Sep 152014
 
Prajurit U.S. Army menyantap makanan Thanksgiving  di Pos Penjagaan Cherkatah, Khowst, Afghanistan, Nov. 26, 2009.

Prajurit U.S. Army menyantap makanan Thanksgiving di Pos Penjagaan Cherkatah, Khowst, Afghanistan, Nov. 26, 2009.

TNI mengirimkan 15.000 pasukan marinir ke Papua, maka permasalahan pun selesai. Tak ada lagi kegalauan yang ditunjukan oleh USA, dan kecongkakan yang diperlihatkan Australia..! Sepertinya kita telah mampu mengambil kesimpulan dari permasalahan yang sebenarnya sedang terjadi. Paman Sam hanya menginginkan adanya jaminan atas berbagai project multi billion yang telah digelontorkan ke Indonesia. Freeport yang masih cerah dan terus semakin berkilau, adalah harapan masa depan mereka dan kita, yang tak akan pernah bisa terelakan. Tidak heran jika belakangan ini USA terkesan begitu murah dan pemurah dengan memberikan berbagai penawaran yang menggiurkan. Dan tidak dipungkiri, bahwa sejatinya kita pun sedang teramat haus dan menginginkan nafas baru dalam berbagai dimensi kehidupan yang kita miliki, baik yang meliputi aspek sosial, ekonomi, budaya, maupun aspek pertahanan dan keamanan.

Ada potret realita yang bisa menjadi peta perjalanan diplomasi US dengan kita, tersirat dari apa yang telah diperkenankannya untuk menjadi bagian integral kekuatan hulu balang kita. Sebelum masuknya sejumlah pespur F16C/D52ID, US telah mengizinkan para sekutunya untuk menghibahkan berbagai asset militernya pada Indonesia, mulai dari Korea yang telah menghibahkan peralatan tempurnya untuk marinir kita, Brunei dan Singapore yang juga telah turut menghibahkan kapal patrolinya, Australia bahkan secara diam-diam telah menghibahkan begitu banyak asset militernya pada Indonesia, hampir di seluruh matra, bahkan hingga menjangkau ke institusi Polri..! Luar biasa..! Ternyata selalu ada sub strategi yang bermain di sebalik grand strategi yang terlihat oleh mata. Terakhir adalah kisah US yang menawarkan helicopter tempur canggihnya, ditambah dengan berbagai senjata pemusnah lainnya. Pertanyaan kecil yang mengganjal pikiran saya adalah, mengapa US lebih tertarik menawarkan asset perang matra udaranya pada kita? Dan mengapa mereka tidak mengizinkan Apache ditempatkan di Papua dan hanya merekomendasikan Natuna sebagai basecampnya..? Sesuatu yang masih sedikit misterius, namun sedikit demi sedikit masih bisa kita endus..!

pengeboran-minyak-bumi2.jpg

Mereka sedang punya hajatan besar di Cepu, sebuah blok migas terbesar Indonesia saat ini. Dengan menghibahkan F16C/D52ID, maka US akan mendapatkan keuntungan ganda dari penjualan asset tempurnya. Secara financial, jelas hasil penjualan itu sangat bermanfaat membantu perkembangan industri militer mereka di sana. Namun hal yang lebih penting adalah akan adanya peningkatan jaminan keamanan investasi mereka di Cepu. Tapi mengapa mereka masih bernafsu untuk menawarkan asset-asset militer mereka yang lainnya? Jujur, sempat dibuat bingung dan hampir tidak menemukan jawaban. Sampai pada akhirnya, seorang sahabat mengabari tentang adanya penemuan blok migas raksasa oleh PT Chevron Pacific Indonesia di daerah Bagansiapiapi, yang diperkirakan mampu berproduksi hingga di angka 300 ribu barel per hari..! Suatu jumlah yang luar biasa, apalagi jika digabungkan dengan produksi Cepu yang mampu mencapai angka 150 ribu bph, ditambah dengan hasil produksi Pertamina di luar negeri yang diperkirakan jumlahnya akan mampu mencapai angka 100 ribu bph, maka Indonesia hampir dipastikan akan kembali menempati daftar kelompok elit negara-negara produsen minyak terbesar di dunia..!

Jika ini bisa terwujud, maka tidak heran jika US dan negara-negara Eropa saling berebut mencari perhatian bangsa nan cantik jelita ini..! Rafale, Thypoon, F15, F18, F35 akan menjadi mahar yang sesungguhnya akan kehilangan makna dan jatuh harga..! Salute untuk para petinggi negeri ini, yang tidak pernah lelah dengan berbagai cibiran dan cacian, karena ternyata di balik diam dan kesan kelambanan mereka, masih terselip harapan dan secercah impian di masa hadapan..! Kini bisa dimengerti, mengapa Natuna menjadi begitu penting, karena dari sinilah suplai gas terbesar di dunia akan dimuntahkan. Kini bisa dimengerti, mengapa Paman Sam memainkan bidak F16nya, karena mereka tahu, F16 akan ditempatkan di Jawa, tempat dimana project Cepu mereka dibangunkan. Mereka tahu dan mau, F16 juga ditempatkan di Pekanbaru, karena mereka mau, project Bagansiapiapi mereka terlindung dan terjamin keamanannya. Mengapa mereka tidak berminat dengan Kalimantan dan Sulawesi..? Hehehe..! Ooom Rusky dan Papa Bear..! Permisi Oom, Pa, nuwun sewu gih..! Salam hangat bung..! (by: yayan@indocuisine / Kuala Lumpur, 15 August 2014).

Bagikan:

  155 Responses to “From Cepu to Bagansiapiapi : USA”

  1.  

    Selamat malam…!!!

    •  

      Bung Mirza spesialis number one met malam bung Mirza

      •  

        Met malem juga bung digun….!!!!ternyata ada embel2 nya juga toh bung yayan…???apakah memang harus gitu ya…???mudah2an ada kerjasama yg saling menguntungkan,kalo bisa 50:50 lah biar adil….selamat malam all warjager,semoga anda semua dalam lindungan tuhan yang maha kuasa….amien…!!!

