JakartaGreater.com - Forum Militer
Jun 182015
 

image

Jakarta – Militer dan alat utama sistem pertahanan (Alutsista) Indonesia dikabarkan sudah mencapai peringkat 12 terbesar di dunia. Padahal tahun lalu, Indonesia masih menempati posisi ke 19 dunia.

Demikian disampikan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu saat berbincang dengan wartawan, Kamis (18/6/2015). Diungkapkan Ryamizard peringkat itu berdasarkan penilaian lembaga internasional.

“Bulan April lalu, berdasarkan hasil penilaian lembaga internasional yang kredibel, Indonesia sudah berada di posisi 12 alutsista terbesar di dunia. Kedepan kita harus masuk 10 besar,” ujarnya.

Untuk itu, kata mantan KSAD ini, pemerintah akan terus mengajak semua pihak, termasuk BUMN dan perusahaan swasta dalam negeri yang begerak di persenjataan guna sama-sama meningkatkan kemampuan memproduksi alutsista sendiri.

“Hal ini dilakukan agar alutsista Indonesia tidak lagi bergantung pada produk luar negeri. Kita harus produksi di dalam negeri. Itu salah satu indikator penilaian terhadap alutsista kita jadi 10 besar nanti selain faktor anggaran dan kekuatan senjata,” kata Ryamizard.

Meski begitu, Ryamizard meyadari bila alutsista hanya faktor tambahan menghadapi perang atau peningkatan pertahanan. Faktor utamanya menurut mantan Pangdam Jaya itu adalah semangat dari manusianya.

“Ancaman negara kita sudah tidak ada, ngapain beli alutsista yang seram-seram. Yang jadi pokok utama pertahanan Indonesia adalah manusianya,” ujarnya.

Menurut Ryamizard makin banyak manusia Indonesia yang berkualitas menguasai teknologi, termasuk dapat memproduksi produk senjata dalam negeri, makin banyak musuh yang takut terhadap Indonesia. Namun di balik itu semua yang terpenting semanagat perjuangannya.

Ryamizard pun mencotohkan bagaimana saat penjajahan dulu, Indonesia ataupun Vietnam bisa melawan Amerika atau Belanda hanya dengan senjata yang sederhana.

Jadi menurut dia, percuma jika penambahan alutsista besar-besaran tapi tak seiring semangatnya. “Itulah makanya kekuatan semangat perjuangan manusia Indonesia sangat penting,” ujarnya.

Tribunnews.com

Bagikan:

  129 Responses to “Catat, Militer dan Alutsista Indonesia Peringkat 12 Besar Dunia”

  1.  

    pasang rudal nuke aja pak 10 biji dijamin ga ad ayg berani

    •  

      Ancaman sudah tidak ada tp ambalat di terobos terus, pengungsi di dorong dorong sonotan. Perang vietnam di jadikan contoh itu jaman kapan kali Pak Deeeee……mending klo hutannya masih rimbun, wong hutan aja habis sama cukong cukong yg “gk pernah di basmi

    •  

      WEW nebeng lah, Mantabss tahun lalu peringkat 19 sekarang 12 tahun depan 10 besar AMIN

      •  

        “Ancaman negara kita sudah tidak ada, ngapain beli alutsista yang seram-seram.

        YG ini bikin lemes. kalo Ausi apa ada ancaman nya ampe borong Kapal Selam Soryu Class sm F-35

    •  

      Walaupun Kita 12- ngak merasa aneh ?? asutralia selalu Ngikutin kita dari kita 19 aus 20 – kita 14 aus 15 – 12 aus 13 ???
      sesuatu BGT

    •  

      Gak penting Peringkat 12 itu Pak De. Para MALONERS sedang menggoyang kita dengan goyang patah-patah. mulai Malayshitt, Aushiit, Sampai Singaporno mereka semua tergabung FPDA nya british yg jelas Peringkat 5 dunia Pak De.

      Sehingga Indonesia gak masok catatan dan Tidak tercatat. alias Lemah. Jadi buat apa di catat. Nasib Indonesia akan segera di gangbang Pak De oleh para MALONERS, itu yg harus DI CATAT. hmmmmmmmmm

    •  

      kebanyakan yg coment masih amatiran 😀 pak RR itu mantan tentara jadi ngertilah kebutuhan prajurit, beliau hanya ingin prajurit TNI mencontoh semangat tetntara jepang yg terkenal berani dan pantang menyerah bahkan mrk berani melakukan herakiri jika gagal, ambil contoh tentara belanda dgn senjata standar sekutu yg berabad-abad bercokol di nusantara dlm waktu singkat bisa didepak jepang tentu bukan hanya faktor senjata walau juga sangat menentukan tetapi semangat yg tdk kalah penting,semoga sudah paham statement pak RR bkn karena belaiu dekat dgn bu mega jadi ikut di benci juga :-D…….

