Jul 112013
 
Jenderal Moeldoko usai dilantik sebagai KSAD di Istana Negara (photo:Abror Rizky)

Jenderal Moeldoko usai dilantik sebagai KSAD di Istana Negara (photo:Abror Rizky)

Detik.com 11/ Juli 2013:
Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono memperkirakan calon pengganti dirinya berasal dari TNI Angkatan Darat. Dengan demikian Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Moeldoko berpeluang besar menjabat Panglima TNI. “Di urutan pertama (angkatan) darat, udara, laut. Tapi terserah beliau,” kata Agus Suhartono usai buka puasa bersama di Istana Negara, Jl Medan Merdeka Utara, Kamis (11/7/2013).

Agus juga memberi sinyal kepada Jenderal Moeldoko untuk menggantikan dirinya. Syarat pengganti dirinya yaitu harus menjabat Kepala Staff. “Iya, syaratnya itu (Kepala Staff),” tuturnya. Agus menjelaskan kalau dirinya akan mengajukan calon penggantinya pada akhir bulan nanti. Nama itu, akan diajukan ke Presiden SBY. “Belum, kira-kira akhir bulan ini saya akan ajukan sesuai jadwal, kalau ada perintah lain akan dipercepat,” ucapnya.

Presiden menunjuk Letjen TNI Moeldoko sebagai KSAD baru menggantikan Jenderal TNI Pramono Edhie yang telah memasuki masa pensiun. (photo:ANTARA TOTO/Andika Wahyu)

Presiden menunjuk Letjen TNI Moeldoko sebagai KSAD baru menggantikan Jenderal TNI Pramono Edhie yang telah memasuki masa pensiun. (photo:ANTARA TOTO/Andika Wahyu)

KOMPAS.com  11/Juli 2013:
Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono akan mengajukan tiga kepala staf angkatan sebagai calon Panglima TNI kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akhir Agustus 2013. Dalam daftar nantinya, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal (TNI) Moeldoko berada di urutan paling atas.

“Diajukan dengan urutan angkatan. Di urutan pertama Angkatan Darat, (Angkatan) Udara, lalu (Angkatan) Laut,” kata Panglima di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (11/7/2013), ketika ditanya pengajuan calon Panglima kepada Presiden menjelang dirinya pensiun Agustus 2013.

Agus mengatakan, pemberian nomor urut tersebut sesuai dengan penjatahan seperti diatur Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI. Meski diberi urutan, kata Panglima, semua tergantung kepada Presiden untuk memilih. “Terserah beliau,” ucapnya.

Agus menambahkan, proses penggantian panglima memakan waktu sekitar sebulan. Nantinya, Presiden akan mengajukan calon kepada Dewan Perwakilan Rakyat untuk selanjutnya mengikuti uji kepatutan dan kelayakan oleh Komisi I. Seperti diberitakan, dalam Pasal 13 UU TNI, jabatan Panglima TNI dijabat secara bergantian oleh perwira tinggi aktif dari tiap-tiap angkatan yang sedang atau pernah menjabat sebagai kepala staf angkatan.

Sebelum Agus, Panglima TNI dijabat Djoko Santoso yang berasal dari TNI AD. Sebelum Djoko, Panglima dipegang Djoko Suyanto yang berasal dari TNI AD. Saat ini, Kepala Staf TNI AU dijabat Marsekal Ida Bagus Putu Dunia.

Moeldoko baru dilantik Mei lalu. Dia menggantikan Jenderal (Purn) Pramono Edhi Wibowo yang masuk pensiun. Sebelum menjadi KSAD, Moeldoko menjabat Wakil KSAD.

  3 Responses to “Calon Panglima TNI 2013”

  1. Setuju aja gan….klo perlu punya motto tegas nih panglima….lo nongol gue rudal….mef…lebih sadis lg belinya….sayang pajak gw n rakyat klo di korup…beliin aja apa kek senjata masa bodoh kawasan aspac meradang….

  2. wah pada sibuk mantengin postnya bung@nara nih…

  3. aku tidak tuh

 Leave a Reply