        •  

          sangat logis…saya suka analisa Bung Yayan…krn 2 atau 3 step ke depan…saya curiga Bung Yayan spt analis intelijen…atau james bon-lah..

        •  

          hahahaha…………….ASU n ASI di papua …dah tobat ……….strategi……pemekaran daerah…dan otsus..telah membuat mereka mati kutu………orang papua dah males n cuekin mereka…dan gak mau di provokasi …….hehe…pinter SBY..hebt.

          •  

            makanya suharto dikasih jatuh…..supaya anak anaknya gak bisa kuasai cepu…..hanyo JKW…kasih juga pertamina konsesi pertamina un tuk oleh cepu sama bagansiapiapi….minyak murah .minyak murah….untung gede………

        •  

          Tidak ada negara lain berbaik hati, tanpa mereka mendapat keuntungan. sebenarnya kita tak perlu risau tentang BBM kalau saja semua Ladang Minyak dan Gas dikelola sendiri oleh Pertamina. Persoalannya justru ladang minyak&gas kita dikelola asing notabene US, Englsh, france&Dutch. Yang mereka kasih ke kita itu tidak sebanding dengan yang mereka keruk. Tidak ada jalan lain bung, kecuali Nasionalisasi. Syaratnya : 1. kita tidak punya hutang 2.Pemimpin kita berani nggak.

    •  

      bung Mirza .. iki pasti browser nya di setting refresh per sekian detik yah .. :mrgreen:

    •  

      Kenapa bukan di Kalimantan dan Sulawesi?
      Mungkin karena di kedua wilayah tersebut sudah dikapling Rusia 🙂

      Yang kita tahu Rusia begitu agresif (murah hati) menanamkan modalnya dalam pembangunan jarngan kereta api di Kalimantan Tengah dan Timur.

    •  

      Ohh.. Berarti isu yg ramai dimedia soal pabrik semen yg akan dibangun di rembang yang masih kisruh itu dibuat untuk pengalihan isu soal ini. tanah rakyat untuk rakyat…

    •  

      numpang pertamak bung mirza salam kenal….hehehehheehehe

      bung yayan…setelah saya membaca artikel anda,langsung terlintas di fikiran saya…apakah kita Harus Bangga,Senang,atau Sedih. semua langsung bercampur aduk dengan kondisi saat ini yang ada.

      Smoga pemimpin kita, untuk kedepannya bisa lebih amanah n bijak menentukan sikap. Smoga

      salam hangat bung yayan…maaf tukang cuci piring lancang

  2.  

    Hmm..

  3.  

    Uhmmm…kurabg panjang bung yayannn…lanjut lagu

  4.  

    iiiiicccchh?bung mirza lagi,

  5.  

    Selamat malam bung yayan :mrgreen: akhir naik juga artikel yang Saya baca dimedsos Salem hangat just keluarga anda bung yayan 😀

  6.  

    ok

  7.  

    N K R I

  8.  

    ditunggu juga apresiasinya bung….

  9.  

    nongol juga akhirnya :mrgreen:

  10.  

    ….semakin pasti….dan harus memberikan kemanfaatan dan kemakmuran untuk rakyat Indonesia dengan berkolaborasi kepada negara sahabat….

    kemajuan dan penguasaan teknologi militer…itu harus!
    alutsista berdaya gentar dan berdimensi strategis harus dimiliki….

    opini sopir truck lg ngetem di pojokan….

  11.  

    bung yayan lama ga muncul di jkgr sekalinya muncul bikin hati senang dng artikel yg membanggakan sebagai warga Nkri terima kasih bung harapan itu ternyata masih ada
    salam hangat bung semoga selalu sehat panjang umur dan sejahtera selalu amin

  12.  

    Ijin nyimak dulu…

  13.  

    kalau udah gini alur ceritanya… Wah makin maknyuus aja negriku…
    tapi apa gak jadi seperti dijadikan bancaan ya Om yayan,..semua negara besar ingin dapat bagian dari negeriku ini.semua ingin mengeruk kekayaan alam bangsa ini
    Mohon pencerahan nya Om yayan…maklum tukang ukur bangunan

  14.  

    inilah negeriku yang sangat cantik dan menawan tak ketinggalan bahenol pula bodynya siapa pun lelaki yang telah melihatnya dipastikan akan berusaha untuk bisa mendapatkannya dan akan selalu menggodanya dengan diberi iming2 yang menggiurkan maklum saja lelaki hidung belang banyak akalnya…

  15.  

    cuma dikasih f16 sama apache tok :mrgreen: itu juga beli

  16.  

    saya rasa walau kita menjadi kalangan elit di bidang migas dunia manfaat nya tetap kurang optimal bagi bangsa dan negara ini, apalagi bula masih banyak kepentingan dan campurtangan asing di dalamnya. dengan skema bagi hasil / royalti yang berat sebelah, tak ubahnya kita ini seperti negara yang masih terjajah, terjajah secara ekonomi. walau hasil minyak kita jika dijumlahkan akan mencapai 550 BPH tapi kalau pengolahan minyak masih di luar negeri maka negara ini masih akan memenuhi kebutuhan BBM nya dengan cara import dari luar negeri, sehingga harga BBM kita tetap sama dengan harga munyak di pasar dunia, dan bila dengan adanya temuan ladang minyak baru harga BBM bersubsidi tetap di naikan saya rasa mending sumber minyak tersebut tidak usah ditambang saja karena hanya akan mengunutungka pihak asing, SI PENjAjAh EKONIMI negeri kita.

    •  

      Menunggu janji sang presiden baru untuk membangun puluhan kilang minyak dalam negeri. Kritisi dan amankan janji beliau demi NKRI berdaulat energi. Berbagai project geothermal masih berjalan mulai dari Lampung sampai Aceh. Pak Jokowi lanjutkan dan selesaikan project 10.000MW ini. Lebih cepat lebih baik.

