Jul 292019
 

Surabaya, Jakartagreater.com   –   Gubernur Akademi Angkatan Laut (Gubernur AAL) Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M., memberikan pembekalan tentang kepemimpinan era milenial (Millennial Leadership) kepada Calon Taruna dan Taruni (Catar) AAL angkatan ke-68 Tahun 2019 pada Minggu 28-7-2019 di auditorium gedung Mandalika, Akademi Angkatan Laut, Bumimoro, Surabaya.

Dihadapan 123 Catar AAL ini, Gubernur AAL memberikan motivasi agar tetap semangat mengikuti rangkaian kegiatan Bekcatar di AAL hingga selesai. “Saya berharap dari 123 orang Calon Taruna AAL angkatan ke-68 ini, semuanya bisa kembali lagi ke lembaga AAL dan mengikuti pendidikan”, kata Gubernur AAL mengawali pembekalan, yang diamini semua calon Taruna.

“Para calon taruna agar selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta tak lupa mohon do’a restu dari orang tua masing-masing,” kata Gubernur AAL.

Mengawali pembekalannya tentang Millennial Leadership, Gubernur AAL mengutip perkataan Presiden ke-32 Amerika Serikat, Franklin D. Roosevelt, yakni “Kita tidak selalu bisa membangun masa depan untuk generasi muda, tapi kita dapat membangun generasi muda untuk masa depan”.

Gubernur AAL berharap, agar para calon taruna sebagai generasi milenial untuk menyiapkan diri dengan bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan sehingga dapat terpilih menjadi seorang pemimpin masa depan.

Generasi milineal, menurut Gubernur AAL memiliki ciri-ciri, yaitu generasi yang lahir antara tahun 1981 hingga tahun 2000, saat ini memasuki usia produktif, tidak hanya unggul dalam ilmu pengetahuan tetapi sudah menjadi trendsetter dalam bidang sosial politik, inovatif, optimis, kompetitif, terbuka dan fleksibel, namun generasi ini memiliki daya juang yang rendah.

Gubernur AAL mengatakan, bahwa kepemimpinan era milenial berorientasi pada masa depan dengan menetapkan sasaran melalui visi dan misi yang jelas dengan menentukan arah, motivasi dan mendukung pencapaiannya.

Sedangkan hal yang perlu diperhatikan dalam membangun kepemimpinan pada generasi milenial, yaitu mengerti dan memahami visi kebangsaan serta karakter bangsa, berfikir strategis dan bertindak taktis serta dapat menyikapi tantangan globalisasi.

“Untuk menjadi sukses kalian harus disiplin, bisa mengendalikan diri dan harus punya karakter, ini yang terpenting, apalagi ditengah perkembangan teknologi dan globalisasi saat ini”, pesan Gubernur AAL kepada para calon Taruna AAL.

Dalam pembekalan tersebut, Gubernur AAL juga memperkenalkan tentang 11 Azas kepemimpinan TNI, kode etik perwira TNI serta Trisila TNI AL kepada para calon Taruna AAL. Kegiatan pembekalan diakhiri dengan sesi tanya jawab bagi para calon Taruna AAL angkatan ke-68 serta dilanjutkan makan siang bersama Gubernur AAL dan sejumlah pejabat utama AAL.

Selama 3 hari berada di Akademi Angkatan Laut, para calon taruna AAL ini menerima pembekalan tentang Profil AAL dari Dirrenbang AAL dan pembekalan tentang pengenalan kehidupan Taruna AAL dari Komandan Resimen AAL, serta melaksanakan tour facility dilingkungan Akademi Angkatan Laut Bumimoro.

Besuk hari, yaitu tanggal 29 Juli 2019, mereka para calon Taruna akan melaksanakan kunjungan ke beberapa Kotama TNI Angkatan Laut yang berada di Surabaya, diantaranya ke Koarmada II, Puspenerbal Juanda dan ke Pasmar 2. (Bagpen AAL).

Bagikan: