Jan 282018
 

Sistem radar AESA 3D berbasis darat, ELTA EL/M-2084 MMR buatan Israel © US-MDA via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Menteri Pertahanan Republik Ceko, Karla Slechtova saat ini telah memerintahkan review atau peninjauan penuh atas kontrak untuk delapan unit radar EL/M-2084 MMR buatan ELTA Systems, seperti dilansir dari laman Israel Defense.

Media lokal menyarankan agar Menteri Pertahanan Ceko menunda penandatanganan kontrak tersebut sampai pemerintah baru memperoleh kepercayaan yang lebih tinggi.

Karla Slechtova telah memerintahkan peninjauan penuh atas kontrak senilai $ 173 juta yang belum ditandatangani untuk 8 unit radar multi misi (MMR) EL/M-2084 yang di pilih oleh Kementerian Pertahanan pada tanggal 14 Desember 2016 silam.

Menurut laporan IHS Jane, perusahaan ELTA Systems telah dipilih oleh mantan menteri pertahanan Martin Stropnicky, untuk memenuhi persyaratan mendesak terhadap radar 3D pertahanan udara mobile (MADR) sebagai elemen pertahanan udara militer Ceko.

“Saya memiliki informasi non-publik yang membuat saya menyimpulkan bahwa saya harus mengambil langkah-langkah tambahan untuk dapat menentukan apakah radar [EL/M-2084] itu dapat dioperasikan dengan arsitektur pertahanan udara NATO, meminta ahli hukum menganalisis rincian kontrak dan untuk meminta analisis kontrak dari Kementerian Luar Negeri Ceko”, kata Slechtova.

Ditambahkan pula bahwa ulasan tersebut terkait dengan perubahan pemerintahan di Republik Ceko. Mencatat bahwa Menteri Pertahanan Ceko yang baru mungkin ingin menunda penandatanganan kontrak tersebut sampai pemerintah baru memperoleh kepercayaan lebih tinggi.

Bagikan:

  34 Responses to “Ceko Kaji Ulang Kontrak Pembelian Radar Israel”

  1.  

    Jangan salah baca ya bung aming, ini ceko…bukan ceki

  2.  

    Radar baru yg dipesan TNI gmn kabarnya ya.?

  3.  

    Baiknya ceko melirik dulu Baterai S400, yg sudah lengkap bersama radarnya 91N6E pelacak jarak jauh barang2 yg terbang 600km, memiliki kapasitas deteksi 0,1 meter persegi dijarak 240 km & radar 92N6E sebagai control tembak & radar pelacak target dgn jangkauan 400km,

    55K6E sebagai kendaraan dapur komando & 4 kendaraan peluncur dengan rudal cadangan 14 unit, dibandrol $63 juta,

    1baterai bisa mengawasi kawasan seluas 600km persegi, silahkan dulu diirik setelah itu teken & bawa pulang

    Hahhaahaaaa

  4.  

    jangan nanti lagi loe bilang menditeksi helpur dan pespur serta memandu tuu rudal pake sonar…bisa ompong gigi gua loncat karna keasikan ketawa….!!!

  5.  

    Yak, luar biasa. Selamat kepada Anthony Sinisuka Ginting serta Kevin Sanjaya/Marcus F. Gideon yang telah berhasil menjadi juara di rumah sendiri, Daihatsu Indonesia Masters 2018. Moga jadi awalan agar Indonesia bisa juara di Asian Games dan Thomas Cup lagi.

  6.  

    Udah pada denger berita putrinya “paman putin” mo minta cerai dari suaminya yg seorang pengusaha (alutsista?), gara2 sang suami kegep maen gila dg seorang sosialita…?

    Jangan2 ini alasan bung jimmy sulapan udah jarang nongol disini….