  17.  

    aku curiga sama bung mirza, kataknya dia satu orang dengan penulis berita, setipa masang artikel bawahnya langsung d tulis nomer satu, hehehheheheh,.pantesan kalah terus.

  18.  

    Maksudnya hibah dan ijin penjualan persenjataan dr AS cuma sebagai DP atau ‘suap’ utk mengamankan dan memastikan kepentingan AS bahwa sumber2 di cepu serta bagan si api-api hanya di kelola oleh perusahaan mereka dlm hal ini chevron ??? Wah parah…
    Dpt fee brp kira2 bos bos di kementrian esdm dan lain yg terkait ya…

  19.  

    Nyimak

  20.  

    Terimakasih bung yayan atas artikelnya yg mencerahkan.. Jadi tambah pengetahuan ni… Semoga sehat sehat selalu bersama keluarga bung yayan…

  21.  

    no 23

  22.  

    gw gak bakal jaga aset2 lu disini kalo lu gak kasih gw yang cangih2,,,nih ane kasih F16 loakan :mrgreen:

  23.  

    Hmmmmm…. + Hmmmmmm……..akankah selalu begini ???

    •  

      tidak ada makan siang yg gratis…lebih baik diajak dagang…daripada mereka ngeluarin jurus adu domba dgn pion2 mereka di Indonesia…atau diSuriahkan.diLibyakan….kan lebih enak dagang bagi hasil….win-win solution…Inggris udah tenang krn Tangguh mereka diperpanjang…Amrik udah lega krn Freeport dan Cepu mereka lanjut,….makanya Chevron iklan mulu diTV..he5x…memperlihatkan mereka bagian dari Indonesia…..

  24.  

    alhamdullilah artikel bung yayan nongol lagi.
    salam hangat bung yayan

  25.  

    Bung yayan kayaknya langsung ngacir neh, thanks artikelnya bung

  26.  

    buat saya…dibanding disuruh milih aset mereka yg notabene beli juga…saya mending pilih minta transfer ilmu pembuatan aset mereka itu….lebih mantabs….

  27.  

    emm….konspirasi politik ekonomi neh….

  28.  

    walah artikel 15 agustus di tampilin sekarang. 300 rb barrel perhari masih naikin bbm sungguh therlhalhu. jangan dikasih dah ambil sendiri

  29.  

    IMHO

    Hmmm bisa jadi …
    Tapi apakah bukan sebaliknya ya bung Yayan? Pemerintah Indonesia justru yg menyampaikan justifikasi pengadaan alutsista tsb ke AS dgn alasan demi mengamankan aset AS? Misalnya:
    1. Pengadaan heli serang paling canggih Apache Guardian minta dikabulkan AS unuk mengamankan Exxon di Natuna.
    2. Pengadaan hibah upgrade F-16 banyak banyak yg bisa digeber sampai 2 Mach itu utk mengamankan investasi AS di Indoneaia dan mengamankan ruang udara dari gangguan thd merajalelanya Boeing 737 Lion dan Garuda.
    3. …

  30.  

    si anu agak lebay,,,ane gak mau F16 loakan,ane mau selusin F22 :mrgreen:

  31.  

    Mlam alL..
    Apa gak bsA Sda yG ada d.negri inI d.kelola olh kta sndri,tnpa harus ada phak asing ikt cmpur….?
    MaAf oOt..Mklum buruh doank ni

  32.  

    Cepu…
    kota masa kecilku yg saat ini mulai semrawut
    🙁

    tidak sepadan dengan nama blok-nya yang mendunia

    kok iso ngono? sing salah sopo?

    •  

      Dicepu dan Bojonegoro ada istilah dimasyarakat sana yang bernada menyindir
      Katanya Kota ini kaya dengan Minyak
      Tetapi penduduk lokal merasa tidak ada kenaikan taraf hidup yang signifikan
      Masyarakat nya masih keluar ke kota kota besar untuk mencari nafkah

      Sebenernya ini kota Minyak atau kota Menyok sih

      Menyok = Ubi panjang /Pohong /ketela 😀

      •  

        terus yang berdosa akan keadaan masyrakat kota minyak(menyok) itu siapa Pak?? bingung kan … heheh 😀 :mrgreen:

      •  

        kota ledre bung sat, sepengetahuan saya yg muncul baru hotel berbintang di cepu, untuk pembangunan kotanya blm menyeluruh

      •  

        Betul bung sat banyak masyarakat miskin yg hidup di dekat tempat pengeboran khususnya kec gayam bojonegoro mereka terpaksa menjual satu satunya aset tanah yg dimiliki karena rayuan mafia tanah dg harapan bisa diperkerjakan di proyek migas tanah habis duit habis skrg jd miskin lg

      •  

        haha…menyok…ote2 ny ktinggalan om 😀

      •  

        Bojonegoro adalah kota ku bung Satrio.. memang tragis disana kehidupannya.. banyak warga yang jadi penonton.. banyak lahan pertanian mereka yang dijual untuk proyek tersebut.. pekerjaan mereka hanya sementara di sub sub kontaraktor.. tapi setelah kontrak kerja habis maka selanjutny???…

        mestinya pemerintah harus membuat kebijakan kedepannya apabila ada investor yang akan menanamkan modal diderah tersebut dengan cara industri tersebuat akan bergerak dibidang apa/ produksi apa sehingga bisa diketahui kebutahan tenaga kerjanya.. setelah itu warga sekitar lokasi harus diberdayakan lewat kursus keterampilan untuk mengisi pekerjaan tersebut seiring waktu berjalannya pembuatan fisik proyek tersebut.. selanjutnya setelah proyek siap beroperasi maka tenaga kerjanya sudah tersedia dari tenaga lokal sekitar lokasi proyek tersebut yang sudah dikursuskan sehingga tidak ada alasan penolakan dari perusahaan tersebut menolak tenaga kerja dari warga sekitar dengan alasan tidak punya keterampilan..