      •  

        Anda benar, saya salah dalam pendapat, RR menyatakan mengenai harakiri itu hanya sebagai contoh saking disiplin dan semangatnya tentara Jepang waktu itu dan menyemangati personel TNI untuk mengikuti semangatnya namun bukan mencontoh harakirinya,

      •  

        Tapi apakah tentara jepun jaman sekarang mau harakiri ?? Belum tentu cuyy.. di PD II, semangat doang ga cukup…. dengan semangat mereka akhirnya juga habis… soale mereka ga punya supply persenjataan yg continue krn pabrik2 mesin dicukur habis sekutu. Meningkat moral pasukan juga slah satunya krn senjata mereka mumpuni..

      •  

        mau bagaimanapun tetep alutsista punya andil besar…. tentara jepang itu alutsistanya mumpuni,,, semangat prajurit juga top….. jadi memang haru sseimbang antara semangat prajurit dan alutsista.. tengah pearl harbour, itu dihajr pake pesawat, bukan pake bambu runcing

    •  

      peringkat 12 terbesar di dunia dari mananya??? 😀 apa karena borong satu jenis senjata dlm jumlah banyak? ingat pertahanan kita banyak yg bolong, dari laut masih ada celah yg blm terjaga yg bisa di susupin kapal selam negara asing terutama ALKI,di udara masih ada wilayah udara yg blm terpantau radar bahkan radar sendiri sudah ujur dan ketinggalan teknologi padahal sekarang jaman pesawat siluman dan ausis dan si upil memiliki itu dan pertahanan udara kita lemah, ambil contoh myanmar sudah memiliki rudal SAM medium sedangkan TNI masih main SAM panggul jarak pendek padahal ancaman udara makin meningkat dgn hadirnya rudal BVR. so, cap peringkat 12 terbesar hanya penghibur lara 😀

    •  

      Paradok Informasi … ape yang dikate sama yang dibuat bede …

  2.  

    Wah payah, harusnya alutsista kita yg gahar2, bkn cuman manusianya saja.

    •  

      Manusia juga penting sih, mari kita lihat tentara israel mereka untuk alutsista sudah sangat cadas dan gahar tapi apa yang terjadi ketika menghadapi rakyat palestina yang bersenjatakan bebatuan dan seakan2 siap mati setiap detik, tentara israel lumayan jiper jika head to head.

      •  

        memang benar bahkan waktu perang kemarin saking takutnya head to head sampai sembunyi di rumah2 warga palestina yg akhirnya diusir sama yg punya rumah. ada di you tube.

    •  

      lho kata bung kun to qta sdah tiga bsar, dikit lagi dua besar mo balap rus, masuk akal, sampe2 kekuatan asyu 60% + fpda, pusing asyu perang banyak front

  3.  

    Mantap .. Semoga Mef 2 tercapai .. Dan semakin gahar tni ke depan ..

    •  

      kayaknya pak menhan juga mantau JKGR,, pernyataan beliau seolah menjawab hujatan WarJag yang kemaren2 biarpun belum memuaskan….

      •  

        Silahkan anda ketik alutsista di google maka yang muncul adalah jakartagreater diurutan 3besar teratas, itu dikarenakan komen para warjag yang atraktif dan pengikutnya yang banyak.

        Sukses buat admin, bung diego dan bung gue juga, semoga iklannya tambah banyak.

        Hehehe…

      •  

        Anda mau…indonesia…dikurung…n jadi bulan2an bom,,

        Walaupun ssh diduduki…tpi menderita…
        Akan lebihbbaik…apabila tidak diganggu2.

  4.  

    Susahnya pertamax

  5.  

    Mudah mudahan bisa 10 besar abis lebaran

    •  

      “Ancaman negara kita sudah tidak ada, ngapain beli alutsista yang seram-seram. Yang jadi pokok utama pertahanan Indonesia adalah manusianya,”

      Perang jaman sekarang gak cuma mengandalkan manusianya PakDhe. Pertahanan ga kuat sm aja kita ga punya taring.

