JakartaGreater.com - Forum Militer
Apr 122014
 
Kopasus bersama Rantis Bushmaster

Kopasus bersama Rantis Bushmaster

Thales Australia telah menjual kendaraan tempur Bushmaster 4×4 ke Indonesia dan Jepang. Penjualan ini sekaligus menandai penjualan pertama Bushmaster 4×4 ke negara Asia.

Menurut IHS Jane, tiga varian bushmaster telah dikirim ke Indonesia, untuk Kopassus pada bulan Februari 2014. Informasi ini diperoleh IHS Jane dari Kementerian Pertahanan Australia pada April 2014. Kontraknya telah dilakukan pada akhir tahun 2013.

Penjualan ke Pasukan Bela diri Jepang diumumkan 7 April 2014, meliputi empat unit dengan model yang sama, dengan rencana pengiriman di akhir tahun 2014. Hal ini disampaikan Thales Australia.

Bushmaster di Lanud Halim Perdanakusuma

Bushmaster di Lanud Halim Perdanakusuma

Kementerian Pertahanan Jepang menyatakan pembelian 4 Bushmaster untuk menyediakan alat evakuasi darat bagi aktivitas pasukan Jepang di luar negeri, seperti Kasus Penyanderaan Amenas di Aljazair tahun 2013, yang menyebabkan 10 warga Jepang tewas. Pembelian ini untuk menutup gap/celah terkait peraturan hukum militer Pasukan Jepang, agar diijinkan melakukan operasi di luar negeri.

Kementerian Pertahanan Jepang menyatakan, keempat Busmaster itu menelan dana 200 juta Yen atau 1,9 juta USD per kendaraan. “Kendaraan ini difokuskan sebagai transportasi di luar negeri dalam hal darurat, baik karena bencana atau perbuatan manusia. Tidak ada lagi pembeli lanjutan”, ujar staf Kementerian Pertahanan Jepang.

Rantis Bushmaster yang dilengkapi Remote Weapon System (RWS)

Rantis Bushmaster yang dilengkapi Remote Weapon System (RWS)

Kontrak dengan Indonesia sebesar 2,7 juta AUD atau 2,5 juta USD, sementara nilai kontrak Jepang 3,6 juta AUD, meliputi training, pemeliharaan dan perbaikan. Kesepakatan dengan Indonesia bersifat G to G yang diawasi Australia Military Sales Office, adapun  Jepang bersifat kontrak komersial.

Sebelum kedatangan Bushmaster ke Indonesia,  pada akhir tahun 2013, dilakukan latihan Bushmaster’ Protected Mobility Vehicle (PMV) untuk 25 orang pengendali dan teknisi dari KOPASSUS dan Korps Perlengkapan TNI-AD, bertempat di Mako Kopassus Cipatat dan PMPP, Sentul, Bogor.

Sampai saat ini Departemen Pertahanan Australia telah memesan dan menerima 1052 Bushmaster dan mengekspor-nya termasuk 85 unit untuk tentara Belanda, 24 untuk Angkatan Darat Inggris, dan 12 unit untuk Angkatan Pertahanan Jamaika pada bulan Desember 2013. (IHS Janes).

Berbagi

  50 Responses to “Bushmaster Kopassus”

  1.  

    Setiap komen owrtama jadi sungkan…

  2.  

    pertama

  3.  

    Setiap komen pertama jadi sungkan…

  4.  

    Komandoo !!!

  5.  

    pertammmmaxxx

  6.  

    absen doeloe..

  7.  

    Bung [email protected] dibanding anoa keunggulanya apa ajja nich bushmaster,, maaph numpang nanya

    •  

      Produk dalam negeri kog gak dipake ya 🙁 Produk dalam negeri kog gak dipake ya

    •  

      Bushmaster, kendaraan taktis (mobile) anti ranjau (ied) bagi infanteri, untuk unit unit kecil mandiri dalam menjalankan operasi khusus : evakuasi, patroli, pengintaian, masuk kategori light infantry.

      Bushmaster untuk pertempuran yang bersifat mobile, hit and run. Australia dan Belanda menggunakannya utk pasukan mereka di Afghanistan dan Irak (anti-gerilya) dalam perang kota. Bisa juga untuk misi-misi khusus, seperti pembebasan sandera atau melumpuhkan target khusus.