      •  

        bung Satrio ngerti menyok juga ya? :mrgreen:
        kalo enthung jati doyan ga bung? (blora, bojonegoro, ngawi pasti tau panganan ini..)

        kalau pembangunan prasarana memang agak mendingan kab.bojonegoro.
        untuk kab.blora khususnya cepu.. ampun deh kualitas jalan-nya..
        serasa arung jeram dan berdebu 🙁

  33.  

    salam hangat bung@ yayan…semoga sang ayam jago tidak kelaparan dan mati di lumbung sendiri walaupun lumbungnya mewah ada satpamnya sekompi.ada ac .karaoke .sauna. pijat….dll

  34.  

    absen…36

    •  

      salam dr saya bung Yayan…:D
      sy gak mngerti perminyakan yg satu ini,,,,yg jelas yg sy ingin tahu adalah, apakah pembagian keuntungan sbg pemilik SDA bisa menguntungkan kita?…apakah sesuai dgn UUD ’45 yg intinya tuk kemakmuran rakyat Indonesia?…
      mohon pencerahannya bung Yayan atau komandan2 lainnya yg ngerti,,,colek bung Satrio, Jalo Wehr,,,,DST
      terimakasih…

  35.  

    Naik juga artikelnya bung yayan sayang prtanyaaan ane lum terjawab heeehee

  36.  

    Banyak yg takut minyak negeri ini habis dikeruk , nambang minyak di laut dalam itu gak selalu nancepin pipa dilaut langsung keluar minyak banyak ,kayak berjudi klo beruntung ya untung klo sial ya buntung , penambang raksasa macam exxon mobil, total, dll aja mencak-mencak ke pemerintah gara” sudah bayar mahal ke pemerintah tapi gak sesuai dgn target hasil , karena itulah mengapa Pertamina mengalah laut yg seharusnya ditambang di relakan ke perusahaan” asing karna modal untuk sekali nambang butuh modal besar dan belum tentu sesuai target .

  37.  

    Naik juga artikel bung yayan sayang pertanyaan saya lom kejawab colek bung yayan heee

  38.  

    Bagaimana cara menemukan migas lebih dulu daripada mereka?

  39.  

    Ah nggak juga tuh bung pojokunduh,aq malah pakai hp,memang tak kasih notifikasi new email masuk dari jkgr…he..he.

  40.  

    Ni gue kasih f16 sama apache buat jagain anjungan tunai mandiri gw….

  41.  

    Thx Bung Yayan,, tulisannya makin gurih.. cuma kurang panjang doang..
    jejak panda ndak d babar bung ?

  42.  

    wow

  43.  

    sikat mafia migas,, sampai ke akar2nya,, sampai ke daun2nya,, sampai ke buah2nya,, sampai ke cukongnya,,
    seret petral dari singapura ke indonesia,, bawa pulang ahli2 kita di petronas ke pertamina,, n bangun kilang pengolahan minyak di indonesia,,

  44.  

    Sabar bung . The next presiden sdh berjanji akan bangun kilang baru di dalam negeri. Mari kita dukung dengan menciptakan Indonesia damai

  45.  

    berharap f35rasa f22

  46.  

    Embuh ah , gak nyampe pikiranku. Apakah ini juga bisa dibilang mafia migas..? Menggadaikan SDA dengan Alutsista. Katanya kita beli alusista yang gahar untuk menghadapi arogansi ASU dan negri kangguru pekok, lha kok malah sebaliknya ?

  47.  

    seperti biasa komik bung yayan ajib……
    salam hangat buat bung yayan dari penggemar komik
    berkarya terus n sehat sll

  48.  

    @Bu Yayan, bukan kah produksi minyak terbesar tuh ada di duri+minas (riau)? saya kira bukan di cepu. klo bagansiapiapi benar, ini luarr biasaa…CMIIW

  49.  

    Kemungkinan 50% sudah nyata/sdh terlanjur.Dan 50 % lagi masih “siluman”,Apache adalah kartu TRUF Sda Natuna,F16 C/D 52id adalah kartu TRUF bagan siapi api dan juga menjaga harga diri Singapura.Sogokan USA bisa saja menjadi luar biasa bila kepentingan USA sejalan romantis dgn pemerintah baru nnt .50% “Siluman” Kuncinya adalah siapa saja yg menjadi barisan kabinet nnt dan keistiqomahan pasangan JW-JK.salam bung YAYAN

  50.  

    Papa bear mau jualan uranium yang ditambang di sulawesi? Kl di Borneo mungkin mineral dan gas.

  51.  

    Naa..masalah yg begini harus pakai otak dan cara Abunawas..dapat untung tapi gak disadarin orang. masalah begini jgn di bawa emosi tp memanfaatkan keserakahan orang lain menjadi keuntungan kita, Semoga latar belakang dan pengalaman RI1 n RI 2 yg pengusaha bisa dimanfaatkan demi keuntungan bangsa dan negara..IMHO…

  52.  

    Slamat malam bung yayan…. Salam buat keluarga, smoga sehat selalu.

    Saya cuma mau tambah sedikit saja.

    Sejujurnya para pemimpin negeri ini amatlah cerdas, alutsista sudah berdatangan tetapi project migas masih belum bisa jalan.

    Contoh project gendalogehm nya chevron yang tadinya dimenangkan oleh mcdermott (australia) akhirnya di retender pada tahun 2015. Sepertinya Indonesia mengibginkan alutsista yang lebih gahar. hehehe….

    Selanjutnya blok masela yang berada di maluku selatan ditemukan sumver gas 5 unit deep well oleh perusahaan jepang INPEX. Maka saya tidak heran apabila jepang bermanis manis sampai menlunya menemui jokowi meskipun belum dilantik. Heheheeee

    Kemudian blok tangguh juga sama, Inggris melalui perusahaan British Ptroleum nya akan melakukan perluasan yang pada tahun 2015 akan memasuki tahapan FEED. Maka tidak heran Inggris mau mengobral alutsistanya kepada Indonesia.