      Bagaimana mau menjadi negara besar jika tak mempunyai militer kuat?
      Bagaimana mau mempertahankan keutuhan NKRI jika militer kita lemah?

      •  

        Banyak ahlinya kok di indonesia..semua daerah punya keahlian masing masing..kita bisa kirimkan saudara kita yang dari madura untuk sabotase alutsista tetangga..jamin..baut baut nya semua ilang di preteli..hehe..

  6.  

    Borong ICBM nya de ruski sdh d lelong karena bekas. Biar tambh hot kawasan.

  7.  

    mantab pak RR…

  8.  

    menhanya kalah gahar sama yg sipil kemarin.

    •  

      bener menhan yang sipil kemarin beli yang bekas itu pun dah dibakar satu. menhan sekarang malah belum beli?.

    •  

      pak pur mksdnya??.. ane setuju bgt klo itu,apalagi duet sma wakilnya.spt inilah hasil krja mereka.mudah”an pak RR bisa melanjutkan program yg sdh d buat oleh mreka dgn menekankan SDMnya.Alutsita Oke,,SDM Wajib.

  9.  

    “Ancaman negara kita sudah tidak ada, ngapain beli alutsista yang seram-seram. kan wajah saya udah seram” ujarnya.
    yaaa…elllah bosss..jangan kerana muka ente sudah seram terus musuh jadi jiper…bukan berati kita kagak perlu belanja alutsista.nih engkong cocoknya jadi Menteri Urusan KAsih SeMangat disinkat:MUKA ASEM

  10.  

    Semangattttt…..!!!!

  11.  

    Maknyooosss….

  12.  

    Semangat membangun alusista dari keringat sendiri itu yang pak RR maksud

  13.  

    Pernyataan kontroversi itu maknanya tidak sesederhana pikiran kita…..Amin YRA

  14.  

    jika perang di lcs benar-benar terjadi dan berkecamuk ,,bumm …awas ati2 jilat ludah ndiri ntar

  15.  

    Nyimak, nih pembahasan yg bagus, alutsistanya saja 12 besar itu belum personilnya lho ya, hahahahha

    #salam 099/183

  16.  

    jangan Hays pujian Dari lembaga asking,bisa saja lembaga itu titipan asking untuk membuat kit a lengah,jujurlah dengan diri sendiri,kit a masih but uh tambahan alutsista until memperkuat pertahanan,jangan berpuas diri dengan dikatakan peringkat 12,mari berkaca dengan diri sendiri,apa jujur kit a sudah peringkat 12dunia,saya pikir asing berbuat demikian agar kita berpuas diri dan stagnan dalam perkembangan alutsista negara,seperti jebakan batman,buat pengambil kebijakan diplomasi apapun yangnkita lakukan tidak akqn didengar jika pertahanan kita tidak diakui kehebatannya

  17.  

    Ada 2 pernyataan MenHan yg kontradiktif..di satu sisi TARGET kita masuk ke 10 BESAR KEKUATAN DUNIA..itu artinya PENAMBAHAN ALUTSISTA baik dari Luar/Dalam negeri..satu sisi mengedepankan sisi kemanusian (SDM) ini artinya apa..?? ada yg bisa jawab..?

    •  

      bener om paragraf awal dan akhir juga gitu kalau dicermati.
      “Jadi menurut dia, percuma jika penambahan alutsista besar-besaran tapi tak seiring semangatnya.”
      yang jadi pertanyaan juga masak sih TNI sekarang g ada semangatnya wong sesama temen kesatuan aja senggol bacok apa lagi sama orang-orang yang meganggu kedaulatan NKRI.

    •  

      Pak RR ini dulu kejem, galak, sering dbilang doyan Perang.
      Setelah menjabat MenHan beliau tambah dewasa dalam hal menyampaikan pernyataan ddepan media.
      baru2 ini Kita sebagai Rakyat kadang gemes jg kalo mendengar pernyataan beliau, kurang tegaslah, mlempemlah, MenSar lah.

      Menurut saya sbenernya beliau tau cara meredam kawasan.
      Didepan media beliau berbicara halus, dbalik itu saya yakin beliau sudah menyiapkan antisipasi keamanan Indonesia kedepannya.

      Pak RR bukan jendral kacangan, dia lebih tau dan paham kondisi Indonesia sa’at ini.

