Jun 192014
 

image001

Tanggal 9 Juni 2014 yang lalu sampai dengan 20 Juni 2014, pesawat tempur dan helikopter Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) dan Royal Malaysia Air Force (RMAF) alias TUDM, melakukan latihan tempur bersama dengan sandi Cope Typhoon 2014 yang kalau di melayukan menjadi Cope Taufan. Latihan bilateral ini menandai beberapa tonggak kemajuan hubungan pertahanan antara Malaysia dan USA.

Armada yang terlibat :

TUDM

6 dan 15 SKN – BAE Systems Hawks 208
11 SKN – Sukhoi Su-30MKM
17 SKN – Mikoyan MiG-29
18 SKN-Boeing F/A-18D Hornets

USAF

131 Fighter Squadron, 104th Fighter Wing, Barnes Air National Guard Base, Massachusetts (F-15C)
199 Fighter Squadron, 154 Wing, Pangkalan Bersama Pearl Harbor-Hickam, Hawaii (F-22A)
19th Fighter Squadron, 154 Wing, Pangkalan Bersama Pearl Harbor-Hickam, Hawaii (F-22A)
36th Airlift Squadron, 374 Airlift Wing, Yokota Air Base, Jepang (C-130)
517 Airlift Squadron, 3rd Wing, Pangkalan Bersama Elmendorf-Richardson, Alaska (C-17)
535 Airlift Squadron, 15 Wing, Pangkalan Bersama Pearl Harbor-Hickam, Hawaii (C-17)
204 Airlift Squadron, Wing 154, Pangkalan Bersama Pearl Harbor-Hickam, Hawaii (C-17)

Latihan Cape Taufan 2014 melibatkan 3 pangkalan udara TUDM yaitu : Butterworth, Kuantan dan Subang dekat ibukota Malaysia Kuala Lumpur. Di Pangkalan udara ini akan dilakukan latihan direktorat dan fleksibilitas dalam menggunakan aset udara sebagai misi yang dapat digunakan untuk berbagai kepantingan di Laut Andaman di sebelah barat atau ke timur di Laut China Selatan.

Sebuah pernyataan dari Pacific Air Forces AS mengatakan: “Cope Taufan merupakan kesempatan yang baik untuk meningkatkan kesiapan gabungan dan kerjasama antara USA dan Malaysia, Latihan ini dititik beratkan pada superioritas udara, dukungan udara dekat, airlift dan dukungan udara taktis, serta peran SAR tempur. Latihan perang ini bisa dibilang adalah pertukaran teknik dan prosedur untuk meningkatkan kerjasama antara USA dan Malaysia”.

image002

Dari latihan ini dapat disimpulkan sebagai berikut :

Pertama, enam F-22As Raptor yang berdatangan sejak tanggal 6 Juni 2014, membuat RMAF adalah angkatan udara pertama di ASEAN yang mendapat kesempatan menjajal kemampuan Raptor ini dalam manuver-manuver latihan. Nilai belajar untuk RMAF yang didapat adalah keinginan untuk memaksimalkan kemampuan pilot-pilot mereka saat mendapatkan β€œsparing partner” pilot-pilot asli dari F-22 Raptor dan F-15 Eagle. Soalnya jarang-jarang pilot-pilot mereka mendapatkan kesempatan langsung seperti ini, latihan langsung dengan F-22As Raptor di wilayah udara mereka sendiri.

Sementara dari sudut pandang USA, pilot-pilot mereka mungkin akan menikmati kesempatan untuk terbang bertempur melawan pesawat tempur MiG-29 dan Su-30 yang nota bene buatan Rusia, yang bisa dibilang adalah musuh sejati mereka, alias pesawat-pesawat ini lah yang diprediksi akan sering dihadapi oleh petempur mereka.

