Ceko Kaji Ulang Kontrak Pembelian Radar Israel

Sistem radar AESA 3D berbasis darat, ELTA EL/M-2084 MMR buatan Israel © US-MDA via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Menteri Pertahanan Republik Ceko, Karla Slechtova saat ini telah memerintahkan review atau peninjauan penuh atas kontrak untuk delapan unit radar EL/M-2084 MMR buatan ELTA Systems, seperti dilansir dari laman Israel Defense.

Media lokal menyarankan agar Menteri Pertahanan Ceko menunda penandatanganan kontrak tersebut sampai pemerintah baru memperoleh kepercayaan yang lebih tinggi.

Karla Slechtova telah memerintahkan peninjauan penuh atas kontrak senilai $ 173 juta yang belum ditandatangani untuk 8 unit radar multi misi (MMR) EL/M-2084 yang di pilih oleh Kementerian Pertahanan pada tanggal 14 Desember 2016 silam.

Menurut laporan IHS Jane, perusahaan ELTA Systems telah dipilih oleh mantan menteri pertahanan Martin Stropnicky, untuk memenuhi persyaratan mendesak terhadap radar 3D pertahanan udara mobile (MADR) sebagai elemen pertahanan udara militer Ceko.

“Saya memiliki informasi non-publik yang membuat saya menyimpulkan bahwa saya harus mengambil langkah-langkah tambahan untuk dapat menentukan apakah radar [EL/M-2084] itu dapat dioperasikan dengan arsitektur pertahanan udara NATO, meminta ahli hukum menganalisis rincian kontrak dan untuk meminta analisis kontrak dari Kementerian Luar Negeri Ceko”, kata Slechtova.

Ditambahkan pula bahwa ulasan tersebut terkait dengan perubahan pemerintahan di Republik Ceko. Mencatat bahwa Menteri Pertahanan Ceko yang baru mungkin ingin menunda penandatanganan kontrak tersebut sampai pemerintah baru memperoleh kepercayaan lebih tinggi.

Tinggalkan komentar