      Saya lebih yakin MenHan sekarang dripada yg kemarin.
      Masih ingat saya dngan Pernyata’an beliau pas maen ke Russia, dsana juga ada pihak Iran jg “Dulu Indonesia thun 60an di segani dikawasan krna hub baek antara militer Indonesia dan russia, beliau ingin hub antara Indonesia dan russia lebih erat lagi dan kembali ke masa keemasan dulu lagi terulang.

      Salam Bung Naufal

    •  

      Bahasa politis bung, trik membaca bahasa politisi sudah pernah sy babar.

      Hehehe… percaya saja 2018 kita sudah berada diposisi 6-8 dunia.

  18.  

    Bener jg pak,.
    Singapor senjata serem2 tp prajuritnya lemah gemulai,.hehehehehe,.
    Mirip lekong spb roxy,..

  19.  

    Kalau memang di nomor 12 dunia kasi list yg gahar2 dulu hayo

  20.  

    Anda tidak mabuk bung, dana sebesar itu ada dan digunakan

  21.  

    Q mrasa membatin dn males baca,, klo RR dah brbicara mslh alutsista.. Dia pikir prang jman skarang cma bkal adu jotos doang.. Sipil pun bisa modarin tntara profesional klo tntara pgang bambu runcing. Sdangkan si sipil bawa granat.

    Klo gt ayo pak q tangtang kau,, pak RR lmpar batu w lempar bom pipa.. Trus siapa yg bkal modar???…

    Nesu tnan q..

  22.  

    Kagak ada enak2nya omongan menhannya.dasar kentut

  23.  

    Wah kalo baca pernyataannya sih mungkin beliau sudah lebih kalem krn sudah gak ada beban membawa pasukan berbeda saat bertugas di lapangan tanggung jawab dipundak beliau
    Target Pengen masuk 10 besar dunia tapi gak mau beli Alutsista yg serem2 adakah yg paham maksdnya? Maksdnya Alutsista serem kategorinya seperti apa ya ?

  24.  

    Menhan sipil yg kemarin komentnya gahar-gahar…. jd bikin semangat prajurit. Tp kok menhan dari tentara malah bikin lemes ….gimana mau semangattttt…..

    •  

      bener menhan kemarin semangatin prajurit walaupun cuma bekas-bekas dan mau beli 10 kapal kilo yang ditawarkan rusia sampe-sampe pidatonya diliput media, tapi????. sedangkan menhan dari tentara malah belum beli?.

  25.  

    tetangga ane anggota tni ad,,,,,weleh waktu saya tanya,,,apakah siap indonesia kalo perang????jawabannya cukup tegas bilang “siap”.tapi kalo lawannya perserikatan commonwealth gmn apa bs menang????jawabannya malah agak ragu,itu si perkumpulan nyonya eli alutsistanya gahar2,,,,apalagi punya pesawat yg canggih dlm jumlah banyak…apa bs menang????…….kesimpulan dari jawaban tetangga saya adalah kalo ada perang tni harus siap,,,,ga tau siap kalah ato menang

  26.  

    Mending RR g usah banyak bacot deh..nyebelin kalo kalo ngomong…Tidur saja sono.
    Tampang Gahar ..mental banci

  27.  

    Semangat boleh asal jangan jadi kacung cukong

    Baik boleh sama cukong karena ada pekerjaan yang sudah terselesaikan dengan baik tapi ada yang lebih penting yaitu kepastian.. kepastian hukum, profesioan serta kepastian NKRI Jaya serta rakya sejahtera!

  28.  

    banyakin alutsista mutan aja pak RR,luarnya su 27 dlm nya su 35. luarnya kapal bakamla tp dlm geladaknya penuhin dgn rudal2 mutakhir. ane yakin. klo perang beneran bikin musuh kleyengan.dikarenakan tiap alutsista itu mahal jd buat strtegy se epektip mgkin, klo ada yg mau tot EMP manfaatin, minimal kita punya anti dotnya. syukur2 bisa bikin EMP sndiri.( sotoy mode on)

  29.  

    pak menhan RR ndak keliru2 amat kok. buktinya yang paling nyata dijpeperangan jaman sekarang
    ISIS tidak punya senjata yang canggih2 lawan amerika dan koalisinya, tetep tdk kalah.. malah semakin merajalela, wilayahnya dari hari ke hari semakin luas.

    pemberontak houthi juga tdk punya senjata canggih2 buktinya sampai sekarang juga belum tumbang melawan koalisi arab saudi.