Kedua, Cope Taufan akan melihat militer Amerika Serikat mengerahkan Joint Deployable Electronic Warfare Range (JDEWR) ke Malaysia untuk pertama kalinya. Bantuan Pelatihan ini harus memberikan nilai tambah pada TUDM karena akan memungkinkan fighters-fighters Malaysia untuk memahami dan menghargai bagaimana taktik tempur udara harus dilaksanakan. Hal ini dapat menimbulkan pergeseran pola pikir Malaysia dari pandangan platform sentris perang ke jaringan-enabled yang melibatkan platform yang terintegrasi bekerja sama satu sama lain. Hal itu akan menandai pergeseran paradigma dalam cara dan taktik bertempur mereka.

Ketiga, kuantitas dan kualitas aset udara Amerika yang diboyong ke Malaysia dalam latihan ini merupakan sinyal bahwa USA memang terlibat dalam kestabilan regional. Karena sebelumnya Singapura pun telah melaksanakan latihan serupa dengan sandi Tempa Saber yang dilaksanakan di Amerika sana. Hal ini menunjukkan bahwa USA memiliki alternatif lain kehadiran militernya di Asia Tenggara dan siap untuk bekerja sama dengan negara mitra selain Singapura.

Selain latihan tempur di udara, USA dan Malaysia juga melakukan latihan bersama unsur darat dengan sandi CARAT-Wira Elang (Wira adalah bahasa Melayu untuk Hero). Dimana skenario dalam latihan ini adalah menyerang dari laut, Pasukan gabungan mereka menyerbu pantai di Tanjung Resang, di utara Mersing. Latihan yang dimulai sejak tanggal 31 Mei 2014 ini melibatkan 729 orang prajurit dari kedua pihak.

image003

image004

Armada yang digunakan dalam penyerbuan pantai ini adalah LCAC hovercraft, ATM Vamtacs dan USMC Hummers, yang dilepaskan dari USS Ashland (LSD-48). Sementara kekuatan pendarat Malaysia terdiri dari unsur-unsur 9 RAMD (Para) (Rejimen Askar Melayu Diraja), yang merupakan bagian dari retak 10 Brigad Para (10th Parachute Brigade) dan Pasukan Atur gerak CEPAT atau (Rapid Deployment Force) angakatan darat Malaysia. Sekedar catatan : Pasukan dari 9 RAMD ini merupakan Batalyon terjun payung (LINUD kalo di TNI) dan juga spesialis pendaratan amfibi.

image005

Pada CARAT-Wira Elang kemarin, pasukan Malaysia setelah mendarat melakukan pertahanan udara di pantai pendaratan dengan mengerahkan unit MANPADS dengan tujuan melindungi gelombang berikutnya pasukan pendarat dari serangan oleh pesawat tempur musuh yang terbang rendah atau helikopter yang mencoba menyerang. Kemudian kekuatan gabungan tersebut melanjutkan pertempuran mengalahkan infanteri musuh dan peperangan hutan di Bukit Sisek, Mersing, yang menguasai area tersebut.

Dari latihan ini dapat disimpulkan sebagai berikut :

Bahwa latihan mereka ini bisa jadi merupakan satu pematangan taktik, kerjasama dan keupayaan operasi dalam menghadapi situasi sebenar-benarnya peperangan di hutan dan kawasan pantai.

by Β Pocong Syereem

Bagikan:

  237 Responses to “CARAT-Wira Elang dan Cope Taufan 2014 Tetangga Jiran”

  1.  

    Sekedar tambahan info bung satrio…Indonesia sepertinya sdh menjadi pesrta program CARAT ini sjk taun 2000an kalo ga slh ya…saya taunya para personel US NAVY ini nginepnya kalo di sby adlah di htl berbintang 5 dikawasan jln Mayjen Sungkono…hehehe heran jg latihan militer nginepnya di hotel bintang 5…mhn koreksi kalo salah, terima kasih

  2.  

    Assalamualaikum wr.wb
    ow ya bung PS, ada gk manpad yg bs narget kapal selam :v
    ya misal butuh alat yg d celupin kek teh celup terus dr survace orangnya nunggu sambil ngeker kapal selamnya :v
    kalau ada kan lumayan kapal nelayan aj bs rontokin kapal selam :v
    hehehe maaf kl ngaco πŸ˜€
    maaf oot an dikit πŸ˜€

  3.  