    Belum lagi Total yang merupan perusahaan perancis sedang berjuang agar blok migas nya tidak di nasionalisasi. Maka datanglah tawaran alutsista berikut tot nya. Heheheeee

    Sementara Korsel mengharapkan peranan Indonesia dalam perdamaian dengan Korut.

    Tambah apalagi ya…… Lupa saya.
    Ok ntar sambung lagi klo udah inget…. He. Salam.

  53.  

    selamat malam bung yayan mau tanya nih..
    blok migas raksasayang ditemukan oleh PT Chevron Pacific Indonesia di daerah Bagansiapiapi berapa perkiraan kandungan yang ada didalamnya?

    dan pengelolah bloknya sudah ditunjuk kah?

  54.  

    Terima Kasih banyak @Bung Yayan informasi yang disajikan dalam artikel Anda.

    asu khususnya sdh belajar banyak tentang kelemahan Indonesia, satu yg tidak mereka inginkan adalah adanya Pemimpin Kuat (berkarakter, nasionalis) yg memimpin Indonesia, asu sudah belajar banyak dari kepemimpinan Presiden Soekarno makanya mutlak keinginan asu adalah melemahkan kepemimpinan Indonesia.

    nampaknya kedepan kita sebagai anak Bangsa Indonesia harus sering-sering tahan “nafas”, ngelus dada tatkala kekayaan kita porsinya lebih banyak mengalir ke luar negeri. saya ingin sedikit cerita kenapa yg nota bene perkebunan sawit kita lebih luas dari malaysia tapi trading & patokan harga CPO Internasional menggunakan Ringgit (RM). Konon ketika ada Ibu-Ibu menjadi Menteri Perdagangan jaman Presiden Megawati Soekarno Putri, sempat tersiar kabar delegasi eropa (yg sdh membawa kesimpulan Internasional) mendatangi Pemerintah Indonesia waktu itu meminta agar harga CPO Internasional patokannya menggunakan Rupiah (Rp) dgn konsekwensi Indonesia harus sanggup memenuhi kebutuhan CPO yang mereka minta. tapi apa lacur, krn tidak memiliki “siasat”, Mentri Perdagangan waktu itu tdk bersedia menerima permintaan delegasi eropa tsb & walhasil delegasi tsb menuju Malaysia & Malaysia menyanggupi permintaan eropa. Apa dampaknya bagi Indonesia, kita lihat bersama-sama Perkebunan Sawit Malaysia sekarang sdh menyusut drastis dan kebanyakan dipindahkan ke Indonesia tapi Ingat Malaysia memegang Harga CPO Internasional artinya walaupun kita mengeksport CPO, mata uang yg digunakan adalah RM dan Malaysia mendapat “fee” dari Trading tsb, dan karena kita tdk tau, “KITA BANGGA PERKEBUNAN SAWIT SEMAKIN LUAS”…padahal dibohongi…Wakakakaka….Makanya untuk Perdagangan Timah, Presiden SBY tetap keukeh harga Internasional patokannya Rupiah (Rp).. Salut & Terima Kasih kepada Pak SBY.

    Benar apa dikatakan oleh Presiden Soekarno Bahwa “NEGERI KITA KAYA, KAYA, KAYA RAYA SODARA-SODARA, BERJIWA BESARLAH BERIMAGINATION. GALI..!!! BEKERJA..!!! GALI..!!! BEKERJA..!!! KITA ADALAH SATU TANAH AIR YANG PALING CANTIK DI DUNIA.

  55.  

    Ndan koplak silakan baca koneng saya no 54.

    Mulai tahun 2015 akan segera dimulai project2x gas alam. Berikut contoh project nya:
    ENI (Italia) dngan blok jangkrik. Saat ini sedang membangun unit pengolahan terapung namanya FPU (Floating Processing Unit) dimana gas nya akan diproses liquifaction di tempat.

    Kemudian Chevron (US) dengan Gendalo gehm nya tahun 2015 juga akan retender 2 unit FPU.

    Inpex (Jepang) saat ini sudah melalui tahapan FEED untuk FLNG (Floater Liquifaction Natural Gaz)

    BP (British Petroleum) perluasan ataw brown field lapangan gas Tangguh.

    Pertamina sedang berusaha meningkatkan lifting minyak di lapangan tua karawang, indramayu, madura, dll. Banyak sekali sya tidak bisa sebutkan satu satu.

    Saya yakin 4 tahun mendatang Indonesia akan menjadi produsen gas alam terbesar di dunia. Sebab data2 yang saya ungkapkan di atas belum termasuk Total, Shell, Conoco Philip di lapangan Sumpal, CNOOC di madura, dll.

  56.  

    Ohh.. Berarti isu yg ramai dimedia soal pabrik semen yg akan dibangun di rembang yang masih kisruh itu dibuat untuk pengalihan isu soal ini. tanah rakyat untuk rakyat…

  57.  

    @indonesia terima kasih atas pencerahannya bung. Semoga pertamina semakin jaya dan keuntungannya bisa dipergunakan untuk kebaikan masyarakat luas 😀

  58.  

    Bkn hanya anda yang “merana” bung tapi seluruh rakyat Indonesia/kecuali “sengkuni”.kesalahan sebenarnya bkn dari Pemerintah terdahulu saja tapi jauh diwaktu zaman penjajahan lg.Politik devide it empira dan kasta partikelir /borjuis/hamba adalah warisan busuk penjanjah Belanda yang berubah menjadi korupsi yg dijadikan pola hidup rakyat dan pemerintah hingga ke hari ini.Revolusi China salah satunya adalah mengingatkan kembali Dalam kekalahan “Aib” untuk mencentak kader2 dan generasi muda yang cerdas mumpuni diterapkan sejak dari SDN lg di masa yg akan datang.Salam

  59.  

    mantab artikelnya bung yayan..setiap apa yang diberikan asu baik hibah maupun lainnya pasti ada maksudnya. Kita pun harus mencermati rencana acara thanksgiving di banyuwangi dan pendaratan alusista gahar di pelabuhan tanjung wangi baru lalu meskipun itu untuk acara latihan calfex us army bersama tni. Kita semua tahu di bumi using terdapat kandungan emas di gunung tumpang pitu (rebutan sonotan dg lokal), produksi kapal klewang di sukowidi dll. awas hati-hati sama ASU..biar g kena rabies maksudnya

  60.  