    Pemberontak Suriah tdk punya senjata canggih2 tdk kalah & tetap eksis melawan senjata russia dari tentara rezim assad.

  30.  

    Menhan seharusnya periksa kesehatan, mngkin beliau kena hernia…jd ngomongnya suka kacau….

  31.  

    Gak usah mikirin peringkat Dunia lah …
    Gak ngaruh ikutin peringkàt Dunia … ntar mabuk kepayang percaya diri
    yg penting bangun sista gahar buatan anak bangsa plus kesejahteraan prajurit jg ditingkatkan … ntar jg kita bisa jadi terkuat di Asia Tenggara trus bisa jadi macan Asia lg … Semoga

  32.  

    Pantes pak menhan anteng .alutsista kita udah dimana mana.hehehe… jadi keingat yg dibilang bung yayan.anggaran ghoib militer kita lebih gede dari APBN.

  33.  

    Benar gandeng BUMN dlm negeri.kalo kurang kantor pindah in ke singapor.spt kta bu RS,alutsista peringkat 12.mungkin kalo bisa ditampil kan penyuplai TKI bisa no.1.

  34.  

    gimana gak aneh,dan kontroversial omongannya pak menhan,di situs info pertahanan dunia pak menhan kalau gak salah pak menhan bilang kalau indonesia perang hanya,hanya bertahan 3 hari,dan itu diucapkan beberapa bulan yg lalu msh 2015,nah sekarang bilang peringkat 12 kan aneh dan kontradiksi,pak menhan juga bilang alutsista tidak perlu banyak2 yang penting semangat,pesawat Malaysia mondar mandir diambalat eh…dibilang ITU biasa…emang kurang bijaksana Kenya bpk INI…memang untuk jd menhan tdk hanya harus tahu militer saja taping diplomas I juga,,taping dibilang diplomas I katanya pak menhan jg gak…kaami semua hanya titip pesan kepada pemangku kepentingan ,to long harga diri bangs a kit a jangan diremehkan apalagi jangan sampai ada kepentingan ……bravo nkri

  35.  

    Jangan hanya semangat 45 pak. Alutsista juga penting.

  36.  

    Pak RR ini mirip sama pak SBY,
    Strategi untuk mengalihkan perhatian terhadap publik tentang alutsista ya keren..

    #analisis tukangketan

  37.  

    mee1 peringkat 12 karena persaingan makin ketat mee2 peringkat 10 mee3 peringkat 8 nah habis mee terpenuhi tinggal MXEE maximal peringkat 4 dan di peringkat 4 ini indonesia sdh bisa bikin rudal balistik,,hehehe

  38.  

    Anggaran besar tp duitnya gk dibelanjakan alutsista. Wajib dipertanyakan !!

  39.  

    Udahlah jgn cuma pada pinter ngomong doang ..tuh pak RR dan TNI pasti lebih paham dan tau cara menjaga kedaulatan NKRI..emang yakin gaya bahasa pak RR di dpn prajurit sama kaya ke jurnalis sipil??
    Gak semua bahasa dan rahasia militer bisa dibuka ke sipil kan,,kita hrs pinter nelaah jgn lngsung ditelan dong..

  40.  

    Kalau tau cara menjaga kedaulatan NKRI, knapa tuh para malon gk ditindak bung.
    Jgn bilang diam itu emas.. Karna kalo kebanyakan diam tanpa tindakan ambalat bisa hilang

  41.  

    Pak … jgn bikin ane kecewa dgn omongan bpk… ane pgen ngeliat tni itu kuat….masa jaman skrng suruh berantem make tangan kosong….
    Dah lama pak ane nunggu alutsita yg gahar,………moga bpk baca ini trs dipikirin sambil ngopi….

  42.  

    apa bener militer & alusista Indonesia no. 12 terbesar didunia?. bila suka membandingkan dgn vietnam, coba dilihat lagi dgn teliti bagaimana profil militer & alusista vietnam.
    TNI 3 matra sebagai pelaksana lapangan masih saja mengeluh kurang ini, kurang itu, kok menhan kata²nya terbalik² dgn keadaan nyata yg dihadapi.
    semangat memang penting, tp semangat dgn melihat keadaan masa lalu tdk relepan lg dgn sekarang, apa iya bila Indonesia berperang rakyat merasakan seperti yg lalu, jd korban penindasan serta pagar betis alusista lawan.
    baiknya menhan batasi omongan yg bertentangan dgn tugasnya, lebih baik fokus hadapi sparatis yg terang² mengirarkan makar, pikirin cara efektif biar tetangga yg selalu merendahkan serta menginjak harga diri bangsa ini berpikir untuk berani mengulang² kembali tindakannya.