    @antonof: anda tahu dari mana spek sukro kita lebih rendah dari sukro alaysia?

  4.  

    Perkuat terus otot tni agar kita dapat memainkan diplomasi kita dikawasan.geser sedikit demi sedikit pengaruh asu dikawasan.sebab hanya kitalah yg menginginkan perdamaian,oleh sebab kita itu harus siap perang.

  5.  

    ini kan acara rutin au maling dan usaf yg di adakan setiap berapa thn sekalu gitu.
    jdi mgkin bkn efek dari latgab tni krna sdh direncanakan jauh hari sblmny.

  6.  

    Bung @antonov ,asu ingin mengetahui kelemahan sukhoi ,sedangkan sukhoi kita adalah aset penting pertahanan yg blm diketahui kemampuannya oleh asu.dari sekian banyak yg mengoperasikan sukhoi ,sukhoi indonesia msh misterius kemampuanya.mungkin jika diurutkan keingintahuan kemampuan sukhoi kita ada diurutan ke3 setelah rusia dan china.

    •  

      Bicara ttg Flanker, kita ada di urutan ke 4 Mas Orca, setelah Rusia, China. dan India/Malaysia. Ini fakta. lain soal kalau kita telah punya SU-35, atau telah upgrade SU-27/30 kita dengan radar Irbis E dan OLS-35, itupun kita masih kalah jumlah.

      •  

        dan berdasarkan fakta juga TNI beli sukro secara ngeteng ya bung, berawal waktu pemerintahan MW beli s27 flanker 4biji, terus tdk berselang lama si upin ipin beli 1squadron sukro s30mkm 16 biji,dan setelah itu RI mulai membeli lagi di jaman pemerintahan SBY sebanyak 12unit gabungan antara s27 dan s30 dan itu juga ga langsung 12bung tapi ngeteng juga, yang jadi pertanyaan itu yg 12biji ini dalamnya “GTman” atau “RIDERS”? kalo kita bisa membedahnya isi sukro yang 12 biji itulah kepuasan kita semua.

        maaf kalo oot tolong di koreksi salam buat semua penikmat kopi JKGR, yang selalu beraneka rasa

    •  

      bung antonov kan yang rakit shukoi TNI AU, jadi dia tau tuh spektek nya πŸ™‚

  7.  

    Bung @ ps…
    event tersebut (carat-wira elang dan cope taufan 2014) sebagai media bagi sonora untuk mengembangkan doktrin perang meraka (dgn bantuan ASU tentunya) yg mngkn brngkl sbg salah satu anti dot doktrin “senggol bacok” TNI…di sisi laen hendaknya TNI senantiasa mengasah strategi sehingga secara kualitas terjadi peningkatan dari waktu ke waktu…

  8.  

    @bung PS, bila anda membaca tulisan ini bearti anda sdh menyetujui apa yg menjadi syarat2 dibawah ini :

    tolong dong dibabar kisah2 yg terjadi pada awak hiu kencana selama bertugas di bulan ramadhan dlm menjaga NKRI

    salam hangat selalu “NKRI harga mati”

  9.  

    hehehe… :mrgreen:

  10.  

    assallamualaikum wr wb
    ijin melintas comrade PS :mrgreen:
    bagaimana hasil dari jepang nya comrade apakah jadi kita exe atau masi dalam wacana comrade????
    salam hangat saya buat anda comrade PS dan sekeluarga selmata bertugas comrade :mrgreen:

    •  

      Waalaikumsallam wr wb Bung Ngurah hehehe… udah oke kok, hanya kok ya banyak sekali yang mengkritik hahaha…. biasaaa itu Bung, salam hangat kembali Bung Ngurah dan selamat bertugas :mrgreen:

      •  

        @ comrade ps biasa kaum pesimitis kalo nga liat daleman nya yo ra percoyo comrade :mrgreen: biar pun tua kalo diadu one by one tuh barang ga bakalan mundur πŸ˜€ :mrgreen:

      •  

        Bung PS, kami percaya. Jadi inget cerita alm kakek saya saat perjuangan melawan penjajah. Dapat dikatakan kakek saya bukanlah militer murni namun nilai yang saya petik adalah militansi dan fighting struggle-nya “saat terkepung beliau dan 1 anak buahnya, menyelam di kolam/empang yang dalam dan tidak terawat hanya mengandalkan bantuan nafas dari pohon padi / oman”.