    Jadi inget link yg berjudul “kami ingin lepas dari Indonesia dengan baik-baik”. Org papua menganggap usa menguras papua dngan buas, dan indonesia hanyalah satpam yg dibayar sngat murah untuk kepentingan usa itu.

  61.  

    waaahhhh……bagansiapiapi kampung halaman saya lho….. hehehe

  62.  

    tambang,migas dan mineral lainnya jangan dibor dulu biarkan anak anak kita dapat melakukan sendiri.

  63.  

    Wait and see …

  64.  

    Artikel yg bagus bung Yayan,,klw bgini kita harus bilang ‘Wew’ karena nemu harta karun atw harus ‘Nepok Jidat’ ya karena tetangga lain juga nikmatin nasi tumpengnya,imho 🙂

  65.  

    Terimakasih Bung artikelnya, what ever lah tanpa andil negara asing toh kita mungkin juga tidak akan tahu bahwa disitu ada kandungan minyak apalagi kalo ngebor sendiri bisa2 kejadian LAPINDO mungkin bisa terulang xixixi….

  66.  

    Adakah yg pernah meneliti atau menyelidiki ketika pada tahun 1996 prancis melakukan uji coba Nuklir, dari mana plutoniumnya? Adakah yg pernah meneliti kenapa air thusami Aceh tahun 2004 berwarna hitam? Jangan2 gempa yg berlanjut tsunami tsb dikarenakan ledakan yg maha dahsyat dari dlm bumi sbg akibat dr tdk mampunya lempengan bumi menahan tekanan yg maha dahsyat dr dalam bumi & apakah itu? Klw berwarna hitam sdh bisa dipastikan Minyak Mentah. 🙂 Konon kabarnya kalimantan sedang menjadi rebutan antara asu & papa bear yaa tapi kelihatanya strategi asu kalah krn hanya mengandalkan suap yg membuat kita bangga, maklum asu sedang krisis ekonomi jd tdk akan mampu. Beda dgn Papa bear yg berani investasi pembuatan jalur kereta. Satu lagi janganlah kita bangga dan senang jika pemerintah akan membuat kilang minyak, kenapa? Krn ibaratnya sama saja dengan membeli “ember & bak/tandon” hanya utk menampung minyak tapi tetap saja kita import minyak jika kita mau tdk dijajah lagi oleh BBM import, satu2nya jalan ya pemerintah kita harus membuat REFINERY Minyak. Sudah banyak kok ahli2 perminyakan Putra-Putri Ibu Pertiwi yg mampu Blending Minyak. Tapi konsekwensinya kita akan digempur oleh singapura krn pasti singapura akan bangkrut. Jika mau buat Refinery, Rusia bisa dijadikan teman/kongsi kerja sama. 🙂

    •  

      Nah ini,,
      Ini dia,,
      Ini yg beberapa x sya ungkapin d warung ini tapi blum ada yg kasih jawabannya,,
      Knapa Indonesia punya banyak sumur minyak,punya banyak cadangan minyak,tapi masih aja Import BBM,Knapa,knapa gak garap sendiri dri hulu ke hilir ?
      Kenapa sibuk nangkep ikan d hulu aja,lantas beli ikan Presto d warteg orang ?
      Nice bung Ronggolawe 😆

      •  

        Bung @MS P90 karena ternyata hidup dari jualan minyak sangat menguntungkan & membuat hidup berlimpah harta, cobalah jalan2 ke singapura, pasti anda akan menmukan orang2 seperti itu kerjanya hanya ongkang2 kaki makan roti sambil nonton tipi uang mengalir sendiri dari jualan minyak bumi. Sementara rakyat di Indonesia di adu domba karena BBM langka tidak jarang sampai huru hara. Pemerintah terbukti tdk berani memberantas mafia minyak bumi apa lagi buat Refinery, 🙂

    •  

      bung rangalawe @ ngomong opo..,,aceh bla bla ,, di gempur singapur….udah minum kopi ..klu blom aku pesan ..ngopi dulu biar enakk oce!!

      •  

        Bung @Wedus ide anda sangat top markotop, 🙂 saya pecinta kopi, kopi kesukaan saya jika diminum rasanya tdk hilang & masih melekat di langit2 mulut, itu hanya ada dikopi aceh & kopi sumatera utara. Tapi saya pernah dibawain kopi yg aneh dari teman di cilegon, kopinya berbentuk padat seperti batu tapi klw disebuh pahitnya minta ampun walaupun gulanya sdh banyak dan saya namakan kopi “fosil” :). Klw kopi kesukaan Bung @Wedus kopi apa nih?

        Menanggapi tulisan Bung @Yayan, saya memiliki interpretasi dgn sedikit kekawatiran bahwa jangan2 kedepan dgn TNI kita yg semakin kuat justru tugasnya jaga infrastruktur investasi asu & negara luar lainnya. Semoga kekwatiran saya salah. 🙂

        Mari nyeruput kopi Bung @Wedus

        •  

          nick aku bukan wedus bung…ayo ngupi..lagi,,
          aku lelaki sejati ngak suka ganti nick ,, seorang petarung yg berasal dari keluarga pejuang ..ehehe bercanda..

          rasa kuatir boleh bung rlw@ aku setuju..

          tapikan udah diteliti sama tim ahli dari jerman dan jepang itu tsunami karna lempeng bumi yg bergerak ..dan pergerakan lempengan di samudra hindia itu bergerak juga kepadang dan terus kejawa..