  43.  

    Buat apa beli yg sista yg serem2, tp prajuritnya melempem.
    Lbh baik beli sista yg sgt serem, tp prajuritnya pantang menyerah, gagah berani, & kalem2.
    Hehehe!
    Jayalah TNIku!

  44.  

    Jangan cuma dicatat tapi perlu juga diingat kalau cuma semangat tanpa dibekali alutsista yg mumpuni qta akan selalu dilecehin oleh tetangga jiran qta pak

  45.  

    Ingat, peringkat tidak hanya ditentukan oleh jumlah alutsista + prajurit dll tapi juga oleh konsep dasar C4ISR (Command, Control, Communications, Computers, Intelligence, Surveillance and Reconnaissance), dan Logistik (termasuk Command & Control).

    Rudal Flanker hanya cukup untuk 1 – 2 kali sortie, lalu habis. Penyimpanan rudal itu ada syaratnya, tidak bisa di sembarang gudang, harus memperhatikan selain safety juga temperatur dan kelembababan, jangan sampai seperti Exocet KRI Bung Tomo yang begitu ditembakkan langsung nyungsep. BBM hanya untuk 3 hari. ISR , kecuali sistem Kohanudnas, boleh dikata tidak ada. Setelah 3 hari, ya kita hanya duduk2 saja tunggu nasib.

    Intinya adalah Menhankam jangan terlalu bangga, perbaiki dulu konsep dasarnya baru boleh membual.

  46.  

    Menurut pendapat saya, Global Firepower didasarkan pada konsep cacat yang membuat daftar sia-sia.
     
    1. Mereka mengurangi semua dampak yang merupakan peralatan yang lebih baik. Dalam perhitungan mereka, A J-7 dari China adalah sebagai baik sebagai f-22, A Korea Utara T-55 adalah sebagai baik sebagai K2 Black Panther, dan Taiwan Tench Submarines adalah sebagai baik sebagai SOYOU.

    Ini berarti bahwa secara otomatis nilai-nilai yang dihasilkan adalah liar tidak akurat. Dalam bangsa modern vs bangsa tempur, keunggulan teknologi tidak pernah lebih penting.

    2. global Firepower tampaknya menempatkan sejumlah besar nilai pada bangsa untuk dapat memobilisasi menjadi total situasi perang umum. Ia memeriksa Road dan cakupan Railway, Jumlah port, jumlah penduduk, jumlah bandara, produksi minyak dll. Menurut pendapat saya, ini tidak penting bagi sebagian besar perbandingan, karena kebanyakan perang modern bangsa vs bangsa adalah peristiwa yang menentukan cepat.

    Invasi Irak yang mengakibatkan kekalahan total bangsa Irak waktu sekitar Bulan a. Operasi Badai Gurun waktu sekitar 100 jam untuk menghancurkan samping tentara Irak. Keseluruhan perang Falkland berlangsung 2 bulan. Israel mengalahkan Mesir, Suriah, Yordania, Irak dan Lebanon dalam enam hari pada tahun 1967. tempur paling modern antara negara-negara yang telah terlatih personil militer adalah cepat dan kekerasan.

    Hal ini karena peralatan militer membutuhkan waktu yang lama untuk membangun peralatan militer modern dan waktu yang lama untuk melatih seseorang bagaimana menggunakannya. Ini meluas ke tanah tentara juga. Daya tembak seorang tentara individu telah meningkat secara dramatis sejak serangan massa saat terakhir milisi kurang terlatih bekerja, Perang Korea. Saat ini, seorang prajurit terlatih dapat mengeluarkan cukup tembakan yang membuat milisi baik berlindung dan harus ditembaki, melarikan diri atau ditembak jatuh.

    Ada realis hanya 2-3 negara di dunia yang memiliki jumlah peralatan untuk dapat bertahan hidup perang cukup lama untuk mendekati total mobilisasi perang. Amerika Serikat dan China mungkin bisa, dan mungkin Rusia.

