Nov 232014
 
Pembangunan Infrastruktur 5 tahun ini membutuhkan Rp 5.500 triliun

Pembangunan Infrastruktur 5 tahun ini membutuhkan Rp 5.500 triliun

Jakarta – Pemerintah bakal menggenjot pembangunan infrastruktur dalam 5 tahun ke depan dan Presiden Jokowi butuh lebih dari Rp 5.500 triliun untuk membangun infrastruktur selama periode 2015-2019.

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, pemerintah setidaknya butuh anggaran sekitar Rp 5.519 triliun?. Namun tidak semua dapat dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Perlu dukungan pembiayaan dari swasta, termasuk dari luar negeri. Tentunya juga melalui BUMN,” ungkap Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Kementerian Perencanaan Pembangunan (PPN)/Bappenas Dedy S Priatna di kantornya, Jakarta, Jumat (21/11/2015).

Rencana pembangunan infrastruktur ini, menurut Dedy, seiring dengan arah pembangunan Jokowi yang punya 9 program prioritas atau Nawacita. Termasuk pembangunan tol laut yang menjadi salah satu prioritas RPJMN 2015-2019.

“Pembangunan tol laut dan infrastruktur kemaritiman. Perhubungan laut membutuhkan dana Rp 900 triliun,” kata Dedy.

Dana lebih dari Rp 5.500 triliun tersebut, lanjut Dedi, ?bakal bersumber tak hanya dari APBN. Dia merinci, perkiraan sumber pendanaan bakal berasal APBN sebesar Rp 2.215,6 triliun (40,14%), APBD Rp 545,3 triliun (9,88%), BUMN Rp 1.066,2 triliun (19,32%), dan swasta senilai Rp 1.692,3 triliun (30,66%).

“Ada untuk jalan, kereta api, perhubungan laut, udara, darat, transportasi perkotaan dan lain-lain,” katanya. (finance.detik.com).

  42 Responses to “Butuh Rp 5.500 Triliun 5 Tahun”

  1.  

    Mudah-mudahan lancar semua pembangunan yang sudah di programkan,…

    •  

      Tol laut….apakah ada jalan tol bawah laut spt yg menghubungkan inggris dan perancis….atau hanya sebatas angkutan kapal….maklu. mrt sj belum terwujud itu nggak sampai puluhan Trilyun…smoga terwujud…

      •  

        Tol laut maksudnya interkoneksi antar pulau akan di perpadat dan per erat….Intinya kapal dan pelabuhan. nanti akan banyak kapal laut dan akan banyak di bangun pelabuhan baru….laut indonesia akan banyak lalu lintas kapal barang dan penumpang berkali lipat dari kondisi sekarang

      •  

        mrt itu masalahnya di pembebasan lahan,kalo kayak cina yg maen usir,udah dari dulu kelar,karena gubernur2 dki sebelumnya menghindari nama jelek karena penggusuran, ,.btw tol laut itu emang angkutan laut,cuma perlu kapal2 besar, maka itu perlu pelabuhan laut dalam.

      •  

        kalo pemimoinnya kayak cina itu semi diktaktor bro
        dkasih waktu 2 bulan buat minggir karna ini mnyangkut kepentingan negara dan diganti rugi
        rumah 5 tingkat ganti ruginya 150jt
        di INA itu beda melalui pndekatab
        juga sistemnya ganti untung karna sesuai NJOP
        klo di daerah skitar 100rb yaaaa bisa diganti 110rban
        di yogya ada yg dipenjara bro
        proyek jembatan flay over jombor hampir 2th blm optimal karna ada rumah yg gk mau dijual
        lokasinya ngalanhin jalan
        pemiliknya dipenjara beberapa hr karna mnghalang2ngi kepentingan publik
        pdhl harga ganti rugi dah sesuai pasar
        1M lebih buat rumah itu
        ada di berita koran yogya
        hehe

        •  

          ya itulah bung, kalu nggak ada masalah tanah, bisa cepet banget, kayak jln tol atas laut benoa bali,bikinan putra bangsa, 18 bulan jadi. karena itulah selain dari segi undang2 untuk mengutamakan kepentingan publik,juga harus dicari cara alternatif diluar pakem, ya seperti tol atas laut itu, pas mau dibangun banyak banget yg menghalangi, namun terbukti efektif mengurangi kemacetan, lingkungan tak terganggu, ekonomis karena gak ada masalah ganti rugi, dan yg terpenting kita mampu membuatnya sendiri dgn cepat.

          •  

            yaaaaa kalo INA itu harus di deketi bung
            makannya jurus makan siangnya jokowi ituae dukung karna mreka bakal tersentuh
            gk cuma untuk masalah pembebasan lahan
            jadi pengusaha pun klo makan bareng ama karyawan sendri mreka juga merasa dihargai
            hehe

            yaaaa smoga pemimpin membaca komen ane
            gmna kalo sampai bulan ke 2 biaya ganti untung dinaikin 20% selanjutnya mnjadi harga semua
            berduyung2 pada dateng deh
            uang bisa di cari
            tp waktu itu yg berharga
            hehe

  2.  

    klo di beli pesawat tempur ama kapal selem… dapt brapa yaa…. duit… itu…

    no 2… ni mumpung sepi….

  3.  

    banyak jg ya nilai kebutuhannya,,,

  4.  

    Tess. Mask

  5.  

    Yang paling penting sebenarnya pembangunan jalan, yang di jawa aja jalan rusak dibenerin lama banget….. Apa lagi diluar jawa

    •  

      Mudah-mudahan nanti dengan standarisasi jalan dan jembatan timbang gak cepet rusak lagi bung.

      Di medan saja sekarang semua selokan/got diperlebar sesuai standar nasional, memang ngeselin bikin macet, tapi liat perbedaan besar ukurannya, jadi punya harapan genangan air bisa cepat ilang kalo ujan.

      Di Jawa tengah gubernurnya udah melabrak jembatan timbang setempat, diharapkan gak ada lagi truk slonong boy pake muatan puluhan ton yang seenaknya ngerusak jalan. Juga sekarang bupati, gubernur, pimpro dapet tugas baru; memastikan jalan yang dibangun sesuai bestek/standar misal jalan kelas 1, 2, 3, jalan nasional, protokol dll. KPK juga konon sedang membentuk biro investigasi engineering yang fungsinya mengecek kelayakan proyek dari sisi teknikal.

  6.  

    Lebih dahulu prioritaskan pembangunan infrsutuktur di daerah perbatasan negara, supaya bisa cepat akses dengan berbagai daerah sampai ke pusat !!!

  7.  

    biuh iku duek skeh tenan gawe opo wae yo

  8.  

    Kalo buat kesejahtraan rakyat gue dukung

  9.  

    Ini nawacita nya Presiden Jokowi…

    1. Menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara.
    2. Membuat pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya.
    3. Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daaerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.
    4. Menolak negara lemah dengan melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat dan terpercaya.
    5. Meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia.
    6. Meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional.
    7. Mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.
    8. Melakukan revolusi karakter bangsa.
    9. Memperteguh kebhinekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia.

    Infrastruktur sepertinya masuk ke point ke 3, untuk point-point yang lain termaksud point 3 masih harus dibuktikan seberapa besar komitmen pemerintah pada program ini…

    •  

      betul bung rafly, biasanya prsiden2 sebelumnya sangat bersemangat dan idealis cm tiga tahun pertama,setelahnya malah sibuk membangun gurita politik untuk mempertahankan kekuasaan..
      moga presiden kali ini tetap istiqomah dan amanah, kalo nggak dan nawacitanya jauh panggang dari api lima tahun lagi kita turunkan…gitu aja kok repot.

      •  

        Aminn… mudah2 amanah

        Saya tidak berharap ada gaduh politik di tengah jalan bung banzai, terlalu besar ongkosnya buat rakyat tapi kalaupun memang sudah sangat melenceng ya apa boleh buat…. maka itu mari kawal pak Jw-Jk agar tidak melenceng.