      Selain anti-ranjau dan berkecepatan tinggi, bushmaster didisain agar pasukan di dalamnya dapat melakukan pertempuran secara maksimal, tanpa harus turun dari kendaraan, sehingga dilengkapi satu senjata mesin di depan (RWS) dan dua di belakang/samping.

      Anoa lebih bersifat APC (lapis baja pengangkut personil) yang melekat kepada satuan heavy infantry, yang sifatnya sebagai satuan pemukul. Tidak ada lagi skenario hit and run and speed. Langsung hadap-hadapan dan pukul-pukulan.

      Kayaknya Anoa mulai dibuat versi IFV (Infantry fighting vehicle) dilengkapi RWS dan senjata mesin di samping, sehingga pasukan bisa bertempur baik turun atau tetap bergerak, namun kecepatannya tidak bisa menandingi bushmaster

    •  

      beda kelas beda fungsi, Bushmaster=MRAP Anoa=APC=battle taxi
      MRAP punya lambung berbentuk V (“V”-shaped hulls) yg dapat menyebarkan (deflect) tekanan akibat ledakan yg berasal dari bawah kendaraan (ranjau, IED, dll) sehingga dpt menyelamatkan nyawa penumpang. Seringkali MRAP yg terkena IED lumpuh tapi penumpangnya selamat, bandingkan dg ANOA yg bahkan masih stanag 3. di Irak IED yg paling mematikan adalah 3 buah peluru artileri 105mm yg diikat jd satu, bahkan M1 Abrams pun rontok kalau ketemu ini. http://en.wikipedia.org/wiki/MRAP
      Oya, produk MRAP dari Asia yaitu Chaiseri MRAP (Thailand) & Doosan (DST) Baracuda 4×4 MRAP (Korea)

  8.  

    #6
    #sepuluh besar
    #satujiwasatuNKRI

  9.  

    wah,ini ranpur ada unsur te o te nya gak nih om??

  10.  

    :iloveindonesia jambul merah makin meriah

  11.  

    Kenapa harus beli bushmaster….
    Kenapa tidak beli Komodo…. katanya mendorong produksi lokal tapi tetap juga beli dari luar….
    Mohon pencerahan para suhu kehebatan Bushmaster dibanding Komodo

  12.  

    hhmm… something wrong. ini kan produk sonotan.

  13.  

    apakah kemampuan komodo masih dibawah bushmaster? atau memang bed a speak dan peruntukan?mohon pencerahan om?

  14.  

    Apa nih keunggulan bushmaster mas bro?

  15.  

    Mungkin ini dibeli untuk menggantikan rantis Casspir yang sudah tua yg dibeli pada tahun 2003 bekas AB Afrika Selatan.

  16.  

    kayaknya sama ama punya amerika yg ditinggalin di afganistan.

  17.  

    Hal-hal yg mengusik :
    1. Apakah ini melanggar UU ToT?
    2. Kalau tidak, silakan jelaskan, kalau ya kok bisa?
    3. Ini kan termasuk low technology, kita pasti sdh bisa buat sendiri, ya kan
    4. Dll. (rahasia)
    5. Dll (sensitif).

  18.  

    hehehe hati2 sama IED, di irak banyak yang nyungsep krn IED, piss

  19.  

    Bongkar,bedah,pelajari simtem elektronika,radar dll,bikin.hidup PINDAT pasti Bisa!

  20.  

    Hmmmmm…
    Jangan2 ini hibah tanda damai buat nyenengin calon ex-presiden biar negeri ini mau kembali berdamai dengan negeri selatan

  21.  

    Bung [email protected] jdi kelebihan nya kecepatan manuver dan kemampuan smua awak personil untuk bertempur krna bersifat mobile. Dan tentunya lebih murah di coast ya .dibanding kendaraan lapis baja macam APC .. Makasih jawaban nya bung diego,, sudah lega saya

  22.  

    Mendingan naek metromini wkwkwk…

  23.  

    Salam knal sblmnya dh jd sr.. sy positif thinking ja kopassus mmbli bushmaster psti da udang dibalik tepung.. maaf oot newbie :iloveindonesia :beer: :beer:

  24.  

    optimis aja bung :hope

 Leave a Reply