Sep 202017
 

Bus listrik Proterra menjelajah 1.772,21 km tanpa isi ulang daya (Proterra)

San Fransisco – Bus listrik sepanjang 12,19 meter dari perusahaan Proterra berhasil menempuh jarak 1.772,21 kilometer dengan kecepatan rendah tanpa penyetruman ulang, yang membuatnya memegang rekor baru bagi kendaraan listrik, ujar pembuat mobil asal California itu, Selasa 19-9-2017.

Perusahaan bus dan truk ini mulai meluncurkan kendaraan model listrik untuk tugas ringan dan menengah. Teknologi baru seringkali membawa konsekuensi harga tinggi dan tantangan utamanya adalah menciptakan kendaraan dengan kisaran yang dapat diterima pasar dengan harga bersaing.

Bus Proterra memiliki harga sekitar 750 ribu dolar AS (Rp 9,75 miliar) sementara bus disel reguler berharga 500 ribu dolar AS (Rp 6,5 miliar), kata kepala bagian penjualan Matt Horton dalam sebuah wawancara. Dengan biaya operasional bus Proterra yang lebih murah, akan meyakinkan pembeli bahwa harga bus yang lebih mahal memang pantas untuk dibeli.

Bus listrik Proterra (proterra.com)

“Kendaraan listrik kelas berat untuk penumpang sekarang telah memiliki kemampuan yang mereka butuhkan. Kami akan mengalihkan fokus kami terlebih lagi untuk menurunkan biayanya, “katanya.

Walaupun bobot baterai dipandang menjadi masalah untuk truk listrik heavy-duty karena akan memakan kapasitas kargo, Horton mengatakan bus yang mereka buat lebih ringan dari truk container besar, meski bus penuh dengan penumpang.

Proterra mengembangkan baterai untuk busnya dengan perusahaan LG Chem Korea. Perusahaan pembuat bus ini sudah mulai membuat kemasan baterai di sebuah pabrik baru di Burlingame, California. Perusahaan itu menjual 190 bus tahun lalu dan ditargetkan lebih pada tahun ini, kata Horton.

Navistar Proving Ground menyatakan bus tersebut melaju dengan kecepatan 24 kilometer per jam. Proterra mengatakan berhasil membuat rekor awal bulan ini dan mengalahkan rekor sebelumnya oleh kendaraan penumpang ringan, yakni sejauh 1.630,26 kilometer. (Antara/Reuters).

  65 Responses to “Bus Listrik Proterra Tempuh 1772 Km Tanpa Isi Ulang”

  1. Produk2 USA selalu yang terbaik di dunia. Hhhhhhhhh

    • @Agato Sugimura : Otak sampean buatan Amerika ya?
      Kenapa semua product asal Amerika sampean selalu bilang terbaik?

      Error nih orang…

      Padahal banyak juga brands asal Amerika yang gagal…!

    • Yang buka JKGR pasti OS Hpnya Android yg nyata2 punya Google, kalo nyari info militer/umum pasti tanya sama Mbah Bowo eh, Mbah Google. Kalo punya Komputer OSnya pake Windows. Apalagi kalo pake IOS/iPhone. Bahkan JKRG platformnya pake Blogspot. com, jadi nikmat produk USA mana lagi yang kalian dustakan? Hhhhhhhhhh

      • Itu belum yg punya akun FB, Twitter, WhatsApp, nonton nya film Hollywood, minum nya fanta, Coca cola dan Sprite. Jelas lah produk USA mendominasi dunia. Hhhhhhhhhh

        • oooh anda msh suka minum cola sprite n fanta ya…idihh udah ga jaman keles, jaman skr manusia itu cari sehat, bukan cari enak nya…sy lbh suka minum jus dgn buah lokal, dan snack nya buatan dlm negeri semua…apalagi mkn junk food mcm cfc kfc dan mcd, ogah amat, itu cara as bikin org2 indonesia mati krn kegemukan,,kolesterol dan diabetes….org2 jaman modern mana ada yg makan dan minum begituan, cukup jus segar atau teh botol so**o, makannya ketoprak, seafood, gudeg, nasgor dan msh banyak laiinya….org2 yg mkn junk food itu org2 jadul, ga ngerti kesehatan dan pastinya kurang baca artikel kesehatan…

          • YOLO, You Only Life Once

          • I know, maka dr itu sy sangat menjaga kesehatan sy dgn tidak minum minuman bersoda dan tidak memakan makanan yg digoreng, berlemak dan berkolesterol….hanya krn negara anda di bom atom oleh as, smpe2 segitunya anda cinta dgn as…aneh, bukannya marah negara nya di bom, justru di puja2…efek ketakutan bakal di bom atom lg ya…parah amat

          • Oh, justru karena bom atom itulah negara saya jadi sadar kalo negara kekaisaran ala Tante Eli itu tidak cocok buat kami. Bahkan setelah dibom, negara kami malah jauh lebih maju dari negara Anda padahal negara Anda punya sumber daya alam dan manusia yang bisa menjadi negara superpower Dunia. Ironis memang. Anyway kalo kami mau, nuklir bisa kami ciptakan dalam tempo 24jam saja. Bahkan platform rudal balistik ICBM sudah kami miliki. Soryu dibuat menjadi SLBM pun bisa. Hhhhhhhhhh

      • USA bukanlah segalanya, tapi segalanya di dunia butuh America. Hhhhhhhhh

        • Mulai lg deh…nti bung wk ngamuk lg gmn bung? sy ga butuh amerika, sy butuh su35 cpt dtg….xixi

          • hahaha,,,,kabarnya ada berita baru,,,,offset 30-35% sudah ada target profitnya……pt di, depohar tni au,,,dan lainnya dpt rejeki……

            tapi tumben ga digoreng di jkgr……
            mungkin minyak gorengnya lagi ga ada πŸ˜†

          • Bukannya ente sukanya sama Gripen ya, kok jadi murtad milih kaleng kerupuk sih Bung Orang Baik? Ntar dimarahi sama Bung TN loh.

