Jul 082017
 

Perusahaan produksi sains TEMP-3000 berhasil menguji helm tempur Kaska-1M barunya, dan sekarang militer Ukraina dapat mulai mengenakan bagian perlengkapan pelindung lapis baja personel yang dirancang khusus untuk melindungi kepala selama pertempuran, seperti dilansir dari laman Defence Blog.

Perusahaan TEMP-3000 tersebut, memproduksi helm tempur komposit pertamanya yang terbuat dari serat para-aramid pada tahun 1995. Adapun sekarang ini, untuk produksi helm komposit pelindung tubuh, perusahaan telah berhasil menguasai pembuatan serat balistik para-aramid TeijinTwaron yang dilapisi dengan bahan pengikat polimer termoaktif untuk menghasilkan “prepregs” atau serat yang diperkuat.

Tekanan panas dari prepregs memungkinkan untuk menghasilkan produk yang padat dari berbagai bentuk pola. Bahan lain untuk helm yang diproduksi oleh perusahaan itu adalah UHMWPE (Ultra High Molecular Weight Polyethylene).

Desain helm:

  • Permukaan luar helm dilapisi dengan komposisi anti air tahan lama poliuretan dan dicelup dengan pewarna matte.
  • Helm memberikan perlindungan kepala dari serpihan proyektil artileri, ranjau, granat, dan peluru pistol kaliber 9 mm.
  • Suhu operasi adalah dari -40 °? sampai +50 °C
  • Bentuk permukaan luar helm memungkinkan untuk dilengkapi adapter rel dan pemasangan perangkat night vision.
  • Resistansi balistik V50 saat pengambilan gambar simulator fragmen FSP dengan berat 1,1 gram dengan kecepatan tidak lebih dari 650 m/s.

Belum lama ini karyawan Temp-3000 telah memperoleh konfirmasi positif dari pekerjaan mereka, baik dalam produksi helm balistik dan penerapan standar NATO untuk memeriksa stabilitas produk balistik di Ukraina.

Sebuah helm pelindung yang paling umum telah dibawa ke Teijin Hochhaus, Wuppertaler Schwebebahn, Jerman untuk dilakukan pengujian. Helm tersebut saat ini dipasok untuk Angkatan Bersenjata Ukraina dan struktur bersenjata lainnya.

Helm balistik aramid Caska-1M tanpa peralatan internal telah diambil langsung dari jalur produksi.

Prosedur pengambilan produk pada parameter V50 itu telah sesuai dengan STANAG 2920 – prosesnya cukup panjang dan terkadang membosankan, agar mendapatkan hasil yang pasti, perlu melakukan minimal 20 tembakan.

Sebagai elemen perusak, maka digunakan simulator pecahan (FSP) seberat 1,1 gr., material, bentuk dan dimensi seperti yang dideskripsikan dalam standar STANAG 2920.

Proyektil uji FSP untuk STANAG 2920. © Dylan Malyasov

Seluruh kompleks uji stabilitas anti-fraksi sesuai standar STANAG 2920 di Wuppertal, helm Temp-3000 mampu bertahan dengan jelas, menunjukkan hasil V50 dengan kecepatan 660 m/s.

Tentu saja kesimpulan tersebut menyenangkan para spesialis dari perusahaan TEMP-3000 karena sepenuhnya sesuai dengan hasil uji balistik yang telah diterima dari para insinyur di laboratorium Ukraina selama pengujian STANAG 2920 dalam 2 tahun terakhir.

Helm Caska-1M buatan TEMP-3000, Ukraina © Dylan Malyasov

Pengujian di Wuppertaler, Jerman telah sepenuhnya mengkonfirmasi kebenaran penerapan standar STANAG 2920, kepatutan metode yang digunakan dan identitas pekerjaan alat uji yang ada di Ukraina.

Dan ini berarti bahwa kinerja saat ini jauh dari batas yang telah ditetapkan oleh Temp-3000, karena pada saat ini bahkan material dan teknologi yang lebih canggih telah dihasilkan, yang penggunaannya akan memungkinkan peningkatan kekuatan anti-fraksi yang terus berlanjut dari helm balistik buatan Ukraina.

Bagikan:

  3 Responses to “Caska-1M, Helm Tempur Baru Buatan Ukraina”

  1.  

    sudah tidak berguna kah pertamax? kasiannyaaaaa…padahal bulan2 lalu, ada aja org yg mimpi dpt pertamax, tp skr di abaikan…pd kemanakah org2 ini? mengapa sampai membuang2 pertamax, hadeeuueuuhhhh…

  2.  

    apakah pertamax sudah tidak penting???

 Leave a Reply