Ceko Ganti Mi-24/35 dengan UH-1Y Venom/AH-1Z Viper

Washington, Jakartagreater.com – Amerika Serikat dan Republik Ceko telah menandatangani kesepakatan senilai $ 635 juta untuk penjualan 12 Helikopter Amerika ke Praha, ujar Departemen Pertahanan AS mengumumkan, dirilis Sputniknews.com, Jumat 13-12-2019.

“Saya pikir itu berarti beberapa hal”, Menteri Pertahanan AS Mark Esper mengatakan pada hari Kamis, 12-12-2019. Ketika ditanya tentang pentingnya kesepakatan itu, dia menerangkan :

  1. Pertama-tama, itu menandakan komitmen Republik Ceko untuk memodernisasi angkatan bersenjatanya dan untuk mencapai tujuan-tujuan NATO-nya.
  2. Kedua, itu menegaskan kembali langkah besar maju dalam kerja sama antara kedua negara sekutu.
  3. Ketiga : Ini menandai komitmen berkelanjutan Republik Ceko untuk melanjutkan NATO. Jadi saya pikir ini adalah peristiwa yang sangat positif dan saya senang kita bisa melakukan ini dan saya berharap kita bisa berbuat lebih banyak.

Perjanjian penjualan 8 Helikopter serba guna UH-1Y Venom dan 4 Helikopter serang AH-1Z Viper ditandatangani oleh Menteri Pertahanan Republik Ceko, Lubomir Metnar dan Menteri Pertahanan AS Mark Esper.

Helikopter akan berada di inventaris angkatan bersenjata Ceko pada akhir 2023, menurut Metnar. Metnar mengumumkan keputusan untuk membeli Helikopter pada bulan November 2019.

Menurut Menteri, militer Ceko ingin mengganti 17 Helikopter serang Mi-24/35 Rusia, karena tidak lagi ingin bergantung pada pasokan suku cadang dari Rusia.

2 pemikiran pada “Ceko Ganti Mi-24/35 dengan UH-1Y Venom/AH-1Z Viper”

  1. Ya iyalah. Kan ssh berhaluan NATO, jd mau tidak mau dan suka atau tidak suka, semua peralatan perang harus berstandar NATO. Itu sudah resikonya. Kalo tidak mau maka akan ditekan AS agar mau memodernisasi alat perangnya dng buatan AS atau minimal buatan negara blok NATO……xicixicixicixicixi

Tinggalkan komentar