        Analisis jadi2an? namanya juga jadi2an. mau apa saja ya akhirnya jadi2an, gak murni, gak tulus dan gak bener.

        Kalo dalam organisasi saya sudah saya sikat habis karena meracuni yang lain.

        NKRI seijin Tuhan YME, PASTI JAYA!

        Salam kenal Bung PS

  11.  

    hehehehe kena setil ya comrade :mrgreen: sama ane juga sudah 3x kena setil πŸ˜€

  12.  

    Its okey kumendan..dari komen2 ente yg kesebar aje dah cukup..keamanan itu lebih baik drpd geger kumendan..salam hangat..selamat beraktifitas kembali..!

  13.  

    Wassalamualaikum wr wb. Bung Nara
    Waduh sayang sekali saya menunggu artikel anda Flanker vs F-35.
    Makasih dan salam.

  14.  

    raptor sudah dibawa paling dekat dengan Indonesia, artinya apa???

    ini adalah trik jualan si raja senjata. kalau ente mau lawan si garuda nih pakai yang ini si garuda kagak punya, mereka hanya punya f16 yang kita kasih barang bekas #ngikik

    kemarin ente ngacir kan di tanjung datuk gara gara di ping 4 lontong ..

    kita latihan aje dulu supirnya biar ngerasain tendangannya, setelah itu tanya tuh supir ente enak kagak bawanya…

    semua biaya ditanggung ente yah .. sekalian manas manasin si garuda #hihi …
    setelah itu ane tunggu invoice ente , ya ..

    begitulah kira kira cerita imaginernya
    maaf kalau bahasanya sableng

  15.  

    inget dong waktu anggota dpr plesir ke jerman. tuh jenral tante merkell mengagumi dan mengakui kualitas TNI walau alutsistanya dibawah tentara mereka…….

  16.  

    Salam kenal
    Bung nara… wah gagal geger dunia persilatan….hehe

  17.  

    Waduh ” luput “, tapi demi Nkri mboten punapa2 bung Nara.
    Maternuwun informasinipun.
    Salam kenal dan hangat buat bung Nara.

  18.  

    Wo alah pie cak! tiwas leh ku ngenteni njlengut! Asli kecewa.com

  19.  

    Tawuran yg mana bung.? Di blog mana ne Bung AMX.?

  20.  

    jadi nagih nih bung PS

  21.  

    waduh…. sayang sekali kena tilang, ga pake helm kali bung nara nya, hehe…

    •  

      hahahahahahaha………

    •  

      yah…, gagal dech.
      bung Gue sich pake di tunda dlu artikelnya.
      coba pas dikirim dari bung Nara langsung dinaikan artikelnya.
      udh Rugi Kopi 2 gelas sma 234 sebungkus buat ngeronda. Apes.. dah.

    •  

      Om @naraya itu rudalnya made in indonesia or rossia or tiongkok om ? πŸ˜€

      (Ngarepnya buatan lokal)

    •  

      bung nar@Raduga Kh-22 (Rusia: ?-22; AS-4 ‘Kitchen’) adalah rudal anti-kapal besar jarak jauh yang dikembangkan oleh Uni Soviet.

      Rudal itu dimaksudkan untuk digunakan menyerang terhadap kapal induk US Navy dan kelompok kapal induk, baik dengan hulu ledak konvensional atau nuklir.