          • Gas melon lagi langka Bung WI, udah nyampe 26k. Jadi nya Bung Diego gak bisa goreng lagi. Hhhhhhhhhh piss Bung Diego, just kid.

        • Saya selalu memiliki prinsip perbedaan selalu membuat kita lebih kuat.
          Sang Maha Pencipta menciptakan yang baik dan yang buruk.
          Seperti yang kita ketahui ada saja WARJAG yang memposisikan diri dengan angkuhnya merasa lebih benar meskipun kenyataannya berbanding terbalik.
          Semoga saja anda dapat lebih bijak dalam segala sesuatunya.

  2. Keren nie bus..bener2 bagus, ceper abis…tp sayang hrg nya ga akan bs brsaing dgn lorena, pahala kencana dan safari darma raya…xixii…klo utk transjakarta spt nya cudok nie barang…

  3. Tapi bskah dipakai di RI yg mana banyak jalanan menanjak dan tikungan dengan beban penuh, kliu jln kota oke2 aja. Lbh baik mobil Hibride klu untuk jalan extreem memakai mesin jg sekaligus mengecas baterainya!

    • @Andre Syamsuddin : Bisa bung.
      Semuanya tergantung ratio berat dengan tenaga.
      Jika hasilnya baik untuk dunia otomotif hanya bermain di kombinasi ratio gear.
      Konsumsi daya asumsinya dapat di ibartkan dengan product elektronik pada umumnya.
      Jika pemakaian ekstreme sudah pasti konsumsinya juga lebih boros.
      Akan tetapi untuk jenis otomotif pasti akan ada terus penyempurnaan, seperti halnya lampu utama pada otomotif sekarang yang sudah beralih ke LED.

    • selama sopirnya aseli lokal punya pasti bisa, gak tau kalo sopirnya import juga dari bule amrik sana, pasti udah terkencing-kencing diblong kiri sama agramas mercy OC500RF, kanan oleh putra mulya scania K-410LB, masih ditambah lagi dari belakang diklakson terus sama Sinjay Hino RN285 xixixi….

      • Supir Bus RI banyak yg selon aka rada gelok bin nekat, nyupir ngebut gak mikir nyawa penumpang yg dibawanya!he3

        • Hahaha… Lebih Bahaya Lagi Supir Bus S**ber Kencono Bung… πŸ˜† Dulu Saya Pas Masih SMA Pernah Naik Itu Bus Dan Sopirnya Ugal-Ugalan Bgt. Dan Bus Itu Sangat Terkenal Loh Di Jawa

          • dah tau bung, dah ganti jadi sumber selamet, cuma sebentar rubah lagi dadi sugeng rahayu. tapi dulu diasepin terus sama bus flores yang udah disegel pemda jatim.

            kalo di pantura barat ya sumber kencono gak bisa berkutik bung, mesin cum AK atau RK dari Hino cuma kuat gigi 2-3, diatas itu ngecor doank tenaga loyo xixixi..

          • Hahaha… Ho Oh Bung. Namanya Kemarin Di Ubah Jadi Sumber Slamet. Kan Lucu Tuh Namanya…

  4. Sekali2 bikin bus tenaga nuklir, masa cuma kasel sama kaprang ajah … πŸ˜€

  5. kalo dipakai di bus dalam negeri ntar ga ada bus yang ngeblong lagi

  6. Sudah Telolet belum tuh???

  7. Yang buka JKGR pasti OS Hpnya Android yg nyata2 punya Google, kalo nyari info militer/umum pasti tanya sama Mbah Bowo eh, Mbah Google. Kalo punya Komputer OSnya pake Windows. Apalagi kalo pake IOS/iPhone. Bahkan JKRG platformnya pake Blogspot. com, jadi nikmat produk USA mana lagi yang kalian dustakan? Hhhhhhhhhh

  8. Masya allah.. Sebuah kendaraan dgn teknologi batre terbaru… Ya begitulah sebuah ilmu teknologi.. Berkembang dan selalu berkembang mengikuti alur pikir manusia, Dari Konsep kekuatan angka 0 sampai 9 sehingga berkembang dan terus berkembang sehingga menjadi sebuah teknologi, semua itu jg tdk luput jg JASA dr seorang PENEMU Aljabar seorang Ulama muslim dr India Al Khawarizmi… Dan itu dikuatkan kembali oleh seorang ilmuwan Jerman ,matematikawan,Astronom,Fisikiawan terbesar sepanjang masa selain Archimedes dan Isaac Newton.”Carl Friedrich Gauss” yg mengatakan bahwa matematika sebagai β€œRatunya Ilmu Pengetahuan”.
    Maha besar Allah Swt dengan segala kekuasaannya.

 Leave a Reply