    Ini berarti bahwa nomor yang dihasilkan oleh Global Firepower yang lagi, dibuat lebih salah dengan mencoba untuk menganggap bahwa semua bangsa entah bagaimana akan punya waktu untuk membangun pabrik senjata untuk mengkonversi ke perang total sebelum benar-benar berjuang.

    Ada lebih, tapi komentar ini akan terlalu lama.

    Menurut pendapat saya, daftar global Firepower mencoba menerapkan logika dari Perang Dunia 2 untuk perang modern. Masalahnya adalah bahwa perang telah berubah secara signifikan dari Perang Dunia 2. Bangsa tidak punya waktu untuk meningkatkan produksi dalam Total War, karena kebanyakan perang lebih pada saat Anda selesai retooling pabrik. Kemajuan pesat teknologi berarti bahwa sementara berada di pesawat yang merupakan generasi tua tidak hukuman mati dalam Perang Dunia 2, jika Anda mencoba dan terbang Generasi tempur 3 dalam pertempuran hari ini, 99% dari waktu Anda akan kehilangan.

    Sekali lagi, ini semua pendapat saya. Beberapa didasarkan pada dua tahun saya di Afghanistan, banyak berdasarkan studi yang saya lakukan di sekolah militer dan sisanya dari hal-hal yang saya telah belajar dari mana pun.

    Untuk menjadi jelas, saya tidak mencoba untuk menghina Indonesia dengan komentar ini, hanya untuk menyatakan bahwa saya percaya bahwa global Firepower bukan sumber yang memiliki reputasi.

  47.  

    Peringkat ditentukan stlh lomba..artinya peringkat baru valid stlh nmr 1 smpai trkhir diadu dlm perang..baru ketahuan siapa nmr satu..dua..tiga..dst..
    Untuk bs nmr 12 berarti hrs perang dulu dgn 12 negara..hehee..

    Just ngawuur..

  48.  

    Klo masalah semangat juang tentara indonesia pastinya no 1 didunia ingat tni itu dibait untuk selalu siap tempur bin perang…mungkin maksuk nya sumberdya tni dalam peguasaan teknologi yg masih lemah dikarnakan alustista yg kurang garah alias mci kuno …semangat penguasaan teknologi lah yg harus ditingkatkan perang masa dpan bukan hannya pke otot saja tapi harus pke otak yg encer juga x. Nkri harga mati

  49.  

    Kata menhan beli alutsista yang lebih banyak fungsi SAR nya kalo laut seperti kapal LPD. Kalo udara pesawat hercules sama helikopter super puma, kalo darat truk-truk militer yang banyak. Jadi gak usah beli yang namanya pesawat tempur canggih semacam SU-35, F-16 blok 60, dan sejenisnya, Gak usah beli beli kapal perang light fregat PKR sigma lagi, cukup 2 aja. Gak usah beli MBT leopard lagi atau medium tank. Dan gak usah terlalu bermimpi beli rudal pertahanan jarak menengah apalagi sampe jarak jauh semacam S-300 atau yang lebih lagi. Gak usah pake produksi rudal pertahanan sampe lebih dari 100 km.
    Itu semua GAK PENTING. Gak punya itu semua juga militer kita sudah ditakuti. Karena militer kita dari tahun 2008 selalu juara umum menembak. Yang penting adalah negara kita rawan gempa dan bencana jadi beli alutsistanya yang sangat suport dengan misi SAR yang bisa membawa korban banyak banget ke Rumah Sakit.
    Pesan Menhan yang sudah berubah menjadi MACAN OMPONG

  50.  

    kalau menurut ku pak RR masih berpikiran kuno.bisa ranking 12 itu dari mana ya ngitungnya.kalau jumlah manusianya mungkin iya tapi kalau alutsista nggak deeh.masak pesawat asing menerobos suruh dibiarin ajaa. sedih saya dengarnya sebagai wni yang bayar pajak buat nggaji pak RR. Memang miris kalau ada pejabat yang belum paham betul apa arti kedaulatan. pak RR mohon kalau membuat statement yang bagus donk pak. kedaulatan itu bukan hanya di darat dan dilaut tapi juga di udara.pantesan pak chappy hakim ngambek. inget pak kata-kata senior bapak pak Karno. Land power and Sea power without Air power is nothing….

  51.  

    pringkat 12 sumber drmna?….bukannya dari pringkat 15 skrng jadi 18/19…sista aja gk nmbah2 kok bsa naik pringkat gmna critax..pngganti f5 aja sampai skrng cman wacana doang..pak menhan omonganmu gk bsa di pegang

  52.  