      Kh-22 menggunakan mesin roket Isayev bahan bakar cair, berbahan bakar hidrazin dan IRFNA (menghambat asam nitrat red), memberikan kecepatan maksimum Mach 4,6 dan jangkauan hingga 600 km (320 nm). Hal ini dapat diluncurkan baik tinggi-ketinggian atau mode ketinggian rendah. Dalam modus ketinggian tinggi, naik ke ketinggian 27.000 m (89.000 kaki) dan membuat menyelam kecepatan tinggi ke target, dengan kecepatan terminal sekitar Mach 4.6. Dalam modus ketinggian rendah, itu naik ke 12.000 m (39.000 kaki) dan membuat menyelam dangkal di sekitar Mach 3,5, membuat pendekatan akhir pada ketinggian di bawah 500 m (1.600 ft). Rudal dipandu oleh autopilot gyro-stabil dalam hubungannya dengan altimeter radio.

      Tes Soviet mengungkapkan bahwa ketika muatan hulu ledak seberat 1.000 kg berbentuk (2.200 lb) digunakan dalam rudal, lubang yang menghasilkan diukur 5 m (16 kaki) diameter, dan 12 m (40 kaki) dalam.berarti kita udah pnya tu 22 dong?

    •  

      Woooooowwww..
      Mantap banget..
      Bisa2 bikin geger dunia pendekar..
      Makasih banyak @om Nara bocoran’y..
      Makasih @ om syaiful tambahan pengetahuan’y..

  22.  

    bisa kah dibuat garis besarnya aja bung nara? tanpa tabel dan strategi tentue hehe, udah terlanjur penasaran soale

  23.  

    Dibuat novel aja pake nama samaran biar bisa lolos sensor bung nara. Seperti novelnya bung satrio. Yang penting clue nya masuk. Ngarep.com.

  24.  

    yah eyang nara, akunya jd kecewa neeh, mending dibikin kaya dongeng aja eyang, biar bisa bobo dengan tenang.

    dibikin ala warjag neh.

    xixi…

    trus bung ps mana true story lanjutannya…..

    di tunggu masa minggu ini gak ada hot topik sih yang bisa bikin cetar membahenol

    salam sehat buat keluarga semua

  25.  

    Cuk cuk…Bung @Nara keno tilang, weteng wis kadung plempoken wedang kopi lha kok ra sido…gathel..gathel…koq ditilang barang, wis mene2 tak tunggu cuwilan2ne ae. Ojo lali Cak @Nara dicuwili wae…

  26.  

    s300 s400 s500 ada gak ya paket s150 s 200 lebih murah kira2 dengan dana yang terbatas bisa dapat banyak he he seandainya ada di modif aja semua supaya bisa dipasang di fregate (pingin liat klewang dengan prrsenjataan oerlikon skyshield+s300 mantabs

  27.  

    Itu foto2 di artikel Raptor bawa drop tank : ini adalah foto yg jarang, apalagi kalo lagi terbang . Kalo bawa cantelan jadinya bukan siluman lagi.

  28.  

    Terima kasih sekali bung Nara, yg banyak memberikan kontribusi bagi kami. Kami juga minta maaf klo ada kesalahan. Kami tetap menunggu sumbangsih dari bung nara dan teman2 yg lain.
    Salam hangat dari kami

  29.  

    wahh… Bung @Nara nya kena sentil.. πŸ˜€ yo wis rapopo lah yg penting keamanan NKRI tetap terjaga.. Salam hangat Bung @Nara.. πŸ˜€

  30.  

    kena semprit, kuciwa berat..

  31.  

    apa blog sebelh bung?bisa d share.

    Tks

  32.  

    Warjag gagal klimax..hehe
    Kalo nanya pada ala paparazi
    Di kasih clue minta lebih..di kasih lebih minta di beber gamblang..sang narasumber ke pancing akhirnya pada di toyorin atasan..

    Hmm..ulala..

  33.  

    Pilot2 Su-27/30 kita kalau ngebet mau coba lawan F-22 tinggal siapkan saja beberapa di Natuna atau Manado buat mencegat F-22 waktu mau pulang balik ke Jepang atau Hawaii. Kalau lewat beneran tinggal pura-pura saja perlu atau salah identifikasi. Kan lumayan kalau ketemu beneran bisa foto bareng Su-27/30 kita sama F-22 masuk JKGR. Hehehe…

    Salam.

