May 082019
 

Helikopter serang AH-1Z Viper © USMC via Wikimedia Commons

Republik Ceko dalam waktu dekat akan memutuskan pembelian helikopter Black Hawk UH-60M dan helikopter tempur AH-1Z senilai US$ 1 milyar.

Ceko akan membayar dua belas helikopter Black Hawk UH-60M seharga US$800 juta. Paket pembelian termasuk mesin, roket curah berpandu APKWS, senapan mesin M240H dan M134D, senapan mitraliur GAU-19B, peluncur roket M261 dan amunisinya. Harga juga sudah termasuk pelatihan dan logistik yang dijual sebagai bagian dari penjualan asing FMS.

Pada saat yang sama, AS juga telah setuju untuk menjual empat helikopter AH-1Z Viper kepada Ceko dengan harga US$ 205 juta. Adapun peralatan tambahan yang kemungkinan dibeli adalah rudal AGM-114 Hellfire dan canon Vulcan 20 mm M197 dan paket logistik.

Helikopter baru buatan AS nantinya akan menggantikan helikopter Mi-24/35 buatan Rusia yang sudah menua dan semakin mahal untuk dioperasikan.

Defence24

 Posted by on May 8, 2019

  6 Responses to “Ceko Selangkah Lagi Membeli Helikopter Viper dan Black Hawk”

  1.  

    Mubadir…kalau kita beli beginian….tapi soal kemampuan dgn apache….ya sebelas dua belas lah

    •  

      Masalahnya sih apache yg kita beli paket hemat bang, hemat sistem penginderaan dan hemat pula senjata penggebugnya maklum sajalah kocek cekak saya tinggal gak jauh dari pangkalan apache jarang lihat ni heli jalan2 jangan2 hemat pula spare partnya lebih sering Mi-35P yg klinong2 di angkasa Semarang pas terbang ampun deh serem banget ni tank terbang, bangga2 gimana gitu soalnya heli Mi-35P pun ternyata versi hemat juga spec dan jumlahnya, tapi kita tetap bersyukurlah dengan keberadaan heli2 ini maklum dari jaman mbah kita dulu kita terpaksa harus selalu belajar hidup prihatin, negara harus utamakan pembangunan biar rakyat bisa hidup sejahtera

      •  

        Mi-35 mangkalnya di semarang ya??? pantesan jarang lihat… dulu pernah lihat sekali 2 biji terbang dari selatan ke utara di tangerang…
        Kemarin yang sering nongol Sukhoi-F-16

      •  

        Apache Indonesia dipasang Hellfire kok bilang paket hemat. Itu rudal serbaguna tuh. Bisa buat jebol tank musuh atau kapal kecil.

      •  

        Paket hemat apaan? Emangnya spt ente beli fried chiken.?
        Coba dibaca artikel2 yg lawas tentang pembelian heli Apache. Paket lengkap full combatan itu. Ada konde segala kok, mesin cadangan jg dibeli, spare part dibeli, rudal dibeli banyak banget kok msh dibilang hemat.?
        Belum lg trainingkan operator dan teknisi ke AS sono utk kursus selama 6 – 1 tahun berapa duit itu.
        Sejak jaman era reformasi kebijakan pemerintah tdk lg membeli dlm jumlah banyak sekaligus, krn dipastikan rugi teknologi. Dlm satu kurun waktu hrs ugrade bareng. Beda dng beli sedikit tp continue sehingga teknologi bisa update.
        Contohnya aja kita beli rudal anti kapal exocet dr yg blok I sampe blok III masing2 brp.?
        Beda dng kita beli banyak utk yg bekas, spt leopard yg diributkan krn kosongan tempo hari, malah skrng dilengkapi alat kominikasi yg terbaru, jika kemaren kita beli bekas tp lengkap, sdh bisa dipastikan teknologinya akan tertinggal.

      •  

        Helikopter Mi35 memang di tempatkan di pangkalan TNI AD di semarang, pas sebelahan dengan bandara.