          •  

            Bung @Waduh, Saya mohon maaf salah tulis Nick name anda. Sekali lagi maaf Bung saya tdk sengaja, maklum sdh dinihari juga pake HP jadul.

            Soal hasil penelitian yg Anda sebutkan, saya pernah baca juga tapi tetap tdk dijelaskan kenapa banyak korban yg sekujur tubuhnya hitam legam & saksi mata yg selamat mengatakan bahwa air thunami berwarna hitam krn kebetulan waktu itu saya ikut sukarelawan n hanya bertahan 2 minggu di banda aceh, saya tdk sanggup menyaksikan sodara2 saya terbujur kaku menjd korban. Semoga arwah korban thsunami aceh mendapat tempat disisi Allah SWT. Amin

  67.  

    Pertanyaan saya bung yayan,bgmn bisa Chevron yg menemukan blok migas di bagansiapi2? Apa insinyur2 kt di pertamina ga mampu? Ato memang kt tdk punya teknologi utk mendeteksi kandungan migas di perut bumi kt sendiri? Knapa bukan pertamina atau kementrian esdm dan itb yg menemukan blok migas di tanah kt sendiri?

  68.  

    Dibutuhkan KEAUNGGUHAN PEMIMPIN…!!!

    Saatnya JOKOWI hadir sebagai sosok SATRIO PININGIT…
    Semoga….!!!!

  69.  

    Bung Ronggolawe Kilang itu kan unit pengolahan minyak mentah menjadi bbm ,boso enggrese REFINERY OIL , sampean kira Kilang itu buat nampung BBM ya . Kilang ini nih yg jadi permasalahan selama ini ,kenapa gak dibuat kilang padahal 10 tahun waktu yg cukup untuk buat kilang” baru tapi yasudah lah nunggu bbm naik baru sadar betapa pentingnya kilang minyak itu .

    •  

      Bung @Cozza terima kasih atas infonya, menambah pengetahuan saya. Kilang refinery & kilang menimbun BBM jelas beda fungsi Bung. Kita hanya memiliki satu kilang refinery di cilacap yg produksinya sekitar 200 ribuan baret/perhari tdk sebanding dgn kebutuhan. Investasi refinery sangat besar mungkin dikisaran US$ 2 milyar utk satu kilang yg tentu negara akan berfikir 2 kali menggelontorkan dana segitu. Sekitar Th 2010 saya pernah membaca rencana Iran utk investasi refinery di Banten tp ng ada kabarnya sampai sekarang, tiba2 skr IRAN kerjasama dgn Rusia utk distribusi minyak bersama china diluar blok amerika+eropa. Satu yg saya petik dari soal minyak adl sepertinya negara tdk diperbolehkan mengelola kandungan minyaknya & harus dipegang oleh Swasta/multinasional coporation (MNC)/trans nasional corporation (TNC). Konon kabarnya CNOOC chinapun skr mulai digoyang agar sahamnya bisa dimiliki swasta. Yg akan tetap untung adl negara2 yg menjadi Bunker Minyak Internasional seperti Roterdam, Fujairah, Houston & Singapura. Yang aneh dinegara kita selalu bicara berapa lifting minyak indonesia, tdk bicara Refinery Minyak. 🙂 sekuat & sehebat apapun Alutsista TNI kita klw tdk memiliki bahan bakar utk menggerakkan mesin2 tsb yaa sama aja seperti pajangan. 🙂

    •  

      Assalamualaikum wr.wb.
      imho
      pengeboran minyak —> kilang untuk menimbun minyak mentah —-> kilang untuk pengolahan minyak —-> kilang penimbunan minyak jadi —-> konsumsi

      entah ada dimana tempat pemisahan jenis minyaknya light sweet sweet dls serta hasil pengilangannya aspal premium oli serta penambahan zat-zat lainnya seperti pb, entah dimana itu tempatnya.

      kalau salah ya maaf 😀

  70.  

    MAfia minyak/gas .npnimbun minyak/gas..yg mnaikan harga minyak/gas..smoga smuanya mati trbakar bensin..

  71.  

    f-16 c/d blok 25 yg di upgrade setara dengan blok 50/52..,jadi bukan blok52

    setara ini hanya kiasan menyerupai tapi tidak sama !

  72.  

    Gak bisa berkata kata bung yayan….standing applause untuk tulisan anda 😀

  73.  

    salah satu presiden pernah mengatakan cadangan minyak bumi kita bisa untuk 30-50th kedepan. permasalahannya pengelolaannya yang belum menemui jalan yang benar. masih tergantung sama luar negeri. kuharapkan presiden yang akan datang lebih bs mengelola. baik proses pengambilan dan proses pembentukan bahan bakar.
    biarkan bahan bakar mahal untuk menghemat, kasih bantuan hidup orang miskin dengan tunai atau bangun banyak pabrik biar mereka bekerja.
    aq percaya kebocoran 7000triliun….
    semoga segera diperbaiki.

  74.  

    Hebat bung yayan ini, tiap artikel yg dia racik pasti dapat sambutan pro kontra yg meriah…
    Terima kasih bung yayan, tetaplah berbagi informasi untuk kami yg awam ini bung… Tabik !!!

  75.  

    Bung Yayan, pencerahan dari Bung yg selalu kutunggu. selalu mengulas sesuatu dari sudut pandang berbeda dengan bahasa santun dan sederhana yg mudah dicerna orang awam seperti saya ini. Salam hangat.

  76.  

    Ga heran chevron mau nglepas blok siak rupanya ketemu yg lebih gede di bagan…. over all Riau memang sangat kaya………. Jangankan di Bagan siapi-api dibawah kota Pekanbaru saja ada kandungan minyak yg sangat besar…dibadingkan Minas blok cepu itu ga da apa-apanya……… tapi miris pembangunan jembatan siak IV saja susahnya minta ampun untuk diselesaikan blom lg jembatan siak III yg amblesh minta ampun ….kacao…

  77.  