  34.  

    Kalau Bung Nara ga berani posting edisi kedua biar saya yang posting saja:

    TNI JOINT EXERCISE 2014 – The Untold Scenario (Part 2: Pre-emptive Strike)

    Skenarionya terjadi di laut tepatnya di Zona Ekonomi Ekslusif. TNI menerbangkan pesawat pengintai maritime seperti Boeing 747 dan CN 235 MPA. Armada laut musuh terdeteksi di ZEE. Guspurla berangkat ke lokasi. Terjadi pertempuran laut BVR dengan rudal-rudal dan operasi anti kapal selam.

    Udah gitu aja… HOAXnya mohon ditambahi sendiri.

    •  

      udah gregetan seperti nya bung Kobu ini πŸ™‚

    •  

      Bagaimana mau pre-emptive strike lha wong pswt tempur kita cuma 16 Flanker, 7 Viper plus segelintir Hawk. Ditambah 24 Viper bekaspun masih kurang. Daya gempur kurang dan terlalu berisiko.

      Kalau sudah di ZEE itu namanya bukan premptive tapi sudah tahap 2 zona pertahanan (tahap 3 pertempuran darat). Skenario ini mungkin lebih sesuai.

    •  

      syaiful says:
      June 20, 2014 at 10:04 pm

      bung nar@Raduga Kh-22 (Rusia: ?-22; AS-4 β€˜Kitchen’) adalah rudal anti-kapal besar jarak jauh yang dikembangkan oleh Uni Soviet.

      Rudal itu dimaksudkan untuk digunakan menyerang terhadap kapal induk US Navy dan kelompok kapal induk, baik dengan hulu ledak konvensional atau nuklir.

      Kh-22 menggunakan mesin roket Isayev bahan bakar cair, berbahan bakar hidrazin dan IRFNA (menghambat asam nitrat red), memberikan kecepatan maksimum Mach 4,6 dan jangkauan hingga 600 km (320 nm). Hal ini dapat diluncurkan baik tinggi-ketinggian atau mode ketinggian rendah. Dalam modus ketinggian tinggi, naik ke ketinggian 27.000 m (89.000 kaki) dan membuat menyelam kecepatan tinggi ke target, dengan kecepatan terminal sekitar Mach 4.6. Dalam modus ketinggian rendah, itu naik ke 12.000 m (39.000 kaki) dan membuat menyelam dangkal di sekitar Mach 3,5, membuat pendekatan akhir pada ketinggian di bawah 500 m (1.600 ft). Rudal dipandu oleh autopilot gyro-stabil dalam hubungannya dengan altimeter radio.

      Tes Soviet mengungkapkan bahwa ketika muatan hulu ledak seberat 1.000 kg berbentuk (2.200 lb) digunakan dalam rudal, lubang yang menghasilkan diukur 5 m (16 kaki) diameter, dan 12 m (40 kaki) dalam.berarti kita udah pnya tu 22 dong?

  35.  

    Lahand andga jadiand dibabariand ? …
    Galau …

  36.  

    Bung nara, akhir2 ini kenapa yaa koq q sering lihat pespur2 sering lewat di langit krian…kira2 ada apa yaa bung? Burung2nya dah pada dateng yaa?

  37.  

    wah, commandante nara, sayaaang sekali ya?..Ya semoga puas melihat debat tanggal 22 sajalah. kemarin ngobrol dengan bung freax, masalah kitiran strata 3 juga ndak cetis..!?..Tabik Commandante…Kalau bocoran yang aluuss lagi lain dinanti-nanti pak..Bukan diengkok-engkok…

  38.  

    wah, gara gara kita ndan nara kena toyor deh. maaf ya ndan.!

    sedih.com :'(

    maaf cuman komentar anak alay yg sdg labil

  39.  

    bung ps tuh ks malay msh berpungsi ap gak kl gax djual ane mau nampung mayan buat mainan hehehe

  40.  

    takut dia ma indonesia makanya nyari yg lembek kaya negara ente