Ceko Terima Jet Serang Ringan L-159 ALCA

Jakartagreater.com – Perusahaan Aero Vodochody menyerahkan kepada angkatan udara Ceko pesawat serang ringan L-159 ALCA yang dirombak dan dimodifikasi pertama, lansir Defense24.

Pesawat serang L-159 menjalani perbaikan dengan perkuatan (penggunaan kacamata penglihatan malam NVG) setelah enam belas tahun beroperasi. Hasilnya, jet ini bisa digunakan selama delapan tahun ke depan.

Jet serang ringan berkecepatan subsonik ini mampu membawa berbagai macam senjata, seperti rudal udara-ke-udara Sidewinder, bom berpemandu Paveway, dan rudal Maverick.

Angkatan Udara Ceko saat ini dilengkapi dengan total 24 pesawat L-159 – 16 dalam versi serang, lima dalam versi latih L-159T1 dan tiga dalam versi latih tempur L-159T2. Sebagian besar jet ini (termasuk single-seater dan L-159T2) dilengkapi peralatan yang cukup lengkap, seperti radar FIAR Grifo, sistem pertahanan diri, termasuk stasiun peringatan dan trap ejectors.

Awalnya, Ceko memesan 72 pesawat L-159 untuk menggantikan jet tempur Su-22 dan Su-25 pada tahun 1990-an. Namun pada akhirnya, kebanyakan dari L-159 disimpan dan tidak digunakan atau hanya digunakan untuk waktu yang singkat, karena penghematan angkatan bersenjata. Namun, Ceko berhasil menjual sebagian besar dari jet “surplus” – ke Irak, di mana jet melakukan berbagai tugas tempur, dan sebagian dijual ke Draken International, yang menggunakannya sebagai jet “agresor” dalam versi L-159E (upgrade pada radar). Sebaliknya, pabrikan produsen, Aero Vodochody, masih memiliki kemampuan untuk memproduksi jetnya sendiri, salah satunya adalah proyek L-39 NG yang baru.

Satu pemikiran pada “Ceko Terima Jet Serang Ringan L-159 ALCA”

Tinggalkan komentar