itu, Mathias Awaitouw juga memuji terus dilakukan peningkatan fasilitas Bandara Sentani sehingga standar keamanan penerbangan di wilayah Papua terus meningkat. Mathias Awaitouw meminta penambahan fasilitas harus juga dibarengi dengan peningkatan mutu sumber daya manusia (SDM), khususnya bagi orang asli Papua.

“Kebutuhan yang sementara sedang ditangani adalah tentang pemberdayaan SDM Papua. Di semua lini semua putra-putri Papua bisa menangani, bukan saja pengadaan fasilitas,” ujar¬†Bupati Jayapura Mathias Awaitouw. (Antara)

  One Response to “Bupati Jayapura Harapkan Landasan Baru Bandara Sentani”

  1.  

    Woof

 Leave a Reply