  10.  

    mugo mugo bakal dadi kenyataan lancar ora di korupsi karo seng nyekel duet kalo di korupsi santet klewer wae ben weteng e mbeledos hehehehe

  11.  

    mudah”an gak di korupsi

  12.  

    Indonesia berdikari.. salam2ribu

  13.  

    nyimakkk aza

  14.  

    Maaf, dgn dana segitu gede, sangat rawan korup, apalagi dibidang infrastuktur,, sdh bukan rahasia umum klo kejadian nya bagi bagi jatah,, semoga saja ada pengawasan yg lebih ketat bgt baik dari hal konstruksi mau pun birokrasi nya,,

    Pengalaman menjadi CM di Wisma Nusantara dan PLTU barru (makasar) banyak bgt bermain dari segi matrial mau pun birokrasi,,

    •  

      Cukup beralasan bung andri, karena perangkat penegak hukumnya pun masih banyak pihak yg meragukannya…. kemarin pak samad tidak dimintai pendapat seperti halnya dalam menentukan mentri, karena pak jaksa agung yg sekarang dari partai rawan konflik kepentingan.

      •  

        Setuju bung rafly, awal dari pembangunan yg maju, sebenar nya dimulai dari reformasi hukum,

        Pembangunan akan banyak yg mandeg klo dana nya slalu di korup / bagi2 jatah,,,

        Sdh banyak contoh nya,,, padahal klo dgn dana yg wajar dan tidak bnyk yg bermain, pembangunan indonesia ini bs lebih maju dibandingkan malay

    •  

      IPK(indek persepsi korupsi) indonesia masih diperingkat 64,malay125 dan spore173 (juni2014), gak heran korupsi masih jadi beban utk pembangunan, tapi kita kan gak bisa berhenti membangun hanya karena korupsi merajalela. sayang pemerintahan jokowi belon memperlihatkan tanda2 penguatan KPK dan penegak hukum lain sebagai janji kampanye kemaren.

      •  

        Kan duiknya udah terlanjur ditentukan pemerintahan sebelumnya, jadi gak bisa diutak-utik lagi nunggu tahun depan.

        Sisa anggaran cuma seuprit makanya dibela-belain naikin bbm supaya anggaran gak defisit….cuma hal seperti ini gak diulas media, yang diulas cuman yang tereak-tereak anti kenaikan bbm doank 🙂

        •  

          kalau terkait anggaran kan bisa buat Perpres tentang efisiensi (istilah halus utk mengunci pengeluaran anggaran). banyak pengamat yg mengatakan gak perlu naikan itu bbm, lha kalau dihitung secara sederhana oleh pak Kwiek sj biaya produksi hanya sekitar Rp 755/ liter. Dengan perhitungan Biayal Lifting + biaya refining + transport rata2 ke pompa bensin hanya USD 10. Maka diperoleh perhitungan 10:159 liter (1 barel sekitar 159 liter) x 12.000 ( 1 dollar + 12.000) = 754.7 dibulatkan menjadi 755 rupiah per liter.

          Jadi sebenarnya dengan menjual premium Rp6.500 per liter, pemerintah sudah untung sebesar 6.500 – 755= Rp5.745/liter. Sekarang tinggal dikalikan berapa liter kebutuhan dalam negeri, itulah ‘keuntungan’ yang diperoleh pemerintah dari hasil jualan bensin premium pada rakyatnya sendiri!”

  15.  

    Mudah mudahan apa yang akan diprogramkan untuk perbaikan infrastruktur bisa berjalan berjalan lancar supaya roda perekonomian bisa bergerak cepat.

  16.  

    Berapapun jumlahnya gak masalah yg penting ada wujud hasil pembangunan nya jangan sampai cuma jadi rencana di atas kertas yg berisi angka” saja , dan patut di apresiasi gagasan besar beliau yg berpikir jauh kedepan untuk generasi di masa depan , lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali .

  17.  

    gimana mo bersih…buat proyek tahun depan aja uda dipanjerin dr th 2013…ada yg dukung kadidat daerah embel2 proyek…klo gini trs gmn mo bersih…mudah2an aja mental bangsa tercinta kita berubah…mg anak cucuq ngrasain apa yg dibangun pemimpin sekarang…mudah2an para pembantu RT Indonesia jadi boz diluar negeri…klo skrng pns gol. 3 masih kalah sama tkw malingsia mudah2an bsk2 sudah enggak…

  18.  

    Seseorang makan sementara yang lain menonton – itulah sebabnya mengapa revolusi terjadi.
    😉

  19.  

    Mohon Tanya warjager ?, gambar diatas itu jembatan mana ya, suramadu kah ?

  20.  

    Seandainya pemerintah jeli, dari dana sebesar itu yg dibutuhkan akan diprioritaskan sumber dananya dari investor asing. Karena spt yg diucapkan presiden cina, walaupun negaranya tertutup tp mereka sgt menggiatkan investasi asing di sektor infrastruktur bukan di bahan mentah spt di indonesia krn infrastruktur tsb tak akan kemana2 tetap di cina kalau ada krisis ekonomi atau perang. Infrastruktur jg sgt dibutuhkan utk pembangunan dan akan meningkatkan perekonomian daerah setempat dan pelayanan kpd rakyat kita.

    Tugasnya pemerintah adalah mengawasi agar pelaksanaannya tetap berjalan sesuai waktunya dan mensupport dan memangkas birokrasi yg selalu menghambat pelaksanaan pembangunan infrastruktur spt yg tjd di toll sumatra.

  21.  

    Lanjutkan dan berdoa

  22.  

    yaaaa smoga proyek ini banyak dilimpahkan ke bumn
    keuntungannya juga ama mreka diouter jd infrastruktur lg kan

    adhi karya ngebangun apartemen mahasiswa di yogya baru 6bln an rangka gedung dah kelar
    kenceng banget pmbangunannya

    •  

      setuju bung, BUMN kita sdh terbukti mampu kok,kalu dipercayakan, apalagi kalau holding bumn gagasan dahlan ishkan jadi dilakuin, duit masyarakat dibank BUMN yg triliunan diputar untuk membiayai proyek pemerintah di BUMN, kita untung make infrastruktur yg baik, bumn bisa menambah duit kas,pemerintah untung dari setoran bumn dan senyuman masyarakat.
      dengan holding bumn, proyek pembangunan bisa langsung jalan tanpa terhambat/menunggu cairnya anggaran negara,karena ditalangin dulu sama bank bumn.

    •  

      Di surabaya membangun asrama mhs 4 blok, 8 gedung, 4 lantai finish dlm waktu 4 bulan… Good job

  23.  

    Demi kemakmuran dan kebahgiaan rakyat ri, mk ane dukung sepenuhnya program pembangunan yg dicanangkan oleh pemerintah sekarang ini.
    Dan ane hrp rencana tsb dlm wkt secepat2nya dapat direalisasikan, agar rakyat segera dpt merasakannya, sbb sdh terlalu lama rakyat kita, khususnya yg kecil mendambakan kemudahan dalam mencari nafkah.
    Ya Allah, jadikanlah ri (baldatun thoyyibatun warobbun ghofur) negeri yg makmur dan diridhoi oleh Tuhan yg maha pengampun. Amin!

  24.  

    Setuju sekali dgn pembangunan infrastruktur besar”an, memang ini yg dibutuhkan oleh bangsa ini, terutama pembangunan didaerah” tertinggal, daerah perbatasan antar negara, daerah yg berpotensi pariwisata dan jg daerah yg mengandung SDA yg melimpah.
    Dengan dibangunnya infrastruktur tsb bertujuan utk menggairahkan perekonomian rakyat dn bisa meningkatkan taraf hidup masyarakatnya.

  25.  

    Saya Dukung Terus Pemerintahan sekarang !!! Maju Terus Pak JKW – JK , Rakyat indonesia dan ALLAH mendukungmu!!! Amin.

 Leave a Reply