Cerdik, F-16 Israel Gunakan Il-20 Rusia Sebagai Tameng

68
4
doc.Ilyushin Il-20RT, commons wikipedia,org

Moskow, Jakartagreater.com – Sebuah pesawat militer Ilyushin-20 Rusia ditembak jatuh oleh sistem pertahanan udara Suriah di Laut Mediterania karena pesawat F-16 Israel menggunakannya sebagai penutup, kata Juru Bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov kepada media pada Selasa 18-9-2018, dirilis TASS.

“Dengan menggunakan pesawat Rusia sebagai penutup/pelindung, pilot udara Israel membuatnya rentan terhadap Rudal pertahanan udara Suriah. Dikarenakan permukaan reflektif Ilyushin-20 jauh lebih besar daripada F-16, dia jatuh kena Rudal yang diluncurkan oleh sistem S-200, “kata Konashenkov.

Konashenkov mengatakan 4 F-16 dari Angkatan Udara Israel melakukan serangan dengan menembakkan Rudal udara terhadap fasilitas Suriah di daerah Latakia sekitar pukul 22:00 pada 17 September 2-18. Jet jet tempur mendekati target dari Mediterania dari ketinggian yang rendah. Pesawat-pesawat Israel sengaja menciptakan situasi berbahaya untuk kapal permukaan dan pesawat di daerah itu, katanya.

“Serangan bom itu berada di dekat frigat Prancis Auvergne dan dekat dengan pesawat Ilyushin-20 dari Angkatan Udara Rusia yang akan mendarat,” kata Konashenkov. Dia menunjukkan bahwa pusat komando Israel dan pilot F-16 tidak mungkin tidak melihat pesawat Rusia, yang mendekati landasan dari ketinggian lima kilometer. ”

“Meskipun demikian mereka sengaja melakukan provokasi ini,” ia menambahkan. Menurut Konashenkov, Israel tidak mengeluarkan peringatan kepada komando kelompok militer Rusia di Suriah untuk operasi yang akan dilaksanakan.

“Peringatan hotline diterima kurang dari satu menit sebelum penembakan, yang tidak memberi peluang bagi pesawat Rusia untuk selamat,” tambahnya.

68 KOMENTAR

  1. Itu bukan cerdik kaleeee… itu sembrono dan jelas2 itu seperti mengumpankan sebuah nyawa untuk mati…
    Israel mungkin berharap tidak ada penangkis yang aktif karena kawatir akan mengenai pesawat Russia yang bersiap mendarat… dengan begitu serangan mereka akan 100% sukses, tetapi ternyata sistem pertahanan tetap aktif dan dengan tidak sengaja menembak pesawat yang memang berada di zona perang… itu adalah tindakan yang sangat sembrono…

  2. cerdik apa pengecut.. tindakan menjadikan pesawat il 20 jadi tameng .. tindak israel ini harus di bayar lunas.itu juga kalau bukan skenario negara2 pemegang kepentingan di suriah..yah patut di nantikan kisahnya dengan judul dr perang suriah yg super rumit..

  3. kalau opini probadi sih rusia kualat atau kena karma malaysia air yg jatuh ditembak rudal BUK yg di kasih ke peberontak separatis ukrania timur tanpa sistem radar yg bisa medeteksi jenis pesawat
    sekarang kejadian hampir serupa terjadi s200 yg di jual ke suriah tapi ga pakai radar yg bisa mengenali teman atau musuh
    ini buka sepenuh salah israel, karena israel telah mehubungin rusia sebelum serangan terjadi ( sesuai perjanjian deconflicon antara rusia dan israel ) tapi apes aja ada pesawat rusia mau mendarat dan rudal s200 yg buta punya suriah yg bernafsu ingin balas serangan
    sekarang putin bingung deh,makanya putin ga bisa keluarin pernyataan keras cuma bilang “kecelakaan tragis”

  4. Perdana mentri israel itu 20han lebih berkunjung ke russia, mmng siih dulu tanpa sovyet? Israel sudah lama bubar tdk sampai PD2 berakhir ๐Ÿ˜† , bahkan perang arab vs israel tersebut ada peran sovyet sebagai propaganda yg hanya menghasilkan perintah utk israel menembak kaprang uss liberty yg kata sovyet amerika hanya mndukung arab & mengganggu jalannya perdamaian
    ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜†

  5. Singapore dibantu Israel,
    China dibantu Israel,
    USA dibantu Israel,
    Rusia dibantu Israel
    EU dibantu Israel,
    Jepang dibantu Israel
    Bahkan Arab Saudi dibantu Israel juga.

    Napa Indonesia gak mau kerjasama dan dibantu Israel juga???

    Palestina mah udah ada yg ngurus, bahkan sumbangannya lebih besar dari sumbangan Indonesia buat Palestina. So, nunggu apa lagi???? Hhhhhhhhhh

      • Perdana mentri israel itu sudah 20han lebih berkunjung ke russia, mmng siih dulu tanpa sovyet? Israel sudah lama musnah, tdk sampai PD2 berakhir ๐Ÿ˜† , bahkan perang arab vs israel tersebut ada peran sovyet sebagai propaganda, jk tdk ada? Yaa bakalan musnah itu israel ditimur tengah, tapi proganda sovyet hanya menghasilkan perintah utk israel menembak kaprang uss liberty, yg kata sovyet amerika hanya mndukung arab & mengganggu jalannya perdamaian :mrgreen:

        Tapi ini ceritanya sudah lain, dgn demikian pasangkan saja rudal yg bisa menarget ke israel & lengkapi suriah dgn mig 35 & pasukan iran lengkapi pembeliannya su 30,
        supaya propaganda sovyet diera russia putus ๐Ÿ˜† ,
        mmng golongan yahudy israel warga russia mmng ada dirussia semenjak era kekaisaran russia, tapi golongan yahudi russia & golongan yahudi di timur tengah israel sudah berbeda tujuan,
        Yahudy russia mengbdi utk negara russia ,

        jadi mmng perlu ditarget itu golongan yahudy israel yg ditimur tengah
        ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜†

    • Buat saya sih, wayang adalah petunjuk dari para wali dalam menghadapi perkembangan jaman akhir. Hati-hati terhadap peta jalan perang dunia yang sedang dijalankan oleh elit yahudi dengan tujuan mendirikan Israel Raya. Mereka nanti memanfaatkan nasionalisme yang kuat untuk adu domba antar negara. Dengan kekuatan yang tidak terlalu besar mengalahkan kekuatan yang sangat banyak. Keadaan dunia saat ini kirip keadaan nusantara jaman kerajaan2.

  6. Dikit2 zionis… kalo di tanya soal lokasi suku ato golongan zionis emgnya situ bisa nyebutin… benci trhdp suatu bangsa akan mendatangkan laknat bagi dirimu sndiri… coba perhatikan rusia ngomong bhw pesawat mrk “lebih reflektif ” dr pd sbh f16 ???? Masuk akal ga tuh ncuk ???? Cerita fiktif aja koq dijadikan pemuas dendam n birahi hahaahahahah

  7. Yahudi garis keras itu dalam pewayangan digambarkan sebagai pandito durno. Nanti setelah kemunculan alfata attamimi dari nusantara, meskipun dia rakyat jelata dia akan jafi orang menangan (fath rukkaan / petruk). Nasib elit yahudi nanti akan seperti nadib durno ditangan petruk. Tenang kang, sabar nungu ya.