    Mudah-mudahan enggak banyak main golf menhanya dan banyaknya koneksi* dari luar negri…
    akan lebih berbahaya bagi kekuatan NKRI di masa depan..karena musuh luar sekarang hanya mentargetkan pejabat*di bidang ketahanan yg bisa di brainwash…

  53.  

    Kesurupan kau ya…
    Ngomong kok asal jeplak aja

  54.  

    mef2 atau mef 3 indonesia memerlukan kira1angkatan udara 12 skadron pesawat tempur dr bebagai tipe sergap and figter(rafale,tyhon,su35,rafale)sekarang cm ade ada 32 f16,1skadron f16 sisa(9)su27/su30 berjumlah 1skadron,jd kekuragan 6-8 skadron pesawat tempur(kalo hawk,tucano itu untuk coin lah)2-3 skadron pesawat angkut menengah c17 global master atau a400m,atau sejenis nya,helicopter angkutnya dr black hawk atau keluarga mil rusky 100-120buah,helicopter tempurnya +-harus 4-5 skadroon(48-60pesawat)sistem arhanud kire 4-6batere s300 atau s400 atau patriot,,hq16dan ribuan rudal pangkul,radar. 2.al kite perlu minimal 12 frigate class sigma(baru 4)3-4 skadron heli patroli,2-3 skkadron pesawat intai,kapal selam10-12 buah(masa kalah ama singapore,malay,vietnam)kapal logistik 6-8buah,3-4skadron heli tempur,300-400 lapis baja baru kyk brt 80 atau sejenisnya,kpl lst(6-8),korvet kira2 24-32 buah baru,dan kapal2 patroli sejenisnya,3 angkatan darat mermelukan tank kyk leo,ambram,armata,t10 sejenisnya kira2 +-400 buah,dah ada 100leo jd kekurangan 300,lapis baja minimal baru kire2 +-1200 buah,tipe baru kurang lebih 300-400 jd kekurangan 600-800
    skadron heli tempur 8-10 skadron (100-120buah)heli angkut berat atau ringan 20-24 skadron(240-300buah)senjata arteleri +-1200 BUAH,mrls kurang lebih 100-120 buah,mef indonesia kalo untuk bertahan kekurang unsur2 laen harap ditulis rekan2 laen,gemane dananya cicil belinya:) iseng doang bro,maaf kalo ada tidak berkenan heheehehehee

  55.  

    Pak menhan bikin warjager bingung n sewot ini, semoga pak RR bisa pertanggung jawabkan pak, kesabaran masyarakat ada batasnya harga diri adalah mutlak hukumnya, sampai 9x pesawat malaysia nerobos kog gak di tindak jgn buat byk alasan yg gak jelas, kita masih lemah sehingga bangsa luar tidak menghormati kita, saya yakin malaysia dan australia saling terhubung utk memancing emosi rakyat oleh karena itu para petinggi harus pintar dalam menyiapkan antidot, tidak hanya alam menghadapi satu negara musuh tapi kalo perlu siapkan antidot utk menghadapi 10 negara sekaligus, jangan bangga akan rangking bangsa kita maju dari kerja keras, semoga indonesia jaya.

  56.  

    PESANAN ICBM KAPAN DATANG YAH?

    BIAR KAWASAN RAME…

    MANTAB…

  57.  

    Peringkat spt ini bisa menina bobokan kita, padahal kenyataan nya alutsista kita masih sangat minim dan tidak ditunjang dgn ketersediaan BBM nya, ……….. di permainkan jiran pun, kagak berani tembak, karena buanyaks hal yg hrs dipertimbangkan ……… !!!

  58.  

    Mosok kalah sama Menhan Sipil PAkdhe PURNOMO YUSGIANTORO sih…

  59.  

    Hahahaha sales proton… Kalo perang bisa amsiong dapurmya

  60.  

    tentara tanpa peralatan,sama aja tentara purba(primitif)cuma ngandelin semangat koar-koar.

  61.  

    kalo mau gahar, ya gahar sekalian.. knp cita2 cuma masuk 10 besar? masuk 3 besar!! jgn cepat berpuas diri… sukhoi beli, radar tambah, + anti serangan udara dahhh harga mati musti beli… ehehee.. Peace ya…

  62.  

    mw d ap prngkat 12 bsr dunia klw prbatasan msh d lnggar2 ngra lain ….

 Leave a Reply