    Waah.. akhirnya muncul jg tulisan bung yayan. Mantap bung yayan. Thanks for sharing.

    Semoga bngsa indonesia bisa menjadi bangsa yang pandai bersyukur atas segala nikmat yang Allah berikan. Bersyukur dalam arti pandai memamfaatkan dan menjaga nikmat tersebut. Aamiin

  78.  

    semoga lancar dan dapat menarik pelajaran yg berharga dari free port jangan sampai kita dikadalin oleh asing artinya kita harus dapat memperoleh keuntungan yg lebih besar dari asing, bahkan kalo bisa blok migas bagansiapiapi di ekploitasi sendiri tanpa campur tangan asing.
    itulah konsekwensinya membeli alutsista dari AS tetap saja rawan embargo dimasa yg akan datang, pembelian heli apache saja pake syarat tidak boleh digunakan di papua, seharusnya kita jangan mau didikte seperti itu !

  79.  

    Strategi pengaadaan alutsistanya mantap, apache,f16 tidak boleh digunakan di papua? oke mas bro, sukhoi fam rusia dan T 50 korea siap beraksi di Papua..mantap!!!

  80.  

    Minyak dr cepu tsb, oleh amerika suatu saat untuk bhn bakar dan pelumas mesin ratusan pesawat F22..,F35..,F16.., hornet..F15..,armada kapal selam.., armada kapal induk…tank..
    Mereka bergerak serentak..menyerang Indonesia..

    saat mereka sampai wilayah Indonesia..Semoga alutsista Indonesia sdh siap dgn bhn bakar untuk mobilitas TNI..

    Maaf kebanyakan minum minyak..minyak angin!!

  81.  

    benar sekali bung satrio kami sebagai warga bojonegoro kami cuma bs jd penonton di tengah hiruk pikuk pertambangan migas cepu.dana csr pun hanya menjadi bancakan oknum pemerintah,makanya banyak warga yg hijrah ke kota besar utk mencari penghidupan yg layak termasuk saya hehe..

  82.  

    pertamina kemana? Kalau benar penemuan minyak di cepu dan bagansiapi sampai 450 bph, seharusnya bisa memberikan keuntungan kpd rakyat indonesia. Sudah waktunya kilang minyak kita ditambah, kalau kita sangat tergantung dgn impor bbm dan harus rugi krn kehilangan nilai tambah, capai-capai saja kita mengeruk kekayaan alam kita.

  83.  

    Makasih bung artikelnya, moga jadi pencerahan dan menambah wawasan sy. Moga sehat2 semua dan salam NKRI

  84.  

    Test

  85.  

    Ampun bung MJ….pedesss dadine…!!!he..he.

  86.  

    tes

  87.  

    KITA TUNGGU GEBRAKAN PRESIDEN TERPILH???

  88.  

    berarti pemerintah yg sekarang sudah mengkapling2 NKRI utk kepentingan asing, negara kita berjalan lurus sesuai program balkanisasi terhadap indonesia oleh asu,
    krn sesuai tulisan diatas utk kalimantan dan sulawesi ada om bear, dan si jawa ama sumatra ada asu
    woow…

    kalo ada kekayaan alam dr minyak, gas, uranium, emas, logam2lain, rem, bukankah yg terbaik adl dikuasai oleh negara dan dipakai sebesar2 utk kemakmuran rakyat, sesuai UUD 45,
    Kekayaan tambang ini: Seharusnya diteliti, di temukan, di explorasi, di olah di diversivikasi, digunakan utk kebutuhan dlm negri nkri, oleh ahli2 sdri dan alat2 sdri, yg udah disekolahkan dan alat yg udah dibeli dr yg lebih ahli di luar negri, jika ada lebihnya hasil tambang sebaiknya di simpan utk cadangan jangka panjang nkri.
    semisal contoh kecil, sangat berkhianat sekali pemerintah sekarang atau yg dulu2 membiarkan tambang minyak kita di olah oleh kita/ pertamina namun dgn dgn bantuan asing, dgn dana asing dan alat2 dr asing, diolah di negara asing, dan kita mengimpornya lagi, belum lagi nambah impor 500-600rb barel/hari, dgn mata uang asing yg harus dikonversi dlm us dolar dulu sebelum ditukar rupiah ataupun dr rupiah, sehingga makin menguntungkan asu dan melemahkan rupiah, yg juga berarti melemahkan seluruh ekonomi rakyat,
    sehingga alur keuntunganya asing malah +-75%jauh lebih banyak dr nkri sebagai pemilik, jika ini bisa dipahami para negosiator republik maka dana lebih besar utk beli alutsita dr negara yg tdk maen embargo akan berlipat2,
    namun….. siapa yg berani atau negara mana yg bisa mandiri dlm urusan minyak? amerika saja blm mandiri dlm urusan minyak, as masik jd net importir minyak dan as tdk boleh mandiri dlm pemenuhan kebutuhan minyak, yg lebih kuat dr as telah mengendalikan as, artinya indonesia tdk perlu bekerjasama secara inferior terhadap amerika, jika dikelola dgn baik nkri bisa menggantikan amerika, mungkin nampak berlebihan namun sebenarnya tdk.

  89.  

    dinasionalisasi terlalu kasar bung,@ndan koplak, itu melawan hukum international dan bisa di embargo, menghadapi embargo harus dgn perencanaan dan kalkulasi sempurna.

    tapi sesungguhnya kami sangat setuju anda, caranya: kita beli ulang seluruh perusahaan asing di indonesia dgn harga wajar dgn mata uang rupiah, oleh pemerintah RI. harus bisa! uangnya ??
    diatur oleh BI dan kemenkeu meski harus mengubah sistem

  90.  

    salut dah buat bung yayan, mungkin bung yayan bisa mulai mencoba menulis sebuah buku.. hhe 🙂 makasih jg bwt konfirm cepat nya …

 Leave a Reply